Tips Menggunakan Cat Kayu yang Bagus dan Mengkilap 

Pengecatan pintu utama rumah, meja makan atau kabinet dapur membutuhkan cat kayu yang bagus dan mengkilap. Dibutuhkan produk dan teknik yang tepat demi menciptakan flawless finish. 

Finishing kayu mengkilap mampu membuat tampilan kayu lebih mewah, mudah dibersihkan sekaligus mampu menyamarkan goresan atau kerusakan. Anda yang selalu gagal untuk menghasilkan finishing ini bisa mencari tahu tipsnya di sini. 

Tips Flawless Finishing dengan Cat Kayu yang Bagus dan Mengkilap

Tidak sedikit pengrajin kayu pemula atau orang awam bertanya bagaimana cara mengaplikasikan cat gloss. Khususnya warna natural sehingga hasilnya lebih kuat dan tahan lama. 

Baca Juga : tips memilih cat kayu yang bagus dengan hasil tampilan mengkilap

Cat kayu mengkilap tidak jauh berbeda dengan aplikasi pernis pada umumnya. Sebagai lapisan akhir pada coating kayu Anda harus memperhatikan seberapa halus pengamplasan serta alat yang digunakan. 

Berikut ini tips untuk mengaplikasikan cat dengan hasil warna mengkilap.

1. Menciptakan Permukaan Kayu yang Flat dan Halus 

Apa yang membuat permukaan kayu menjadi gloss? Jawabannya adalah permukaan yang halus serta rata. Tampilan gloss bisa diperoleh karena adanya pantulan cahaya. Semakin banyak refleksi maka akan lebih mengkilap. 

Pada saat cahaya dipantulkan maka akan mengenai mata dalam angle tertentu. Bisa juga dipantulkan ke arah lainnya. Permukaan kayu yang tidak merata seperti finishing open pore atau adanya cacat kayu akan menurunkan tingkat pantulan. 

Tidak mungkin untuk menciptakan warna gloss hanya dengan spray gun dan kuas. Oleh karena itu cara paling tepat adalah dengan membuat permukaan kayu halus dan membangun coating yang cukup tebal untuk mudah di amplas. 

Anda bisa mengamplas permukaan kayu sesuai dengan urutan amplas yang tepat yakni dari angka kecil dengan permukaan paling kasar ke amplas halus. 

2. Memilih Bahan Finishing yang Bagus 

Secara teori hanya dengan mengaplikasikan bahan finishing Anda bisa menghasilkan permukaan halus dan mengkilap. Sayangnya pada prakteknya hal tersebut tidaklah mungkin. 

Mengingat adanya tahapan pengamplasan dan buff, akan lebih tepat jika Anda memilih bahan finishing sebelumnya. Carilah produk yang mudah pengamplasannya namun tetap keras sempurna. 

Anda juga perlu mengaplikasikan coating bertahap, jadi tidak hanya satu lapisan langsung selesai. Anda sebaiknya mencari cat water based yang lebih cepat kering sehingga tidak menunggu lama untuk pengamplasannya. 

Selain itu cat water based juga bisa menghasilkan lapisan mengkilap transparan yang memperlihatkan serat kayu lebih indah. Jadi Anda bisa mulai mencari cat water based yang kualitasnya bagus. 

3. Jangan Lupa untuk Mengisi Pori Kayu 

Cara cepat untuk menghasilkan permukaan kayu yang rata dan halus adalah dengan mengisi pori kayu menggunakan wood filler. Setelah dilapisi wood filler Anda bisa mengampelas untuk menghilangkan debu kotoran atau excess dari filler. Selain mengisi pori dengan wood filler, cara lainnya adalah menggunakan sanding sealer. 

Menciptakan undercoat dengan sanding sealer juga tepat jika tujuan finishing Anda adalah warna transparan. Anda akan sama-sama mendapatkan permukaan kayu yang lebih halus dan merata. 

4. Membangun Efek Mengkilap pada Kayu 

Anda bisa memberikan warna cat kayu yang bagus terlebih dahulu sebelum aplikasi pernis atau clear coat gloss. Langkah ini dapat membantu Anda memperoleh tampilan kayu sesuai keinginan. 

Soal pewarnaan Anda bisa mengaplikasikan wood stain. Baik di atas wood filler atau sanding sealer langsung. Jika Anda tidak ingin merubah warna kayu maka setelah aplikasi sanding sealer tinggal gunakan clear coat gloss saka. 

Carilah clear coat gloss yang memiliki sheen level setidaknya 80% ke atas sehingga mudah untuk menampilkan kesan gloss. Anda perlu membangun efek mengkilap ini. Caranya adalah dengan mengaplikasikan tiap coating tipis. 

Paling mudah adalah dengan spray gun ber-nozzle 1.0. Atur jarak penyemprotan dan pastikan bahwa Anda tidak salah memilih tekanan udara. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu pada permukaan lain. 

Barulah Anda bisa mengecat pada permukaan kayu lapis demi lapis. Jangan lupa tunggu kering sesuai anjuran kemasan dan amplas baru cat ulang. 

5. Leveling dan Buff

Tahapan terakhir adalah dengan leveling coating yang sudah mengkilap. Anda mungkin saja kurang puas dengan sheen level yang tergolong rendah. Bahkan setelah kering permukaan kayu tidak terkesan licin.

Oleh karena itu, setelah menggunakan cat mengkilap dan kering benar Anda bisa memolesnya. Bahan poles juga sebaiknya dipilih yang aman, tidak lengket dan mudah diaplikasikan. 

Jarak pemolesan setidaknya 7 hari karena pada waktu tersebut baru coating kering sempurna. Bahan poles sebaiknya digunakan menggunakan alat buff yang bisa menciptakan leveling lebih sempurna. 

Cara menggunakanya mudah, Anda tinggal mengoleskan bahan poles ke seluruh permukaan kayu tipis. Baru setelah itu lanjutkan dengan alat buff dan lakukan sampai permukaannya tidak lengket serta mengkilap sempurna. 

Rekomendasi Cat Kayu Mengkilap yang Bagus dan Aman

biovarnish clear coat

Pemilihan produk menjadi salah satu kunci agar Anda berhasil menciptakan furnitur kayu yang mengkilap. Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat gloss beserta varian lainnya untuk mendapatkan hasil tersebut. 

Produk Biovarnish clear coat merupakan cat berpelarut air yang berperan mengganti pernis kayu konvensional. Bahan pelarutnya air membuat cat ini aman digunakan untuk skala finishing apapun. 

Ada beberapa kelebihan lain yang ditawarkan Biovarnish clear coat untuk Anda dapatkan sebagai berikut:

1. Tingkat Transparansi yang Bagus

Sesuai dengan tujuan finishing mengkilap, Anda akan mendapatkan finishing dengan transparansi terbaik. Transparansi yang dihadirkan dapat membuat serat kayu apapun terlihat sangat jelas. 

2. Produk yang Aman dan Ramah Lingkungan 

Pembuatan Biovarnish clear coat memperhatikan penggunaan volatile organic compound (voc) yang digunakan dalam cat. Pembatasan voc dilakukan demi menghindari masalah keamanan lingkungan. Selama menggunakannya Anda tidak perlu khawatir soal aroma menyengat, iritasi mata, kulit dan bahaya kesehatan lain. 

3. Daya Rekat Kuat Membuat Kayu Terlindungi Lebih Lama 

Daya rekat clear coat juga penting diperhatikan saat memilih produk. Biovarnish clear coat menghadirkan produk dengan daya rekat tinggi. Tidak mudah untuk retak atau mengelupas karena perubahan cuaca. 

Jadi Anda akan lebih aman menggunakannya baik pada furnitur indoor atau outdoor. 

4. Waktu Kering Jauh Lebih Cepat 

Sebagai produk cat water based Anda dimudahkan dalam hal aplikasi, karena Biovarnish clear coat hanya membutuhkan waktu singkat untuk mengering. Anda tidak akan membuang waktu lebih lama ketika harus mengecat. 

Cukup dengan waktu 60 menit dan diletakan dalam ruangan bersirkulasi udara baik. Selama hal ini dipenuhi maka Anda bisa langsung mengamplas dan leveling coating. 

Menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss untuk finishing furnitur lebih mengkilap adalah langkah bijak yang bisa Anda lakukan. Baru setelah itu ikuti tips di atas supaya hasilnya mengkilap sempurna. 

Anda yang ingin menggunakan Biovarnish clear coat bisa melakukan pembelian langsung melalui online atau di agen terdekat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top