Cara Membuat Motif Marmer pada Triplek dengan Plitur Biovarnish

Plitur kayu untuk finishing triplek sangat penting untuk digunakan, terlebih jika Anda akan melakukan finishing untuk menciptakan motif marmer. Memilih plitur kayu untuk finishing motif marmer pada triplek dapat Anda lakukan dengan menggunakan Biovarnish. Hasil finishing motif marmer pada triplek akan lebih natural dan tahan lama dengan plitur Biovarnish.

Banyak fungsi yang bisa didapatkan dari triplek seperti furniture, dinding, plafon dan berbagai kebutuhan manusia lainnya. Triplek merupakan material yang mudah didapatkan, memiliki harga yang murah dan mudah untuk diolah. Hasil olahan yang menggunakan triplek tidak bisa dikatakan murahan karena dengan finishing yang tepat Anda mendapatkan hasil mewah.

Tips Memilih Cat Untuk Triplek Untuk Warna Natural

Dilihat dari pilihan finishing yang bisa diandalkan, finishing marmer bisa mengubah triplek memiliki penampilan berbeda. Finishing motif marmer akan meningkatkan nilai jual furniture yang menggunakan triplek yang diaplikasikan plitur. Sebelumnya jika Anda memilih finishing triplek dengan pernis dan plitur biasanya akan menimbulkan tampilan natural.

Kesan pucat dan kurang menarik akan menurunkan harga jual furniture. Padahal finishing marmer tidak sulit dilakukan. Triplek akan berubah penampilannya seperti marmer. Finishing ini membutuhkan latihan dan ketelatenan.

Anda membutuhkan rasa pada saat finishing agar hasil finishing benar-benar menyerupai marmer. Pada bagian akhir atau lapisan akhir setelah Anda mengaplikasikan cat dengan motif marmer perlu lapisan plitur kayu yang bagus.

Cara Finishing Motif Marmer pada Triplek

Bagaimana cara paling mudah untuk mengubah tampilan triplek menjadi marmer? Anda perlu membaca dan memahami bagaimana langkah yang tepat. Setelah itu lanjutkan dengan banyak praktek mengecat.

Tampilan marmer ini paling banyak diaplikasikan pada table top. Seolah-olah furniture akan terlihat terbuat dari marmer sungguhan. Bahan yang perlu disiapkan adalah cat dasar primer warna putih, liquid sstain dan juga kuas.

Produk terakhir yang dibutuhkan adalah clear coat sebagai plitur kayu. Warna Liquid Stain yang dibutuhkan minimal dua warna. Warna yang dipilih harus memiliki intensitas yang berbeda. Sebaiknya pilih warna yang gelap dan sangat gelap agar menimbulkan kesan marmer.

Pemilihan warna ini harus disesuaikan dengan warna marmer yang Anda bayangkan. Banyak sekali jenis warna marmer mulai dari warna yang kebruan, abu-abu atau merah bata. Anda bisa memilih warna liquid stain sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Jangan lupa siapkan alat yang akan digunakan untuk aplikasi. Alat yang dibutuhkan adalah spray gun, kain kasa, air, gelas untuk mencampur bahan dan terakhir adalah amplas dan kain bersih.

Apabila bahan, alat dan material sudah disiapkan, ikuti langkah-langkah aplikasinya berikut ini:

1. Pengamplasan

mengamplas adalah bagian dari persiapan substrat kayu. Anda harus mengamplas permukaan triplek hingga menjadi halus. Dilakukan pengamplasan dengan amplas yang dibalutkan pada balok kayu. Mulai proses mengamplas dengan amplas alumunium oxide nomor 180 kemudian beralih ke 220.

Amplas searah serat veneer, rabalah jika Anda merasa sudah mendapatkan permukaan kayu yang halus. Bersihkan debu amplas dengan kain katun.

2. Aplikasi Cat Dasar

Anda akan menciptakan marmer maka cat dasar dari primer coat warna putih sangat penting. Anda bisa memilih primer coat water based dan campurkan dengan air. Cobalah untuk mengaplikasikannya dengan alat semprot.

Cat Primer

Proses aplikasi cat dasar ini bisa tidak hanya satu kali lapisan saja. Tujuannya adalah untuk menutup warna triplek hingga tidak terlihat. Lanjutkan dengan pengeringan dan amplas halus dengan amplas 400.

Anda bisa mengaplikasikan primer coat ini hingga 2 lapisan. Pastikan permukaan rata dan tidak timbul sagging dan cacat finishing lainnya.

3. Membentuk Motif Marmer

Pembentukan motif marmer ini bisa dimulai dari warna yang tidak terlalu pekat. Jika Anda menggunakan warna coklat, mulailah dari warna coklat muda. Campurkan Liquid Stain dengan bahan pelarutnya kemudian celupkan kain kasa ke dalam larutan cap. Anda juga bisa membentuk motif marmer menggunakan kuas.

Plitur Kayu Yang Bagus Biovarnish Untuk Finishing Marmer Pada Triplek

Ada banyak cara yang bisa Anda dilakukan untuk mendapatkan finishing marmer. Bahkan Anda tidak perlu terpaku untuk menggunakan kain kasa dalam membentuk motif marmer yang tidak beraturan.

Syarat utama untuk menyempurnakan motif marmer adalah berlatih membentuk motif. Motif yang dibentuk tidak boleh terlalu tebal hanya tipis saja dan membentuk semburat warna halus. Yakinkan diri Anda, jika perlu gunakan gambar marmer sebagai contoh.

Cobalah untuk menempelkan kain kasa yang sudah terkena cat ke permukaan triplek. Cukup ditempelkan saja secara tidak merata. Anda akan dilihat liquid stain akan menimbulkan corak tidak teratur.

Ketika masih basah, corak marmer belum terlalu terlihat jadi jangan menggosokan kain kasa ke permukaan yang blm kering. Diamkan mengering selama satu jam, kemudian gantilah dengan warna yang lebih gelap.

Cara aplikasinya sama, Anda hanya perlu menempelkan kasa yang telah terkena cat secara tidak merata. Sebelum aplikasi yang kedua jangan lupa untuk mengamplas permukaan dengan kertas amplas 400 secara ambang.

Plitur Kayu yang Bagus Biovarnish untuk Motif Marmer

Bagaimana Anda bisa menyempurnakan tampilan marmer yang tepat dibuat? Kuncinya terdapat pada plitur kayu yang bagus Biovarnish. Plitur ini memberikan tampilan mengkilap yang transparan tanpa efek menguning.

Inilah sebabnya Anda harus memilih Biovarnish sebagai lapisan akhir dari finishing marmer pada triplek Anda. Biovarnish merupakan produk cat kayu water based yang proses aplikasinya bisa menggunakan kuas atau spray gun.

Anda bisa memilih manakah alat yang akan digunakan karena kedua alat tersebut akan memberikan hasil yang maksimal. Aplikasi dengan kuas akan membebaskan Anda dari brush mark. Sedangkan aplikasi spray akan membebaskan Anda dari sagging.

Perlindungan dari lapisan film yang terbentuk dua kali lipat lebih tinggi daripada jenis plitur kayu yang lainnya. Triplek adalah material yang perlu lapisan kuat untuk menjaganya dari kelembaban dan panas serta perubahannya.

Walaupun furniture dari triplek diletakan di dalam ruangan, namun perubahan suhu udara akan tetap mempengaruhi. Membuat furniture mudah melengkung atau mengelupas. Menghindari hal tersebut dibutuhkanlah lapisan film dari Biovarnish.

Bahan-finishing-kayu-biovarnish

Anda yang tidak ingin repot dengan masalah polusi udara dalam ruangan karena cat juga akan diselesaikan oleh Biovarnish. Terbuat dari bahan air dan pelarut air, Anda tidak perlu takut menggunakan cat yang akan menimbulkan polusi udara dalam ruangan.

Polusi berasal dari volatile organic compound yang digunakan sebagai bahan dasar cat. Produk Biovarnish hanya menggunakan voc sesuai dengan ambang batas yang digunakan bahkan lebih rendah. Mengakibatkan cat ini tidak menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan lingkungan.

Tidak ada yang bisa menyamai hasil finishing dari produk Biovarnish. Mulai dari hasil finishing yang transparan, kemudahan aplikasinya hingga ketahanannya. Marmer juga membutuhkan tampilan mengkilap.

Mengkilap ini memiliki tingkatan yang bervariasi. Biovarnish menyediakan tingkat kilap finishing gloss yaitu mencapai sheen level hingga 85%. Anda tidak perlu ragu lagi menggunakannya karena hasil kilap yang diberikan tampak natural.

Cara Aplikasi Politur Kayu Pada Finishing Marmer

Kemudahan cara aplikasi Biovarnish dapat dibuktikan setelah Anda mengaplikasikannya sendiri. Proses aplikasi lebih mudah karena bantuan dari bahan pelarut air yang mudah kering tanpa panas matahari.

Primer Coat Paint, Cat Penting Untuk Finishing Duco

Cat akan menguapkan bahan pelarutnya, dan air adalah bahan pelarut yang cepat menguap walaupun tanpa panas matahari. Anda bisa menggunakan plitur kayu yang bagus Biovarnish ini pada musim hujan.

Proses kering plitur kayu sebagai lapisan akhir cukup memakan waktu yang lama. Anda bisa meraihnya dengan hasil sempurna jika menyimpan furniture jauh dari jangkauan anak-anak atau debu.

Cat yang masih basah akan sangat mudah meninggalkan bekas yang tidak diinginkan. Maka selalu berhati-hatilah ketika menyimpan furniture dengan lapisan cat terakhir masih basah.

Bagaimana proses aplikasi dari Biovarnish Clear Coat Gloss? Berikut ini bahan serta alat yang Anda butuhkan:

  • Kuas nilon baru
  • Air
  • Gelas plastik
  • Pengaduk
  • Biovarnish clear coat gloss
  • Amplas alumunium oxide 400

Cara aplikasi Biovarnish Clear Coat Gloss:

  • Amplas permukaan triplek yang sudah memiliki motif marmer. Pastikan lapisan sudah benar-benar kering. Amplas secara ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  • Campurkan Biovarnish Clear Coat Gloss dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air hingga mendapatkan larutan 11-12 detik NK2.
  • Celupkan kuas nilon pada larutan cat yang telah dicampur. Bersihkan kelebihan cat pada kuas.
  • Sapukan cat dengan kuas satu arah. Pastikan lapisan cat menyeluruh di permukaan.
  • Tunggu lapisan pertama mengering selama 60 menit. Lanjutkan dengan pengamplasan menggunakan amplas 400 yang baru. Pastikan Anda mengamplas secara ambang kemudian bersihkan debu amplas.
  • Aplikasikan kembali clear coat dengan cara yang sama, tunggu kering selama 240 jam atau semalaman.
Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Clear Coat

Inilah cara aplikasi plitur kayu Biovarnish untuk lapisan akhir pada finishing marmer pada triplek kayu di rumah Anda. Triplek akan memiliki tampilan yang benar-benar berbeda serta lebih mewah.

Anda bisa menggunakannya untuk segala kebutuhan, mulai dari furniture untuk dapur, kamar, ruang keluarga dan ruang tamu. Untuk menjaga triplek lebih tahan lama hindari penggunaan di area yang lembab seperti teras dan kamar mandi.

Finishing marmer ini bisa Anda aplikasikan pada semua jenis kayu dan turunannya. Anda bisa mengaplikasikan pada kayu solid atau kayu buatan selain triplek. Kunci keberhasilan dari finishing marmer adalah permukaan.

Anda wajib mendapatkan permukaan kayu yang rata dan datar. Permukaan tidak boleh berlubang atau bertekstur. Permukaan yang kasar akan mempersulit Anda membuat motif marmer.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.