Kenali Jenis Kuas Ini Untuk Melancarkan Penggunaan Pernis Kayu

Kuas adalah salah satu alat penting untuk memperlancar penggunaan pernis kayu. Kuas yang tepat akan memberikan efek finishing yang halus dan rata.

Apakah Anda sering bermasalah dengan brush mark yang timbul setelah proses pengecatan selesai? Hasil akhir furniture yang brush mark tentu akan menurunkan kualitas dari penampilan furniture tersebut. Ada banyak faktor timbulnya brush mark pada furniture. Bisa jadi karena kualitas pernis yang Anda gunakan sangat rendah, bahan pelarut yang dicampurkan pada pernis kayu kurang sehingga membentuk cairan yang lengket dan sulit untuk diaplikasikan atau bisa jadi kuas yang Anda gunakan tidak berkualitas. Kuas adalah salah satu alat yang digunakan untuk finishing terutama bagi Anda yang masih tahapan pemula atau hanya sekedar ingin memberikan penampilan furniture baru dengan mudah tanpa teknik atau alat berat seperti kompresor dan spet.

Sebagian besar sumber mengatakan bahwa kuas yang buruk akan mempengaruhi hasil akhir finishing furniture Anda. Benar saja, banyak industri yang akhirnya beralih menggunakan spray gun untuk finishingnya walaupun sebenarnya penggunaan spray gun akan banyak membuang cat. Penggunaan kuas sendiri akan memberikan pengaruh pada tingkat glossy pada furniture. Munculnya brush mark tentu akan mempengaruhi lapisan clear coat yang gloss bisa berkurang dan terlihat garis-garis transparan yang timbul.

Kenali  Kuas Untuk Finishing Kayu

Pada dasarnya ada dua jenis kuas dari bahan bulunya. Pertama adalah kuas yang terbuat dari bulu hewan kedua terbuat dari nylon. Kuas yang menggunakan bulu hewan digunakan untuk jenis-jenis cat minyak karena yang tidak akan meresap ke dalam bulu hewan. Sedangkan untuk bulu kuas bahan nylon digunakan untuk cat berbahan dasar air yang tidak akan meresap air. Jika Anda menggunakan kuas dengan bahan bulu hewan untuk pernis kayu berbahan dasar air maka kuas akan mengembang dan sulit untuk diarahkan atau dikuaskan pada bidang media.  Selain pengertian dari bahan yang digunakan untutk membuat bulu kuas, pilih juga bentuk yang tepat sesuai dengan hasil pengecatan yang diinginkan.

Pilih bulu kuas yang panjang dan merucing pada bagian ujungnya, panjangnya bulu kuas akan membuat pengecatan lebih fleksibel atau lentur sehingga mudah diarahkan. Untuk hasil, bulu kuas panjang akan memberikan hasil yang halus terlebih jika Anda menginginkan tampilan high gloss. Jika Anda menemukan kuas dengan bulu pendek dan ujung yang sama rata maka kuas tersebut akan sulit untuk diaplikasikan dan hasilnya akan kasar. Ciri lain dari kuas yang buruk adalah memiliki ketebalan yang sama dengan pangkalnya. Jenis kuas ini sangat tidak disarankan untuk digunakan pada pengecatan pernis untuk kayu.

Selain dari bentuk bulu, ukuran juga sangat mempengaruhi. Ukuran kuas ini bisa Anda pilih atau tentukan sesuai dengan bidang yang akan dilakukan pengecatan. Untuk bidang yang luas dan datar Anda bisa menggunakan kuas ukuran 3-5 inci. Ukuran ini juga berlaku biasanya pada pengecatan dinding. Pengecatan pada bidang yang lebih sempit seperti siku atau lekukan pada ukiran yang membutuhkan ketelitian tinggi gunakan kuas berukuran 2 inci kebawah. Untuk proses aplikasi pada bagian lekukan tentu harus mengikuti alur lekukan yang terdapat pada furniture. Sedangkan untuk pengecatan bidang yang luas bisa dilakukan secara horizontal searah serat kayu. Jenis kuas saat ini sudah sangat bervariasi terlebih jika Anda ingin menghindari brush mark. Kuas yang saat ini banyak digunakan dan bebas brush mark adalah jenis kuas sponge. Kuas ini tidak lagi menggunakan bulu kuas baik dair hewan atau nylon tetapi menggunakan sponge. Jenis kuas ini lebih mudah dicuci, lebiih mudah diaplikasikan dan juga hasilnya bebas brush mark.

Hasil Finishing Bagus Didukung Pernis Kayu Yang Berkualitas

Anda menginginkan hasil finishing yang bagus, tingkat glossy yang tinggi dan permukaan halus rata bebas brush mark? Faktor kuas sangat mempengaruhi tetapi jangan lupa juga bahwa faktor penggunaan jenis pernis kayu yang tepat adalah kebutuhan pokok. Jenis pernis yang dibutuhkan untuk memberikan tingat glossy yang tinggi maka Anda membutuhkan clear coat atau top coat gloss. Aplikasikan dengan kuas sponge atau kaus dengan bulu yang halus agar tidak meninggalkan brush mark. Ada beberapa kriteria pernis untuk kayu yang berkualitas dan bisa menjadi acuan Anda dalam memilih pernis yang tepat:

  1. Transparansi Bagus

Finishing menggunakan pernis adalah mengharapkan hasil akhir yang natural transparan. Finishing ini akan memeperlihatkan serat kayu yang menarik dan juga warna kayu yang sesuai.

  1. Mudah Dikuas

Kemudahan aplikasi kuas tentu akan memberikan hasil yang menarik. Jika menggunakan kuas, pilih pernis yang memiliki tarikan kuas ringan. Tarikan kuas yang ringan akan membantu Anda dalam proses aplikasi.

  1. Tahan gores, tahan cuaca, tahan jamur

Pernis yang akan memberikan ketahanan gorees, ketahanan cuaca, dan ketahanan terhadap jamur adalah hal penting. Bagian ini dibutuhkan untuk memberikan perlindungan baik pada furniture. Jenis pernis ini adalah memiliki lapisan film yang kuat sehingga terdapat lapisan luar yang kuat dan keras.

  1. Tidak yellowing

Penampilan adalah faktor penting, jangan memilih pernis yang memberikan efek yellowing atau menguning. Biasanya efek yellowing muncul karena kanduangan formalin dalam pernis kayu cukup tinggi.

  1. Aman dan ramah Lingkungan

Jika Anda menggunakan produk finishing yaitu cat maka selalu pilih pernis yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan cat atau pernis biasanya menggunakan bahan kimia beracun yang berbahaya bagi tubuh. Hal inilah yang akan mempengaruhi kesehatan Anda. Ketika pernis sudah diaplikasikan dan bahan pelarutnya menguap maka akan terjadi pencemaran lingkungan kemudian akan dihirup manusia dan menimbulkan berbagai penyakit. Contoh produk finishing yang aman dan ramah lingkungan adalah pernis kayu water based.

Pernis Kayu Biovarnish, Produk Berkualitas

pernis kayu berkualitas biovarnish

Dari ciri produk pernis yang berkualitas di atas, maka Anda tinggal menentukan produk manakah yang akan Anda pilih. Salah satu produk pernis kayu terbaik adalah Biovarnish. Dengan varian mulai dari dempul, wood stain dan juga top coat, Biovarnish mampu mengalahkan produk-produk finishing konvensional yang saat ini marak digunakan di pasaran. Pernis kayu water based saat ini sangat banyak digunakan terutama di negara-negara asing seperti Eropa dan Amerika. Produk Biovarnish sendiri sudah banyak digunakan di industri-industri furniture yang akan di ekspor ke negara-negara tersebut. Untuk mendapatkan produk Biovarnish Anda bisa menghubungi costumer service kami via online di nomor 0822 1935 7399, 0822 1935 7640 atau BBM di D69F376B.  Bagi Anda yang ingin membeli langsung bisa datang ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Untuk Anda yang berdomisili di luar wilayah Yogyakarta seperti di Jepara bisa datang langsung ke alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Untuk pembelian di Cirebon bisa datang langsung ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat.