You are currently viewing Serba Serbi Polyurethane untuk Furniture Kayu Outdoor

Serba Serbi Polyurethane untuk Furniture Kayu Outdoor

Bagi Anda yang masih pemula dalam hal finishing perlu tahu apa itu polyurethane dan bagaimana kualitasnya ketika digunakan pada sebuah furnitur. Karena penggunaan polyurethane sangat lupas, tak hanya furnitur tetapi sampai produk heavy duty lainnya. 

Kenali lebih lanjut mengenai polyurethane dan apakah produk yang paling direkomendasikan. 

Mengenal Polyurethane 

Cat polyurethane adalah lapisan teratas permukaan substrat kayu yang tujuannya untuk memberikan perlindungan kayu. Cat ini ada punya beberapa pilihan yang tidak hanya digunakan pada material kayu saja. 

Khusus untuk kayu, banyak yang menyebutnya juga sebagai pernis paling berkualitas yang telah diformulasikan sehingga rangkaian molekul dari resin akan terikat dengan baik. Ikatan yang diciptakan setelah kering lebih kuat dibandingkan dengan pernis trandisional. 

Berkat kemampuannya tersebut, bahan finishing ini lebih tahan terhadap air, benturan dan goresan, meskipun tampilannya tidak jauh berbeda dengan pernis. Hasil yang diberikan pun sama dengan pernis yaitu warna transparan. 

Tampilan transparan akan memberikan kesan hangat dari kayu. Apabila digunakan untuk furnitur outdoor, akan menciptakan kesan natural yang kental. 

Jenis-jenis Polyurethane 

Pembatasan kandungan logam berat dalam sebuah cat menjadi perhatian banyak produsen bahan finishing. Logam berat yang termasuk dalam volatile organic compound atau voc sangat membahayakan kesehatan lingkungan dan manusia. 

Meskipun pembatasan pada beberapa produk telah diberlakukan, namun polyurethane memiliki salah satu jenis bahan yang memiliki kandungan voc cukup tinggi. Jenis polyurethane berikut ini adalah yang banyak dijual di pasaran. 

Polyurethane dengan pelarut solvent 

Jenis yang pertama ini mampu memberikan kesan warna amber pada kayu sehingga tampilan hangat dari kayu sangat terasa. Mampu membentuk lapisan coating yang keras dan tahan dan hanya beberapa lapisan. 

Hanya saja kelemahan terbesar polyurethane berpelarut solvent ada pada kandungan voc-nya yang sangat tinggi. Namun, karena hasilnya yang menarik dan cenderung murah, polyurethane solvent based tersedia di berbagai negara. 

Polyurethane dengan pelarut air

Bahan finishing yang menggunakan pelarut air, memberikan tampilan warna lebih transparan. Sangat baik jika digunakan untuk menjaga tampilan warna kayu. Jika menggunakan polyurethane ini untuk furnitur outdoor, dibutuhkan lebih banyak lapisan. 

Kemampuan kering polyurethane berpelarut air lebih cepat dibandingkan dengan solvent based. Kelebihannya adalah lebih rendah kandungan voc. Beberapa pabrikan memiliki standar masing-masing, di mana semakin rendah lebih baik dipilih. 

Polyurethane dengan pelarut modifikasi

Merupakan jenis yang terbaru dari cat polyurethane, merupakan kombinasi antara solvent based dan water based. Hanya saja setelah diaplikasikan kesan sedikit memutih akan terlihat dan sedikit warna amber. 

Namun kelebihannya adalah kecepatan kering dan cocok digunakan untuk semua jenis kayu. Cat ini bisa dibersihkan dengan air saja dan kandungan voc nya rendah seperti water based. 

Tingkat Kilap Polyurethane 

Polyurethane apapun jenisnya memiliki tampilan gloss. Tingkat paling rendah sheen levelnya untuk cat ini dimiliki oleh jenis satin.  Namun, untuk furnitur kayu outdoor seperti taman atau teras sangat disarankan menggunakan jenis tampilan glossy. Alasan utamanya adalah tampilan gloss lebih tahan terhadap goresan dibandingkan lainnya.  Minimal Anda menggunakan tampilan semi glossy, di mana tampilan ini memiliki kemampuan untuk menutupi kesan tidak sempurna pada permukaan kayu. Anda tidak bisa mendapatkan kesan natural seperti kayu tidak memiliki lapisan coating. 

Keuntungan yang didapatkan justru pada ketahanan coating. Furniture kayu outdoor di rumah Anda akan lebih tahan lama. Tidak perlu khawatir juga jika terlalu sering digunakan atau terkena perubahan cuaca yang ekstrem. 

Bagaimana Cara Aplikasi Polyurethane 

Setiap produk polyurethane memiliki cara aplikasi berbeda-beda. Biasanya setiap pabrikan cat akan memberikan saran pada cara menggunakan yang tertera pada kemasan. Saran tersebut tujuannya untuk memberikan tampilan maksimal. 

Anda tetap bisa menggunakan alat lainnya untuk aplikasi sesuai kemampuan. Berikut ini tiga macam alat aplikasi yang digunakan untuk mengaplikasikan polyurethane. 

Cara Aplikasi dengan Kuas

Apabila Anda berencana menggunakan alat berupa kuas, hasil terbaik didapatkan jika permukaan kayu merata. Di mana Anda akan membangun lapisan coating dengan lebih baik dan mampu mengcover area yang lebih luas lagi. 

mengaplikasikan polyurethane dengan kuas

Apalagi bulu kuas menyimpan banyak larutan cat setelah dicelupkan sehingga Anda bisa menyapukannya dengan mudah ke area yang lebih luas. Pelajarilah teknik menyapukan kuas jika ingin hasil lebih halus. 

Cara Aplikasi dengan Kain 

Cara lain yang juga cukup simpel adalah menggunakan kain dengan teknik wiping. Apabila Anda tidak ingin mendapatkan masalah seperti tetesan air dari kuas, maka cara kedua ini bisa dipilih. 

Hanya saja hasil terbaik bisa didapatkan jika permukaan kayu tidak terlalu luas. Misalnya saja untuk kursi atau bangku. Mengaplikasikan dengan kain akan membuat hasil lebih merata dan coating jadi lebih tipis. 

Cara Aplikasi dengan Alat Semprot

Bagi Anda yang akan mengecat furnitur kayu outdoor skala industri sangat disarankan menggunakan spray gun. Alat ini akan menghemat waktu dalam proses finishing. Kemudahan aplikasinya dan hasil yang lebih sempurna menjadikan spray gun alat paling efektif untuk aplikasi cat dengan kandungan polyurethane. 

Belajar juga teknik mengecat menggunakan spray gun jika Anda ingin hasil sempurna. Beberapa DIY saat ini juga sudah menggunakan alat semprot untuk proyek finishing kayu outdoor. 

Produk Polyurethane yang Direkomendasikan

Produk polyurethane water based Biothane

Di Indonesia sendiri ada begitu banyak pilihan produk polyurethane. Produk yang direkomendasikan dan terkenal aman adalah Biothane. Jika Anda memiliki proyek finishing kayu outdoor apapun sangat disarankan menggunakan Biothane. 

Dibuat dari water based polyurethane dispersion memastikan bahwa substrat kayu yang dilapisi terlindungi secara maksimal. Adapun beberapa keunggulannya antara lain:

Lebih Cepat Kering

Kecepatan keringnya sangat baik dibandingkan dengan polyurethane solvent based. Dalam waktu 20 menit saja coating sudah siap untuk disentuh. Jika Anda ingin mengaplikasikan dua coating cukup tunggu 60 menit saja untuk aplikasi cat di lapisan kedua. 

Memiliki Daya Rekat Kuat

Rahasia Biothane bisa tahan lama adalah karena memiliki daya rekat kuat dibandingkan produk lainnya. Bahkan ketika Anda menggunakannya untuk lantai kayu seperti deck kamar mandi atau kolam renang. Perubahan cuaca atau genangan air tidak akan merusak kayu. 

Membentuk Lapisan Fleksibel

Perubahan bentuk kayu furnitur outdoor jauh lebih ekstrim dibandingkan furnitur indoor. Oleh karena itulah Biothane diciptakan mampu menyesuaikan perubahan bentuk tersebut. Dengan lapisan coating yang lentur, cat tidak mudah retak. 

Ketahanan Baik dari Air, Cuaca dan Bahan Kimia

Furniture kayu outdoor tidak bisa menghindari masalah yang diciptakan karena cuaca etkstrem, tumpahan air atau kondisi lainnya. Biothane dengan dua pilihan yaitu 1K dan 2K mampu memberikan perlindungan dari segala macam masalah tersebut. 

Anda tidak perlu bingung lagi memilih manakah jenis polyurethane yang terbaik karena sudah terbukti solusinya. Biothane menjadi produk yang sangat direkomendasikan untuk Anda.