7 Tips Memilih Warna Cat Jendela Kayu yang Bagus

Ingin mendapatkan warna jendela yang kontras dengan kusen atau justru harmoni? Anda perlu menentukan warna cat jendela kayu yang bagus sejak awal. Jangan sampai setelah aplikasi Anda menyesal karena warnanya kurang cocok. 

Warna jendela juga harus disesuaikan dengan warna dinding serta keseluruhan desain rumah. Agar lebih mudah, beberapa orang lebih memilih warna yang sama antara kusen, jendela dan pintu. 

7 Tips Pemilihan Warna Cat Jendela Kayu yang Bagus 

jendela vintage dengan warna yang natural

Warna pada jendela menjadi pilihan warna awal ketika Anda ingin mengecat eksterior rumah. Bagian interior dan eksterior jendela bisa saja berbeda, namun Anda tetap harus memilih yang terbaik. 

Baca Juga : tips mimilih cat kayu terbaik untuk kusen pintu dan jendela yang bagus

Idealnya, dalam memilih warna jendela Anda bisa menyesuaikan dengan jenis material pada kayu. Mengingat materialnya adalah kayu, spektrum warna yang tersedia juga jadi lebih luas. 

Anda bisa menggunakan warna natural atau solid yang memiliki banyak pilihan. Berikut ini tips memilih warna cat jendela kayu yang bagus . 

1. Mencari Tahu Style yang Ingin Diterapkan 

Sudahkah mengetahui style Anda sebagai pemilik rumah? Penentuan warna selalu disesuaikan dengan style pemilik rumah dan inilah yang harus Anda cari terlebih dahulu. Style berhubungan erat dengan suasana hati. 

Anda bisa mencari tahu warna apa yang akan membuat Anda senang ketika masuk ke dalam sebuah ruangan. Apakah Anda ingin mengubah warna dalam waktu dekat. Bagaimana style Anda ingin diterapkan di masa depan. 

Pertanyaan yang terasa aneh ini ternyata bisa membantu Anda memilih warna jendela. Namun ketika Anda sudah mengetahui jawabannya, misalnya Anda suka dengan style yang adem, maka warna natural atau pastel bisa jadi pilihannya. 

2. Memilih Warna dari Tampilan Luar Rumah

Daripada harus menentukan warna jendela bagian interior, lebih mudah untuk memilih warna dari tampilan luar rumah. Tentu hal ini tidak terlalu sulit karena Anda bisa menyesuaikan dengan fitur arsitektur rumah. 

Anda bisa menjawab pertanyaan seperti apa warna primer dan komplemen keseluruhan rumah dari luar. Cobalah untuk memperhatikan taman rumah, apakah aspek alami yang ingin Anda tambahan di tampilan rumah. 

Lantas Anda bisa dengan mudah memutuskan untuk menggunakan warna komplemen atau justru primer pada kusen, pintu hingga jendela. Pilih satu warna dalam satu waktu sehingga Anda tidak kebingungan nantinya. 

3. Menentukan Warna dari Setiap Ruangan 

Warna jendela pada bagian luar rumah sudah Anda tentukan, sekarang saatnya beralih ke dalam ruangan. Anda bisa menentukan warnanya dari masing-masing ruangan dengan waktu berbeda. 

Setiap ruangan mungkin saja menggunakan warna cat kusen pintu dan jendela berbeda. Mengingat fungsi dari setiap ruangan tidak sama dan juga penggunanya. Contohnya pada kamar anak dan orang tua maka warna kusen tidak sama. 

Soal warna jendela dalam ruangan ini Anda bisa menyesuaikan dengan lokasi jendela, apakah ada bagian interior yang ingin ditingkatkan. Pertimbangkan juga material serta warna lantai, furnitur dan dekorasi ruangan. 

4. Mempertimbangkan Perawatan Warna Jendela 

Bagaimana perawatan warna juga jadi bahan pertimbangkan. Perawatan lebih mudah jika Anda menggunakan warna natural karena hanya bisa dipoles saja. Sedangkan warna solid yang rusak akibat goresan akan tampak mencolok. 

Padahal dengan warna natural Anda bisa menyamarkan goresan sehingga tampilannya bisa bertahan lebih lama. Terutama jika jendela lebih kerap terkena cahaya matahari dan ruangan cenderung lembab. 

Perawatan yang ekstra akan mengeluarkan banyak biaya dan menghabiskan waktu Anda. Jadi sebaiknya Anda cari tahu mana jenis cat yang perawatannya mudah dan sesuaikan dengan warnanya. 

5. Mempertimbangkan Tujuan Utama Rumah

Sama ketika memilih warna cat pintu kayu yang bagus, Anda juga harus mengetahui tujuan penggunaan rumah jangka panjang. Apakah Anda tipe orang yang mudah bosan atau hanya akan menempati rumah sementara waktu. 

Jika Anda ingin menjual rumah dalam waktu dekat pertimbangkan untuk memilih warna-warna natural saja. Warna tersebut selain meningkatkan keindahan rumah juga tidak membuat Anda kerepotan ketika ingin menjual rumah. 

Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mengecat jendela supaya rumah lebih cepat laku. Namun jika Anda tidak berencana untuk menjual rumah maka pemilihan warna jadi lebih bebas. 

6. Hati-Hati dengan Tren yang Berlaku 

Apakah Anda kerap mengikuti tren interior? Ketika ada tren baru lantas Anda ingin mengganti warna jendela. Hati-hati dengan tren karena hal ini bisa menguras kantong Anda. 

Jendela digunakan dalam waktu lama dan proses pengecatan ulang membutuhkan waktu dan biaya. Lebih aman jika Anda menggunakan warna-warna netral dan disesuaikan dengan tema rumah daripada mengikuti tren. 

Apa tren yang berkembang belum tentu sesuai dengan jendela di rumah Anda. Bisa jadi tren yang muncul justru tidak cocok sehingga bertabrakan dengan desain rumah. Hal ini berlaku untuk jendela dari eksterior dan interior. 

7. Memperhatikan Cuaca dan Kondisi Lingkungan 

Kedua hal ini juga jadi bahan pertimbangkan menemukan warna cat jendela kayu yang bagus. Pasalnya warna cat kayu yang bagus juga disesuaikan dengan cuaca. Misalnya saja cuaca di tempat Anda mudah menimbulkan debu dan lingkungan cenderung kotor karena dekat dengan area industri. 

Oleh karena itulah warna seperti putih dan hitam yang bisa memperlihatkan debu atau kotoran menumpuk pada jendela harus dihindari. Anda bisa memilih warna yang bisa menciptakan kamuflase dari kotoran tersebut. 

Misalnya saja warna natural kayu atau warna burgundy dan coklat solid. Warna-warna yang bisa menutup kotoran dan debu sehingga Anda tidak kerepotan dalam perawatannya. 

Warna Natural Terbaik Biovarnish untuk Jendela Rumah 

https://www.youtube.com/embed/NqXxgo0ag08

Memilih warna natural untuk jendela rumah merupakan langkah yang tepat karena akan menyamarkan goresan, debu sampai kotoran. Jendela dengan warna natural juga bisa dipadupadankan dengan segala jenis desain rumah. 

Tidak heran banyak orang yang memilih warna natural untuk jendela rumah tampak apik. Biovarnish wood stain yang berpelarut air menyediakan beberapa warna natural unggulan sebagai berikut:

1. Walnut Brown 

Warna walnut yang akan memberikan kesan hangat dan rumah jadi tampak lebih klasik. Anda bisa menggunakan warna ini untuk rumah dengan desain kontemporer, minimalis hingga modern. 

2. Gardena Teak 

Lebih suka dengan desain rumah terang seperti skandinavia atau minimalis? Maka jendela dengan warna gardena teak lebih cocok dipilih. Terutama jika Anda menggunakan kayu warna terang pada jendela dan kusen. 

3. Salak Brown 

Hampir mirip dengan walnut brown namun cenderung gelap yang bisa Anda manfaatkan untuk ruangan tampak eksotis. Sangat cocok jika digunakan pada pintu jendela agar senada. 

Masih banyak pilihan warna cat jendela kayu yang bagus tersedia dari Biovarnish. Anda tinggal memilih mana warna paling tepat dengan membeli langsung. Pembelian produk bisa langsung dilakukan melalui toko terdekat atau online di sini. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top