Bagaimana Cara Tepat Melakukan Refinishing Aman Pada Meja Tv?

Seringkali para DIY kurang memperhatikan masalah keamanan yang wajib dilakukan ketika melakukan refinishing, misalnya saja pada meja Tv. Penggunaan meja Tv yang sangat penting di runag keluarga akan mempengaruhi bagaimana kenyamanan menontont dan juga memberikan kesan pada ruangan.

Pemilihan warna dan juga cara melakukan finishing yang tepat akan memberikan tampilan meja tv sesuai gaya yang diinginkan pada ruang keluarga. Sedangkan masalah keamanan akan mempengaruhi kesehatan pada pemilik rumah dan orang yang telah melakukan finishing. Apabila jenis bahan yang digunakan untuk melapisi meja tv berbahaya maka akibatnya akan berbahaya juga utnuk kesehatan manusia dan lingkungan.

Anda mungkin tidak pernah terpikirkan apakah jenis bahan finishing yang telah digunakan pada meja tv yang baru saja Anda beli. Di toko furnitur pasti tampilannya sangat memukau namun ketika sampai di rumah Anda mendapati meja tv tersebut mengeluarkan aroma yang tidak sedap bahkan menimbulkan pedih di mata.

Maka Anda harus mengambil tindakan dengan melakukan refinishing ulang. Artinya meja tv tersebut menggunakan lapisan cat berbahaya dan dapat mempengaruhi kesehatan keluarga dan lingkungan di masa mendatang. Anda yang sadar dan peduli akan lingkungan seharusnya melakukan refinishing ulang dengan bahan yang tepat dan ramah lingkungan.

Apa saja Persiapan dalam Refinishing yang Aman?

Anda sudah memutuskan untuk melakukan finishing ulang maka saatnya Anda memperhatikan masalah keamanan yang harus dilakukan. Keamanan ini meliputi alat pengaman yang digunakan serta bahan ramah lingkungan berupa cat. Dalam alat pengaman Anda harus memperhatikan telinga, mata, hidung dan juga kulit.

Alat perlindungan harus menutup dan melindungi panca indra yang digunakan untuk melakukan finishing. Tidak hanya para profesional saja yang akan menggunakan alat pengaman ini namun para DIY juga wajib menggunakan jika tidak ingin tubuhnya terkontaminasi oleh bahan kimia yang keras.

Berikut ini beberapa alat pengaman yang dibutuhkan dalam proses refinishing :

1. Masker atau Respirator

Bagi Anda para DIY yang akan bekerja menggunakan alat semprot maka respirator berfungsi sangat penting dalam melindungi ata sekaligus penrapasan Anda. Respirator yang baik akan menyaring oksigen bersih masuk ke dalam pernapasan. Sedangkan bahan toxic yang beredar di udara tidak akan masuk. Namun jika Anda akan menggunakan alat kuas maka Anda bisa menggunakan masker begitu juga jika Anda akan menggunakan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan.

2. Penutup Telinga

Bagaimana Melakukan Refinishing Aman Pada Meja Tv?

Anda akan melakukan refinishing meja tv, maka tidak akan lepas dari proses pengamplasan menggunakan alat amplas listrik. Alat ini akan menimbulkan suara yang keras maka Anda perlu penutup telinga. Suara keras dari alat amplas dapat mempengaruhi pendengaran Anda. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar para pekerja di bidang finishing memiliki penurunan pendengaran secara drastis dari hari ke hari dan dapat mengakibatkan tuli.

3. Sarung tangan

Pengamplasan maupun pengecatan akan membuat tangan dan kulit Anda terkena serbuk kayu dan cat. Serbuk kayu yang halus dan kasar dapat menyakiti kulit dan menusuk ke dalam kulit ari. Sedangkan lapisan cat yang keras dapat menimbulkan iritasi kulit terlebih jika Anda bekerja dengan pelarut thinner. Bahan kimia keras dapat menimbulkan iritasi kulit bahkan menimbulkan kanker kulit dalam penggunaan yang rutin. Menggunakan sarung tangan akan menghindari Anda dalam masalah ini.

4. Kacamata

Bagi Anda yang tidak ingin terkena gangguan mata maka kacamata sangat dibutuhkan. Sakit mata akibat penggunaan bahan kimia keras dalam cat dapat berakibat sangat berbahaya bahkan menuju pada kebutaan. Kacamata akan melindungi Anda dari debu kayu dan cipratan lapisan cat baik dari aplikasi spray dan juga kuas. Bagi Anda yang bekerja dengan pemotongan kayu maka perlu diperhatikan serpihan kayu yang masuk ke dalam mata dapat mengakibatkan kebutaan. Lindungi mata Anda sekarang juga.

Persiapan dari alat pelindung di atas sebaiknya Anda siapkan sekarang juga sebelum terlambat. Tidak akan rugi jika Anda menyimpan beberapa alat pelindungi di rumah. Membeli perangkat keamanan lebih menguntungkan dibandingkan Anda mempertaruhkan kesehatan Anda.

5. Bahan Finishing

Masih berhubungan dengan masalah kesehatan, persiapan dari pemilihan bahan finishing yang tepat juga perlu diperhatikan. Banyak jenis bahan finishing yang bisa Anda gunakan dan tidak. Anda bisa memilihnya di toko bahan bangunan terdekat. Pelajari terlebih dahulu bahan kimia cat apa saja yang aman untuk Anda gunakan.

Bagaimana Melakukan Refinishing Aman Pada Meja Tv?

Solusi untuk menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan untuk refinishing meja tv di rumah adalah cat water based. Penggunaan cat water based ini sangat mudah bagi Anda para DIY, dengan tidak adanya bau yang menyengat Anda bisa menggunakan penutup masker pada saat aplikasi tanpa respirator.

Cat water based juga memberikan banyak keuntungan dalam proses aplikasi yang cepat. Proses kering yang tidak membutuhkan panas matahari akan menguntungkan Anda ketika aplikasi dalam cuaca mendung. Cat kering dan menghasilkan lapisan film dengan kuat dan lentur. Baik cuaca dan goresan akan ditahan oleh lapisan yang dihasilkan dari cat water based.

Salah saru produk yang disarankan untuk digunakan saat ini adalah cat kayu Biovarnish. Produk Biovarnish akan memberikan lapisan dengan warna natural transparan yang aman dan ramah lingkungan. Hasil warna yang diberikan memiliki transparansi yang sangat tinggi tanpa ada efek menguning di kemudian hari. Ini disebabkan kandungan dari bahan kimia formalin sangat rendah dan dibatasi.

Nah kini saatnya Anda mempelajari bagaimana cara aplikasi Biovarnish hanya dengan kuas dan hasil yang maksimal.

Proses Refinishing Meja TV dengan Biovarnish

Anda telah menyiapkan meja Tv Anda, persiapan alat keamanan dan bahan sudah baik. Namun, Anda perlu mempersiapkan material meja tv terlebih dahulu. Jika Anda memiliki meja Tv yang sebelumnya telah dilapisi dengan bahan cat solvent, maka lakukan penghapusan dengan paint remover khusus solvent.

Bagaimana Melakukan Refinishing Aman Pada Meja Tv?

Gunakan alat pengaman saat bekerja karena paint remover sangat keras lalu ikuti petunjuk yang tertera dalam label. Selanjutnya untuk menghaluskan dan membuka pori kayu amplas dengan hand sander dengan amplas grit 150 atau 220. Lakukan dan bersihkan debu amplas.

1. Aplikasi Wood Filler

Kini Anda siap untuk mengaplikasikan Biovarnish. Gunakan pisau scrape untuk aplikasi Biovarnish wood filler sesuai dengan warna yang diinginkan. Aplikasikan searah serat kayu dan tunggu kering. Lanjutkan dengan pengamplasan hand sander dengan amplas 240. Lakukan ini hingga didapati serat dan warna kayu. Selanjutnya jika Anda ingin menutup lubang maka isi dengan wood filler dan lakukan langkah yang sama.

2. Aplikasi Wood Stain

Proses pewarnaan natural dapat menggunakan Biovarnish wood stain, pilih warna Anda. Campurkan wood stain pilihan warna dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk rata dalam tempat pencampur. Gunakan kuas busa dan aplikasikan searah serat kayu. Tunggu kering lalu amplas dengan amplas 400.

3. Aplikasi Clear Coat

Lapisan akhir adalah Biovarnish clear coat, campurkan clear coat dengan air aduk rata kemudian kuaskan searah serat kayu. Tahap akhir tunggu meja tv kering dalam ruangan berventilasi selama 24jam atau semalaman. Setelah itu Anda akan mendapatkan penampilan meja tv baru dan dapat menggunakannya.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Isu Kesehatan Dan Lingkungan"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.