Inilah Cara Plitur Kayu yang Murah, Aman dan Ramah Lingkungan

Menggunakan bahan finishing seperti plitur kayu yang murah, aman dan ramah lingkungan merupakan impian untuk mendapatkan kepuasan. Salah satu alasan mengapa banyak penghobi kayu adalah untuk mencari kepuasan. Berbeda dengan pengrajin yang memang bekerja di industri dengan alasan untuk mengikuti perintah sesuai dengan pesanan konsumen.

Para penghobi atau DIY biasanya akan melakukan berbagai eksperimen khususnya dalam hal finishing. Memang tidak salah namun untuk mendapatkan eksperimen dengan hasil yang langsung bagus Anda perlu mencari petunjuk dimana dapat menggunakan bahan finishing yang tepat.

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing warna natural transparan maka memilih pernis atau plistur kayu adalah salah satu cara yang paling tepat. Selain menggunakan wax untuk finishing natural plitur akan sangat membantu melindungi dan juga memberikan penampilan yang menarik pada permukaan kayu.

Baik itu furnitur, home decor atau bahkan kerajinan alam lainnya menggunakan pelitur adalah sebuah keharusan. Maka cara plitur kayu yang tepat juga sangat dibutuhkan. Hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah masalah keamanan, jika Anda adalah DIY maka keamanan pengguna dan lingkungan harus menjadi prioritas Anda.

Bagaimana tidak, penggunaan plitur kayu yang berbahaya hanya akan membuat Anda mendapatkan masalah kesehatan di kemudian hari. Bayangkan seja asebuah cat atau plitur dapat menimbulkan polusi karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Polusi sangat mudah terjadi apalagi jika plitur adalah bahanyang mengandung logam berat seperti timbal, merkuri bahkan formalin.

Sedini mungkin Anda memilih plitur kayu murah harus memahami hal ini. Sama halnya dengan harga, ketika memilih plitur maka harga akan menjadi sebuah pilihan yang sangat mudah. Anda perlu memilih harga pelitur yang murah terutama jika Anda sedang melakukan proyek besar.

Tidak jauh berbeda dengan industri furnitur yang mencari bahan finishing dengan harga murah namun tetap dapat memberikan hasil yang maksimal. Dimana Anda bisa mendapatkan bahan finishing tersebut? Anda bisa mendapatkan bahan tersebut dalam situs ini.

Plitur Kayu Murah, Aman dan Ramah Lingkungan

Apakah plitur kayu yang aman dan juga ramah lingkungan? Kini Anda tidak perli pergi ke luar negeri untuk membeli bahan tersebut. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah melalui situs ini yang merupakan distributor utama dalam penghasil bahan plitur kayu yang aman dan ramah lingkungan.

Produk Biovarnish adalah plitur kayu water based yang bisa Anda gunakan untuk finishing furnitur dengan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan merk plitur kayu yang lainnya. Anda akan mendapatkan bahan finishing yang menjaga lingkungan dengan baik.

Bahan dasar water based membuat Anda lebih mudah untuk menggunakannya. Tidak menimbulkan aroma yang menyangat, alat yang digunakan untuk aplikasi cukup hanya kuas saja. Pelarut yang berupa air mudah didapatkan disekitar Anda dan murah. Lalu apa yang Anda pertimbangkan kembali untuk menggunakannya?

Hasil finishing yang diberikan tentu sangat menakjubkan, Anda bisa menggunakannya pada furnitur dalam ruangan maupun luar ruangan. Lapisan film perlindungan yang diberikan akan kuat dalam melindungi furnitur dari panas dan juga hujan. Penggunaan dengan warna cat plitur kayu transparan sepadan dengan perlindungan yang diberikan.

Memberikan hasil finishing dengan pori kayu tertutup Anda perlu menggunakan tiga produk yang terdiri dari Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain dan juga Biovarnish clear coat. Tampilan clear coat bisa Anda pilih yaitu gloss maupun matte. Keduanya akan memberikan tingkat kilap yang berbeda.

Untuk pilihan warna natural Anda bisa mendapatkannya melalui Biovarnish wood stain dengan 20 pilihan warna natural. Pemilihan warna yang bisa Anda dapatkan dapat disesuaikan dengan warna kayu yang Anda gunakan. Jika Anda ingin memiliki warna jadi ada beberapa pilihan warna seperti dark teak atau red teak.

Nah untuk langkah aplikasi bisa Anda ikuti dalam petunjuk di artikel ini.

Langkah-Langkah Penggunaan :

Hasil finishing menggunakan plitur Biovarnish perlu melakukan persiapan. Tidak ada yang dapat mengalahkan hasil finishing yang maksimal tanpa pesiapan yang matang. Pertama, amplas semua permukaan pada proyek Anda, hingga ke tingkat amplas yang halus.

Semua debu pengamplasan harus dihilangkan dengan vakum dan blower. Anda bisa menggunakan kain untuk menghilangkan debu halus segera sebelum menerapkan plitur, menyeka lembut untuk menghindari kontaminasi permukaan dengan residu lengket di atas lap.

Jangan mencoba menyelesaikan aplikasi apa pun di hari yang sama saat Anda bekerja di toko. Debu udara baik dari menggergaji atau pengamplasan menyebabkan nibs debu yang ditakuti di finish Anda. Pastikan Anda memiliki tempat kerja yang benar-benar bersih terbebas dari angin kencang jadi sebaiknya kerjaan dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik.

Cara Plitur Kayu yang Aman dan Murah

Perlu diingat setelah Anda aplikasi wood stain, pastikan lapisannya benar-benar kering sebelum Anda mengaplikasikan clear coat. Waktu pengeringan yang diasumsikan adalah 60 menit jika Anda menggunakan Biovarnish wood stain. Namun jika Anda menggunakan bahan finishing merk lainnya biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Berikut ini langkah-kerja menggunakan Biovarnish series setelah Anda melakukan persiapan pada substrat kayu :

  1. Apapun jenis kayu yang Anda gunakan, selalu gunakan Biovarnish wood filler. Pilih warna filler yang sesuai. Fungsinya adalah untuk menyamakan warna kayu dan mempertajam waran dari wood stain nantinya. Proses aplikasi dimulai dengan mencampurkan wood filler dengan sedikit air. Campur dan aplikasikan menggunakna kape. Aplikasikan berlawanan dengan pori kayu sehingga filler dapat benar-benar masuk ke dalam pori. Tunggu sebentar hingga mengering dan amplas dengan amplas 240 hingga halus dan serat kayu terlihat.
  2. Langkah kedua adalah pengaplikasian wood stain. Pilih warna dan campurkan Biovarnish wood stain dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk hingga homogen dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Cara aplikasi harus searah serat kayu, setelah itu Anda bisa cukup menunggu kering selama 60 menit. Amplas ambang permukaan dengan amplas 400. Lakukan hingga permukaan lebih halus, jika warna yang dihasilkan masih terlalu tipis Anda bisa mengaplikasikan wood stain kembali dan mengamplasnya.
  3. Langkah ketiga sekaligus yang terakhir adalah aplikasi clear coat. Aplikasikan Biovarnish clear coat yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk rata dan kuaskan secara menyeluruh searah dengan serat kayu. Lakukan hingga Anda mendapatkan permukaan sesuai dengan keinginan baik itu menggunakan clear coat gloss maupun matte. Tunggu hingga clear coat sepenuhnya mengering biasanya membutuhkan waktu semalaman atau 24 jam.

Langkah pengeringan sangat penting untuk mendapatkan hasil finishing yang lebih rata. Lakukan pengeringan dalam ruangan yang bersih dan juga kering. Pastikan Anda menjauhkannya dari anak-ana dan juga kipas angin agar debu dan kotoran tidak menempel ketika lapisan plitur masih basah. Untuk full curing lakukan pendiaman selama seminggu sebelum Anda dapat mengemas dan mengirim furnitur ke luar kota.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU