Memilih Aplikasi Cat Kayu Spray Kuas Sesuai Kebutuhan Finishing

Industri pabrik dan juga pengguna DIY sangat memiliki perlakuan yang berbeda, baik aplikasi cat kayu menggunakan kuas atau spray. Anda tidak akan mendapatkan hal yang sama karena DIY lebih mengarah pada kepuasan sedangkan untuk industri furnitur pabrik akan mengutamakan kecepatan aplikasi.

Sama halnya dengan pemilihan alat aplikasi cat kayu, apakah Anda akan menggunakan spray atau menggunakan kuas. Nah memilih alat tergantung dengan hasil yang diharapkan atau bisa saja sesuai dengan alat apa yang Anda miliki di rumah.

Memilih Aplikasi Spray atau Kuas?

Namun pengguna DIY saat ini sudah banyak yang memiliki alat semprot, tetapi penggunaan kuas juga tetap tidak bisa diremehkan. Hal itu karena pada aplikasi cat kayu, ada beberapa bagian furniture yang tidak bisa dijangkau dengan spray, namun dapat dijangkau dengan kuas.

Dalam artikel ini Anda bisa melihat bagaimana penggunaan spray system dan brush system mengalami pro dan kontra. Sehingga Anda bisa lebih menyadari manakah alat yang sesuai dengan yang harus Anda gunakan.

Kunjungi juga : Cat Water Based Spray Biovarnish

Aplikasi Cat dengan Spray Gun

Sebenarnya tidak ada cara yang lebih cepat untuk mengaplikasikan cat daripada menggunakan sprayer. Anda dapat menutupi seluruh area dalam hitungan menit, bukan jam, tetapi seperti kelemahan alat, kecepatan tidak selalu setara dengan kualitas. Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakan spray system.

√ Manfaat

  • Aplikasi yang sangat cepat
  • Satu lapisan film
  • Hasil halus tanpa bekas seperti brush mark
  • Bisa masuk ke area yang sulit dijangkau

Jadi, mengapa tidak semua orang hanya menggunakan peralatan semprot saja? Nah, di sini penggunaan spray system ada sisi negatifnya juga.

⊗ Kekurangan

  • Persiapan panjang dan memakan waktu ruangan juga harus bersih
  • Cakupan tidak merata (terkadang terlalu tebal)
  • Menggunakan 2-3 kali lebih banyak cat seperti menguass
  • Adhesi yang buruk
  • Tidak bisa mengecat pada hari-hari yang berangin

Menerapkan cat dengan spray system dapat sangat menantang jika Anda tidak memiliki banyak latihan menggunakan spray gun. Seperti alat apa pun, alat semprot membutuhkan banyak latihan sebelum Anda dapat mengaplikasikan lapisan cat yang halus. Pemula akan mendapatkan semprotan berlebihan, sagging, dan tiodak rata, hasilnya sering kali memiliki lapisan yang tidak rata dengan beberapa bagian cat terlalu tebal dan beberapa titik yang terlalu tipis.

Memilih Aplikasi Spray atau Kuas?

Penyemprotan cat juga menggunakan cat sebanyak 2-3 kali lebih banyak daripada menguas atau aplikasi dengan rol. Tidak semua cat ekstra tersebut akan menempel namun sisa cat yang keluar dari spray gun hanya akan terbuang dengan sia-sia.

Namun walaupun dengan adanya masalah ini tetap saja belum ada alat lain yang dapat mengalahkan kecepatan aplikasi dengan spray system.

Aplikasi Cat Kayu dengan Kuas

Aplikasi dengan kuas adalah cara kuno dalam melakukan finishing dengan kuas jadi banyak orang yang masih mnyukai cara ini. Sebenarnya aplikasi dengan kuas bertolak belakang dengan aplikasi spray system. Menggunakan kuas berarti Anda harus memiliki banyak waktu terlebih lagi Anda akan melakukan finishing pada ukuran furnitur besar. Tak hanya itu saja aplikasi dengan kuas seringkali menginggalkan brush mark yang akan sangat mengganggu hasil akhir. Sama seperti aplikasi semprot, mari kita lihat beberapa manfaat dan kekurangan dari aplikasi dengan kuas.

√ Manfaat

  • Kontrol yang bagus
  • Daya rekat yang sangat baik
  • Bahkan mendapatkan warna yang seragam
  • Mendapatkan cat ke celah-celah lebih baik daripada menyemprot

Melihat dari menfaat menguas maka Anda akan melihat bagaimana cara menguas akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan menggunakan alat semprot. Namun tidak semudah itu Anda harus melihat kekurangan dari aplikasi cat dengan kuas.

⊗ Kekurangan

  • Aplikasi yang lambat dan melelahkan
  • Bisa membutuhkan 2 atau lebih lapisan film
  • Dapat meninggalkan brush mark
  • Adanya hiasan pada furnitur akan membuat pengecatan menjadi sulit

Memilih Aplikasi Spray atau Kuas?

Tidak ada yang mendekati kontrol terbaik yang Anda dapatkan dengan kuas berkualitas. Anda dapat memotong sudut yang sempit dan mengecat garis lurus yang bagus yang tidak mungkin dicapai dengan semprotan. Untuk pekerjaan detail, satu-satunya cara yang dapat diterima adalah menggunakan kuas. Aplikasinya memang lambat tetapi Anda akan mendapatkan lapisan cat seragam yang merata dan adhesi yang jauh lebih baik daripada hanya menyemprot.

Hasil Terbaik Aplikasi dari Kuas dan Spray System

Setelah Anda melihat banyak perbandingan mulai dari manfaat dan kekurangan mengecat menggunakan kuas dan juga alat semprot. Lalu manakah yang harus Anda pilih? Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik Anda bahkan bisa menggabungkan keduanya.

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan bagaimana cara menggabungkan penggunaan aplikasi cat dengan kuas dan juga dengan spray system. Anda bisa menyemprotkan cat ke seluruh permukaan dengan baik, setelah itu Anda bisa menggunakan kuas untuk meratakan cat tersebut hingga pada bagian sudut.

Aplikasi Kuas

Gaya menguas ke seluruh permukaan terutama pada bagian sudut adalah cara yang paling utama dan juga cara yang paling mudah untuk Anda dapatkan dalam pengecatan yang sempurna.

Hal yang memperlambat Anda ketika mengecat dengan kuas adalah bahwa Anda hanya dapat memuat begitu banyak cat ke kuas pada suatu waktu. Dengan menyemprot dan menguas kembali, Anda dapat menutupi area yang luas hampir secepat dengan menyemprotkan sendiri. Anda mendapatkan manfaat dari kedua sistem dan menghilangkan sebagian besar kekurangan dari keduanya.

Memilih Aplikasi Spray

Bersihkan Debu

Jika Anda mencoba mengecat permukaan yang berdebu, kotor, basah, berminyak, atau sebaliknya, cat Anda mungkin tidak akan menempel dengan baik. Bersihkan permukaan terlebih dahulu untuk mempersiapkan cat. Jika berminyak atau bersabun seperti dapur dan dinding kamar mandi, maka gosok permukaan dengan soda kue untuk membersihkan dan menurunkan permukaan.

Setelah kotoran atau residu dihilangkan, maka Anda siap untuk mengecat. Namun jangan lupa pastikan seluruh permukaan kayu menjadi kering terlebih dahulu. Jika Anda ingin mendapatkan hasil warna duco jangan pernah lupakan untuk memberikan cat primer.

Mengaplikasikan cat primer berarti Anda akan menutup bekas warna kayu yang lama atau Anda bisa menutup warna serat kayu. Sehingga setelah Anda mengaplikasikan cat kayu primer dan menutup seluruh permukaan, Anda bisa menggunakan cat duco dengan warna sesuai kebutuhan.

Jangan lupa untuk Anda memilih jenis kuas yang tepat dan juga sesuai. Bahan kuas sangat mduah ditemukan di toko bahan bangunan terdekat. Bahkan Anda bisa mulai dengan membelinya sekarang juga.

Anda bisa memilih jenis kuas yang berbeda sesuai dengan permukaan yang akan Anda cat. Pastikan Anda menggunakan kuas lebar untuk permukaan kayu yang luas sedangkan untuk bagian sudut Anda bisa menggunakan kuas berukuran lebih kecil.

Sama seperti kuas Anda juga harus memilih nozle yang tepat untuk aplikasi spray. Biasanya cat membutuhkan ukuran nozle 1 untuk mendapatkan cat keluar dengan sangat baik. Atur jarak aplikasi dengan spray system dengan baik sehingga Anda akan mendapatkan cat yang keluar dengan rata.

Jika perlu gunakan material lain yang tidak terpakai untuk mengetas apakah cat yang keluar sudah sesuai dengan harapan Anda.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.