Aplikasi Cat Kayu untuk Pintu dan Jendela Tampilan Natural

Menggunakan cat kayu untuk pintu dan jendela harus memberikan tampilan menarik. Selain itu, cat kayu untuk pintu dan jendela juga harus mampu melindungi dengan baik. Anda bisa memilih cat kayu natural agar pintu dan jendela tampak lebih hangat.

Berapa lama Anda sudah menggunakan lapisan cat pada pintu dan jendela? Jika sudah lebih dari tiga atau lima tahun tidak heran jika tampilan usang mulai muncul. Warna kayu sudah mulai luntur dan beberapa kerusakan seperti retak dan mulai terdapat jamur.

Artinya jendela dan pintu rumah sudah tidak mendapatkan perlindungan dari cat dengan sempurna. Tampilan natural hadir sebagai pilihan yang banyak digunakan untuk jendela dan pintu.

Warna natural untuk kayu banyak dipilih karena warna ini cocok digunakan pada berbagai macam jenis gaya rumah. Warna natural lebih mudah didapatkan dibandingkan warna solid yang akan menutup warna kayu.

Jika Anda menggunakan jenis kayu dengan serat yang indah maka sebaiknya pilihlah warna kayu natural. Warna ini akan lebih menonjolkan tampilan serat kayu asli. Selain kesan natural Anda bisa memilih untuk tingkat kilap.

Banyak sekali tingkat kilap yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun disarankan untuk menggunakan tingkat kilap tinggi atau gloss. Tampilan ini akan membuat jendela dan pintu rumah lebih tahan lama.

Jenis Cat Kayu Pintu Jendela Tampilan Natural

Sebelum masih ke dalam tahapan aplikasi, sebaiknya pilih terlebih dahulu jenis cat kayu pintu dan jendela yang akan digunakan. Jenis cat yang digunakan harus memenuhi kebutuhan dari pintu dan jendela.

Demi keamanan dan ketahanan dari pintu dan jendela, maka cat kayu harus memberikan tiga aspek. Ketiga aspek ini adalah perlindungan pada substrat kayu, perlindungan pada aplikator dan memberikan penampilan menarik.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Ada banyak jenis cat natural yang dapat digunakan namun tidak semua cat memiliki ketiga aspek tersebut. Satu-satunya merk cat yang memberikan kebutuhan jendela dan pintu adalah Biovarnish.

Selain ketiga aspek tersebut ada satu lagi tambahan keuntungan jika Anda menggunakan cat Biovarnish yaitu proses aplikasi yang mudah. Cat kayu Biovarnish adalah cat kayu water based yang akan memberikan hasil warna natural.

Cat Biovarnish digunakan sebagai pengganti plitur dan pernis konvensional terbuat dari solvent atau minyak. Bahan dasar air tersebut akan memberikan aspek yang dibutuhkan jendela dan pintu yaitu keamanan bagi aplikator.

Air berbeda dengan solvent yang mengandung banyak bahan organik atau voc (volatile organic compound). Cat Biovarnish memanfaatkan air sebagai bahan dasar sekaligus pelarutnya. Kandungan voc sangat rendah sehingga tidak berbahaya untuk lingkungan.

Seperti yang telah diketahui bahan organik formalin atau timbal dalam cat akan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Biovarnish membatasi jumlah penggunaan bahan organik tersebut.

Pentingnya Perlindungan Furniture Pintu Jendela Kayu

Keuntungan dari aspek perlindungan pada furniture mencakup banyak hal yakni sebagai berikut ini :

√ Panas matahari

Jendela dan pintu adalah bagian rumah yang sering terkena panas matahari. Panas akan membuat warna dari kayu cepat luntur dan kusam. Cat kayu Biovarnish telah teruji ketahanannya dari panas sinar matahari.

Bahkan tidak hanya itu saja, suhu panas yang lebih tinggi hingga 100 derajat celcius juga sudah diujikan. Hasilnya lapisan cat tidak berubah atau menimbulkan cacat.

√ Kelembaban atau Hujan

Udara yang lembab membawa kandungan air, sedangkan hujan membawa banyak air. Keduanya sama-sama memiliki unsur air yang harus dicegah agar tidak meresap ke dalam permukaan kayu.

Cat Biovarnish telah diuji ketahanannya dalam suhu dingin dan berair. Kerusakan tidak terjadi dan kandungan air tidak meresap melewati lapisan coating yang telah terbentuk. Anda kini tidak perlu takut lagi untuk jamur yang menyerang pada pintu atau jendela.

√ Perubahan Cuaca

Kerusakan yang paling cepat timbul pada kayu adalah pelapukan. Pelapukan kayu ini terjadi dipicu oleh perubahan suhu udara yang terus menerus. Perubahan cuaca ini akan menimbulkan perubahan ukuran kayu mengambang dan menyusut.

Jika Anda menggunakan cat Biovarnish, tidak perlu takut akan perubahan bentuk dari jendela dan pintu. Biovarnish memiliki kemampuan untuk menyusut dan memuai mengikuti perubahan bentuk kayu.

√ Jamur dan Rayap Kayu

Tidak perlu khawatir juga dengan masalah serangan jamur dan rayap kayu. Jendela dan pintu akan mendapatkan perlindungan keduanya. Cat kayu Biovarnish telah mengandung bahan anti rayap dan jamur. Sehingga pencegahan telah dilakukan sejak awal.

Langkah Menggunakan Cat kayu untuk Pintu dan Jendela

Apa saja cara mengecat pintu baru rumah Anda dan jendela yang harus dilakukan dengan menggunakan Biovarnish? Ada lima langkah umum yang perlu dilakukan untuk mengecat jendela dan pintu.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai lima langkah finishing :

— Kalkulasi jumlah cat yang dibutuhkan —

Melakukan kalkulasi untuk jumlah cat yang dibutuhkan berarti Anda harus mengerti berapa luas bidang pintu dan jendela yang dicat. Ketahui juga berapa maksimal penggunaan satu kilo atau satu liter cat dalam kemasan.

Apakah Cat Terbaik Untuk Finishing Berbagai Macam Jenis Furniture - Tips Mengecat

Khusus untuk Biovarnish, Anda bisa menggunakan satu kilo cat untuk bidang seluas 8 hingga 10 meter. Tentu saja penggunaan maksimal ini untuk satu lapisan saja. Jika Anda akan menggunakan lapisan dengan bidang dengan luas tersebut memerlukan dua kilogram cat.

— Masking —

Masking atau memberikan batasan tanda pada pintu dan jendela sebelum finishing. Anda bisa menggunakan isolasi kertas atau isolasi khusus penanda yang banyak dijual di pasaran. Masking sangat penting untuk memberikan hasil finishing yang rapi.

Anda perlu memberikan masking pada area berlogam dan perbatasan jendela pintu dengan dinding. Pastikan dinding tidak akan terkena lapisan cat yang akan diaplikasikan.

— Mengecat jendela —

Setelah Anda siap untuk mengecat, mulailah dari area jendela terlebih dahulu. Sebaiknya hilangkan semua engsel atau knop pada jendela sebelum menggunakan masking dan mengecat.

Jangan terlalu banyak mengaplikasikan cat pada satu lapisan. Anda bisa memberikan dua hingga tiga lapisan cat untuk hasil finishing kusen dan kerangka jendela sempurna.

— Mengecat pintu —

Setelah proses pengecatan jendela selesai, sambil menunggu kering dilakukan finishing pada pintu. Ketika akan mengecat pintu selalu mulai dari area sudut atau pinggir. Anda nantinya akan lebih mudah untuk mengecat ke arah tengah.

Aplikasi Cat Kayu untuk Pintu dan Jendela Tampilan Natural

Agar hasil finishing halus dan merata pada bidang daun pintu maka kuaskan cat dalam satu sapuan. Ulangi prosesnya hingga semua lapisan cat menutupi daun pintu. Semakin sedikit cat yang dikuaskan maka proses pengeringan justru akan lebih cepat.

— Pastikan bekerja dengan bersih dan aman —

Keamanan aplikator sangat penting, Anda akan menggunakan cat sebaiknya tetap gunakan masker. Anda telah menggunakan cat Biovarnish yang aman, jadi menggunakan masker untuk menghindari serbuk kayu yang masuk ke pernapasan.

Pastikan juga Anda bekerja dengan bersih. Ruangan bersih dan alat yang bersih wajib digunakan. Langkah ini perlu dilakukan untuk hasil finishing yang halus dan bersih. Bersihkan ruangan dari debu atau kotoran.

Inilah lima langkah yang harus benar-benar Anda perhatikan pada saat finishing. Melakukan finishing dengan cara ini akan mempercepat proses finishing. Sebaliknya jika Anda tidak tahu langkah apa yang harus diambil maka finishing bisa menjadi lama dan boros.

Tips Mengecat Pintu dan Jendela dengan Biovarnish

Cat kayu Biovarnish terdiri dari tiga produk yang harus diaplikasikan bergantian secara berurutan. Tanpa aplikasi yang benar maka akan sangat sulit untuk melakukan finishing demi mendapatkan hasil finishing yang merata dan halus.

Alat yang digunakan, waktu kering yang harus diperhatikan dan pemilihan warna bisa menjadi tolak ukur keberhasilan Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk hasil finishing yang rapi dan merata.

1. Pemilihan Kuas

Kuas yang digunakan untuk jenis cat kayu water based adalah kuas nilon. Tanpa kuas nilon air akan banyak diserap oleh bulu kuas. Contohnya saja kuas alami, bulu yang menyerap terlalu banyak air akan membuat kuas menjadi kaku dan rontok.

Kuas nilon biasanya memiliki bulu yang lebih halus dibandingkan kuas alami. Bulu kuas nilon tidak menyerap air dan membebaskan dari hasil finishing brush mark. Selain kuas nilon Anda bisa menggunakan kuas busa.

Aplikasi Cat Kayu untuk Pintu dan Jendela Tampilan Natural

Jika Anda memilih menggunakan kuas busa, sebaiknya gunakan satu atau dua kali saja. Kuas busa dapat digunakan cat water based hanya mudah rontok jika digunakan terlalu sering.

2. Lama Kering

Cat water based adalah cat sangat mudah kering khususnya Biovarnish. Produk Biovarnish Wood Filler akan kering selama 20 menit sedangkan Biovarnish Liquid Stain kain kering dalam waktu 60 menit.

Biovarnish clear coat membutuhkan waktu kering sempurna selama semalaman. Proses ini cukup cepat dibandingkan cat solvent yang membutuhkan waktu kering dua kali plipa dari Biovarnish.

Perlu diperhatikan juga pada saat proses pengeringan, Anda tidak boleh menjemur cat yang masih basah. Cat Biovarnish akan mengering sempurna jika didiamkan saja dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

3. Pemilihan Warna

Warna sangat penting selain perlindungan. Warna akan memberikan tampilan yang indah pada kusen dan pintu. Tidak sembarang warna natural bisa langsung diaplikasikan. Biovarnish Liquid Stain memiliki 20 pilihan warna natural.

Produk-Biovarnish-liquid-stain

Pemilihan warna ini tergantung dengan warna asli kayu. Warna kayu yang gelap tidak bisa diaplikasikan dengan warna cat natural yang terang seperti yellow ox. Warna terang dari cat akan kalah dengan warna kayu.

Jadi sebaiknya pilihlah warna cat yang senada dengan warna kayu. Jika Anda tetap ingin mengaplikasikan cat warna terang pada kayu warna gelap maka gunakan bleaching kayu terlebih dahulu.

Bleaching akan menetralkan warna kayu, sehingga ketika Anda akan mengaplikasikan warna cat terang hasilnya akan lebih terlihat. Anda bisa menggunakan bleaching kayu water based seperti WA 250 untuk hasil yang lebih sempurna.

4. Teknik Kuas

Proses penguasan tidak serta merta hanya meratakan lapisan cat saja. Anda perlu memperhatikan serat untuk menghasilkan finishing yang merata. Gunakan sapuan kuas Anda searah serat kayu.

Kenalan Dulu Yuk Dengan Kayu Mindi Sebagai Alternatif Kayu Jati Belanda

Serat kayu sangat mudah ditebak arahnya, Anda perlu melakukan teknik yang sama untuk proses aplikasi wood stain dan clear coat. Sekali Anda salah mengaplikasikan kuas maka brush mark akan langsung terlihat.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.