6 Tips Cara Menggunakan Cat Semprot Kayu untuk Permukaan Halus

Menggunakan cat semprot kayu kaleng bisa menakutkan bagi banyak orang, tetapi jika Anda tahu cara menyemprot cat, itu akan menghasilkan permukaan yang sempurna yang akan bertahan selama bertahun-tahun. Aalternatif yang lain Anda bisa menggunakan cat semprot untuk kayu dengan kompresor yang lebih mudah dan juga lebih aman. Bahkan Anda bisa langsung mengaplikasikannya dengan mudah dan juga dengan cepat. Anda tidak perlu takut akan resiko karena belajar menggunakan cat semprot adalah hal yang menyenangkan.

Cara Pakai Cat Semprot Berbagai Permukaan

  • Bersihkan Permukaan

Membersihkan permukaan adalah yang paling penting. Gunakan pembersih komersial yang berkualitas baik untuk menyiapkan objek, dan bersihkan semua debu dan lemak. Setelah pembersih benar-benar kering, gunakan kain perekat (tack rag) untuk menghilangkan sisa-sisa debu sebelum pindah ke langkah berikutnya.

  • Aplikasikan Primer Coat

Primer pada dasarnya adalah versi yang lebih tipis dari cat, yang bila diterapkan, berakhir dengan mikroskopis yang membantu cat melekat ke permukaan, dan menjaga lapisan akhir agar tidak mengelupas seiring waktu. Primer biasanya tersedia dalam warna abu-abu atau putih. Gunakan putih jika Anda akan menyemprotkan lapisan akhir berwarna terang, abu-abu jika Anda akan menggunakan sesuatu yang gelap atau metalik.

  • Campurkan Cat Dengan Pelarut

Menunggu lapisan cat primer mengering biasanya membutuhkan satu jam atau lebih. Jika Anda menyentuh material, dan meninggalkan sidik jari, itu masih terlalu basah. Tunggu cat hingga benar-benar mengering sehingga Anda mendapatkan permukaan kering sambil Anda mencampurkan cat yang akan disemprotkan.

Campurkan bahan cat dengan pealrtu baik itu solvent atau water based sesuai dengan cat yang Anda gunakan. Jika Anda ingin menggunakan cat water based pastikan sebelumnya bahwa PH air tidak kurang atau lebih dari 7 karena akan mengganggu tingkat keasaman dari cat.

  • Semprotkan Cat

Sama seperti yang Anda lakukan dengan primer coat, mulailah dengan menyemprotkan benda itu dari jarak lebih dari satu kaki, dengan ringan membuat lintasan. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan cat yang rata dan juga halus. Untuk menyemprotkan dan mendapatkan hasil yang maksimal Anda perlu melapisi hingga 3 kali lapisan.

Setiap Anda akan melapisi cat kembalu perlu diingat bahwa cat harus benar-benar mengering dan diamplas dengan baik. Jika tidak cat hanya akan mengelupas kembali dan Anda harus mengulang dari awal.

Pekerjaan penyemprotan yang baik dibangun berlapis-lapis. Jangan terburu-buru, hanya mengambil waktu Anda dan semprot dengan lembut. Jika Anda perlahan-lahan melakukan penyemrpotan, warna akan mulai cerah dengan setiap lapisan kering baru. Anda juga tidak akan menemukan kasus sagging atau dripping (cat yang menetes).

Jika Anda menyemprotkan barang untuk digunakan di luar ruangan, pilih cat eksterior yang sesuai, atau aplikasikan lapisan bening setelah warna akhir telah muncul (12 jam).

  • Semprotkan dengan Aman

Kebanyakan cat semprot tidak dianjurkan untuk digunakan di dalam ruangan tanpa ventilasi yang memadai, asap dapat menumpuk cukup cepat, dan sangat mudah menguap. Demikian juga, jangan menyemprotkan cat di area tertutup dengan segala jenis pemanas atau alat pemanas berbahan bakar gas. Uap cepat rusak, dan mudah dilepaskan dengan kipas. Akan lebih baik untuk memakai masker dan pelindung mata, kalau-kalau Anda  mendapatkan tombol semprot berbalik.

Setelah Anda membiarkan objek kering hingga 24 jam, tergantung pada kelembapan, itu harus mampu bertahan hingga bertahun-tahun digunakan.

Tips Menggunakan Cat Semprot Kayu Tidak Berlebihan

Banyak orang yang terlalu meluangkan waktu menggunakan cat semprot, jadi di sini ada beberapa tips tentang cara menghindari hal itu terjadi. Overspray tidak hanya terjadi di dalam ruangan; itu juga bisa terjadi di luar ruangan juga.

  • Ukuran Nozzle

Cara Pakai Cat Semprot Berbagai Permukaan

Jika Anda menggunakan nosel atau jarum besar, lebih banyak semprotan akan keluar dari kaleng, dan permukaan lain mungkin mendapatkan cat semprot di atasnya. Untuk menggunakan nosel ukuran yang tepat, analisis ukuran proyek Anda. Jika Anda menyemprot kamar Anda, maka Anda tidak perlu nosel besar; media yang akan baik-baik saja. Namun, jika Anda mengecat dinding di luar, maka Anda akan membutuhkan nosel besar, tetapi cobalah untuk tidak mendapatkan cat pada zat lain.

  • Tekanan

Terlalu banyak tekanan akan menyebabkan penyemprotan yang berlebihan, karena lebih banyak semprotan akan keluar dari kaleng. Ini bisa menjadi masalah besar jika Anda mengecat suatu objek, karena permukaan lain bisa mendapatkan cat pada mereka. Untuk menghindari terlalu banyak tekanan, jangan terlalu menekan nosel. Jika Anda menyemprotkan dinding ke luar, maka Anda dapat menerapkan banyak tekanan, tetapi sekali lagi pastikan tidak ada permukaan lain yang melukisnya.

  • Jarak dari Permukaan

Jarak dari permukaan juga bisa menyebabkan masalah penyemprotan berlebihan. Semakin dekat Anda ke permukaan, semakin banyak semprotan akan muncul, dan itu mungkin membuat permukaan Anda memiliki terlalu banyak cat di atasnya. Namun, jika Anda terlalu jauh, maka permukaan sekitarnya akan mendapatkan cat pada mereka juga, dan permukaan yang ingin Anda cat akan mendapatkan sedikit semprotan. Jarak ideal adalah 6 hingga 10 inci.

  • Gunakan Pita Perekat atau Kain untuk Melindungi Permukaan Lain

Jika Anda menggunakan semprotan di sekitarnya yang ramai, seperti kamar Anda, maka akan lebih baik jika Anda memindahkan semuanya di luar. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah membungkus permukaan lain dengan pita perekat atau kain.

  • Buat Booth Semprot Anda Sendiri

Anda dapat menggunakan kotak kardus dan membuat stan semprot sendiri sehingga permukaan lain tidak terkena cat. Ini akan menjadi ide yang bijaksana jika Anda menyemprotkan suatu objek seperti mobil balap.

  • Jika Overspray Apakah Muncul di Permukaan Lain

Cara Pakai Cat Semprot Berbagai Permukaan

Jika Anda mengambil semua tindakan pencegahan dan overspray masih muncul di permukaan lain, maka Anda harus menghapusnya dengan cepat, karena cat semprot kering jauh lebih cepat daripada cat minyak. Gunakan kain basah dan gosokkan ke permukaan. Jika cat kering, campurkan air dengan deterjen untuk mendapatkan cat semprot. Anda juga dapat menggunakan amplas jika permukaan yang memiliki cat terbuat dari kayu. Cobalah untuk tidak menggosok permukaan terlalu keras, karena jika kayu sudah memiliki warna di atasnya, maka warna mungkin hilang karena amplas. Jika permukaannya terbuat dari kaca, seperti jendela, gunakan jendela profesional atau pembersih kaca untuk menghilangkan cat. Jendela juga bisa dibersihkan dengan pisau cukur satu sisi. Menggunakan metode lain akan menggores kaca.

Melakukan penyemprotan bukanlah hal yang sulit. Untuk menggunakan cat semprot jenis cat yang digunakan juga akan mempengaruhi. Pilihlah jenis cat yang memang dapat digunakan untuk semprot agar proses lebih mudah dan juga cepat.

Seperti cat semprot water based Bioduco yang bisa Anda gunakan dengan lebih mudah. Bahan pealarut akan mempermudah cat keluar dari alat semprot.

Kelebihan Menggunakan Cat Semprot Kayu Merk Bioduco

Bioduco adalah produk cat kayu warna solid yang memiliki beberapa lapisan. Cat ini memberikan warna solid yang menutup warna kayu secara merata. Furniture lama akan tampak seperti baru, tampil lebih menarik dan mewah. 

Saat ini sudah banyak pengrajin yang memanfaatkan cat kayu Bioduco ini karena beberapa alasan. Bukan karena cat memiliki kemudahan dalam hal aplikasi semprotnya. Berikut ini beberapa keunggulan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Bioduco. 

  • Waktu pengeringan relatif cepat

Mengecat dengan cat duco membutuhkan kesabaran. Hal ini disebabkan karena banyaknya lapisan coating yang harus diaplikasikan. Untungnya cat Bioduco adalah jenis produk yang masa keringnya lebih cepat. 

Hanya dibutuhkan waktu 60 menit saja untuk satu lapisan coating mengering. Itupun tanpa harus dijemur langsung di bawah sinar matahari. Jadi tidak tergantung dengan panas matahari untuk proses pengeringannya. 

Dengan tingkat kecepatan kering yang tinggi, Anda tidak perlu waktu lama untuk menyelesaikan satu finishing furniture. Hanya dalam satu hari, cat bisa selesai di finishing. 

  • Merupakan cat water based yang aman

Di antara produk cat solid, pelarut air adalah yang paling aman. Mengapa? Karena cat ini mengandung bahan organik yang dibatasi. Apalagi jika Anda menggunakan produk Bioduco yang pembuatan cat mengacu pada regulasi ECHA dan US EPA. 

Otomatis cat lebih aman dan ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan tidak keluarnya aroma menyengat dari produk cat. Sehingga ketika diaplikasikan dengan alat semprot partikel cat yang menyebar tidak mengandung bahan organik berbahaya. 

Kelemahan yang dimiliki cat duco berpelarut solvent telah diatasi dengan penggunaan Bioduco. Bahkan aplikatornya tidak perlu merasakan sesak napas ketika menggunakan Bioduco. 

  • Produk lengkap bukan hanya cat solid

Menggunakan Bioduco, Anda tidak perlu mengkombinasikan dengan produk cat lainnya. Sama-sama cat water based, ada rangkaian produk Bioduco dari dempul hingga top coat. Yaitu Bii Duco wood putty, primer coat, cat solid, dan juga top coat. 

Justru dengan kelengkapannya, masing-masing lapisan akan menciptakan bonding tinggi. Supaya perlindungan pada furniture bisa lebih maksimal. Bahkan jika Anda meletakkan furnitur di luar ruangan. 

  • Menyediakan banyak pilihan warna

Cat solid selain dari kemudahan aplikasinya juga dipilih dari segi warna. Warna marik tidak mudah pudar tentu menjadi tujuan Anda membelinya bukan? Inilah yang dimiliki oleh Bioduco sebagai cat warna solid. 

Anda bisa memilih dari 24 warna solid yang tersedia mulai dari solid hingga warna metalic. Apapun desain dari furniture yang ingin digunakan, warna-warna lengkap inilah yang akan menghasilkan tampilan menarik. 

  • Pelarut air membuat hemat

Kebanyakan pengrajin masih akan menggunakan cat solid pelarut solvent karena alasan harganya yang murah. Inilah yang harus ditelaah kembali oleh para DIY jika tak ingin menggunakan cat solvent. 

Pada dasarnya sekilas, cat Bioduco memang terlihat mahal. Tapi Anda tak perlu membeli thinner bukan? Karena bahan pelarut yang digunakan adalah air. Tentunya hasil finishing akan lebih hemat dibandingkan jika membeli cat berpelarut solvent. 

Inilah keunggulan yang akan Anda dapatkan jika mempertimbangkan menggunakan cat Bioduco. Keunggulannya ini bisa didapatkan baik para DIY hingga pengrajin. Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk ini bisa langsung membelinya di :

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries