4 Tips Menggunakan Clear Coat Matte agar Tampak Sempurna

Clear coat matte paling cocok untuk mengecat dengan tema natural. Ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk menciptakan tampilan matte sempurna pada kayu. 

Gloss atau matte selalu jadi menimbulkan dilema banyak DIY untuk menyelesaikan furnitur yang baru saja dibuat. Kedua hasil tersebut sama-sama bisa memberikan perlindungan pada kayu tapi memberikan kesan estetik yang berbeda. 

Supaya mendapatkan hasil gloss atau matte, Anda perlu menggunakan clear coat. Cat clear coat gloss bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan matte. Tak heran jika finishing gloss lebih sering dipilih. 

Tapi jangan khawatir bagi Anda yang ingin menggunakan hasil matte pada furnitur. Ada beberapa tips yang akan membantu Anda untuk mencapai hasil sempurna.

Mengapa Memilih Menggunakan Clear Coat Matte? 

Clear coat adalah lapisan cat terakhir pada kayu. Lapisan berwarna transparan ini memiliki beberapa pilihan tingkat glossy. Matte adalah tampilan pada kayu yang memiliki sheen level sebesar 10 hingga 20 persen. 

Bisa dikatakan bahwa matte merupakan hasil yang berlawanan dengan gloss yang memiliki sheen level 60 sampai 80 persen. Furnitur yang menggunakan cat matte tidak akan merefleksikan cahaya. 

Anda bisa menggunakan cat matte untuk furnitur dengan gaya vintage, shabby chic sehingga mampu memperlihatkan tekstur kayu. Anda bisa mengambil contoh pada pengecatan rustic, memiliki tekstur yang tampak tua lebih cocok menggunakan matte. 

Alasan untuk menggunakan cat matte bukan hanya soal gaya saja tetapi juga kelebihannya. Permukaan kayu yang diberi cat matte tidak mudah meninggalkan jejak cap jari atau goresan dibandingkan gloss.

Selain itu matte juga memberikan tampilan furnitur lebih bersih serta ruangan yang lebih cerah atau gelap. Tergantung bagiamana Anda meletakkan furnitur, ruangan akan tampil bersih dan tidak terlihat terlalu luas. 

Agar pilihan Anda tepat saat membeli cat clear coat, perhatikan sampel hasilnya terlebih dahulu.

Tips Mudah Menggunakan Clear Coat Matte

Demi mendapatkan hasil cat dengan tampilan matte, Anda tidak bisa melakukanya dengan sembarangan. Diperlukan clear coat spray yang berkualitas dan hasilnya juga harus transparan.

Soal produk Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat matte. Clear coat water based ini bisa digunakan dengan mudah baik menggunakan kuas ataupun alat semprot. Soal urutan penggunaannya Anda bisa mengikuti sesuai dengan kemasan. 

Bagi Anda yang ingin berhasil mendapatkan hasil cat dengan tampilan matte sempurna dari Biovarnish, berikut ini tips yang bisa diikuti.

Tips 1. Mengaplikasikan di atas sanding sealer

Sebelum menggunakan clear coat lebih baik untuk mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan sanding sealer langsung di atas permukaan kayu yang sudah diampelas atau di atas liquid stain. 

Sanding sealer berfungsi untuk memperkuat lapisan clear coat matte di atasnya. Cara aplikasinya cukup sederhana. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air kemudian aduk rata dan semprotkan ke permukaan kayu. 

Tips 2. Menggunakan Sistem Semprot

Supaya hasilnya lebih rata dan halus Anda harus menggunakan kompresor dan spray gun. Bukan hanya saat aplikasi clear coat saja tetapi juga saat aplikasi lapisan coating lainnya. Jika Anda belum terbiasa menggunakan alat semprot maka latihan akan sangat membantu. 

Tips agar sistem semprot berjalan dengan baik perhatikan jarak nozzle dengan permukaan kayu. Selain itu saat menyemprotkan hindari hanya menggerakan pergelangan tangan saja. Anda juga harus menggerakan lengan, serta lakukan penyemprotan secara fleksibel.

Tips 3. Aplikasikan Clear Coat Matte Dua Kali

Tips selanjutnya adalah dengan memberikan dua kali lapisan coating. Masing-masing lapisan harus tipis, tujuannya supaya coating lebih kuat dan tampilan matte terlihat tajam. Untuk aplikasi kedua, Anda harus menunggu lapisan pertama benar-benar kering. 

Proses pengeringan hanya perlu didiamkan dalam ruangan selama 60 menit saja. Setelah kering ampelas ringan dengan ampelas 400. Bersihkan debu ampelas kemudian setelah pengampelasan. Jangan lupa arah ampelas harus sesuai dengan serat kayu.

Tips 4. Menggunakan Matting Agent

Khusus untuk aplikasi coating ulang, jika Anda merasa coating gloss lama masih bagus tapi ingin mengubahnya menjadi matte, Anda tak perlu mengampelas atau mengecat ulang. Ada tips yang bisa Anda ikuti yaitu dengan menggunakan matting agent. 

Bahan ini akan membuat permukaan kayu yang tadinya gloss berubah menjadi matte. Berapa pun tingkat glossy yang dimiliki jika mengaplikasikan matting agent maka sheen level akan berkurang. Anda bisa juga membeli matting agent dari Biovarnish. 

Ikuti keempat tips ini dan jangan lupa untuk menggunakan Biovarnish Clear Coat Matte. Hasil aplikasinya lebih maksimal dengan tingkat transparansi yang cukup tinggi. Soal perlindungan, Anda juga tak perlu mengkhawatirkannya karena Biovarnish memberikan banyak perlindungan. 

Mulai dari perlindungan sinar uv, perubahan cuaca, sampai jamur dan rayap pun tidak akan mudah merusak furnitur kayu di rumah. Anda bisa menggunakan juga produk stain, filler dan sanding sealer dari Biovarnish.

Untuk mendapatkan produk Biovarnish Clear Coat Matte atau produk Biovarsnih lainnya, Anda dapat menghubungi kontak person di website ini atau bisa juga membeli produk Biovarnish di marketplace pada tautan berikut.

 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.