Kenali Tanda-Tanda Kanker Serviks Ini

Waspadai kanker sejak dini, terutama bagi wanita yang rentan terhadap penyakit kenker serviks. Kenali dan wasapadai jenis-jenis kanker yang banyak diderita.

Baru-baru ini artis Julia Perez meninggal dunia akibat kanker serviks. Meninggalnya artis papan atas ini membuat para wanita harus semakin waspada terhadap penyakit kanker serviks. Banyak hal yang menyebabkan kanker servisks seperti telah melakukan hubungan seks di usia muda, menikah di usia muda, telah melahirkan banyak anak, mengkonsumsi pil KB oral dan ada juga yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Untuk itu sebaikanya kenali gejala kanker serviks sejak dini agar bisa melakukan pengobatan sebelum terlambat.

Berikut ini beberapa gejala kanker serviks yang bisa diwaspadai:

Kenali Tanda-Tanda Kanker Serviks
  1. Terjadi pendarahan, gejala umum yang paling terlihat adalah terjadinya pendarahan pada leher rahim. Pendarahan yang terjadi bisa pada saat setelah masa menepouse, pendarahan di luar jadwal menstruasi dan pendarahan setelah berhubungan seks. Jika terjadi pendarahan seperti ini sebaiknya segera konsultasi dengan dokter spesialis kandungan.
  2. Terasa nyeri di sekitar pinggul. Terasa nyeri pada pinggul yang berkelanjutan bisa menjadi salah satu tanda kanker.
  3. Keputihan yang berlelbihan. Jika Anda merasa keputihan dalam jumlah yang banyak dan mengeluarkan bau tidak sedap bisa jadi itu adalah tanda tanda kanker.
  4. Pendarahan menstruasi yang berat dan berkepanjangan. Menstruasi yang berlebihan atau dalam jumlah banyak dan melebihi waktu yang bisanya adalah gejala yang sudah sangat terlihat menederita kanker. Jika ini terjadi maka Anda harus segera memeriksakannya.

Berbahayanya kanker serviks yang bisa berujung pada kematian ini harus segera diwaspadai. Jika Anda merasa terjadi perubahan di dalam diri Anda maka segera periksakan tetapi jika belum maka rubah pola hidup Anda dana pola hidup dalam berhubungan. Sebagai wanita yang rentan akan berbagai macam penyakit ini sebaiknya harus lebih waspada karena kanker bisa saja terjadi pada diri Anda.

Macam-Macam Kanker Yang Juga Berbahaya

Jika berbicara kanker maka tidak hanya kanker serviks saja yang mengakibatkan kematian. Ada banyak jenis kanker lain yang juga bisa menghindarkan pada kematian. Menurut Departemen Kesehatan di tahun 2012, 8,2 juta kematian disebabkan olek kanker paru-paru, kanker hati, kanker perut, kanker kolorektal dan kanker payudara.  Berbahayanya berbagai macam kanker tersebut harus bisa dikenali sejak dini.

Berikut jenis kanker selain kanker serviks yang juga berbahaya dan perlu diwaspadai:

  1. Kanker Paru-Paru

Menurut American Lung Association, kanker paru paru adaah kanker penyebab utama kematian pria dan wanita. Gajalanya adalah terjangkit batuk yang terus menerus dan semakin memburuk, nyeri di dada, suara berubah menjadi serak, sering merasa lelah, sesak napas dan juga infeksi paru-paru. Biasanya kanker paru-paru ini disebabkan oleh rokok dan juga sering menghirup bahan kimia berbahaya yang terdapat di dalam cat.

  1. Kanker Kolorektal

Jenis kanker ini paling banyak menyerang manusia yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Kanker ini menyerang ke usus besar dan rektum. Gejalanya bisa berasa kembung, buang air seperti diare dan sembelit yang terasa lebih dari beberapa hari. Dan pendarahan rektal atau tinja yang berwarna hgelap.

  1. Kanker Hati

Jenis kanker ini paling sering menyerang pada pria. Biasanya menyerang orang yang memiliki hepatitis B dan C atau keluarga yang juga memiliki riwayat kanker. Gejalanya adalah kulit menguning, muntah dan juga pusing kepala, urin berubah warna menjadi gelap dan kehilangan nafsu makan.

  1. Kanker Perut

Kanker ini biasanya terjadi pada usia 65 lebih dan lebih beresiko pada pria. Gajalanya awal tidak terlihat sehingga harus melakukan pemeriksaan rutin.

  1. Kanker Payudara

Biasanya menyerang wanita berumur 40 tahun atau lebih. Untuk mendeteksi kanker ini harus dilakukan pemeriksaan rutin, gejala yang sudah parah adalah munculnya benjolan pada payudara dan semakin membesar.

  1. Leukimia

Kanker darah atau leukimia adalah yang paling berbahaya karena hingga saat ini belum ada obatnya. Kanker ini akan mepengaruhi sumsum tulang dan juga jaringan getah bening. Gejalanya adalah terjadi pembengkakan di sekitar leher atau ketiak tanpa disertai rasa sakit, demam, mudah terinfeksi, lelah, kehilangan berat badan dan mudah berdarah. Penyebab leukimia ini tanpad disadari beradad alm lingkungan kita yaitu kandungan timbal dan merkuri yang ada dalam cat. Gas yang ditumbulkan mengandung bahan kimia kemudian akan membuat sel darah berubah menjadi sel kanker.

Cegah Kanker Sejak Dini

Kanker Serviks

Pencegahan kanker serviks, kanker paru-paru, kanker hati, dan berbagai macam jenis kanker lainnya sebenarnya bisa dilakukan dengan benar. Asal Anda tahu apa saja yang harus dilakukan dan secara benar. Menurut Departemen Kesehatan ada tiga faktor utama yang menyebabkan  kanker yaitu faktor genetik, faktor karsinogen (zat kimia, radiasi, virus, hormon, dan iritasi kronis) dan karena perilaku atau gaya hidup (merokok, pola makan yang tidka sehat, konsumsi alkohol, dan kurangnya aktivitas fisik). Ketiga faktor utama tersebut yang harus Anda waspadai dalam memicu timbulnya berbagai macam jenis kanker.

Berikut ini perilaku sehat sebagai cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah berbagai jenis kanker yang mematikan:

  1. Berhenti merokok, rokok adalah pemicu utama timbulnya kanker paru-paru. Bagi Anda yang masih merokok berhentilah dari sekarang juga jika masih menyayangi keluarga Anda.
  2. Ganti cat yang mengandung karsinogen. Wasapda pada cat yang biasanya ada di dalam rumah dan mengandung karsinogen. Biasanya cat solvent mengandung karsinogen atau fomalin yang tinggi. Zat karsinogen tersebut akan menguap dan dihirup oleh manusia kemudian menimbulkan kanker paru-paru di masa mendatang.
  3. Berhenti konsumsi alkohol, bagi Anda pecandu alkohol harus berhenti sekarang juga. Alkohol adalah alasan utama kanker perut dan hati tumbuh dalam diri Anda. Jika masih menyayangi lambung dan hati Anda berhentilah sekarang juga.
  4. Perbanyak konsumsi buah, bagi Anda yang tidak suka buah konsumsi sekarang. Berbagai macam buah akan membantu memberikan vitamin pada tubuh Anda dan meningkatklan metabolisme tubuh sehingga mencegah sel kanker tumbuh dalam tubuh. Pilih buah yang berwarna merah serta kacang-kacangan.
  5. Perbanyak olahraga

Jika Anda tidak suka berolahraga, biasakan berolahraga minimal seminggu dua taua tiga kali. Semakin banyak berolah raga atau berkegiatan fisik maka sel kanker tidak akan tumbuh dalam tubuh Anda. Tubuh yang sehat adalah tubuh yang banyak berolah raga.

Cara-cara mudah dalam mencegah kanker paru-paru, kanker serviks, kanker hati atau kanker yang lainnya ini akan sangat membantu jika Anda melakukan secara seimbang. Keseimbangan pola hidup sanagt menentukan kesehatan tubuh  Anda. Mari wujudkan dunia bebas kanker terutama jenis kanker yang mematikan dan berikan contoh pada anak-anak Anda pola hidup sehat.

Artikel "Info News"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.