Merek Cat untuk Tongkat Pramuka dengan Perlindungan Tahan Lama 

Tongkat pramuka yang terbuat dari bambu memerlukan perlindungan dari cat kayu terbaik. Banyak yang belum tahu apa merk cat untuk tongkat pramuka terbaik sehingga sebagian besar orang hanya melapisinya dengan pernis saja. Padahal pernis saja tidak cukup untuk memberikan perlindungan. 

Setidaknya dibutuhkan dua lapisan jenis cat untuk tongkat pramuka, yakni sanding sealer dan kedua adalah clear coat. Jika Anda ingin membuat warna tongkat menjadi lebih kuning atau coklat maka bisa menambahkan lapisan wood stain

Apa Merk Cat untuk Tongkat Pramuka dengan Perlindungan Terbaik? 

Perlindungan yang dibutuhkan tongkat pramuka tidak berbeda dari furniture kayu outdoor. Pasalnya tongkat akan digunakan untuk aktivitas di luar ruangan, khususnya jika digunakan untuk membangun tenda maka tongkat akan bersinggungan langsung dengan tanah yang notabene sangat lembab. 

Anda bisa menggunakan cat Biovarnish yang merupakan salah satu produk cat berpelarut air. Baik itu varian sanding sealer dan clear coat semua tersedia lengkap, Anda tinggal memilih produknya sesuai kebutuhan. Seperti apa kelebihan dari masing-masing produk dan fungsinya? 

Biovarnish Sanding Sealer 

Produk pertama ini diaplikasikan sebelum clear coat. Fungsi utamanya pada tongkat pramuka adalah untuk memperkuat lapisan clear coat. Seperti yang diketahui, bambu memiliki karakteristik permukaan yang licin. Supaya clear coat atau pernis bisa menempel lebih lama maka Anda perlu menggunakan sanding sealer ini. 

Produk Biovarnish Sanding Sealer akan memberikan beberapa hal berikut ini pada tongkat pramuka dan saat proses aplikasinya. 

1. Aplikasi dengan Peralatan yang Fleksibel 

Sifatnya yang mudah diaplikasikan membuat Anda tidak perlu bingung memilih alat untuk aplikasi. Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer menggunakan kuas maupun alat semprot. 

Sekali aplikasi sanding sealer bisa langsung merata dan Anda hanya memerlukan satu kali aplikasi lapisan saja. Biovarnish Sanding Sealer akan membentuk lapisan yang cukup kuat berwarna transparan. 

2. Waktu Pengeringan Cepat Meski Minim Sinar Matahari 

Cat yang tidak membutuhkan waktu pengeringan terlalu lama. Selain itu cat juga tidak perlu penjemuran di bawah sinar matahari langsung. Artinya cat dapat kering hanya dalam kondisi suhu ruangan saja. 

Anda tidak perlu lagi bergantung pada panas matahari supaya cat bisa kering sempurna. Waktu kering sentuh Biovarnish Sanding Sealer adalah sekitar 60 menit dan siap untuk di amplas. 

3. Bekerja Menutup Pori dan Mengunci Warna 

Aplikasi Biovarnish Sanding Sealer adalah langsung di atas permukaan tongkat kayu atau wood stain. Jika diaplikasikan di atas kayu atau bambu langsung bertujuan untuk menutup pori halus dengan sempurna. Sedangkan jika di atas wood stain maka akan bekerja mengunci warna. 

Anda yang ingin mendapatkan tongkat pramuka dengan warna yang lebih bagus maka perlu mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer di atasnya. Maka warna akan jauh lebih awet dari sebelumnya. 

4. Meningkatkan Perlindungan dari Cuaca 

Clear coat bekerja untuk memberikan perlindungan, namun jika memberikan sanding sealer maka perlindungan akan bekerja dua kali lipat. Khususnya untuk tongkat pramuka yang wajib tahan terhadap perubahan cuaca terutama kelembaban. 

Ketika digunakan sebagai kerangka tenda atau digunakan ketika cuaca hujan dapat membuat tongkat cepat rusak. Namun jika terdapat lapisan sanding sealer dan clear coat maka tongkat memperoleh perlindungan ganda. 

5. Cepat Rata dan Mudah Diamplas 

Meskipun tongkat pramuka tidak membutuhkan tingkat kehalusan seperti mebel kayu, namun dengan Biovarnish Sanding Sealer hasilnya tetap halus. Pasalnya sanding sealer ini cepat rata setelah diaplikasikan. 

Tingkat rata jauh lebih tinggi ditambah dengan mudah untuk diamplas. Anda tidak membutuhkan alat ketika mengamplas lapisan sanding sealer. Cukup dengan amplas nomor 400 saja Anda bisa mendapatkan hasil amplas yang jauh lebih cepat dan halus. 

Biovarnish Clear Coat 

biovarnish clear coat

Bekerja sebagai pengganti lapisan pernis solvent, Biovarnish Clear Coat memiliki tampilan transparan dengan dua pilihan yaitu gloss dan matte. Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat gloss jika ingin mengecat tongkat pramuka. 

Pasalnya tampilan kilap lebih mudah menyamarkan goresan dibandingkan matte. Jadi Anda akan mendapatkan tongkat pramuka yang jauh lebih tahan lama penampilannya. Selama menggunakan Biovarnish Clear Coat, beberapa kelebihan berikut ini. 

1. Cat dengan Transparansi Sempurna 

Ingin memberikan warna pada tongkat pramuka? Atau ingin memperlihatkan keindahan warna bambu pada tongkat? Anda akan mendapatkannya semua hanya menggunakan Biovarnish Clear Coat ini sebagai lapisan akhirnya. 

Transparansi yang dihasilkan mampu memberikan tampilan terbaik sehingga tongkat pramuka akan tampil lebih sempurna. Transparansi ini juga lebih tahan lama jika dibandingkan pernis, tidak menguning apalagi kusam. 

2. Memiliki Daya Rekat yang Kuat 

Sah-sah saja jika Anda ingin langsung mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat pada tongkat pramuka. Cat ini memiliki kerekatan yang sangat bagus untuk permukaan material serat alam. Meskipun akan lebih baik jika Anda mengaplikasikannya di atas permukaan sanding sealer. 

Pasalnya kehadiran lapisan sanding sealer akan memperkuat lapisan coating secara keseluruhan. Anda bahkan bisa mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat ini hingga dua lapisan. 

3. Lebih Mudah untuk Digunakan 

Kemudahan penggunaan juga jadi pertimbangan ketika ingin mengecat tongkat pramuka. Jika sulit maka Anda yang memaksakan mungkin saja mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Untungnya larutan Biovarnish Clear Coat ini mudah untuk diaplikasikan karena sangat ringan. 

Anda tinggal mempersiapkan kuas dengan bahan bulu nilon saja. Jika perlu gunakan kuas baru yang berkualitas. Maka hasil sapuan kuas akan jauh lebih halus bebas dari bekas sapuan kuas yang kerap menurunkan keindahan tampilan tongkat. 

4. Aman dan Ramah Lingkungan

Meskipun tampaknya sepele, keamanan dari tongkat kayu harus diperhatikan. Keamanan yang dimaksud adalah jenis cat yang tidak menimbulkan polusi udara sehingga mempengaruhi kesehatan manusia. 

Anda yang menggunakan Biovarnish Clear Coat akan lebih terjamin kesehatannya. Karena cat ini hanya menggunakan pelarut air. Ditambah dalam pembuatannya sangat memperhatikan kadar bahan kimia berbahaya seperti volatile organic compound (voc).

Menggunakan Biovarnish baik itu clear coat atau sanding sealer sudah menjadi pilihan tepat bagi Anda. Pasalnya produk ini akan menjamin tampilan dan perlindungan pada tongkat kayu. Merk cat untuk tongkat pramuka sudah tidak diragukan lagi soal kualitasnya karena banyak penggunanya. 

Supaya lebih terlindungi lagi tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan bahan seperti anti jamur dan rayap. Pastikan untuk mengaplikasikannya sebelum Anda menggunakan cat Biovarnish. Setidaknya satu atau dua hari sebelumnya sehingga bahan bisa meresap baru aplikasikan cat. 

Jangan sampai salah membeli cat yang lain karena tidak bisa menjamin kualitas tongkat pramuka yang Anda miliki. Baik itu tongkat pramuka yang digunakan sendiri atau untuk keperluan usaha. Pastikan tongkat sudah terlindungi secara maksimal. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top