Ikuti Cara Refinishing Furniture Usang dengan Cat Kayu yang Bagus

Bosan dengan tampilan furniture Anda yang mulai mengusam? Lakukan refinishing dengan cat kayu yang bagus agar tampilan furniture seperti baru digunakan.

Tampilan furniture yang sudah mengusam tentu akan sangat mengganggu tampilan ruangan Anda. tampilan furniture akan mudah hilang jika tidak dirawat dengan baik. Jika furniture sudah terlanjur mengusam dan banyak bagian cat yang sudah mengelupas, maka perlu dilakukan refinishing.

Refinishing pada furniture akan jauh lebih baik menggunakan cat kayu yang bagus dan kandungan bahannya yang aman. Sebab, dengan menggunakan cat kayu yang aman tidak akan mengganggu kesehatan ataupun lingkungan sekitar Anda.

Cat Kayu Yang Bagus

Cara Refinishing yang Tepat dengan Cat Kayu yang Bagus

Cat kayu yang bagus untuk refinishing akan sangat mempengaruhi hasil akhir pada furniture. Alangkah baiknya jika Anda memilih cat dengan kandungan bahan yang aman dan tidak berdampak buruk pada kesehatan atau pun lingkungan. cat kayu dengan kandungan bahan yang aman bisa Anda jumpai pada cat water based. Cat ini akan jauh lebih baik digunakan, selain tampilan akhirnya yang cemerlang dengan menggunakan cat tersebut juga jauh lebih tidak berbahaya.

Salah satu cat kayu yang bagus dengan bahan water based adalah Biovarnish. Cat tersebut sangat bagus digunakan untuk finsihing dengan tampilan kahir natural kayu. Sebab cat tersebut memiliki transparansi warna kayu yang bagus dan tajam. Untuk refinishing furniture dengan Biovarbish, berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan:

  • Pengamplasan menghilangkan lapisan coating lama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengamplas hingga permukaan cat kayu yang lama menghilang. Cat ini harus dihilangkan supaya cat Biovarnish bisa membentuk lapisan baru yang berfungsi dengan baik. 

Cara mengamplas adalah menggunakan amplas kasar nomor 100 yang bergantian hingga ke nomor 220. Anda juga bisa menggunakan mesin amplas agar proses pengamplasan bisa lebih cepat. Jangan lupa untuk mengganti amplas berkala hingga cat lama bersih. 

Apabila cat lama ternyata adalah cat solid, Anda bisa menghilangkannya dengan thiner atau paint remover khusus. Langkahnya tinggal tuangkan bahan tersebut dan tunggu cat mengelupas. Kemudian tinggal hilangkan menggunakan scrape. 

  • Menggunakan wood filler

Kayu yang sudah dikelupas cat lamanya maka akan memperlihatkan lapisan aslinya. Biasanya akan banyak cacat kayu yang terlihat dan harus segera ditambal. Prosesnya bisa menggunakan Biovarnish wood filler sesuai dengan warna yang diinginkan. 

Anda bisa mengaplikasikan dengan scrape, cukup diratakan saja ke seluruh permukaan kayu. Tunggulah hingga kering tanpa dijemur selama 20 menit saja. Kemudian amplas permukaannya untuk menghaluskan menggunakan amplas nomor 240. 

  • Mengaplikasikan wood stain

Langkah ketiga adalah menggunakan stain yaitu Biovarnish wood stain. Anda cukup melarutkanya terlebih dahulu dengan air, kemudian aduk dengan rata. Gunakanlah perbandingan 2 bahan : 1 air dan kuaskan ke permukaan kayu yang sudah di amplas. 

Lapisan pertama ini harus diaplikasikan searah serat kayu hingga halus. Baru setelah itu, Anda bisa mengeringkannya, cukup didiamkan selama 60 menit dan tanpa penjemuran. Setelah kering, Anda bisa mengamplasnnya secara ambang. 

Amplas permukaan kayunya hingga halus dan jangan menggunakan mesin. Cukup di amplas dengan tangan saja. Pilih juga warna wood stain sesuai dengan warna kayu atau warna yang Anda sukai. 

  • Memberikan lapisan pernis

Langkah selanjutnya adalah memberikan lapisan Bioavrnish clear coat. Coating ini tersedia dua macam yaitu gloss dan matte. Khusus untuk gloss sebaiknya Anda menggunakannya pada furniture kayu yang diletakkan di luar ruangan. Tujuannya agar kerusakan akibat goresan bisa tersamarkan. 

Namun jika Anda menggunakan matte hanya bisa digunakan untuk indoor. Karena permukaannya yang tidak mengkilap mudah memunculkan goresan. Sedangkan cara mengapliaksikannya tak jauh berbeda dengan wood stain. 

Campurkan terlebih dahulu clear coat dengan air, perbandingan 2:1. Aduk bahan hingga merata dan kuas ke seluruh permukaan kayu. Tinggal diamkan saja selama semalam, tanpa harus dijemur, asalkan didiamkan dalam ruangan yang bersih. 

Cat Kayu Water Based Terbaik di Indonesia

 

Cat Kayu Yang Bagus

Biovarnish merupakan cat kayu yang bagus digunakan baik untuk finishing maupun refinishing pada furniture dengan tampilan natural kayu. Cat ini diformulasikan sebagai pengganti cat kayu solvent based sehingga hasil akhir furniture akan lebih bagus.

Apakah yang membuat cat kayu Biovarnish menjadi cat yang bagus? Ada beberapa alasan mengapa Biovarnish harus dipilih, tentu sebagian besar karena kualitasnya. Berikut ini beberapa kelebihan yang diberikannya. 

  • Warna pasti natural

Berkat adanya lapisan wood stain, warna kayu tidak lagi pucat. Hasil tetap natural hany saja warna kayunya lebih terang dan tajam. Jika Anda memiliki kayu jati maka warnanya lebih pekat. 

  • Tidak menimbulkan bau

Selama proses finishing Anda tidak perlu takut atau terganggu soal bau, karena Biovarnish adalah cat water based. Inilah keuntungannya menggunakan cat berpelarut air adalah tidak akan menimbulkan bau menyengat yang sangat mengganggu. 

  • Bisa indoor dan outdoor

Jarang sekali satu jenis cat bisa digunakan untuk finishing furniture indoor atau outdoor. Biovarnish bisa untuk keduanya, mengingat perlindungan yang diberikannya pada furniture sangat maksimal. Sehingga mebel sudah pasti bertahan lama. 

Informasi dan pemesanan cat kayu yang bagus Biovarnish, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp ke no. 0822-1935-7399. Atau via market place kami di BukaLapak www.bukalapak.com/catwaterbased.