Tips Memilih Warna Cat Kayu yang Bagus untuk Home Decor

Memilih warna cat kayu yang bagus untuk rumah adalah hal yang cukup tricky. Apalagi dalam satu ruangan ada begitu banyak barang yang perlu di. Baik itu dari lantai dan furnitur dari kayu hingga dekorasi lainnya. 

Semua elemen tersebut harus disatukan sehingga menciptakan home decor yang sempurna. Bagi yang ingin merenovasi rumah atau masuk ke rumah baru harus mempertimbangkan soal warna ini. 

7 Tips Pemilihan Warna Cat Kayu yang Bagus

home decor ruang tamu yang keren

Warna dan tone kayu kerap muncul sebagai elemen dalam ruangan. Stain dan pernis dapat membedakan warna kayu, baik itu dari warna yang kekuningan seperti kayu ek sampai warna kemerahan dari mahoni. 

Baca Juga : tips memilih cat kayu water based warna putih yang bagus untuk furnitur

Warna hues memainkan peran yang sangat penting untuk memberikan warna secara keseluruhan dalam ruangan. Anda juga bisa memadukan warna natural dengan warna solid pada aksesoris untuk menghindari ruangan tampak kosong. 

Membantu Anda menemukan warna cat kayu yang bagus dalam home decor, berikut ini tujuh tips yang bisa diikuti. 

Baca Juga : tips memilih cat kayu dengan tampilan warna finishing kayu jati yang bagus

1. Memperhatikan Tone Warna Lantai Kayu

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah warna dan tone lantai kayu. Apakah jenis kayu yang Anda gunakan turut mempengaruhi pemilihan warna cat. Saat ini Anda bisa dengan leluasa memilih warna lantai dari stain yang akan membuatnya lebih indah. 

Tidak seperti dulu, untuk memperoleh warna patina Anda harus menunggu waktu lama agar berubah secara alami. Beberapa warna lantai kayu yang akan memberikan kesan ini antara lain mahogany, walnut, ebony atau oak. 

Baca Juga : tips memilih cat tangga besi minimalis dengan tampilan warna yang bagus

Ketika Anda ingin menentukan warna yang tepat, sesuaikan dengan hue yang dominan. Pertimbangkan juga efek kontras tinggi yang dimunculkan lantai pada keseluruhan ruangan.

2. Menggunakan Warna Kontras untuk Mengundang Perhatian 

Warna cat kayu yang bagus juga bisa Anda dapatkan setelah mengecek warna kontras apa saja yang cocok. Bukan hanya lantai kayu, Anda juga bisa memadukan dengan kain sebagai elemen aksesoris seperti kain pada sofa atau tirai. 

Warna kontras yang cenderung gelap bisa Anda terapkan pada furnitur sedangkan warna terang untuk bagian kain atau dinding. Warna gelap seperti sonokeling atau walnut akan membuat furnitur bekerja sebagai highlight ruangan. 

Baca Juga : tips memilih cat kayu yang bagus untuk finishing lantai kayu jati

Supaya tidak terjadi kesalahan warna pada furnitur dengan dinding maka letaknya harus diperhatikan. Misalnya Anda ingin warna dinding yang lembut, furnitur harus diatur secara rapi dengan mengikuti garis ruangan. 

3. Menyeimbangkan Warna Dinding dan Furnitur

Selain warna kontras Anda juga bisa menggunakan efek harmoni dari dinding dan furnitur. Hanya saja sedikit sulit karena Anda harus tepat dalam memilih warna dinding dan peletakan furnitur. 

Memadukan dua hue yang mirip sehingga tercipta efek kontras yang cukup rendah. Misalnya Anda akan meletakan kabinet dengan warna mahoni gelap atau meja dengan warna eboni dekat dengan dinding berwarna biru atau hijau marun. 

Kedua warna tersebut sama-sama gelap namun furnitur akan terlihat harmoni dengan dinding, sehingga dekorasi ruangan tidak tampak mati karena warna gelap. Mengimbangi warna tersebut, terapkan warna netral yang hangat seperti mushroom atau khaki pada tirai. 

4. Memilih Warna Komplemen dalam Ruangan 

Selain warna utama pada dinding, furnitur dan lantai perhatikan juga warna background atau warna komplemen. Warna ini akan menciptakan atau memperkuat keindahan dari kayu. 

Beberapa contoh perpaduan warna ini bisa memberikan kesan kuat baik pada kain sofa, tirai, karpet  atau taplak meja. 

Kayu Pinus dengan Kain Warna Hijau 

Anda yang menggunakan furniture kayu pinus bisa menambahkan warna komplemen hijau. Shade dari perpaduannya akan memberikan warna kuning dari kayu lebih kontras dan seimbang. Trik ini sangat penting ketika Anda menggunakan jenis kayu dengan tone warna terang. 

Orange Tone dengan Kain Warna Biru 

Beberapa jenis kayu ada yang memiliki tone warna orange dan akan cocok jika dipadukan dengan kain berwarna kebiruan. Efeknya adalah kontras tinggi yang memperlihatkan warna lebih berani. Anda bisa menerapkan warna ini untuk area seperti kamar yang bisa menciptakan kesan rileks. 

Warna Natural Kayu dengan Kain Kuning 

Warna natural yang dimaksud adalah kesan hangat yang kerap dimunculkan warna jati. Anda bisa memadukan warna kayu ini dengan kain berwarna kuning. Warna ini dapat meningkatkan kesan kontras sedang dan seimbang. 

5. Mempertimbangkan Serat dan Cacat pada Kayu 

Pada saat Anda menggunakan lantai kayu dan furnitur kayu, ada lebih dari satu jenis kayu yang digunakan. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan mencermati bagian serat dan cacat kayu alaminya. 

Anda bisa membuat kayu yang memiliki banyak mata kayu atau kayu bekas dengan banyak cacat sebagai focal point dalam ruangan. Anda bisa meletakan satu jenis kayu ini sebagai hal yang menonjol dalam ruangan. 

Mengingat penggunaannya sebagai focal point, jenis cat yang digunakan sebaiknya berfungsi untuk memperkaya warna asli kayu. Anda bisa hanya perlu menggunakan sanding sealer dan pernis atau stain dari warna asli kayu. 

6. Memperhatikan Perubahan Warna Kayu Undertones 

Seiring dengan penggunaan, warna kayu akan berubah. Perubahannya cenderung akan ke arah undertone yang bisa jadi patokan Anda memilih warna. Cat yang menyesuaikan warna ini mempermudah Anda dalam perawatan. 

Anda pun tidak perlu mengubah warna kayu kembali dengan refinishing. Cukup dengan memolesnya saja maka efek undertones akan memperindah kayu. Contohnya saja untuk kayu cherry maka warnanya akan selalu kemerahan. 

Pada kayu walnut maka akan berubah cenderung orange sehingga terkesan mellow. Sedangkan kayu maple akan berubah ke arah kekuningan. Hal ini bisa Anda belajar terlebih dahulu sambil melihat katalog warna cat kayu sebagai referensi. 

7. Menyesuaikan dengan Penggunaan Rumah 

Pada tips yang terakhir ini akan menyesuaikan dengan penggunaan Anda terhadap rumah. Maksudnya adalah apakah Anda ingin menggunakan rumah untuk selamanya atau ingin menjualnya kembali. 

Anda yang ingin menggunakan rumah selamanya bisa eksplor warna dan mengubahnya sesuai selera. Anda bisa memilih cat kayu yang bagus dan mengkilap atau justru menggunakan cat duco matte. 

Namun jika Anda ingin menjual rumah kembali maka memilih warna natural untuk keseluruhan ruangan adalah pilihan tepat. Anda tidak akan kesulitan mengubah warna ruangan ketika hendak menjual rumah kembali. 

biovarnish wood stain

Tidak hanya ruangan Anda juga harus menyesuaikan warna cat kayu outdoor terbaik yang natural. Seperti pada kusen dan pintu utama. Jika Anda ingin memilih warna natural sebaiknya pilih cat Biovarnish Wood Stain yang akan menciptakan warna natural tahan lama. Menggunakan produk ini, sekali mengecat warna akan bertahan lama, baik itu furnitur indoor atau outdoor termasuk dengan lantai kayu. 

Biovarnish juga menyediakan warna cat kayu yang bagus yang natural menyerupai kayu, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan warna yang bisa mengubah warna kayu aslinya. Kesan natural dengan serat indah akan terjaga. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top