Cara Aplikasi Sanding Sealer Cepat Kering Pada Gitar

40
Cara Aplikasi Sanding Sealer Cepat Kering Pada Gitar

Siapa yang tidak mengenal alat musik gitar? Gitar adalah salah satu alat musik yang paling lama dan sudah muncul sejak ratusan tahun lamanya. Sejak manusia pertama kal mengenal musik gitar adalah jenis alat musik petik yang dimainkan. Gitar yang dipetik akan menimbulkan suara nyaring dan menimbulkan alunan musik pembuatnya.

Perkembangan zaman menimbulkan banyak perubahan pada gitar. Dahulu gitar hanya terbuat dari potongan kayu dan juga alat petiknya terbuat dari bulu kuda. Namun kini bentuk dari gitar bervariasi dan terbuat dari berbagai macam jenis kayu yang akan menghasilkan bunyi dan ketahanan yang berbeda.

Sedangkan untuk alat petiknya menggunakan senar dari berbagai macam ukuran. Kayu yang digunakan untuk membuat gitar juga tidak sembarangan. Kayu harus memiliki berat yang ideal sehingga mudah dibawa dan tidak mudah rusak.

Selain itu banyaknya jenis kayu yang digunakan menampilkan berbagai macam jenis warna dan juga serat yang menarik. Disinilah gitar berfungsi untuk memberikan tampilan menarik para penggunanya. Tampilan gitar sebagian besar juga dianggap memperlihatkan kharisma dari penggunanya, jadi warnda dari bahan finishing yang digunakan juga harus tepat.

CS Biovarnish

Pada saat finishing, ketebalan lapisan coating yang digunakan harus tepat. Lapisan coating harus tipis dan tidak terlalu tebal karena bisa saja mempengaruhi bunyi yang dikeluarkan oleh gitar. Untuk itu kebanyakan pembuat gitar memilih untuk mengecat gitar hanya menggunakan sanding sealer dan juga top coat saja.

Menggunakan dua lapisan coating untuk melindungi gitar saja sudah cukup. Gitar yang diciptakan tidak akan terlalu berat dan terganggu oleh lapisan coating. Selain itu tampilan gitar juga akan tetap menarik. Anda tidak perlu khawatir masalah tampilan gitar yang mudah tergores karena pemakaian yang sering.

Jenis Cat yang Bagus Digunakan Pada Gitar

Nah jika lapisan sanding sealer dan top coat saja sudah cukup, merk top coat dan sanding sealer apakah yang cocok untuk digunakan untuk finishing gitar? Tidak ada produk cat lain yang mampu menyaingi kualitas dari sanding sealer water based. Mengapa? Karena kekuatan coating yang sudah kering dan kecepatan kering yang tinggilah menjadi cat water based banyak digunakan.

Para pembuat gitar sangat memangkas waktu untuk proses finishing. Mereka akan lebih suka menghabiskan waktu saat menyiapkan material kayu hingga pada pembentukan gitar. Pada tahapan inilah para pengrajin gitar akan berupaya keras untuk mendapatkan suara yang keluar dari gitar secara maksimal.

Oleh karena itu pada tahapan finishing, kecepatan kering bahan cat yang digunakan akan sangat membantu menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu. Bagi Anda yang baru memulai usaha sebagai pengrajin gitar sebaiknya pilihlah sanding sealer water based.

Kecepatan kering sanding sealer water based sendiri bisa dibuktikan. Anda bisa mengecat gitar di dalam ruangan dan mendiamkannya di tempat mengecat tanpa harus memindahkannya atau menjemur di bawah panas matahari. Lapisan coating akan mengering dengan cepat. Syaratnya hanya satu yakni sirkulasi udara di dalam ruangan harus bersih dan juga baik.

Alasannya sangat masuk akal, sanding sealer water based menggunakan bahan pelarut air di mana bahan pelarut air ini akan mudah menguap tanpa bantuan panas matahari. Berbeda jika Anda menggunakan cat solvent, thinner sebagai bahan pelarutnya membutuhkan panas matahari agar cat dapat menguap dengan maksimal dan sempurna.

Jika thinner tidak terkena panas matahari efeknya sangat buruk yakni muncul kabut di atas permukaan gitar dan berwarna putih. Bagian ini hanya bisa hilang jika lapisan cat diamplas kemudian dicat kembali. Nah oleh karenanya sanding sealer dengan thinner tergantung dengan panas matahari sedangkan cat water based tidak.

Jika Anda menggunakan sanding sealer cepat kering BioColours maka waktu kering dalam ruangan yang dibutuhkan hanyalah sekitar 60 menit saja. Jika ingin memberikan lapisan tambahan maka tidak akan menjadi masalah dan proses pengecatan bisa diselesaikan dalam hitungan jam saja.

Nah inilah alasan penting mengapa Anda harus memilih sanding sealer water based cepat kering dibandingkan dengan sanding sealer solvent yang tergantung panas matahari. Diperkirakan jika menggunakan sanding sealer solvent Anda perlu dua hari untuk menyelesaikan satu pengecatan. Belum lagi jika cuaca hujan maka Anda perlu menunggu hingga panas matahari keluar.

Step by Step Aplikasi Sanding Sealer Pada Gitar

Cara Aplikasi Sanding Sealer Cepat Kering Pada GitarApabila Anda memutuskan untuk menggunakan BioColours sanding sealer cepat kering maka saatnya untuk mengetahui proses aplikasinya. Mengecat dengan BioCOlours bukanlah tahapan yang sulit khususnya untuk proyek pengecatan gitar. Yang dibutuhkan adalah satu kaleng sanding sealer BioColours dan juga satu kaleng top coat BioColours.

Bahkan untuk tampilan akhir Anda bisa memilih untuk tampilan gloss atau matte pada produk top coat. Biasanya top coat gloss adalah bahan yang banyak dipilih untuk finishing gitar untuk menghindari goresan. Selain bahan tersebut Anda juga perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

  • Alat semprot (spray gun dan kompresor)
  • Amplas 400
  • Kain lap

Cara mengaplikasikan sanding sealer cepat kering dan top coat BioColours adalah sebagai berikut ini.

Pertama amplas seluruh bagian gitar. Bersihkan debu amplas. Pengamplasan ini wajib untuk membuka pori kayu agar sanding sealer cepat menempel hingga ke dalam pori kayu. Setelah itu bersihkan debu bekas amplas untuk mendapatkan hasil permukaan yang halus dan mulus. Sebaiknya gantung gitar Anda untuk memudahkan proses penyemprotan ke seluruh bagian.

Kedua adalah mencampurkan sanding sealer dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air, pastikan dicampur dalam gelas plastik dan diaduk dengan rata. Tuangkan ke dalam tabung spray gun dan tutup tabung. Sebaiknya jangan tuangkan terlalu penuh. Semprotkan sanding sealer dari atas ke bawah kemudian kiri ke kanan hingga rata. Tunggu lapisan kering.

Ketiga, lapisan sanding sealer ini akan mengering setelah 60 menit. Anda cukup menunggu benar-benar kering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas permukaan gitar dengan amplas 400 secara ambang. Langkah ini difungsikan untuk membuat goresan agar lapisan di atasnya mudah menempel di permukaan sanding sealer dengan baik. Jangan lupa bersihkan debu amplas kembali.

Keempat campurkan lapisan akhir yakni top coat dengan air. Gunakan perbandingan yang sama yakni 2 bahan : 1 air. Aduk rata dalam gelas plastik kemudian tuangkan ke dalam tabung alat semprot. Gunakan cara yang sama ketika aplikasi sanding sealer. Untuk menunggu lapisan coating pada gitar kering dengan benar Anda hanya perlu mendiamkannya selama semalam.

Jika gitar sudah kering dari lapisan coating maka selanjutnya Anda sudah bisa merakit gitar dan memasang senar. Gitar yang telah dilapisi dengan coating BioColours juga akan bebas dari aroma menyengat yang merusak kesehatan. Sehingga kesehatan penggunanya juga akan terjamin dengan baik.

untuk mendapatkan produk BioColours sanding sealer Anda bisa langsung membelinya melalu agen terdekat di kota.

 

CS Biovarnish