You are currently viewing 7 Trik Finishing Furniture Kayu Johar Warna Natural Transparan

7 Trik Finishing Furniture Kayu Johar Warna Natural Transparan

Punya furniture yang terbuat dari kayu Johar? Kayu johar memiliki warna coklat muda di bagian teras atau semu ungu yang sangat eksotis. Warna kayunya ini kontras dengan kayu gubal yang berwarna putih. 

Jika tidak ingin kehilangan warna asli kayu johar ini, perlu memilih finishing warna natural transparan. Namun, finishing ini ternyata tidak cukup hanya dengan menggunakan pernis atau plitur saja. 

Ada beberapa trik yang bisa Anda ikuti untuk memperoleh warna kayu yang asli dan membuat furniture Anda tampil lebih indah.

7 Trik Sederhana Finishing Furniture Kayu Johar Natural Transparan 

Pernis atau plitur adalah lapisan coating akhir yang bisa diaplikasikan pada kayu. Namun jika Anda hanya mengandalkan bahan finishing ini saja maka tidak cukup untuk melindungi furniture dari kayu. 

Belum lagi warna dari pernis atau plitur bisa saja berubah seiring dengan penggunaan jika Anda memilih bahan yang salah. Supaya kualitas kayu johar tetap terjaga, Anda perlu menggunakan bahan finishing yang bagus. 

Sekaligus dengan cara pengaplikasian yang benar agar hasilnya halus, berwarna transparan dan tahan lama. Beberapa trik berikut ini akan membantu Anda memperolehnya. 

1. Finishing Flawless dengan Bahan Poles 

Trik yang pertama adalah memanfaatkan bahan poles kayu. Selain tung oil, Anda bisa menggunakan bahan poles alami seperti Bnatural oil. Ini menjadi trik terbaik demi mendapatkan hasil finishing natural transparan. 

Khusus untuk furniture kayu johar outdoor, Anda bisa menggunakan bahan poles Biopolish Natural Oil. Menggunakan Biopolish Natural Oil untuk teknik finishing flawless ini, furniture akan bebas sagging atau bekas sapuan kuas. Modal alat yang dibutuhkan adalah kain katun. 

Cukup persiapkan furniture bersih dan halus bebas debu kemudian oleskan bahan finishing merata. Kemudian gosok untuk membuat bahan menyerap sempurna. Lakukan perawatan dengan teknik finishing flawless menggunakan Biopolish Natural Oil ini secara untuk meminimalkan lapisan yang sudah diaplikas sebelumnya terkikis dan habis. 

2. Mengaplikasikan Based Coat Sanding Sealer 

Langsung mengaplikasikan pernis atau plitur pada permukaan kayu tidak dapat menjamin hasil finishing awet. Alasannya pernis atau plitur tidak dapat menempel dengan baik pada pori kayu. 

Anda membutuhkan bantuan based coat berupa sanding sealer. Lapisan ini akan memperkuat permukaan kayu dan membuat pernis jadi semakin melekat. Ketahanan bahan finishing juga jadi semakin kuat. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus menggunakan sanding sealer dan pernis yang jenisnya sama. Anda bisa memilih bahan finishing berdasarkan bahan pelarutnya. 

Apabila memilih bahan finishing water based maka gunakan kedua produknya. Sama halnya ketika Anda memilih bahan finishing solvent based. 

3. Pilih Clear Coat atau Pernis dengan Hasil Matte

Biovarnish series untuk hasil warna natural transparan pada kayu johar

Tampilan natural sempurna bisa didapatkan jika teliti memilih tampilan clear coat atau pernis. Banyak produsen bahan finishing yang menciptakan clear coat dengan level gloss berbeda-beda. 

Di antara semua tingkat glossy yang dihasilkan tersebut, matte atau yang level glossy paling rendah paling tepat diaplikasikan. Tujuannya adalah, walaupun Anda memberikan lapisan coating namun hasilnya tidak akan terlalu terlihat. 

Furniture kayu johar akan tetap tampak terlihat alami tanpa dilapisi dengan coating. Hal ini karena idak terlalu banyak pantulan cahaya yang dihasilkan oleh clear coat matte. Dengan begitu hasil finishing natural transparan akan tampak lebih baik. 

4. Menggunakan Bahan Finishing Water Based

Warna transparan dengan hasil bagus dan bertahan lama tergantung dengan jenis bahan finishing yang Anda gunakan. Ada dua kategori bahan finishing yang bersaing berdasarkan bahan pelarutnya yaitu cat water based dan solvent based. 

Apabila Anda mengincar hasil transparan tahan lama, maka cat berpelarut air adalah pilihannya. Alasannya karena kandungan formalin yang jadi biang kerok warna transparan berubah menjadi menguning kadarnya hanya sedikit. 

Pada cat solvent, formalin ini jumlahnya cukup tinggi. Tidak heran furniture yang sering terekspos oleh sinar matahari dengan lapisan cat solvent lebih cepat menguning. 

Daripada Anda harus mengganti lapisan coating dalam beberapa bulan ke depan, akan lebih baik menggunakan cat water based sejak awal. Pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish

5. Menggantung untuk Aplikasi Lebih Mudah 

Apabila Anda ingin mengecat frame kayu johar atau kursi maka menggantungnya jadi trik paling bisa menghasilkan finishing terbaik. Tidak semua furniture bisa Anda gantung dan hanya terbatas pada furniture ukuran kecil saja. 

Anda bisa menerapkan cara ini khususnya pada kayu yang berbentuk flat dan lebar. Anda bisa menggantungnya di area yang terang untuk melihat hasil aplikasi secara langsung.

Substrat kayu yang digantung juga memudahkan Anda untuk aplikasi. Tidak perlu takut membolak balik furniture yang belum kering. Gantung furniture yang sudah selesai diampelas dan siap dikuaskan cat. 

6. Ampelas dengan Kertas Coklat

Banyak yang bilang bahwa usai menggunakan pernis permukaan kayu tidak perlu diampelas lagi. Namun, bagaimana jika ternyata kondisi dari clear coat malah tampilannya buruk? 

Anda bisa melihat banyak bekas sapuan kuas, padahal sudah mengaplikasikan clear coat hingga dua lapisan. Anda butuh waktu lama lagi jika harus mengaplikasikan clear coat ulang. 

Demi mendapatkan warna natural transparan yang hasilnya halus, Anda bisa menggunakan kertas coklat. Kertas pembungkus berwarna coklat ini memang tidak seperti ampelas yang memiliki grit. 

Justru kelebihan adalah kertas dapat menghaluskan furniture kayu johar. Anda bahkan bisa menghilangkan bekas sapuan kuas atau debu yang menempel. 

Caranya cukup dengan menggunakan kertas coklat yang ditambahkan sedikit compound, kemudian gosok perlahan di permukaan furniture sampai rata dan mendapatkan tingkat halus sesuai keinginan.  

7. Tidak Perlu Menggunakan Wood Stain

kabinet kayu johar finishing natural transparan

Anda bisa mempertahankan warna dari kayu johar tanpa harus mengaplikasikan stain. Ketika Anda pergi ke toko bahan cat dan banyak sales menawarkan wood stain sebaiknya jangan beli. 

Wood stain memang memberikan warna natural, namun terdapat kandungan pigmen yang bisa merubah warna kayu. Hasilnya warna kayu asli jadi tertutup. Anda mungkin tidak bisa lagi melihat perbedaan warna gubal dan teras kayu. 

Hanya gunakan wood stain pada furniture kayu yang ingin diubah warna aslinya. Misalnya, kayu sungkai yang warnanya cenderung putih kekuningan tampak membosankan. 

Anda bisa menggunakan wood stain setelah aplikasi sanding sealer untuk mengubah warna asli kayu. Namun, khusus kayu johar lebih disarankan untuk tidak menggunakannya. 

Sebenarnya tidak sulit bagi Anda mengaplikasikan sanding sealer kemudian clear coat atau pernis pada furniture kayu johar. Apalagi jika menggunakan produk Biovarnish

Hasil warna transparan natural sudah pasti akan didapatkan dan ketahanannya sangat baik. Alat aplikasi yang dibutuhkan sangat minimalis yaitu kuas dengan bulu nilon. 

Anda bisa langsung mempraktekan trik ini untuk hasil warna natural transparan yang terbaik.