Ingin Berhasil Menerapkan Teknik Wash Finishing? Terapkan Cat Kayu Ini

Sudahkah Anda mendapatkan furniture yang memiliki tampilan unik dan menarik menggunakan cat kayu Glaze? Mungkin di tahun 2019 Anda sudah mempersiapkan berbagai macam furniture untuk menyongsong tahun 2020 ini. Namun apakah prediksi Anda di tahun kemarin sudah tepat?

Di tahun 2020 ini tipe furniture yang paling banyak digemari memiliki teknik finishing wash. Cat untuk kayu dengan teknik finishing ini pun sangat bervariasi bahkan ada beberapa jenis cat yang khusus untuk digunakan seperti glaze.

Glaze, Cat Untuk Kayu Dengan Teknik Wash

√ Jenis Furniture

Jenis-jenis furniture yang biasanya menggunakan teknik finishing ini tidak lain adalah seperto top table dining table, head bed, buffet, cabinet dan berbagai furniture dengan kayu solid. Untuk jenis-jenis ukuran yang digunakan tidak lagi mengacu pada furniture berukuran besar sepeti furniture klasik.

Hal tersebut dikarenakan kebanyakan masyarakat di dunia menggunakan hunian yang berukuran lebih kecil. Sehingga ukuran furniture yang digunakan pun akan menyesuaikan. Desain furniture yang multifungsi akan lebih dikedapankan karena memiliki keunggulan seperti mudah dipindah, memiliki tidak hanya satu fungsi namun juga dua bahkan lebih serta menghemat ruang yang akan digunakan.

Baik itu Anda akan menggunakan furniture pada ruang tamu, ruang keluarga, dapur bahkan luar ruangan seperti patio. Khusus untuk furniture outdoor, akan diciptakan memiliki konsep yang perawatannya sangat mudah namun tetap fungfsional.

Melihat berbagai kebutuhan masyarakat tersebut, furniture yang menggunakan teknik finishing wash menjadi sangat tepat. Furniture tersebut tidak membutuhkan banyak perawatan namun untuk masalah tampilan yang diberikan juga tidak terlalu sederhana.

Tampilan yang diberikan dengan finishing wash akan tetap tampil artistic dengan mengedepankan tampilan dari serat kayu yang dimiliki. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda hanya bisa menggunakan finishing ini pada jenis kayu solid.

Untuk membentuk furniture berpenampilan antik, maka dibutuhkan teknik rustic sebelum proses pengecatan. Untuk proses tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. Sedangkan cat untuk kayu yang akan digunakan ada berbagai macam termasuk Glaze, Anda juga akan menemukan produk yang tepat dalam ulasan kali ini.

Mengenal Glaze Cat Untuk Kayu Water Based

Sebelum masuk ke dalam proses finishing Anda harus memilih jenis cat yang akan digunakan. Memilih jenis cat untuk kayu biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama. Misalnya saja Anda pemilik industri furniture yang pemasarannya mencakup Eropa dan Amerika.

Biasanya para buyer luar negeri sangat memperhatikan detil penggunaan bahan finishing. Jika Anda ingin mendapatkan finishing yang tepat maka buyer pun seringkali menunjuk beberapa jenis bahan finishing yang mereka inginkan.

Menghindari proses yang lama tersebut sebaiknya Anda sudah mendapatkan beberapa suggest produk cat untuk kayu sebelum digunakan bahkan jika perlu Anda menggunakannya di beberapa produk Anda sebagai contoh.

Produk-produk Indonesia kini tidak kalah dengan produk buatan luar negeri yang memiliki kualitas tinggi namun justru memiliki harga lebih murah. Di Indonesia sendiri, produk cat yang diproduksi sangat bervariasi. Contohnya saja cat water based Biovarnish yang memiliki banyak varian dan juga warna.

Glaze, Cat Untuk Kayu Dengan Teknik Wash

Jika Anda ingin mendapatkan finishing dengan teknik wash ini Anda bisa menggunakan cat Biovarnish Glaze. Proses aplikasi produk pun sangat mudah untuk menghapus cat Anda bisa menggunakan air saja tanpa menggunakan thinner apabila terdapat bagian yang tidak diinginkan terkena cat.

Biovarnish Glaze

Produk Glaze memiliki berbagai macam pilihan warna, sehingga Anda tidak hanya bisa menggunakan pada teknik aplikasi wash saja, namun bisa juga Anda gunakan pada finishing patina, rustic, charcoal dan juga recycle. Anda bisa menggunakannya pada berbagai macam jenis finishing yang membutuhkan penampilan serat lebih.

Proses aplikasi yang mudah, yaitu menggunakan kuas atau spray kemudian Anda bisa menghapusnya menggunakan kain yang telah dibasahi. Sehingga akan langsung membentuk serat kayu yang menarik. Kelebihan dari Biovarnish Glaze tidak hanya proses aplikasi yang mudah, namun juga keamanannya.

Cat untuk kayu yang berbau adalah salah satu hal yang seringkali mengganggu bukan? Ketika Anda membuka tutup cat akan muncul aroma menyengat penciuman, Anda harus tahu bahwa cat tersebut mengandung lead atau timbal yang sangat berbahaya. Ketika Anda menggunakan jenis cat berbau tersebut secara langsung bahaya kesehatan akan sangat mempengaruhi.

Dalam jangka panjang, lead yang masuk ke dalam tubuh Anda akan menimbulkan penyakit seperti kanker, penyakit saraf dan yang paling berbahaya adalah penyakit keturunan. Setidaknya jika Anda menggunakan Biovarnish Glaze Anda tidak akan terjangkit dan juga meminimalis terjadinya penyakit tersebut.

Produk Biovarnish Glaze diciptakan dengan standar ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Environmental Protection Agency). Sehingga kandungan lead (timbal) dibatasi agar tidak mencemari lingkungan bahkan tidak akan membahayakan kesehatan manusia yang menggunakannya.

Cara Menampilkan Furniture Black Antique Grey

Apakah cara finishing menggunakan Biovarnish Glaze memang sangat mudah? Anda bisa mengguankannya untuk mendapatkan penampilan furniture black antique grey. Tentu saja Anda akan mendapatkan  cara yang mudah, namun tidak hanya itu produk glaze saja yang akan Anda gunakan untuk mendapatkan finishing tersebut.

Ada beberapa produk lain yang juga bisa Anda gunakan seperti Biovarnish wood stain, Bioduco dan juga clear coat untuk lapisan film terakhir. Ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan mulai dari mempersiapkan produk cat untuk kayu tersebut dan juga peralatan yang digunakan seperti spray gun, kain katun bersih, gelas plastik untuk tempat pencampuran cat. Persiapan media yang digunakan juga tidak boleh Anda lupakan.

Persiapan media yang bisa Anda lakukan adalah menciptakan tekstur. Gunakan alat rustik untuk membentuk tekstur namun jika Anda tidak memiliki alat tersebut, gunakan sikat kawat kemudian gesekan pada permukaan media sesuai dengan serat kayu. Pastikan permukaan memiliki tekstur yang bagis sesuai serat.

Jika sudah bersihkan permukaan kayu terlebih lagi bagian lekukan. Pastikan tidak ada serbuk kayu atau debu yang masih menempel karena akan menghambat proses finishing yang maksimal.

Proses selanjutnya bisa langsung pada proses pengecatan berikut ini:

  • Pastikan kayu memiliki MC kayu standar 12%.
  • Pertama aplikasikan Biovarnish wood stain walnut brown yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu tipis-tipis saja lalu tunggu sekitar 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari. Setelah itu Anda bisa mengamplas halus dengan kertas amplas no. 400.
  • Kedua aplikasikan Biovarnish Glaze black yang telah dicampur air perbandingan 1 bahan : 5 air. Setelah itu Anda bisa langsung menggunakan spray atau bisa juga menggunakan kuas. Pastikan glaze masuk dan menempel pada sela-sela tekstur kayu. Tunggu sekitar 5 hingga 10 menit kemudian hapus dengan kain katun dan pastikan glaze telah menempel pada serat kayu.
  • Ketiga Anda bisa menggunakan Bioduco Grey perbandingan 1 : 2 air dan campur hingga merata. Semprotkan secara tipis-tipis saja ke seluruh permukaan kayu. Tunggu cat untuk kayu Bioduco mengering dengan benar kemudian amplas hingga permukaan kayu berubah menjadi lebih halus dengan kertas amplas no. 400.
  • Keempat Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat Matt dengan perbandingan 1 bahan : Semprotkan hingga merata ke seluruh permukaan kayu dan tunggu mengering. Untuk lapisan terakhir ini membutuhkan waktu kering sekitar satu malam.

Pemesanan

Untuk proses pemesanan produk Biovarnish Glaze yang bisa Anda lakukan adalah melalui situs ini. Anda cukup menghubungi nomor costumer service yang tersedia dan Anda bisa langsung mendapatkan produk. Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan konsultasi khusus tentang masalah finishing yang lainnya, Anda bisa datang langsung ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta,

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.