Motif Macan Pada Meja Belajar Anak yang Aman dan Ramah Lingkungan

65
Motif Macan Pada Meja Belajar Anak yang Aman dan Ramah Lingkungan

Memberikan anak meja belajar yang aman dan ramah lingkungan adalah kewajiban semua orang tua. Memilih meja yang aman dan ramah lingkungan akan menjadi pekerjaan yang sulit di tengah kesibukan sehari-hari Anda. Jadi mengapa tidak terpikirkan untuk Anda menciptkan meja balajar sendiri dan melakukan finishing sesuai dengan keinginan anak Anda.

Bahkan jika Anda tidak ingin pergi ke toko furnitur dan membeli perabotan yang baru, Anda bisa melakukan finishing ulang pada meja belajar anak Anda saat ini. Melakukan refinishing bersama dengan anak di akhir pekan akan menjadi liburan yang sangat menyengkan. Pikirkan jalan termudah yang bisa Anda lakukan.

Ada langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan finishing. Pertama adalah menentukan hasil yang diinginkan. Apakah Anda akan memberikan warna yang sama pada meja belajar lama atau memberikan warna baru. Jika ingin memberikan tampilan yang baru, warna apakah yang diinginkan anak Anda. Perkirakan juga jika Anda ingin memberikan motif pada meja belajar.

Jika anak Anda suka dengan meja belajar yang memiliki warna atau motif maka Anda bisa memilih motif harimau atau macan. Untuk mendapatkan motif ini pastikan sebelumnya jika meja belajar anak Anda terbuat dari kayu yang memiliki serta kayu seperti kayu pinus atau jati belanda. Adanya tampilan serat tersebut akan mempermudah Anda untuk mendapatkan motif harimau.

CS Biovarnish

Motif kayu yang memiliki serat lurus atau tidak berlekuk tidak akan menghasilkan motif harimau, maka sangat penting mengetahui jenis serat kayu yang dimiliki meja belajar sebelumnya. Setelah Anda menentukan motif dan juga warna maka selanjutnya adalah memilih bahan finishing yang digunakan.

Pada tahapan kedua yaitu memilih bahan finishing ini, Anda harus fokus dalam mencari bahan cat yang aman dan juga ramah lingkungan. Tidak hanya warna dan kualitas ketahanan saja yang dberikan namun juga karenas keamanan. Bayangkan saja jika anak Anda yang sedang belajar menggunakan meja dan ternyata menghirup uap dari toxic terus menerus? Tentu Anda tidak ingin di masa depan kecerdasan anak Anda terganggu.

Perlu dipahami bahwa kebanyakan bahan finishing terbuat dari cat yang mengandung logam berat. Cat ini akan menguap dan bercampur dengan udara, memang tidak ada warna atau penampilan yang dapat dikenali namun cat yang mengandung toxic menimbulkan aroma yang tidak sedap. Semua cat yang menggunakan bahan pelarut thinner akan menimbulkan efek ini. Maka berhati-hati dan sebaiknya jangan menggunakan cat yang menggunakan thinner.

Sebagai alternatif yang mudah ditemukan Anda bisa menggunakan cat water based. Produk cat water based adalah produk cat yang sangat mudah untuk digunakan. Anda bisa mengaplikasikan hanya dengan pelarut air dan juga kuas. Nah untuk mempermudah Anda mendapatkan motif harimau ini Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish.

Persiapan Meja Belajar Sebelum Memulai Refinishing

Anda akan melakukan refinishing bersama dengan anak, namun sebelumnya lakukan penghapusan lapisan cat lama terlebih dahulu. Pada tahapan ini sebaiknya jangan libatkan anak Anda karena debu amplas dan lapisan cat lama yang Anda tidak tahu menggunakan bahan cat apa cukup berbahaya. Jika Anda menggunakan paint remover maka bahan tersebut cukup keras jika digunakan oleh anak-anak, bahkan Anda perlu menggunakan peralatan keamanan.

Untuk memulainya, Anda bisa memindahkan meja belajar terlebih dahulu di ruang yang terbuka seperti di halaman atau di depan garasi. Lembari alas meja dengan plastik ynag cukup tebal atau koran. Tuangkan paint remover pada permukaan meja terlebih dahulu dan tunggu bahan bereaksi, jangan lupa untuk menggunakan masker dan sarung tangan.

Jika bahan sudah bereaksi maka cat akan mulai menggelembung dan Anda bisa menghilangkannya dengan pisau scrape. Lakukan perlahan agar Anda tidak merusak permukaan kayu dan menimbulkan goresan. Lakukan proses ini pada seluruh bagian meja belajar.

Jika cat sudah mengelupas semua maka halsukan permukaan meja dengan amplas, agar pekerjaan cepat maka gunakan ahnd sander. Jangan lupa gunakan masker dan kacamata karena debu amplas akan sangat berbahaya jika terhirup. Lakukan proses ini hingga sisa bahan cat yang menempel benar-benar hilang dan warna dari kayu asli bahkan serat sudah tampak.

Warna kayu meja belaja sudah tampak maka persiapan Anda sudah selesai dan kini Anda sudah siap mengecat dengan anak Anda.

Tahapan Mengecat dengan Cat Biovarnish untuk Motif Harimau

Untuk mendapatkan motif harimau ini Anda cukup menggunakan tiga bahan yaitu Biovarnish wood stain papua rose, Biovarnish wood stain red oxide dan Biovarnish clear coat gloss. Sebagai alat yang digunakan Anda hanya membutuhkan kuas busa, gelas plastik untuk mencampur bahan dan sendok untuk menakar. Dapatkan juga amplas berukuran 400 dan kain lap kering dari bahan katun. Kini Anda siap untuk praktek.

Langkah pertama adalah proses aplikasi Biovarnish wood stain papua rose, campurkan papua rose dengan sedikit air ke dalam gelas plastik, aduk rata dan aplikasikan ke selruuh permukaan kayu dan lakukan hingga merata dalam satu arah serat kayu. Anda bisa meminta anak Anda untuk mengaplikasikan setelah Anda memberikan contoh.

Motif Macan Pada Meja Belajar Anak yang Aman dan Ramah LingkunganLangkah kedua hapus lapisan cat papua rose setelah 8 menit mengering, teknik penghapusan berlawanan arah serat agar wood stain benar-benar masuk ke dalam pori kayu dan mengering. Maka akan membentuk motif seperti harimau atau bahkan motif terbakar. Tunggu wood stain mengering biasanya membutuhkan waktu 60 menit dan amplas ambang dengan amplas 400, bersihkan debu amplas.

Langkah ketiga adalah aplikasi Biovarnish wood stain red oxide, bahan ini yang akan memberikan warna kulit harimau pada meja belajar anak Anda. Campurkan red oxide dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Campurkan ke dalam gelas plastik dan aduk rata. Aplikasikan dengan kuas busa yang kering dan bersih satu arah serat kayu kamudian tunggu kering kembali maka Anda akan mulai melihat motif harimau yang dengan warna orange. Amplas lapisan ini setelah kering secara ambang dengan amplas 400.

Langkah terakhir adalah aplikasi Biovarnish clear coat gloss yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu secara merata searah serat kayu. Tunggu kering cat selama 24 jam, Anda bisa menyimpannya di dalam garasi atau dalam rumah yang memiliki ventilasi udara yang baik.

Jika sudah kering maka meja belajar siap untuk digunakan. Pemilihan clear coat gloss ini perlu diperhatikan, jika Anda memilih untuk memberikan warna selain gloss maka ketahanan goresan belum tentu akan terjamin. Adanya lapisan gloss akan membuat meja belajar tidak mudah tampak terdapat goresan. Gloss yang memantulkan banyak cahaya akan memberikan tampilan yng selalu baru pada meja belajar anak yang sering digunakan.

CS Biovarnish