Pemilihan Cat Lantai Kayu Merbau untuk Perlindungan Maksimal

Anda penggemar lantai kayu? Maka Anda pasti akan menelusuri jenis kayu apa saja yang banyak digunakan sebagai lantai, bagaimana pemasangan, finishing bahkan bagaimana perawatannya, salah satunya kayu Merbau. Banyak yang tidak memilih lantai kayu di Indonesia karena perawatannya yang sangat mahal.

Perawatan lantai kayu adalah salah satu banyak orang tidak memilihnya menjadi bagian alas rumah. Kebanyakan orang memilih lantai keramik. Namun tahukah Anda lantai keramik tidak memiliki ketahanan yang lebih baik daripada kayu.

Mari kita lihat dari rumah orang Jepang, di sana dalam negara empat musim kebanyakan rumah memilih menggunakan lantai kayu karena selain hangat lantai kayu juga dapat bertahan lama bahkan hingga ratusan tahun.

Baca Juga : rekomendasi merk cat kayu sebagai pelapis perlindungan furniture anti air

Maka tidak heran kerajaan di Jepang dan Asia Barat lainnya masih menggunakan lantai kayu. Namun jenis kayu yang digunakan pun tidak main-main kualitasnya. Di sana jenis kayu yang digunakan adalah kayu jati yang berasal dari Indonesia.

Jenis Cat Lantai Kayu Merbau Yang Banyak Dicari

Pada zaman penjajahan dulu Belanda melakukan penjualan besar-besaran dari kayu jati di Indonesia untuk negara lain. Anda bisa melihat hingga sekarang bahwa kayu jati yang digunakan masih bertahan hingga sekarang.

Baca Juga : rekomendasi produk cat pagar kayu yang bagus untuk perlindungan ekstra

Jadi jenis kayu memang memiliki perawatan yang tinggi namun untuk soal ketahanan, kayu lebih baik daripada keramik. Ketika Anda memilih kayu keramik maka Anda harus mempersiapkan untuk kerusakan dalam waktu 20 tahun hingga 30 tahun kedepan.

Selain jenis kayu jati tua ada banyak jenis kayu lain yang dimanfaatkan sebagai lantai kayu yaitu kayu merbau. Kualitas kayu merbau tidak kalah bagus dari kayu jati hanya saja harganya yang lebih murah dan lebih mudah untuk didapatkan, jadi bagi Anda yang ingin memiliki lantai kayu sebaiknya memilih kayu merbau sebagai lantai rumah Anda.

Baca Juga : cat pagar kayu yang bagus dengan fitur perlindungan untuk pagar kayu

Mengenal Karakteristik Jenis Kayu Merbau sebagai Lantai

Kayu merbau adalah jenis kayu dengan kekuatan kelas I dan II sama seperti kayu jati. Anda tidak perlu takut akan kekuatannya karena dengan kelas tersebut lantai kayu akan kuat menopang berbagai macam berat.

Anda akan meletakan tempat tidur kayu jati atau furnitur di atasnya tidak perlu hawatir karena kayu tidak mudah retak. Jika dilihat dari ketahanannya terhadap rayap, kayu merbau sama seperti kayu jati yaitu tidak disukai oleh rayap.

Baca Juga : pilihan cat kayu untuk pintu yang bagus dengan perlindungan ekstra

Ketahanannya tersebut dikarenakan tingkat kekerasan yang sangat tinggi membuat rayap tidak dapat menembus kayu merbau. Persoalan yang berbeda dengan kayu jati yang memiliki resin khusus sehingga tidak disukai oleh rayap.

Kayu merbau adalah jenis kayu keras sehingga jarang digunakan sebagai furnitur apalagi untuk furnitur yang memilikii ukiran. Para pengrajin dan dalam tahap pengolahan kayu membutuhkan alat yang sangat tajam jika ingin memotong kayu merbau.

Baca Juga : rahasia finishing outdoor furniture dengan perlindungan ekstra tahan lama

Maka ketika dalam tahapan finishing sagat disarankan Anda menggunakan amplas kasar dan juga mesin agar tidak menunggu lama untuk permukaan kayu menjadi halus. Karakteristik dari kayu merbau sebagai lantai kayu bisa Anda lihat ketika menapakan kaki di atasnya.

Kayu merbau akan memiliki permukaan yang keras namun ketika Anda terjatuh di atasnya tidak akan menimbulkan luka. Mengapa? Karena walaupun keras kayu merbau tidak memiliki tingkat keras seperti keramik. Lantai kayu merbau tetap akan lentur ketika sebuah benda atau Anda terjatuh di atasnya. Jadi sangat aman jika digunakan dalam ruangan anak yang suka berlarian dan terjatuh sehingga tidak menimbulkan luka.

Melihat karakteristik dari kayu merbau tersebut tentu saja kayu jenis ini sangat baik digunakan untuk lantai kayu di rumah Anda.

Finishing yang Tepat untuk Lantai Kayu Merbau

Ketika berbicara masalah lantai kayu Anda tidak bisa melipakan dari segi bahan finishing yang akan digunakan. Karena bahan finishing yang akan digunakan akan mempengaruhi ketahanan dari lantai kayu merbau.

Sifat kayu merbau tidak jauh berbeda dengan jenis kayu lainnya yaitu memiliki pori kayu yang dapat menyerap kelmebaban walaupun sudah dipotong dan menjadi sebuah palet kayu untuk lantai.

Jenis Cat Lantai Kayu Merbau Yang Banyak Dicari

Pori tersebut harus ditutup dengan benar sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika kelembaban tiba menyerang dan membuat kayu cepat berjamur. Lapisan cat pada permukaan kayu merbau akan menutup pori kayu sehingga kelembaban tida akan mudah menyerap dan membuat kayu merbau memiliki umur yang pendek.

Anda harus bisa memilih jensi cat yang digunakan untuk finsihing. Tidak semua jenis cat baik dan juga cocok untuk kayu merbau sendiri dan juga untu penghuni rumah. Hindari menggunakan jenis cat yang memiliki bahan pelarut thiner.

Thinner adalah bahan pelarut yang memiliki kandungan solvent atau logam berat sangat tinggi sehingga Anda harus behati-hati. Ketika terjadi penguapan cat akan menimbulkan pencemaran udarda di dalam ruangan berlantai kayu merbau Anda.

Ketika Anda akan mengecta selalu gunakan cat water based yang berkualitas seperti cat kayu Biovarnish. Produk Biovarnish adalah salah satu pernis kayu yang bisa Anda gunakan untu lantai ditambah dengan produk Biothane yang akan menimbulkan lapisan film yang sangat keras namun lentur.

Untuk warna Anda akan mendapatkan warna natural transparan tentu saja dengan serat kayu yang masih terlihat. Jadi Anda akan mendapatkan lantai kayu yang mengkilap namun juga tetap tahan lama.

Cara Aplikasi Biovarnish dan BioThane untuk Lantai Kayu

Anda akan mendapatkan lantai kayu merbau yang dilapisi dengan cat kayu Biovarnish lalu bagaimana cara aplikasinya? Anda akan menemukan cara aplikasi yang berbeda bahkan akan mendapatkan hasil yang lebih natural dibandingkan dengan cat solvent.

Pertama Anda bisa memastikan bahwa lantai kayu merbau terlah terpasang dengan rapi, kering sempurna dan juga memiliki permukaan yang halus.  Lantai harus terbebas dari debu amplas bahkan jika perlu Anda bisa menggunakan vakum untuk membersihkannya.

Setelah lantai bersih Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain dengan pilihan warna yang Anda inginkan karena tersedia 20 pilihan warna natural. Campurkan wood stain dengan air kemudian Anda bisa mengaplikasikan dengan roll secara merata dan searah serat kayu merbau.

Tunggu hingga wood stain mengering dengan benar namun Anda tidak perlu menunggu lama hanya dalam 60 menit cat akan segera mengering. Kemudian lakukan pengamplasan dan Anda akan mendapatkan permukaan menjadi halus, hilangkan debu amplas kembali.

Langkah terakhir adalah Anda mengaplikasikan BioThane yang telah dicampur dengan air, kemudian Anda akan melapisi permukaan lantai kayu merbau dengan larutan tersebut. Aplikasikan cat dengan rol kembali searah serat kayu. Pastikan semua permukaan terlapisi dengan benar.

Tunggu cat mengering dengan benar, Anda bisa menunggu semalaman sebelum menggunakan ruangan. Cat akan mengering dengan sempurna setelah semalam. Setelah itu Anda bisa mulai menata barang-barang kembali.

Anda tidak perlu menunggu lama untuk menggunakan ruangan karena Anda tidak akan terganggu dengan aroma cat yang mengganggu bahkan membuat mata pedas. Cat dengan bahan pelarut air lebih efektif dan efisien dalam menjaga permukaan kayu dan memberikan penampilan yang menawan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top