Pelajari Teknik Menggunakan Kuas untuk Finishing Natural Transparan

Mendapat hasil finishing natural juga harus mempelajari teknik menguas yang benar, finishing natural transparan dapat dilakukan oleh siapa saja, simak tipsnya disini untuk lebih mudah melakukan finishing transparan.

Kuas adalah alat yang paling mudah digunakan untuk mengecat material apapun. Walaupun terlihat sangat mudah, menguaskan cat juga ada tekniknya. Kuas diciptakan untuk mempermudah siapa saja tidak harus profesional untuk mengecat. Ada banyak jenis dan ukuran kuas dipasaran, memilih dan menggunakannya adalah cara tepat untuk hasil terbaik. 

subsidi ongkir Mempelajari Teknik Menguas Untuk Finishing Natural Transparan - Kuas

Jadi apakah Anda sudah menguasai teknik menguas? Tenang saja tidak perlu teknik khusus yang rumit untuk bisa mengecat furniture kayu dengan kuas. Anda hanya harus terbiasa dan menggunakan pernis kayu yang tepat. Dua hal ini adalah faktor penting jika Anda ingin mendapatkan finishing kayu natural transparan. 

Produk Finishing Warna Natural Transparan

Warna transparan bukan berarti Anda bisa mengecat asal-asalan. Bekas sapuan kuas atau brush mark bisa sangat terlihat beserta dengan cacat finishing lainnya. Beberapa cacat finishing yang harus dihindari antara lain, bubble, cat yang mengelupas atau warna tidak merata. 

Cacat finishing juga bisa disebabkan karena jenis pernis yang digunakan salah. Warna transparan bisa saja berubah menjadi kuning jika Anda salah membeli pernis. Jadi selalu perhatikan teknik menguas, jenis kuas dan juga jenis produk yang digunakan. 

Tidak sedikit produk pernis kayu yang beredar di pasaran, tetapi apakah semuanya memiliki kualitas yang bagus? Tentu saja tidak. Anda harus mencari hal utama yaitu warna pernis yang tidak akan berubah menjadi kuning. Pernis yang memiliki karakter ini adalah pernis berbahan dasar air.

Mempelajari Teknik Menguas Untuk Finishing Natural Transparan - Cara Menguas

Pemilihan bahan finishing lainnya juga harus diperhatikan, penggunaan cat water based adalah pilihan yang tepat dana aman. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan produk biovarnish yaitu merk cat water based yang memiliki varian produk lengkap dengan keamanan formulanya.

Belajar Teknik Menggunakan Kuas untuk Mengecat

Belajar menggunakan kuas untuk mengecat dapat dilakukan dengan mudah. ada 2 langkah utama yang harus diperhatikan yaitu pemilihan kuas dan cara penggunaannya. Berikut ini teknik yang bisa Anda pelajari untuk menghasilkan finishing natural transparan halus dan merata:

  • Cara memilih kuas

Pemilihan kuas tergantung dengan besar kecilnya furniture yang akan di finishing. Jika Anda hendak melakukan finishing pada furniture besar yang datar sebaiknya gunakan kuas ukuran 5 inci ke atas. Namun jika furniture hanya berukuran kecil dan memiliki banyak sudut sebaiknya pilih kuas ukuran 3 inci. 

Mempelajari Teknik Menguas Untuk Finishing Natural Transparan - jenis kuas

Pilih juga jenis bulu pada kuas, jika menggunakan cat berbahan dasar air sebaiknya pilih kuas dengan bulu nilon atau gunakan kuas busa. Bentuk ujung kuas juga harus diperhatikan. Ada kuas dengan ujung merata, dan ada juga ujung kuas yang runcing. Jika ingin mendapatkan hasil halus pilih kuas dengan ujung runcing. Kuas dengan ujung rata biasanya untuk mengecat dinding. 

  • Cara menggunakan kuas

Bicara tentang teknik menggunakan kuas sudah pasti harus mengetahui cara memegangnya dan cara mengaplikasikan cat. Cara memegang kuas harus santai jangan terlalu kencang atau bahkan tangan. Anda bisa memangnya seperti menggunakan sendok. Jika terlalu kaku memegangnya akan membuat hasil finishing tidak halus. Proses aplikasinya juga harus santai, Anda bisa melakukan satu sapuan kuas panjang yang searah dengan serat kayu.  

Sudut tarikan kuas ke arah serat sebaiknya 45 derajat. Sudut ini akan mempercepat proses penguasan. Jangan menguaskan dengan sudut 90 derajat karena hanya akan membuat brush mark semakin kentara. Proses mengaplikasikan tidak boleh terlalu ditekan oleh karena itu memegang kuas harus lebih santai. 

Cara Mengaplikasikan Cat Biovarnish Series

Untuk mendapat hasil finishing natural, anda dapat menggunakan seri biovarnish. Anda dapat menggunakan biovarnish wood filler, biovarnish sanding sealer dan biovarnish clear coat. Jika ingin melakukan pewarnaan, anda bisa menggunakan biovarnish liquid stain.

Mempelajari Teknik Menguas Untuk Finishing Natural Transparan - aplikasi biovarnish series

Berikut ini langkah aplikasinya yang dapat anda lakukan dengan mudah tanpa perlu alat dan bahan yang mahal:

  • Persiapan material furniture

Proses persiapan furniture kayu meliputi pengamplasan dan memastikan permukaannya bersih bebas kotoran. Pengamplasan bisa dimulai dengan amplas yang sangat kasar kemudian berganti ke amplas halus. Mulailah dengan amplas 180 kemudian terakhir amplas 220. 

  • Aplikasi biovarnish wood filler

Selanjutnya, gunakan biovarnish wood filler dengan pisau scrape. Aplikasikan secara halus dan merata ke seluruh permukaan furniture. Diamkan mengering sekitar 20 menit lalu amplas hingga serat kayu terlihat.

  • Jika butuh warna, aplikasikan biovarnish liquid stain
Kayu Cedar : Pengolahan Hingga Cara Finishingnya Yang Mudah

Anda bisa menggunakan biovarnish liquid stain jika membutuhkan pewarnaan. Meski demikian, penggunaan cat ini tidak akan menutup serat kayu karena trasnparansinya tinggi. Serat kayu juga akan lebih terlihat. Aplikasikan cat ini setelah diencerkan dengan air bersih perbandingan 2:1. Kuaskan searah serat kayu hingga merata, diamkan mengering sekitar 60 menit lalu amplas ambang. Ulangi tahap ini jika diperlukan.

  • Gunakan sanding sealer

Anda dapat menambah kesan natural dengan menggunakan sanding sealer. Cara aplikasinya sama dengan liquid stain. Tunggu kering lalu amplas ambang, baru lanjut ke tahap terakhir.

Mempelajari Teknik Menguas Untuk Finishing Natural Transparan - Sanding Sealer
  • Terakhir, aplikasikan biovarnish clear coat

Lapisan terakhir ini dapat anda pilih tingkat glossynya. Sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Cara aplikasi produk ini sama dengan liquid stain dan sanding sealer. Tunggu kering hingga semalaman untuk mendapat hasil finihsing natural terbaik.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.