7 Rekomendasi Warna Cat Pintu Kayu yang Bagus untuk Kesan Natural 

Pintu menjadi hal pertama yang dilihat pada sebuah rumah, baik untuk pemilik dan juga tamu. Warna pintu bisa mengekspresikan pemilik rumah tersebut. Apakah Anda ingin memperlihatkan rumah lebih unik, sederhana atau bahkan mewah. 

Beberapa rekomendasi warna untuk pintu berikut ini bisa jadi pilihan Anda. 

1. Warna Biru Langit atau Hijau Lemon 

Anda yang ingin memperlihatkan kesan natural bisa menggunakannya pada pintu utama masuk ke rumah. Biru atau hijau di bagian pintu akan menciptakan warna yang harmoni dengan keadaan lingkungan asri. 

Baca Juga : rekomendasi merk untuk cat lemari kayu dengan warna menarik

Warnanya sendiri harus dipilih paling muda seperti biru langit atau hijau lemon yang memberikan kesan segar. Anda yang memiliki rumah dengan desain country atau tradisional Amerika sangat cocok memilih warna ini. 

2. Warna Natural Kayu Sonokeling 

Masih dengan tema-tema alami, Anda yang lebih suka memadukan kesan alam sebaiknya memilih pintu dengan warna kayu sonokeling. Warna kayunya yang cenderung gelap akan memberikan kesan gagah. 

Pemilihan warna ini juga cocok digunakan pada pintu utama rumah bertema country. Apalagi jika dipadukan dengan dinding rumah kayu namun dicat warna putih. Kesan kontras yang diciptakan memperlihatkan kayu semakin eksotis. 

Baca Juga : rekomendasi merk dempul pintu kayu yang bagus untuk menutup pori kayu

3. Warna Natural Kayu Jati 

Warna cat pintu kayu rumah minimalis kebanyakan memanfaatkan warna seperti jati. Ditambah lagi jika jenis kayu yang digunakan pada pintu adalah jati. Anda akan lebih mudah untuk memperlihatkan keindahan warna sekaligus seratnya.

Kayu jati sendiri memiliki banyak pilihan warna. Mulai dari warna jati yang gelap, terang hampir seperti ek dan kayu yang sedikit kemerahan. Anda tinggal pilih saja mana warna kayu yang paling sesuai selera. 

Baca Juga : rekomendasi merk untuk menutup lubang kecil pada pintu kayu jati

pintu kayu jati yang difinishing natural

4. Warna Natural Kayu Walnut 

Rekomendasi yang selanjutnya ini juga cukup laris dan bersaing dengan warna kayu jati. Hal ini mengingat kayu walnut cukup jarang tersedia di Indonesia. Jadi lebih banyak orang memilih stain dengan warna walnut untuk menduplikasinya. 

Anda bisa menggunakan warna kayu walnut yang cenderung sedikit gelap dengan memperlihatkan serat kayu lebih apik. Jika Anda menggunakan kayu yang sudah memiliki serat bagus maka sangat cocok dengan warna ini. 

Baca Juga : rekomendasi produk cat kayu water based warna putih yang bagus

5. Warna Natural Kayu Oak 

Kurang suka dengan warna gelap eksotik? Anda bisa memilih warna cat pintu kayu rumah yang bagus dari kayu oak. Kayu ek sama seperti walnut yang tidak banyak tersedia di Indonesia. 

Anda bisa menduplikasi pintu dengan kayu ini menggunakan warna stain kayu oak yang kuning. Tentu saja jenis kayu yang digunakan juga harus disesuaikan. Anda perlu menggunakan kayu terang seperti ramin, sungkai atau pinus. 

Baca Juga : rekomendasi merek pernis kayu untuk finishing kayu jati natural yang bagus

6. Warna Burgundy 

Pintu rumah dengan kesan natural juga bisa diperlihatkan dari warna burgundy pada bagian pintunya. Warna burgundy yang mirip dengan kayu gelap namun mengingat dari cat duco maka serat kayu akan tertutup. 

Anda akan melihat pintu dengan warna solid yang gelap namun tetap terasa khas kayu yang gelap. Warna ini juga bisa menyamarkan goresan sehingga sangat cocok digunakan pada pintu utama rumah. 

Baca Juga : rekomendasi merek untuk finishing kayu jati natural untuk meja kayu jati

7. Warna Hitam 

Apabila Anda lebih suka dengan kesan kontras, warna hitam doff atau gloss cocok untuk dipilih. Anda tidak akan kesulitan untuk memadukan warna ini dengan dinding. 

Warna hitam ini ternyata juga akan memberikan kesan natural. Anda tinggal menambahkan banyak tanaman dalam pot di dekat pintu agar terasa lebih natural. Selain itu warna hitam ini juga bisa menyamarkan kerusakan pada pintu kayu. 

Tips Memilih Warna Tepat  untuk Pintu Utama 

Baca Juga : rekomendasi warna finishing kayu jati yang bagus untuk furnitur kayu jati

harga biovarnish wood stain

Setelah mengenal pilihan warna cat pintu kayu rumah yang bagus Anda mungkin saja bingung untuk memilihnya. Mana sebaiknya warna yang paling cocok dan tidak akan membuat Anda menyesal. 

Berikut ini beberapa tips memilih warna pintu yang tepat untuk rumah Anda. 

1. Sesuaikan dengan Style Anda

Warna pintu rumah yang dipilih akan mencerminkan kepribadian pemilik rumah. Oleh karena itu Anda harus tetap berpegang teguh dengan style yang disukai. Jika Anda sudah menentukan desain rumah minimalis, pilihan warna pintu tidak hanya putih saja. 

Jika style Anda adalah minimalis maka warna seperti hitam, abu-abu bahkan sonokeling sekaligus bisa digunakan. Warna yang gelap akan memberikan kesan kontras yang cocok dengan desain minimalis. 

2. Kembali ke Desain Klasik 

Apabila masih belum tahu apa style yang dimiliki, kembali menengok desain klasik dapat dilakukan. Daripada Anda harus melanjutkan menggunakan warna putih pada pintu yang cukup membosankan. 

Pada rumah dengan desain klasik Anda bisa menggunakan warna-warna natural kayu. Baik itu kayu walnut, jati sampai dengan kayu oak. Desain klasik pada rumah akan memperlihatkan kesan asri atau natural yang bagus. 

3. Menggunakan Warna Monokrom

Masih saja bingung soal kombinasi warna cat kayu dan tembok rumah? Jika ingin lebih mudah Anda bisa menggunakan saja warna monokrom. Warna ini akan memberikan kesan bersih tidak kalah dengan desain minimalis. 

Contohnya saja warna putih dengan pintu hitam. Jangan lupa Anda bisa juga menambahkan beberapa aksesoris yang tidak terlalu mencolok agar tidak mendominasi. Warna monokrom juga bisa melibatkan pilihan warna natural seperti jati. 

4. Memperhatikan Warna Kusen Pintu 

Kusen pintu juga bisa menjadi acuan dalam memilih warna. Apakah warna kusen pintu yang sudah Anda rencanakan? Anda bisa membuatnya berwarna kontras atau justru harmoni. Beberapa orang bahkan memberikan warna sama. 

Namun khusus pintu depan dengan sistem dua bukaan maka warna kusen dan daun pintu bisa dibedakan. Adanya perbedaan warna ini akan memperlihatkan rumah menjadi lebih mewah. Warnanya sendiri bisa kontras seperti putih dan warna kayu jati. 

5. Memilih Jenis Cat yang Tepat 

Cara mengecat pintu kayu yang benar akan mempengaruhi hasil. Selama Anda sudah menggunakan cat berkualitas maka hasilnya pun menjadi yang terbaik. Pemilihan jenis cat ini harus dilakukan hati-hati sehingga tidak mempengaruhi hasilnya. 

Anda yang tertarik dengan warna cat pintu kamar atau pintu utama natural kayu maka bisa menggunakan Biovarnish wood stain. Cat ini akan memberikan warna natural kayu sesuai dengan keinginan Anda. 

Baik itu warna kayu jati, mahoni, yellow ox, walnut, cherry dan masih banyak lagi. Anda tinggal memilih saja mana warna kayu terbaik dan sesuai dengan selera atau interior ruangan. 

Pastikan bahwa Anda menggunakan Biovarnish wood stain dan series lainnya untuk menciptakan perlindungan pada pintu secara maksimal. Karena itulah warna pintu kayu tidak akan mudah pudar walaupun kerap terkena sinar matahari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top