You are currently viewing Tips Menggunakan Cat untuk Lemari Serbuk Kayu agar Halus 

Tips Menggunakan Cat untuk Lemari Serbuk Kayu agar Halus 

Lemari serbuk kayu atau yang berbahan plywood, particle board membutuhkan tahapan finishing khusus. Diperlukan cat untuk lemari serbuk kayu yang berkualitas sehingga hasilnya lebih sempurna. Perlakuan dalam finishingnya pun harus lebih hati-hati. 

Pasalnya pada permukaan lemari terdapat lapisan veneer yang jika salah finishing bisa membuat kayu menjadi melengkung atau bergelombang. Supaya finishing hasilnya bagus ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. 

Apa saja tipsnya bisa cek pada artikel ini hingga akhir. 

7 Tips Menggunakan Cat untuk Lemari Serbuk Kayu 

pintu kayu dari kayu sengon

Ada dua fungsi dari cat yang pertama sebagai lapisan mempercantik lemari kedua adalah memberikan perlindungan. Ketika hasil finishing tidak sempurna dapat menimbulkan kerusakan yang akhirnya mengganggu perlindungan pada kayu. 

Misalnya cat mudah retak karena proses pengeringan yang terlalu lambat atau justru cepat. Anda harus menerima risiko lemari cepat rusak karena lapisan coatingnya yang retak mengakibatkan kelembaban mudah masuk. 

Dibandingkan kayu solid, lemari dengan bahan plywood memiliki kondisi yang lebih sensitif. Oleh karena itulah jika salah dalam aplikasi cat bisa mengakibatkan kerusakan. Beberapa tips berikut ini bisa jadi acuan saat Anda hendak melakukan finishing. 

1. Jangan Pernah Lupakan Lapisan Dasar Kayu 

Sama seperti dinding, kayu juga membutuhkan tahapan pendempulan yakni aplikasi lapisan dasar cat pada kayu. Lapisan dasar inilah yang akan memperkuat lapisan coating. Meskipun Anda menggunakan lemari berlapis veneer maka permukaannya akan menjadi lebih kuat. 

Khusus untuk finishing warna transparan Anda bisa memanfaatkan Biovarnish Wood Filler yang tersedia empat pilihan warna. Anda bisa memilih warna sungkai, ramin, mahoni sampai dengan jati sesuai jenis kayu yang di finishing. 

Proses aplikasi lapisan dasar kayu ini sangat mudah yakni hanya dengan menggunakan air saja sedikit untuk pengenceran. Kemudian wood filler bisa dikuaskan ke permukaan lemari serbuk kayu secara merata. Anda bisa mengaplikasikan beberapa kali sampai permukaan menjadi benar-benar halus. 

2. Mengamplas dengan Orbital Sander

Dibandingkan mengamplas menggunakan manual seperti kertas amplas yang dibalutkan pada balok kayu, memanfaatkan orbital sander jauh lebih praktis. Kamu bisa langsung mengamplas secara menyeluruh pada permukaan lemari serbuk kayu. 

Pasalnya orbital sander ini bisa menghemat waktu dalam proses finishing namun hasilnya juga lebih bagus. Permukaan kayu bisa jauh lebih halus secara merata. Penggunaan orbital sander ini hanya dilakukan pada permukaan lemari yang sudah dilapisi dengan wood filler. 

3. Pengamplasan Sebelum Aplikasi Cat 

Pengamplasan diperlukan bukan saat terdapat lapisan coating saja tetapi juga sebelumnya. Sebagai persiapan Anda harus mengecat permukaan kayu secara lengkap. Mulai dari amplas bernomor kecil menjadi besar. Anda bisa mulai dari angka 180 menjadi 220.

Mengamplas plywood perlu kehati-hatian karena lapisan veneer yang karakternya adalah cukup tipis. Anda harus memperhatikan bagaimana cara untuk mengamplas agar tidak merupakan lapisan tersebut. Bisa dilakukan manual pada tahapan amplas terakhirnya. 

4.Tidak Dijemur di Bawah Sinar Matahari Langsung 

Ketika menggunakan cat solvent Anda harus menjemur lemari serbuk kayu langsung di bawah sinar matahari. Hal tersebut dapat menimbulkan lapisan veneer cepat melengkung karena pengeringan yang terlalu cepat. 

Pengeringan yang baik adalah di dalam ruangan, oleh karena itulah jenis cat yang digunakan juga harus menyesuaikan. Contohnya saja cat berpelarut air seperti Biovarnish. Baik itu wood filler hingga clear coat tidak membutuhkan sinar matahari langsung agar cat mengering. 

Dampaknya tentu saja lemari memiliki permukaan veneer yang tetap halus dan rata. Cat pun dapat mengering sempurna dalam waktu cepat tanpa harus dijemur. 

5. Menerapkan Finishing Serat Kayu Buatan 

Merasa tampilan lemari terlalu biasa ketika dilapisi pernis? Anda bisa menciptakan finishing serat kayu buatan memanfaatkan rubber grain. Cara ini dapat membuat lemari tampak jauh lebih mewah. 

Selain itu Anda bisa membuat warna serat yang jauh lebih menarik. Mengapa teknik finishing ini mudah diaplikasikan pada lemari serbuk kayu karena permukaannya yang rata. Selain itu veneer memiliki warna yang rata-rata sama sehingga Anda lebih mudah untuk mengaplikasikannya. 

6. Membuat Dua Lapisan Coating untuk Masing-Masing Cat 

Perhatikan berapa jumlah lapisan coating yang Anda akan tambahkan. Setidaknya diperlukan dua lapisan coating untuk masing-masing cat. Mulai dari sanding sealer, wood stain dan terakhir adalah clear coat. 

Anda bisa mengaplikasikan masing-masing dua lapisan tipis saja. Berkat lapisan yang lebih banyak inilah membuat coating akan terbentuk jauh lebih tebal. Selain itu permukaan lemari serbuk kayu juga jadi lebih halus. Cek masing-masing cara aplikasi yang tepat pada kemasan kaleng cat. 

7. Mengaplikasikan Clear Coat Gloss 

Anda yang tidak sempat untuk membersihkan lemari atau ingin tampilan lemari tetap prima maka clear coat gloss akan lebih cocok untuk dipilih. Pasalnya lemari dengan permukaan mengkilap akan tampil lebih mewah dan mudah dibersihkan. 

Biovarnish Clear Coat Gloss menjadi pilihan tepat Anda yang ingin mendapatkan lemari lebih mewah. Anda bisa mengaplikasikannya langsung di atas wood stain maupun sanding sealer sesuai kebutuhan. 

Produk Biovarnish Series untuk Furniture yang Lebih Halus 

lapisan cat kayu anti air biovarnish

Selain mengikuti ketujuh tips di atas, pastikan bahwa Anda menggunakan cat berkualitas. Sebagai cat water based, Biovarnish menjadi pilihan paling tepat untuk Anda. Tidak butuh waktu lama untuk mengeringkan setiap lapisan coating. 

Ditambah lagi cat juga jauh lebih halus dan juga tahan lama. Berikut ini kelebihan yang akan Anda dapatkan selama menggunakan Biovarnish. 

1. Keamanan Lingkungan yang Terjamin 

Hal pertama yang akan Anda dapatkan adalah keamanan lingkungan. Bahaya akan partikel cat yang terhirup ke dalam pernapasan manusia menjadi hal yang sekarang banyak diperhatikan. Pasalnya cat dengan kandungan kimia tidak diperlukan oleh tubuh. 

Selama menggunakan Biovarnish masalah keamanan akan jauh terjamin. Cat dengan pelarut air ini aman dan ramah lingkungan karena rendah kandungan volatile organic compound (voc). 

2. Menghasilkan Warna Transparan Terbaik 

Warna dari Biovarnish transparan baik itu wood stain apalagi clear coat. Transparansi yang dihasilkan ini membuat tampilan serat kayu jadi lebih indah. Khususnya ketika Anda menggunakan kayu solid. 

Sedangkan untuk kayu seperti plywood akan memperlihatkan warna jauh lebih baik. Clarity yang dihasilkan akan membuat lemari dari plywood tampak lebih mewah terlindungi. 

3. Kemudahan Aplikasi hanya dengan Kuas 

Ketika produk cat lainnya membutuhkan kompresor dan spray gun, Anda hanya perlu mempersiapkan kuas untuk tahapan aplikasinya. Selama menggunakan kuas Anda sudah bisa mendapat hasil finishing yang lebih halus. 

Cat Biovarnish sangat mudah dikuas dengan tarikan yang sangat ringan. Anda tidak perlu khawatir akan masalah bekas sapuan kuas yang kerap muncul. Pastikan saja Anda menggunakan kuas berbulu nilon yang jauh lebih halus. Jika perlu beli kuas yang baru. 

Menggunakan cat untuk lemari serbuk kayu memberikan jaminan hasil yang lebih rapi. Apalagi ditambah dengan teknik mengecek secara profesional. Pastikan Anda membeli Biovarnish secara lengkap.