Cara Menyamakan Warna Kayu Jati dengan Biovarnish Liquid Stain

Warna alami dari kayu jati yang tidak seragam seringkali menjadi masalah pada proses finishing. Akibatnya, finishing menjadi lebih sulit dan lama dilakukan. Hasil finishingnya juga sering menjadi kurang memuaskan karena warna yang dihsilkan tidak seragam. Maka untuk mendapat hasil finishing terbaik dengan cara menyamakan warna kayu jati, anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain.

Ingin Mengecat Meja Makan Kayu? Ikuti Panduan Mudah Berikut Ini

Penggunaan Biovarnish Liquid Stain adalah teknik natural finishing untuk menyamakan warna kayu. Berbeda dengan eknik penyeragaman menggunakan bahan kimia yang berpotensi merusak serat kayu. Biovarnish liquid stain tidak diformulasikan dengan bahan kimia berbahaya, sehingga sangat cocok digunakan untuk menyeragamkan warna tanpa takut adanya serat kayu yang rusak.

Rekomendasi Bahan Finishing untuk Kayu Jati

Penggunaan bahan finishing juga perlu diperhatikan sebelum anda memulai proses finishing. Hal ini tentunya juga berkaitan dengan hasil penyeragaman warna kayu jati yang akan dihasilkan. Untuk menyamakan warna kayu jati dengan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan, anda dapat menggunakan biovarnish series.

subsidi ongkir

Terdapat beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk menghasilkan warna kayu jati yang seragam. Penggunaan berbagai varian dari biovarnish juga anda perlukan. Biovarnish direkomendasikan sebagai bahan finishing untuk kayu jati karena aman dan ramah lingkungan. Hal ini terbukti dengan rendahnya kadar VOC pada biovarnish.

Diformulasi dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yaitu US EPA dan ECHA. Membuat cat biovarnish tidak beracun dan tidak menimbulkan bau yang menyengat seperti cat solvent based. Sebagai cat water based, Biovarnish memberikan varian kemudahan mulai dari cara aplikasi yang cepat dengan kuas dan air, waktu kering dalam ruangan, pilihan yang beragam dari 20 warna, dan terakhir adalah keamanan yang diberikan. Tingkat transparansi dari cat sesuai dengan kebutuhan serat dan warna kayu asli.

Kenalan Dulu Yuk Dengan Kayu Mindi Sebagai Alternatif Kayu Jati Belanda

Gunakan cat kayu yang aman untuk segala finishing baik interior maupun eksterior. Kursi kayu dengan finishing water based akan bertahan lebih lama karena tidak mudah menguap selain itu aman karena tidak menimbulkan bau menyengat. Sehingga anda dapat melakukan finishing dengan cat water based lebih nyaman dan mudah. Kesehatan anda dan keluarga juga aman karena tidak beresiko mengalami gangguan kesehatan akibat bau menyengat dari cat saat finishing.

Coating Schedule Menyamakan Warna Kayu Jati 

Proses finishing yang dilakukan berfungsi untuk menyeragamkan warna kayu jati sesuai yang diinginkan. Tahap finishing juga dilakukan untuk memberikan perlindungan pada kayu tersebut sehingga lebih awet untuk digunakan. Material yang digunakan untuk tahap finishing perlu diperhatikan, agar dapat mencapai tujuan finishing yang diharapkan.

Berikut ini langkah serta bahan yang digunakan saat melakukan finishing untuk menyamakan warna kayu jati:

>> Persiapan

Sebagai persiapan untuk memulai finishing, anda dapat mengamplas seluruh permukaan kayu jati. Lakukan dengan amplas kasar nomor 240, lalu sempurnakan menggunakan kertas amplas 400.

>> Gunakan Bleaching Kayu

Warna Finishing Furniture Terlalu Tua Koreksi Dengan Cara Ini - WA250

Tahap selanjutnya adalah aplikasikan WA-250 sebagai bleaching, fungsinya untuk menyamakan warna, dan menghilangkan noda yang terdapat pada permukaan kayu jati. Encerkan dengan perbandingan 1:1. Aplikasikan secara merata dengan kuas ataupun spray gun. Diamkan hingga mengering lalu lanjutkan ke tahap selanjutnya.

>> Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer

Sanding sealer digunakan untuk mencegah tumbuhnya bulu pada permukaan kayu. Bahan ini juga digunakan karena dapat membantu warna dasar menjadi lebih tajam. Aplikasikan setelah diencerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1, aplikasikan secara merata dengan kuas maupun spray. Tunggu kering lalu amplas ambang hingga serat kayu terlihat.

>> Lakukan Pewarnaan

Anda bisa melakukan pewarnaan menggunakan Biovarnish Liquid Stain Gardena Teak. Varian Gardena Teak pada Liquid Stain series sangat cocok untuk kayu jati, karena coklat muda dari Gardena Teak menyerupai warna kayu jati. Cara aplikasinya sama dengan sanding sealer, anda dapat mengulangi tahap ini jika perlu

>> Aplikasikan Top Coat

Gunakan biovarnish clear coat sebagai top coat. Bahan ini berfungsi mempertahankan hasil finishing dalam jangka waktu yang lama. Keunggulan Clear Coat Biovarnish ini adalah memiliki transparansi tinggi, sehingga serat kayu tetap terlihat sempurna.

Keunggulan Biovarnish Liquid Stain

Penggunaan bahan ini sangat penting untuk menyamakan warna kayu jati, sehingga produk ini sangat direkomendasikan untuk anda. Terutama yang akan menggunakan pada tahapan finishing untuk menyamakan warna kayu jati. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biovarnish liquid stain, berikut adalah beberapa keunggulan cat kayu transparan ini yang perlu anda ketahui:

Kayu Cedar : Pengolahan Hingga Cara Finishingnya Yang Mudah
  • Aman dan ramah lingkungan

Diformulasikan dari air dan bahan kimia yang ramah lingkungan, membuat produk ini aman dan tidak menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan jika digunakan. Penggunaan produk ini juga tidak memberikan efek buruk pada kesehatan aplikator, sehingga benar-benar aman untuk diaplikasikan.

  • Transparansi warna baik

Sebagai plitur kayu, produk ini memiliki tingkat transparansi warna yang tinggi. Sehingga pengaplikasian produk ini tidak akan menutup serat alami pada kayu jati. Selain itu, plitur water based ini dapat digunakan juga sebagai pewarna dasar yang akan membantu meningkatkan warna alami kayu jati.

  • Penetrasi warna lebih cepat

Sebagai cat water based, penggunaan pewarna kayu biovarnish liquid stain akan menghasilkan penetrasi warna yang lebih cepat. Proses aplikasi produk ini juga akan lebih hemat dari segi biaya karena tidak membutuhkan banyak pengulangan aplikasi untuk mencapai warna yang diinginkan.

  • Hasil lebih natural

Hasil aplikasi dengan biovarnish liquid stain akan lebih natural dibandingkan saat anda menggunakan plitur kayu lainnya. Hal ini selaras dengan hasilnya karena memiliki transparansi warna yang baik. Serat kayu jati menjadi lebih terlihat dan menampakkan hasil yang lebih natural.

  • Aplikasi lebih fleksibel

Metode aplikasi produk ini juga lebih fleksibel, karena dapat diaplikasikan melalui dua metode yaitu spray maupun kuas. Karena memiliki tekstur liquid, aplikasi dengan metode spray lebih direkomendasikan.

Tutorial Menyamakan Warna Kayu Jati dengan Biovarnish Liquid Stain

Jika anda membutuhkan bimbingan atau tutorial untuk menyamakan warna kayu jati, anda bisa menonton videonya disini:

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Bioindustries"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.