Cara Mudah Menggunakan Sanding Sealer Terbaik untuk Mengecat Gitar

Ada banyak cara untuk mengecat body gitar, ada yang sederhana, ada yang bertahap dan sulit diikuti. Sebenarnya Anda tidak boleh berharap pekerjaan pengecatan gitar pertama Anda menjadi bagus. Mungkin Anda harus melakukannya beberapa kali sebelum Anda sampai ke tahap di mana Anda memiliki kepercayaan diri untuk mengecat tubuh gitar Anda dengan benar.

Anda dapat membeli satu kaleng cat solvent baik itu berwarna atau tidak yang biasanya digunakan untuk finishing badan mobil. Anda juga bisa membeli cat gitar dalam kaleng yang dapat menduplikasi warna padagitar merk populer seperti Fender dan Gibson. Jika Anda berencana untuk menggunakan jenis cat ini pastikan Anda menggunakan perlindungan pada mata, saluran pernapasan hingga kulit.

Menyemprotkan cat solvent secara sembarangan tentu akan mengancam nyawa Anda di kemudian hari. Selain mempersiapkan cat Anda juga perlu mempersiapkan spray gun atau alat semprot agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Di mana Anda akan melakukan pekerjaan mengecat pastikan Anda melepas leher gitar dan menggantung badan gitar pada kawat kencang di langit-langit sehingga Anda dapat lebih mudah mengecat.

subsidi ongkir

Ketika gitar digantung Anda akan lebih leluasa mengecat sambil berjalan tanpa henti. Ini adalah cara terbaik jika Anda ingin melakukan pengecatan yang halus. Ada hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan mengecat gitar yang pernah dilapisi cat sebelumnya. Apapun jenis cat tersebut pastikan Anda menghilangkannya terlebih dahulu.

Menghilangkan Cat Lama

Ada banyak jenis bahan kimia yang bisa langsung Anda beli untuk menghilangkan lapisan cat lama pada gitar Anda. Jika Anda bingung memilih bahan yang tepat mintalah saran pada pelayan toko manakah bahan kimia yang aman dan kuat digunakan untuk menghilangkan lapisan cat lama pada gitar Anda.

Jika Anda akan memberikan lapisan cat baru dengan warna natural pastikan Anda menghilangkan lapisan cat lama dengan beanr terutama jika lapisan cat lama adalah cat warna solid. Pastikan tidak ada warna yang tertinggal karena akan berdampak pada hasil finishing yang kotor. Warna yang tertinggal akan membuat pekerjaan Anda menjadi kotor dan tidak rata.

Menentukan Produk Cat yang Aman Digunakan Pada Gitar

Anda telah mempelajari bagaimana menghilangkan lapisan cat lama. Cukup dengan mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan bahan kimia penghapus cat sudah sangat cukup untuk membantu Anda. Selanjutnya adalah pengamplasan.

Menggunakan Sanding Sealer untuk Gitar

Pengamplasan dilakukan secara hati-hati karena Anda tidak ingin merusak permukaan dan megubah suara yang keliar ketika gitar dipetik. Pengamplasan sangat penting karena berfungsi membuka pori kayu pada gitar sehingga lapisan cat baru akan lebih mudah merekat dan diaplikasikan. Lakukan pengamplasan yang ringan dan halus Anda bisa menggunakan amplas 240.

Setelah itu tentukan bahan cat yang akan digunakan. Anda akan mendapatkan hasil warna natural maka selanjutnya apa saja bahan cat yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkan gitar dengan warna natural. Produk sanding sealer wajib digunakan untuk finishing ini.

Sanding Sealer

Sanding sealer adalah produk yang digunakan sebagai bahan dasar lapisan cat pada gitar serta memperkuat dan juga mempermudah lapisan cat di atasnya untuk menempel. Dalam hal ini adalah top coat atau wood stain.

Cara membuat sanding sealer sendiri sangat sulit. Banyak bahan kimia yang digunakan dan harus menggunakan komposisi tepat. Anda bisa lebih mudah menggunakan produk sealer yang dijual dipasaran.

Saran terbaik tentang produk sanding sealer adalah menggunakan sanding sealer water based. Produk water based dalam bentuk sanding sealer akan memberikan pengaruh yang baik pada gitar kesayangan Anda. Gitar tidak membutuhkan lapisan yang terlalu tebal karena akan mudah lecet.

Sanding sealer akan memberikan lapisan tipis yang halus dan tidak mduah tergores karena fungsinya juga untuk memperkuat lapisan cat di atasnya. Sanding sealer water based tidak mengelaurkan bau seperti halnya sanding sealer solvent based. Ketika Anda selesai mengerjakan pengecatan Anda tidak perlu ragu untuk segera menggunakan gitar karena terbebas dari aroma keras yang menusuk hidung.

Salah satu produk sanding sealer yang direkomendasikan untuk digunakan adalah Biovarnish. Produk Biovarnish sanding sealer adalah produk yang bisa Anda gunakan di waktu apapun. Baik hujan maupun panas tidak menjadi hambatan proses kering yang cepat. Inilah yang menjadi keunggulan bagi Anda yang hanya memiliki waktu singkat dalam proses pengecatan gitar.

Proses Mengecat Gitar dengan Biovarnish Sanding Sealer

Seperti yang telah dikatakan bahwa proses mengecat yang mudah dan tepat adalah dengan digantung. Anda perlu menggantung sebelum mengecat dan bisa mempersiapkan alat dan bahan untuk digunakan. Karena Anda ingin mendapatkan hasil natural maka bahan yang dibutuhkan adalah Biovarnish sanding sealer, Biovarnish top coat matte dan air.

Alat yang dibutuhkan dalam proses aplikasi adalah kompresor dan alat semprot lengkap, pengaduk, gelas plastik, dan juga lap. Jangan lupa untuk menyiapkan amplas 400. Jika kesulitan mendapatkan amplas 400 Anda bisa menggunakan amplas 320 yang sebelumnya telah digunakan pada pengamplasan permukaan yang lainnya.

Menggunakan Sanding Sealer untuk Gitar

Kini Anda siap untuk melakukan pengamplasan pada badan gitar dengan cara ini :

  1. Bersihkan permukaan badan gitar dengan kain. Anda tentu akan menemukan banyak debu dan kotoran yang menempel pada badan gitar. Kotoran ini jika dibiarkan akan merusak hasil akhir dan menimbulkan permukaan kasar. Bersihkan dengan seksama permukaan menggunakan kain yang bersih dan kering.
  2. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air. Air yang digunakan tidak boleh asam, campukan dalam gelas plastik dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Anda bisa menggunakan sendok untuk penakaran. Namun jika Anda memiliki alat NK2 maka gunakan dan dapatkan tingkat keenceran 11-12 detik. Campurkan secara merata dan masukan ke dalam tabung alat semprot.
  3. Anda akan menggunakannya secara langsung maka sebaiknya coba terlebih dahulu apakah tekanan semprotan dan luasnya semprotan sesuai dengan yang diinginkan. Anda bisa mencoba menyemprotkan larutan ke permukaan lain untuk mendapatkan hasil yang sesuai.
  4. Aplikasikan sanding sealer ke permukaan badan gitar sebaiknya Anda menjaga jarak sekitar 30 cm dari permukaan gitar untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Jika terlalu dekat Anda hanya akan mempertebal permukaan.
  5. Lakukan pengecatan tanpa henti ke seluruh permukaan dan jangan berhenti di satu titik. Pastikan tidak ada lelehan dari cat yang akan membekas. Tunggu lapisan sanding sealer kering setelah Anda selesai mengaplikasikan biasanya hanya membutuhkan waktu 60 menit.
  6. Amplas permukaan badan gitar yang telah kering secara ambang. Jangan terlalu ditekan jika tidak Anda akan menghilangkan seluruh lapisan sanding sealer. Tahapan ini dibutuhkan untuk menciptakan goresan yang akan mengikat lapisan cat di atasnya.
  7. Tahapan akhir adalah aplikasi Biovarnish Clear Coat Matte. Campurkan top coat dengan air menggunakan perbandingan yang sama yaitu 2 bahan : 1 air. Cara aplikasinya sama ketika Anda mengaplikasikan sanding sealer. Tunggu lapisan akhir ini mengering selama 24 jam, kemudian Anda bisa merakit gitar Anda kembali dan mainkan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.