Rekomendasi Cat Kayu Doff Terbaik untuk Finishing Garden Furniture 

Perabotan kayu untuk taman mampu memberikan tampilan yang lebih indah namun perlu disesuaikan soal perawatannya. Anda bisa memulainya dengan menggunakan cat kayu doff. Cat terbaik mampu memberikan perlindungan tepat sejak awal. 

Jika Anda sudah menggunakan jenis kayu solid yang berkualitas, tentu sangat sayang untuk membiarkannya rusak karena dimakan usia, rayap dan jamur. Lebih baik untuk mempersiapkannya sejak awal dengan cat berkualitas. 

Apa jenis catnya dan mengapa Anda harus memilih cat doff? Temukan alasan dan juga produk yang sebaiknya digunakan. 

Pentingnya Cat Kayu Doff Terbaik pada Garden Furniture 

cat kayu doff terbaik untuk bangku taman

Terdapat dua hal yang akan Anda dapatkan dari sebuah cat kayu yaitu lapisan pelindung dan menghias tampilan furniture. Ketika Anda ingin menggunakan garden furniture dari kayu maka tampilan yang natural jauh lebih menarik. Terutama jika dibandingkan dengan cat warna solid. 

Selain tampilan lebih natural, ada beberapa alasan lain mengapa Anda sebaiknya memilih cat kayu doff terbaik sebagai berikut. 

1. Menciptakan Perlindungan Terhadap Perubahan Cuaca 

Memenuhi fungsinya sebagai pelindung kayu, cat dapat membuat membuat garden furniture jauh lebih tahan lama. Oleh karena itulah Anda membutuhkan cat yang bisa memberikan perlindungan dari perubahan cuaca. 

Kondisi iklim di Indonesia yang curah hujan tinggi mengakibatkan kelembaban menjadi musuh besar perabotan kayu. Apalagi seperti garden furniture yang sering terekspos oleh perubahan cuaca. 

Cat doff yang bagus akan membuat kayu tidak mudah berjamur apalagi muncul rayap. Sehingga substrat furniture pun akan jauh lebih terlindungi. Maka dari itu jangan salah pilih cat. 

2. Memperlihatkan Keindahan Substrat Kayu 

Cat juga harus bisa memberikan hasil transparansi yang bagus. Tujuannya adalah untuk memperlihatkan tampilan indah dari kayu. Serat kayu yang berlekuk-lekuk ditambah warna coklat, merah atau kekuningannya yang alami akan membuat furniture lebih mewah. 

Selama Anda bisa menemukan cat doff terbaik maka substrat kayu akan nampak lebih indah dari aslinya. Baik itu pada produk wood stain, clear coat, sampai dengan sanding sealer.

3. Mampu Menyembunyikan Kerusakan Goresan 

Alasan lain mengapa finishing doff lebih cocok adalah karakternya yang bisa menyembunyikan ketidaksempurnaan kayu karena penggunaan. Garden furniture lebih cepat pudar tampilannya dan karena penggunaan goresan halus pasti akan muncul. 

Selama menggunakan finishing ini tampilan goresan akan lebih tersamarkan. Kelebihan ini mampu membuat perabotan tampak seperti baru di sepanjang tahun. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi soal tampilannya meskipun diletakkan di luar ruangan. 

4. Menciptakan Kehangatan dalam Taman 

Elemen kayu sendiri berfungsi untuk menciptakan kehangatan dalam sebuah ruangan. Hal yang sama juga akan didapatkan jika Anda meletakkannya di dalam sebuah taman. Maka penting untuk membuatnya senatural mungkin. 

Dibandingkan tampilan dari cat gloss yang mewah, tampilan doff ini akan memberikan kesan yang hangat. Karena efek natural layaknya mebel yang tidak di finishing akan sangat terasa. Jadi pastikan furniture memiliki tampilan doff. 

Kelebihan Biovarnish Clear Coat Matte 

Anda yang mendambakan tampilan doff bisa memilih Biovarnish Clear Coat matte. Pasalnya bahan finishing ini akan membantu membuat tampilan garden furniture bebas dari kesan mengkilap. 

Tingkat kilap yang akan Anda dapatkan adalah sekitar 25% saja, hal ini berbanding terbalik dengan gloss yang mencapai 85% lebih. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Biovarnish Clear Coat Matte sebagai berikut:

1. Dijamin Keamanannya Terhadap Lingkungan 

Cat kayu doff terbaik yang satu ini menawarkan kelebihan dari segi keamanan. Pasalnya produk diciptakan secara khusus supaya tidak menimbulkan masalah di lingkungan seperti polusi udara. Oleh karena itu produknya menggunakan bahan pelarut air. 

Dalam proses pembuatannya juga memperhatikan secara cermat bagaimana jumlah kandungan bahan volatile organic compound (voc) agar tidak berlebihan. Tujuannya supaya cat aman untuk digunakan dalam segala kebutuhan termasuk garden furniture. 

2. Memiliki Daya Rekat Lebih Kuat 

Kerekatan cat juga jadi faktor penting yang menentukan apakah cat bisa bertahan lama. Dalam kasus garden furniture, Anda memerlukan Biovarnish Clear Coat yang bekerja lebih kuat. Jadi meskipun terkena goresan akibat penggunaan cat tidak mudah untuk mengelupas. 

Kerekatan ini juga yang akan mempertahankan tampilan garden furniture bisa tetap bagus sepanjang tahun. Cat tidak mudah retak apalagi mengelupas karena serangan perubahan cuaca. Jadi Anda bisa lebih aman dan nyaman menggunakannya. 

3. Memberikan Tampilan yang Transparan Maksimal 

Tujuan untuk mendapatkan furniture natural adalah memperlihatkan warna dan serat kayu. Oleh karena itu Anda harus bisa memberikan lapisan akhir berwarna transparan. Biovarnish Clear Coat mampu mewujudkannya dengan transparansi yang bagus. 

Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk membuat tampilannya jadi lebih alami. Pasalnya ketika diaplikasikan bukan hanya kesan doff yang didapatkan namun juga transparansinya. Tampilan transparan ini bahkan bisa bertahan lebih lama daripada Anda yang bayangkan.

4. Proses Pengeringan yang Tidak Ribet atau Lebih Praktis 

Dalam proses pengecatan, pengeringan adalah bagian yang sangat memakan waktu. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini karena cat Biovarnish Clear Coat lebih mudah untuk diaplikasikan. Baik itu tanpa penjemuran langsung di bawah terik matahari maupun alat yang digunakan. 

Waktu pengeringannya juga hanya membutuhkan selama kurang lebih 60 menit saja. Setelah jangka waktu tersebut Anda bisa mengamplas permukaan coating sebelum aplikasi coating selanjutnya. Betapa cepat dan mudahnya untuk membuat furniture tampak lebih indah namun tetap terlindungi. 

Tips Finishing Tampilan Doff dengan Biovarnish Clear Coat Matte 

Yakin ingin menggunakan Biovarnish Clear Coat untuk finishing garden furniture? Maka Anda harus tahu bagaimana langkah menggunakannya dengan benar. Berikut ini tahapan yang bisa Anda ikuti. 

1. Aplikasi dengan Spray Gun 

Tips pertama adalah dengan memanfaatkan spray gun jika ingin mendapatkan hasil finishing yang lebih halus. Tujuannya adalah menghindari munculnya bekas sapuan kuas. Anda bisa berlatih menggunakan spray gun sebelum mulai aplikasi. 

2. Aplikasi hingga Dua Lapisan 

Supaya lapisan yang terbentuk kuat maka Anda bisa mengaplikasikan clear coat hingga dua kali. Tujuannya adalah coating yang dibentuk bisa jauh lebih kuat dari sebelumnya. Coating yang lebih tebal juga mampu mewujudkan tampilan lebih sempurna. 

3. Perhatikan Waktu Pengeringan dengan Tepat

Biovarnish Clear Coat memiliki waktu pengeringan lebih cepat namun Anda tetap harus memperhatikan berapa lama waktu untuk kering. Tujuannya agar lapisan coating siap di amplas. Tidak hanya clear coat perhatikan juga waktu kering dari lapisan coating sebelumnya. 

Sudah memiliki furniture taman yang siap untuk di finishing? Anda bisa segera membeli cat kayu doff terbaik Biovarnish Clear Coat Matte. Anda bisa membaca langsung cara penggunaan sesuai yang tertera pada kemasan kaleng. Tinggal perhatikan saja jumlah bahan pelarut dan aduk hingga homogen. 

Segera hubungi agen Biovarnish terdekat untuk mendapatkan produk yang Anda butuhkan. Temukan juga Biovarnish Wood Stain untuk memberikan warna furniture taman jadi lebih indah. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top