Tips Mengecat Bangku Teras dengan Wood Stain

306
Tips Mengecat Bangku Teras dengan Wood Stain

Anda bisa melakukan pengecatan pada bangku teras sendiri tanpa bantuan tukang. Jika Anda ingin melakukan proses pengecatan sendiri tandanya Anda akan menghemat uang yang dikeluarkan. Bahkan Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai karena belum tentu apa yang diberikan oleh tukang sesuai dengan keinginan Anda.

Ada banyak produk yang bisa Anda gunakan untuk mengecat bangku teras yang sudah mulai pudar warnanya. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah wood stain. Produk wood stain akan memperlihatkan keindahan serat kayu dan Anda akan mendapatkan bangku teras rumah yang memiliki warna natural kayu.

Namun tidak semuanya berjalan dengan mulus, ada juga penggunaan wood stain yang gagal dikarenakan salah aplikasi. Bisa saja karena aplikasi cat karena banyak pelarut atau karena cara aplikasi yang salah.

Hasil yang gagal tentu saja dikarenakan kesalahan Anda yang tidak bisa memaksimalkan kegunaan dari wood stain. Maka sangat penting untuk menghindari kesalahan yang sering muncul. Dalam artikel berikut Anda akan mempelajari tips dalam mengecat bangku teras.

CS Biovarnish

Anda harus menghindari beberapa kesalahan yang sering dilakukan agar proses pengecatan berjalan dengan baik.

Perlu Anda ketahui sebelum mengecat yaitu ada banyak bahan dari wood stain baik itu wood stain berbasis air atau berbasis solvent. Nah untuk memulai pekerjaan mengecat sendiri jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan, masker dan juga celemek karena beberapa jenis wood stain yang terkena pada kulit atau pakaian tidak dapat dihilangkan dan akan membekas secara permanen.

  • Tips pertama yang harus Anda ingat adalagh selalu uji wood stain yang belum pernah Adna gunakan pada sepotong potongan kayu sebelum memulai mengecat bangku teras. Cara ini akan mempermudah Anda untuk mengetahui hasil warna dari wood stain dan gunakan jenis kayu yang sama dengan bangku yang Anda miliki.
  • Wood stain berbahan dasar minyak, yang paling umum, terdiri dari pewarna dan pigmen dicampur dengan thinner. Pastikan untuk mengaduk kaleng sepenuhnya sebelum pewarnaan untuk membawa pewarna dan pigmen dari bagian bawah, sehingga mendapatkan warna penuh dari wood stain. Ketika bekerja dengan wood stain berbasis minyak, akan ada penguapan yang menhasilkan toxic di udara, jadi pastikan untuk selalu bekerja di area yang berventilasi baik.
  • Oleskan wood stain dengan kuas atau lap, tergantung pada preferensi. Jika dengan kuas dan dengan lap maka kerjakan dengan menguaskan melawan serat kayu. Jangan khawatir dengan hasil yang rapi. Yang terpenting adalah mendapatkan pori kayu terisi dengan wood stain. Anda bisa menyeka dengan lap setelah menguaskan wood stain. Pada titik ini, seka wood stain segera untuk warna yang lebih terang, atau untuk warna yang lebih dalam, biarkan selama lima atau bahkan 10 menit sebelum menyeka.
  • Pastikan untuk menghapus semua wood stain berlebih ke arah serat kayu. Itu akan menjamin bahwa wood stain masuk ke dalam kayu.Tips Mengecat Bangku Teras dengan Wood Stain
  • Untuk menghindari penguapan yang mengandung toxic, gunakan wood stain berbasis air. Salah satu kelebihan wood stain berbasis air adalah memiliki berbagai macam warna, bahkan lebih banyak warna daripada wood stain yang berbasis minyak. Terapkan wood stain berbasis air dengan cara yang sama seperti wood stain berbasis minyak.
  • Jika wood stain perlu lebih gelap, kembalilah dan aplikasikan lebih banyak wood stain. Semakin banyak Anda mengaplikasikan wood stain maka hasilnya akan menjadi lebih gelap.
  • Wood stain hanya memberikan warna, bukan hasil akhir atau pelindung ahkhir. Selalu aplikasikan top coat atau clear coat di atas kayu berwood stain. Atau, jika waktunya singkat, gunakan produk wood stain yang juga mengandung top coat.beberapa produk di Indonesia sudah memiliki produk tersebut. Anda perlu menguaskan dengan hati-hati pada lapisan cat yang sudah memiliki kandungan top coat karena Anda akan mendapatkan hasil akhir dalam satu kali kuas. Jika Anda menggunakan aplikasi kuas saja pastikan Anda menguas searah serat kayu.
  • Sangat mungkin untuk mencampur beberapa pewarna wood stain untuk membuat warna yang disesuaikan, asalkan kedua wood stain tersebut dibuat oleh pabrikan yang sama dan keduanya berbasis air atau minyak. Jangan mencampur minyak dan air. Ukur jumlah setiap wood stain yang digunakan dan tuliskan, sehingga dapat Anda gunakan kembali jika diperlukan.
  • Wood stain berbasis air dapat diaplikasikan di atas wood stain berbasis minyak, tetapi tunggu 24 jam penuh untuk semua thinner menguap dari wood stain berbasis minyak. Jika hujan turun, atau dingin, berikan 24 jam tambahan.
  • Jika Anda ingin menyimpan sisa wood stain opastikan Anda memindahkannya pada botol kaca. Anda dapat menyimpan tanpa menggunakan kaleng yang lama karena biasanya pada permukaan atau bagian atas dari kaleng yang lama akan memiliki cat yang mengeras dan menggumpal.
Tips Mengecat Bangku Teras dengan Wood Stain
Bangku taman yang terbuat dari kayu dan besi.

Tiga Langkah Mudah Menggunakan Wood Stain

Anda akan melakukan finishing pada bangku teras sendiri. Setelah Adna mempelajari bagaimana cara aplikasi yang tepat baik itu cat berbasis air ataupun minyak maka Anda bisa langsung melakukan pengecatan dengan benar. Berikut ini tiga langkah mudah yang bisa Anda ikuti.

  1. Siapkan kayu dengan mengamplasnya dengan amplas kasar biasanya Anda bisa menggunakan amplas grit 150. Kemudian amplas dengan amplas grit medium atau halus bisa menggunakan grit 180 hingga 220. Amplas sampai kayu halus dan bahkan disentuh akan menimbulkan permukaan yang sangat lebmbut di tangan. Amplas dengan, mengikuti serat dan pori kayu.setelah pegamplasan gunakan kain katun untuk menghilangkan debu.
  2. Gunakan kain lap, spons lembut, atau kuas untuk menerapkan wood stain. Aplikasikan dengan kuas saerah serat kayu dan bukan berlawanan. Semakin banyak Anda mengaplikasikan wood stain, semakin gelap hasilnya. Namun ingat setiap lapisan wood stain Anda harus melakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 400 untuk memudahkan lapisan cat di atasnya melekat dengan baik.

Catatan: Gunakan wood stain berbasis air daripada berbasis minyak. Wood stain berbasis air tidak beracun dan mudah dibersihkan dengan air. Jika Anda bekerja dengan wood stain berbasis minyak maka Anda harus menggunakan thinner dan menambah pengeluaran uang Anda. Untuk produk yang direkomendasikan Anda bisa menggunakan Biovarnish.

  1. Setelah wood stain kering, gunakan clear coat untuk melindungi kayu dan wood stain. Beberapa opsi top coat juga tersedia, tergantung pada hasil yang diinginkan. Karena daya tahannya, poliuretan mungkin adalah hasil akhir yang paling umum digunakan saat ini. Apalagi jika Anda akan menggunakannya pada bangku teras. Namun dalam rangkaian produk Biovarnish Anda bisa mendapatkan bangku teras yang terlindungi hanya dengan Biovarnish Clear Coat. Produk ini akan memberikan perlindungan yang tinggi dari perubahan suhu dari perubahan cuaca.
  2. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang telah dicampur dengan air kemudian Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas searha serat kayu. Jika semua permukaan sudah terlapisi dengan baik tunggu kering selama 24 jam.
CS Biovarnish