You are currently viewing Panduan Menyamarkan Serat Kontras Oak Menggunakan Wood Filler

Panduan Menyamarkan Serat Kontras Oak Menggunakan Wood Filler

Bagaimana cara Anda menyamarkan serat kontras yang muncul pada kayu oak? Anda bisa mencobanya dengan menggunakan wood filler. 

Pecinta kayu oak pasti sudah sangat paham dengan sifat kayu yang satu ini. Ciri khas dari kayu yang berwarna coklat muda ini adalah tampilan seratnya yang kontras. Apalagi setelah diberi stain secara langsung. 

Alasannya, karena pori kayu oak yang sangat besar akan menyerap pernis atau stain secara tidak merata. Ciri ini sama seperti yang Anda rasakan ketika mengecat kayu jati belanda. Oleh karena porinya yang besar inilah, kayu memiliki tingkat keawetan rendah. 

Bagaimana cara Anda untuk mengatasi warna serat kayu yang kontras dari oak putih? Sebagai jenis kayu yang langka di Indonesia, harganya tidak murah. Oleh karena itu Anda perlu trik untuk membuat warnanya lebih sempurna. 

Trik yang Digunakan untuk Menyamarkan Kontras Kayu Oak

Tampilan kayu oak putih yang belum diberikan wood filler

Trik yang banyak dilakukan untuk mengatasi kontras pada serat kayu oak adalah mengaplikasikan wood filler. Jika Anda terbiasa hanya menggunakan stain, sanding sealer dan pernis saja, kini ada tambahan satu jenis cat  lagi. 

Efek warna yang diberikan wood filler adalah kayu bisa tampak lebih rata warnanya dengan serat yang tadinya kontras jadi lebih halus. Pori kayu akan terisi dengan filler. Satu hal yang perlu dilakukan dan tidak boleh terlewat adalah proses pengamplasan di antara coating.

Anda bisa menciptakan satu atau dua lapisan filler dan pastikan tipe yang digunakan berkualitas. Sebagai gambaran, jenis filler yang digunakan bisa disesuaikan dengan fungsi furnitur kayu oak yang hendak dicat. 

Setidaknya ada tiga pilihan filler yang bisa Anda gunakan, sebagai berikut. 

Wood filler berbasis solvent

Merupakan jenis filler yang terkenal kuat untuk menutup permukaan yang kayu yang digunakan untuk luar ruangan. Filler solvent bisa menahan berbagai gangguan pada kayu yang sering terkena cuaca yang berubah secara ekstrem. 

Walaupun Anda bisa menggunakannya untuk furnitur dalam ruangan juga. Hanya saja Anda harus bersiap dengan bahan beracun yang mungkin menguap ke udara. Selain itu, bau menyengat sebagai indikator gas beracun hasil buangan dari bahan solvent mungkin akan memenuhi ruangan rumah Anda.

Wood filler berbasis air

Lebih dikenal dengan dengan sebutan filler water based yang mulai populer di kalangan penghobi kayu. Jenis filler ini paling baik digunakan untuk furnitur dalam ruangan seperti kabinet kayu oak. Kelebihannya tidak menghasilkan bahan beracun dan lebih cepat kering. 

Jenis filler ini juga bisa dicampurkan dengan stain agar pewarnaan pada kayu oak jadi lebih mudah nantinya. 

Memperhatikan kedua jenis filler ini, Anda bisa menentukannya dengan lebih mudah. Filler perlu diaplikasikan sebagai lapisan paling dasar sebelum menggunakan stain maupun sealer. 

Wood Filler Terbaik untuk Kayu Oak

Wood filler adalah bahan cat yang digunakan untuk menutup cacat goresan, lubang, serta menyamakan warna kontras pada kayu. Kegunaan wood filler sangat penting untuk menutup pori kayu sehingga aplikasikan warna stain nantinya jadi lebih merata.

Membicarakan soal produk, Anda bisa memanfaatkan produk Biovarnish Wood Filler yang kualitasnya paling baik.

Biovarnish Wood Filler bisa digunakan untuk furnitur oak baik indoor maupun outdoor. Perlindungan yang diberikan pada furnitur jauh lebih baik. Mulai dari ketahanan gangguan rayap, jamur, perubahan cuaca hingga goresan sekalipun. 

Selama penggunaan Biovarnish wood filler untuk kayu oak, ada beberapa trik yang perlu diperhatikan. Trik ini akan membantu Anda untuk menciptakan permukaan lebih halus tanpa warna kontras. 

Langsung aplikasikan filler tanpa dilarutkan

Trik pertama yang perlu diperhatikan adalah Anda perlu menggunakan filler langsung layaknya sedang menutup lubang atau goresan. Hal ini dikarenakan permukaan oak lebih kasar bahkan setelah diampelas dan ukuran lubang yang besar. 

Jika biasanya Anda akan melarutkan filler dengan air agar mudah diaplikasikan kini tidak lagi. Langsung saja mengoleskan filler pada permukaan kayu dengan scrape secara merata dan tunggu hingga mengering. 

Mengaplikasikan dua kali

Selama permukaan kayu oak tidak memiliki goresan atau lubang, Anda perlu mengaplikasikan filler sebanyak dua kali. Lapisan pertama akan mengendap ke dalam pori dan lapisan kedua akan meratakannya.

Pada bagian antar lapisan Anda harus mengeringkan dan mengampelasnya secara merata. Pergunakan ampelas 240 untuk meratakan filler dengan sedikit ditekan. Manfaatkan bantalan kayu agar permukaan ampelas tetap rata.

Ratakan berlawanan arah serat 

Saat meratakan filler Anda harus tahu ke mana arah yang tepat. Jika menyesuaikan arah serat seperti ketika menggunakan stain atau pernis justru filler tak akan mengisi dengan sempurna. Filler akan mengisi pori jika Anda meratakannya secara berlawanan arah serat kayu.

Pada lapisan yang pertama atur agar scrape meratakan filler berlawanan serat. Baru pada lapisan kedua Anda menyesuaikan arah serat karena pori terbesar sudah terisi dengan maksimal. 

Mengaplikasikan wood filler dari Biovarnish tergolong lebih mudah karena kemampuan partikelnya yang mengisi pori lebih maksimal. Permukaan kayu oak akan lebih halus dan warna kontras serat berkurang.