5 Macam Finishing Kursi Kayu Jati bagi Pemula dengan Hasil yang Unik

Melakukan finishing kursi kayu jati dapat dilakukan siapa saja termasuk seorang pemula, simak 5 macam finishing kursi kayu jati bagi pemula disini !!!

Para pemula seringkali bingung ketika dihadapkan pilihan untuk melakukan finishing pada kursi kayu jati. Anda mungkin sudah membuat kursi dari bahan kayu jati dengan susah payah. Namun karena pilihan finishing yang salah, hasilnya menjadi tidak memuaskan.

Kumpulan Harga Pernis Kayu Terlengkap

Kesalahan saat finishing bisa saja terjadi khususnya saat melakukan pemilihan warna. Biasanya warna yang dicontohkan dari produsen cat seringkali berbeda dengan hasilnya. Hal ini dikarenakan setiap cat khususnya warna natural akan berbeda hasilnya tergantung dengan jenis kayu yang digunakan.

Anda dapat menggunakan cat water based dari biovarnish unutk finishing kursi kayu jati. Cat ini dapat anda kombinasikan dengan berbagai gaya pada kursi kayu jati. Untuk referensi, inilah 5 gaya finishing kursi kayu jati yang bisa anda lakukan sebagai seorang pemula.

Finishing Kursi Kayu Jati Tampilan Natural

Para pemula pasti sudah tidak asing lagi dengan finishing natural. Finishing ini bisa diaplikasikan untuk mendapatkan serat kayu menjadi lebih tajam. Berbagai proses bisa dilakukan dan berbagai cat warna natural bisa diaplikasikan. Tampilan natural sendiri bisa didapatkan dari memberikan lapisan coating.

Sebagai pemula, sebaiknya Anda menggunakan proses aplikasi dengan cara memberikan lapisan coating. Cat kayu Biovarnish akan memberikan perlindungan terbaik pada kursi kayu jati namun tetap memberikan tampilan natural yang maksimal. Berikut ini urutan aplikasi untuk tampilan natural:

Ingin Kursi Teras Dari Plywood Yang Tahan Lama? Ini Kuncinya
  1. Amplas permukaan kayu hingga halus merata. Gunakan amplas nomor 240 lalu lanjutkan dengan amplas 400. Bersihkan debu sisa pengamplasan.
  2. Aplikasikan Biovarnish wood filler warna kayu jati ke seluruh permukaan kayu. Aplikasikan dengan pisau scrape secara halus merata, lalu tunggu mengering sekitar 20 menit. Amplas hingga serat kayu terlihat.
  3. Lakukan pewarnaan dengan Biovarnish liquid stain warna kayu jati sesuai, encerkan dengan air pada perbandingan 2:1. Kuaskan ke seluruh permukaan kursi searah serat untuk mendapatkan hasil yang halus. Diamkan hingga kering baru amplas ambang dengan amplas 400. Aplikasikan kembali jika warna yang diinginkan belum didapatkan.
  4. Campurkan Biovarnish clear coat matte dengan air, perbandingan 2:1. Kuaskan searah dengan serat kayu. Keringkan kursi kayu selama semalaman.

Finishing Tampilan Mengkilap Kursi Kayu Jati

Selanjutnya adalah finishing kayu mengkilap atau gloss. Jika Anda ingin meletakan kursi di luar ruangan seperti taman atau teras maka finishing ini perlu dipilih. Tampilan gloss akan memberikan hasil finishing yang mengkilap dengan menyamarkan goresan yang timbul setelahnya. Jadi kursi akan tampak lebih tahan lama dan juga tidak mudah kusam. Simak cara aplikasinya berikut ini:

Cat Gloss Kursi Mindi
  1. Amplas permukaan kayu hingga halus merata. Gunakan amplas nomor 240 lalu lanjutkan dengan amplas 400. Bersihkan debu sisa pengamplasan.
  2. Aplikasikan Biovarnish wood filler warna kayu jati ke seluruh permukaan kayu. Aplikasikan dengan pisau scrape secara halus merata, lalu tunggu mengering sekitar 20 menit. Amplas hingga serat kayu terlihat.
  3. Lakukan pewarnaan dengan Biovarnish liquid stain warna kayu jati sesuai, encerkan dengan air pada perbandingan 2:1. Kuaskan ke seluruh permukaan kursi searah serat untuk mendapatkan hasil yang halus. Diamkan hingga kering baru amplas ambang dengan amplas 400. Aplikasikan kembali jika warna yang diinginkan belum didapatkan.
  4. Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air, perbandingan 2:1. Kuaskan searah dengan serat kayu. Keringkan kursi kayu selama semalaman.

Finishing Kayu dengan Hasil Black Wash

Jika ingin tampilan kursi yang berbeda dari biasanya maka saatnya Anda menggunakan finishing black wash pada kursi jati. Kursi yang baru akan memiliki tampilan antik dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Masih dengan teknik menguas dan produk Biovarnish. Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang sangat menarik dalam satu hari. Simak cara finishing kayu dengan hasil black wash berikut ini:

  • Siapkan kursi kayu yang sudah diamplas, kemudian rusaklah permukaannya dengan sikat kawat. Lakukan searah serat kayu di beberapa bagian, jangan merata. Buatlah seolah-olah kerusakan terlihat alami. Amplas permukaannya dan bersihkan debu atau kotoran yang menempel.
  • Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air kemudian aduk merata. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat, lanjutkan hingga merata dan kering. Amplas permukaannya dengan amplas 400 secara ambang.
  • Campurkan liquid stain biovarnish warna walnut brown atau salak brown dengan air. Encerkan dengan perbandingan 2:1. Kuaskan merata ke seluruh permukaan kayu dan tunggu kering. Amplas permukaannya dengan amplas 400.
  • Aplikasikan Biovarnish sanding sealer ke permukaan kursi kayu jati. Tunggu kering dan amplas ambang.
  • Campurkan Biovarnish Glaze black dengan sedikit air, kuaskan  merata ke seluruh permukaan kayu searah serat. Gosok dan hilangkan glaze yang belum mengering dengan kain katun bersih yang telah dibasahi. 5 Langkah Aplikasi Cat Kayu Natural untuk Hasil Fantastis Kayu Oak
  • Terakhir, gunakan Biovarnish clear coat matte dengan air perbandingan 2:1. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata kemudian tunggu lapisannya kering selama semalaman.

Finishing Kayu Tampilan White Wash

Anda bisa mendapatkan hasil antik lainnya dengan warna putih. Gaya ini dapat diterapkan pada ruangan bergaya vintage. Tampilan kursi kayu jati ini sangat menarik, bahkan tidak hanya kayu jati asli saja yang bisa diterapkan. Beberapa orang yang ingin mendapatkan hasil ini biasanya menggunakan jenis kayu yang lebih murah seperti kayu jati belanda atau pinus. Berikut ini langkah-langkah aplikasinya:

  1. Persiapkan kayu dengan membuatnya sedikit rusak menggunakan sikat kawat. Dilakukan cara yang sama sepersis dengan langkah di atas. Jangan lupa bersihkan seluruh permukaan kayu dengan bersih.
  2. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk rata kemudian kuaskan cat  ke seluruh permukaan kayu dengan merata searah serat. Diamkan hingga kering kemudian lanjutkan dengan proses pengamplasan ambang.
  3. Aplikasikan Biovarnish liquid stain warna yang cukup terang seperti gardena teak dengan air. Dapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu searah serat. Tunggu kering kemudian lanjutkan dengan proses pengamplasan ambang.
  4. Ulangi tahap aplikasi Biovarnish sanding sealer.
  5. Aplikasikan Biovarnish Glaze white yang telah dicampur dengan sedikit air. Kuaskan merata ke seluruh permukaan kayu. Diamkan sedikit mengering kemudian bersihkan dengan kain katun yang telah dibasahi. permukaan-kayu-yang-difinishing-white-wash
  6. Campurkan Biovarnish clear coat matte dengan air perbandingan 2 bahan :1 air. Aduk merata. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata searah serat. Diamkan semalaman hingga mendapatkan hasil yang kering.

Baik finishing black wash atau white wash Anda perlu menggunakan Biovarnish clear coat matte untuk hasil yang natural. Jadi hindari untuk menggunakan clear coat gloss.

Finishing Efek Terbakar

Terakhir adalah finishing terbakar, mengadaptasi dengan finishing shou sugi ban yang biasanya dilakukan oleh orang Jepang. Finishing shou sugi ban  dilakukan menggunakan torch namun kini Anda tidak perlu menggunakannya. Kini Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish untuk mendapatkan hasil yang sama. Anda akan memperlihatkan keindahan utama dari serat kayu menggunakan finishing ini. Berikut ini beberapa langkah mudahnya.

  • Amplas seluruh permukaan kursi kayu jati hingga merata maksimal menggunakan amplas nomor 240. Lanjutkan dengan membersihkan debu bekas pengamplasan.
  • Campurkan Biovarnish liquid stain warna papua rose dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata kemudian kuaskan dengan kuas busa ke seluruh permukaan kayu jati. Diamkan agar kering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan ambang.
  • Gunakan Biovarnish liquid stain warna red GL dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk rata hingga tidak ada endapan, aplikasikan sekali lagi merata ke seluruh permukaan kayu hingga merata.
  • Larutkan Biovarnish clear coat gloss atau matte sesuai selera dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu lapisan mengering selama semalaman.

Perpaduan antara warna papua rose dengan red GL dari Biovarnish liquid stain akan menampilkan warna yang sangat terbakar dengan maksimal. Anda bisa mendapatkan hasil warna yang berbeda dari keempat finishing lainnya. Pastikan seluruh proses finishing mendapatkan hasil terbaik dengan kuas nilon atau kuas busa sesuai dengan petunjuk aplikasi di atas.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish Liquid Stain"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.