You are currently viewing Ingin Finishing Warna Kayu Transparan? Biovarnish Jadi Pilihannya

Ingin Finishing Warna Kayu Transparan? Biovarnish Jadi Pilihannya

Dalam proses finishing kayu warna transparan, sanding sealer adalah langkah awal pada tahap finishing furniture.

Furniture finishing warna kayu transparan masih menjadi trend untuk furniture Indonesia. Tampilannya yang alami nan eksotik sangat cocok untuk dekorasi eksterior maupun interior. Untuk menampilkan kesan alami tersebut maka, langkah awal pada tahap finishing furniture adalah pemberian base coat atau lapisan dasar dengan sanding sealer.

Bertujuan untuk melapisi dan mengisi pori-pori permukaan kayu. Untuk mengetahui finishing kayu warna transparan tersebut menutupi pori-pori, maka gunakan ampelas. Gunakan sanding sealer agar pori-pori pada permukaan kayu dapat tertutup sempurna.

Tentang Sanding Sealer untuk Finishing Warna Kayu Transparan

Kayu yang telah diberi lapisan dasar sanding sealer memiliki tampilan yang lebih baik dan mudah diamplas. Sehingga, permukaan material bahan baku furniture tersebut menjadi lebih halus. Berikut tahapan penggunaan produk sanding sealer pada finishing warna kayu transparan yang benar:

  1. Buatlah lapisan dasar dengan perbandingan 1:2 (aduk sampai rata).
  2. Siapkan material kayu, bambu, rotan, dll yang dibutuhkan.
  3. Pastikan material-material tersebut kering, dan bersih (kotoran, debu, minyak, dll)
  4. Semprotkan keseluruh permukaan media dengan spray gun nozle 1.0 s/d 1.5. Produk ini juga dapat diberikan dengan alat kuas, roller coater, dll.
  5. Biarkan mengering sempurna selama ± 60 mnt.
  6. Gunakan amplas jenis scotbrite untuk menghaluskan permukaan lapisan ini.

Standar penggunaan pelapisan dasar ialah dua kali. Setelah lapisan pertama diamplas, lapisi kembali permukaan kayu dengan bahan yang sama. Kemudian amplas kembali setelah mengering.

Memilih Sanding Sealer Water Based sebagai Produk yang lebih Aman

finishing warna kayu transparan

Tidak jarang, banyak ditemui industri manufacturing mebel yang melewatkan tahapan lapisan dasar atau base coat. Alasan pada umumnya karena tidak memakan biaya yang banyak dan mempercepat proses produksi. Disarankan, alangkah baiknya melakukan proses finishing sesuai dengan prosedur yang tepat karena dapat menampilkan furniture lebih baik dan dapat menjaga kualitas furniture.

Produk base coat banyak ditemui di pasaran, yang harus menjadi perhatikan adalah penggunaan base coat/sanding sealer yang ramah lingkungan. Sanding sealer yang lebih aman dan ramah lingkungan adalah yang berpelarut air. Produk cat water based dikatakan ramah lingkungan karena kandungan VOC content dan racunnya sangat rendah atau bahkan nol. Sehingga, dampak negatif dari bahan yang digunakan baik terhadap kesehatan maupun lingkungan pun tidak ada.

Salah satu bahan pelapis dasar untuk warna kayu transparan adalah Biovarnish sanding sealer. Penggunaan sanding sealer tersebut sangat cocok pada finishing warna kayu transparan karena memiliki kerekatan film yang bagus dan cepat kering.

Fitur dan keuntungan dari Biovarnish sanding sealer memiliki daya rekat yang kuat dan mudah diaplikasikan. High bonding strength-nya juga telah diuji dengan crosscut test (ASTM D3002;D3359) class: 5B dan crosscut test (DINEN ISO 2409) iso class: 0. Saat diaplikasikan, sanding sealer memiliki daya tutup yang sangat baik serta daya sebar sangat luas. Cover area dari produk ini ialah 8-10m2/kg (thick.120μmm). Sementara itu, solid content-nya juga sangat tinggi mencapai 40+.

Biovarnish sanding sealer dilengkapi dengan bahan anti jamur. Lapisan filmnya sangat fleksibel sehingga media yang dilapisi dengan produk ini lebih tahan benturan. Sanding Sealer ini juga sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dariEuropean Chemicals Agency (ECHA)REACH. Seperti yang diulas di atas bahwa main coat ini cocok digunakan untuk finishing warna kayu transparan pada furniture eksterior karena tahan cuaca dan air.

Produk Base Coat Aplikasi Kuas Selain Sanding Sealer

Jika Anda merasa kesulitan dengan produk base coat yang aplikasinya menggunakan spray system maka Anda bisa memilih produk yang menggunakan proses aplikasi brush system. Aplikasi dengan kuas akan lebih memudahkan Anda untuk menggunakannya kapan saja khususnya jika Anda adalah ibu rumah tangga atau penghobi. Anda tidak perlu membeli produk spet dan kompresor yang memiliki harga lebih mahal.

Finishing Warna Kayu Transparan Tepat Asalkan Tahu Teknik Yang Tepat

Produk base coat yang ditawarkan adalah dari produk Biovarnish wood filler. Dalam rangkaian produk base coat ini Anda cukup menguaskan wood filler yang sudah diencerkan dengan air. Bentuk dari wood filler seperti dempul namun lebih lunak jadi ketika Anda mencampurkannya dengan air sehingga akan lebihi mudah untuk diaplikasikan menggunakan kuas.

Jika warna sanding sealer adalah transparan, produk dempul Biovarnish Wood Filler memiliki pilihan warna kayu seperti jati, ramin, mahoni dan juga sungkai. Keempat pilihan warna dari produk Biovarnish bisa Anda gunakan pada berbagai macam jenis kayu. Tak hanya terpaku pada jenis kayu sesuai dengan jenis warna pada wood filler. Bahkan untuk hasilnya, Anda akan mendapatkan warna transparan dan serat kayu terlihat dengan jelas.

Aplikasi setelah produk wood filler sama seperti sanding sealer yaitu memilih wood stain dan juga clear coat. Namun untuk produk tersebut Anda bisa menggunakan produk dari Biovarnish. Produk Biovarnish sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan finishing close pore material kayu dan turunannya maupun serat kayu yang lainnya yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan juga Biovarnish Clear Coat. Ingin mendapatkan produk Biovarnish? Anda bisa membeli melalui agen terdekat yang ada di kota Anda.

Demikian informasi mengenai pentingnya main coat sanding sealer untuk finishing warna kayu transparan. Semoga Bermanfat!