You are currently viewing 7 Trik Finishing Ekspose pada Gazebo dengan Warna Gardena Teak 

7 Trik Finishing Ekspose pada Gazebo dengan Warna Gardena Teak 

Gazebo dari material kayu menjadi favorit banyak orang. Apalagi dengan finishing ekspose yang bisa memperlihatkan tampilan serat kayu jauh lebih menarik. 

Anda yang ingin mendapatkan hasil terbaik pada gazebo di rumah bisa memilih warna gardena teak. Mendapatkan warna gardena teak atau mirip kayu jati asli akan memperindah tampilannya. 

Belum lagi ketika Anda memberikan tampilan akhir matte yang memperlihatkan kesan warna tanpa finishing. Penasaran bagaimana cara Anda bisa memperoleh tampilan gardena teak pada gazebo? Yuk, cek triknya berikut ini. 

finishing ekspose dengan warna gardena teak pada gardena teak

Trik Menerapkan Finishing Ekspose pada Gazebo 

Finishing ekspose termasuk tipe finishing yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya tidak terlalu banyak lapisan coating yang dibutuhkan, namun memerlukan teknik yang lebih terperinci. 

Contohnya, jenis kuas tidak boleh salah agar tidak menimbulkan bekas sapuan kuas. Tingkat penekanan kuas saat mengaplikasikan coating juga harus jadi bahan perhatian. Jika belum terbiasa dengan hal tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa trik finishing ekspose berikut ini saat finishing gazebo dengan warna gardena teak. 

1. Pemilihan Bahan Finishing yang Tepat 

Syarat utama yang harus dipenuhi adalah pemilihan bahan finishingnya. Anda mungkin tertarik menggunakan oil based, juga water based. Cermati keduanya karena karakternya sangat berbeda. 

Oil based di sisi lain membutuhkan waktu kering terlalu lama, namun Anda tidak perlu khawatir efek overlaps pada saat menguaskan. Stain akan memberikan warna sepadan. 

Water based lebih baik dari proses aplikasinya karena karakternya yang lebih cepat kering dan bebas bau. Jika ada cat menetes Anda hanya perlu menggunakan air sabun untuk membersihkannya. 

Dilihat dari karakternya ini, cat water based jauh lebih mudah digunakan, apalagi jika Anda berencana mengecat pada musim hujan. Kecepatan kering cat water based akan menyelamatkan Anda dalam finishing sempurna. 

Baca Juga :  Apa Warna Terbaik untuk Furniture Jati Belanda? Cek Warnanya

2. Pastikan Warna Kayu Setingkat Lebih Rendah 

Setiap kali hendak melakukan finishing ekspose jangan sembarangan untuk langsung mengaplikasikan. Penting bagi Anda untuk menyesuaikan warna kayu dengan gardena teak. 

Kayu yang hendak dicat setidaknya warnanya harus setingkat lebih rendah dibandingkan dengan warna gardena teak. Lebih bagus lagi jika warnanya putih terang dengan serat kayu masih terlihat. 

Misalnya, Anda hendak mengecat kayu bengkirai atau meranti yang kemerahan, sebaiknya aplikasikan White Agent 250 terlebih dahulu satu hari sebelumnya. Warna kayu akan berubah menjadi lebih cerah. 

Keesokan harinya aplikasikan stain warna gardena teak. Tujuannya agar warna gardena teak bisa jauh lebih tajam dengan satu atau dua kali sapuan kuas. 

3. Perhatikan Arah Serat Kayu 

Trik selanjutnya pada finishing ekspose adalah selalu memperhatikan arah serat. Kunci agar serat kayu terlihat dan kayu tampak seperti tidak difinishing adalah sesuai dengan arah serat. 

Apalagi jika Anda menggunakan alat berupa kuas, sudah pasti akan menimbulkan brush mark. Serat kayu yang paling mudah terlihat biasanya seperti kayu jati belanda atau sonokeling dan jati. Sedangkan kayu yang seratnya sangat halus karena lurus dan tidak beraturan adalah kayu meranti, sungkai dan sejenisnya. 

4. Tidak Menghilangkan Lapisan Cat Lama 

Khusus bagi Anda yang mengecat ulang gazebo, sebaiknya selalu bersihkan lapisan cat lama sebelum memulai. Lapisan cat yang lama ini akan membuat lapisan coating baru tidak menempel dengan sempurna. 

Selain itu, hasilnya refinishing juga akan menimbulkan warna belang. Ketika stain warna gardena teak diaplikasikan pada gazebo maka warna akan menjadi lebih tebal. Demi hasil maksimal, Anda bisa menghilangkan cat lama dengan thinner atau bahan khusus penghilang coating. 

Baca Juga :  Tips Refinishing Bangku Taman dengan Cat Outdoor Tahan Cuaca

Hilangkan coating lama pada gazebo satu hari sebelum mulai mengecat, tujuannya agar hasil coating yang baru bisa menempel dengan maksimal pada permukaan kayu gazebo. 

 5. Tidak Menggunakan Kuas? Pakai Teknik Wiping 

Finishing ekspose hasilnya jauh lebih baik dengan menggunakan kuas atau teknik wiping. Kedua teknik ini menjanjikan serat kayu terlihat usai menggunakan stain gardena teak. 

Jika Anda tidak yakin dengan teknik menguas yang dimiliki, maka pakailah teknik wiping. Teknik ini akan memastikan bahwa coating akan langsung menempel pada pori dan permukaan kayu secara optimal. 

Caranya, pertama kuas pada sebagian kayu gazebo dan sebelum kering langsung lakukan sekali usap searah dengan serat kayu. Usap menggunakan kain katun yang mampu meratakan cat dengan baik. 

Anda akan langsung melihat warna stain yang jauh lebih baik dan juga serat kayu sangat terlihat. Jika kurang percaya diri cobalah teknik wiping ini pada permukaan kayu lainnya. 

6. Mengaplikasikan Gardena Teak Dua Kali 

Anda yang mendambakan finishing ekspose dengan warna tajam harus mengaplikasikan stain lebih dari sekali yang akan membuat coating jauh lebih tajam dan warna awet. 

Apalagi untuk gazebo yang terletak di luar ruangan yang membuatnya jauh lebih rentan terkena perubahan cuaca. Lebih baik untuk memberikan dua lapisan stain sekaligus sehingga warna tidak mudah pudar walaupun terkena hujan dan panas terus menerus. 

Menggunakan kuas atau teknik wiping sama saja. Anda harus menunggu lapisan pertama kering terlebih dahulu, lalu kemudian ampelas permukaannya dengan ampelas halus nomor 400. 

Terakhir, Anda bisa mengaplikasikan stain gardena teak kembali, kemudian aplikasikan clear coat sebagai lapisan utama. Hanya dengan dua kali lapisan Anda bisa memperoleh warna yang jauh lebih tajam. 

Baca Juga :  Bagaimana Cara Menciptakan Finishing Black Wash Pada Furniture?

7. Berikan Lapisan Sanding Sealer 

Ingin hasil lebih halus dan serat terlihat? Anda bisa menggunakan sanding sealer sebelum mengaplikasikan stain. Lapisan sanding sealer akan memperkuat lapisan stain di atasnya. 

Hasil yang diberikan juga jauh lebih halus dibandingkan jika Anda langsung mengaplikasikan stain. Warna stain juga akan terlihat lebih merata, Anda jadi lebih mudah dalam tahapan finishing. 

Cukup dengan memberikan satu lapisan sanding sealer saja sudah bisa membuat hasil finishing jauh berbeda. Jangan lupa ketika menggunakan stain water based pilih juga sanding sealer berbahan water based. 

Tujuannya agar setiap lapisan coating akan menempel maksimal. Setiap lapisan memiliki peranan besar dalam hasil finishing ekspose, jadi pastikan bahwa Anda mengecatnya dengan tepat. 

Apa Cat Warna Gardena Teak Terbaik? 

Biovarnish wood stain untuk finishing ekspose

Anda yang mengincar warna gardena teak bisa memanfaatkan Biovarnish wood stain. Produk stain yang ditawarkan memberikan warna sangat mirip kayu jati natural. 

Ditambah lagi dengan dua kali lapisan, warna yang dihasilkan akan jauh lebih tajam dibandingkan sebelumnya. Produk Biovarnish sendiri bisa Anda aplikasikan langsung menggunakan kuas atau teknik wiping. 

Pastikan saja bahwa jenis kuas yang digunakan adalah kuas nilon. Kuas ini akan meratakan cat water based Biovarnish dengan baik tanpa bekas sapuan kuas. Selama proses aplikasi Anda juga terbebas dari masalah bau. 

Biovarnish wood stain gardena teak, tidak hanya pas untuk finishing ekspos pada gazebo tetapi juga mebel taman lainnya. Mulai dari kursi atau meja taman.