3 Macam Fungsi Dempul Kayu Terbaik Lengkap dengan Cara Aplikasinya

Berencana untuk mengecat furniture kayu namun material yang digunakan memiliki banyak cacat? Saatnya untuk menggunakan dempul kayu terbaik dalam memperbaiki cacat pada kayu. Dempul adalah salah satu jenis bahan finishing yang diciptakan untuk memperbaiki cacat. Ada banyak sekali jenis dempul seperti dempul untuk dinding, dempul besi dan juga dempul kayu. 

Masing-masing dempul diciptakan menyesuaikan dengan material yang hendak diperbaiki. Jika Anda akan memperbaiki material kayu, sebaiknya pilih dempul yang disebut sebagai wood putty. Selain wood putty Anda mungkin juga akan ditawarkan oleh pegawai toko wood filler.

Mengenal Macam-Macam Fungsi Dempul Kayu Terbaik - dempul kayu 

Namun antara wood putty dan juga wood filler memiliki fungsi yang berbeda. Wood filler akan memperbaiki cacat kayu tertentu dan membuat hasil finishing warna natural. Sedangkan untuk wood putty sendiri diaplikasikan untuk menghasilkan finishing warna solid. Jadi dilihat dari hasilnya saja sudah sangat berbeda. 

Ada berbagai macam merk dempul kayu di pasaran. Anda harus memilih salah satunya yang tepat dan memiliki kualitas terbaik. Disamping itu wood putty juga harus mampu memberikan keamanan bagi penggunanya. Jadi apa saja fungsi wood putty dan merk dempul terbaik?

Berbagai Macam Fungsi Dempul Kayu

Sesuai dengan namanya yaitu dempul kayu maka fungsi utamanya adalah untuk memperbaiki cacat kayu. Namun ada banyak sekali jenis cacat kayu yang harus diperbaiki dan cara aplikasinya masing-masing berbeda. Warna dari dempul kayu beragam tergantung dengan jenis warna solid yang nantinya akan diaplikasikan. 

Ada dempul kayu berwarna abu-abu yang biasanya digunakan untuk finishing furniture warna solid yang gelap seperti coklat, hitam, atau merah tua. Ada juga dempul dengan warna putih yang fungsinya untuk finishing warna solid yang cerah seperti pink, kuning atau biru. Wood putty juga terbagi menjadi dua jenis bahan pembuatnya yaitu solvent dan air. 

Mengenal Macam-Macam Fungsi Dempul Kayu Terbaik - bahan dempul

Bahan pembuatnya ini akan menentukan juga jenis pelarut yang digunakan. Ya, wood putty atau dempul bisa diaplikasikan secara langsung namun bisa juga dicampurkan dengan bahan pelarut. Penggunaan bahan pelarut ini akan menyesuaikan dengan jenis kerusakan yang hendak diperbaiki. 

Seperti apa fungsi dari dempul kayu dan bagaimana cara aplikasinya? Berikut ini penjelasannya. 

Dempul untuk Memperbaiki Cacat Kecil

Ada banyak jenis cacat pada kayu, salah satunya adalah cacat goresan atau paku. Cacat ini masih bisa diperbaiki oleh dempul atau wood filler. Namun karena Anda hendak menghasilkan finishing warna solid maka wood putty adalah material yang tepat untuk digunakan. 

Mengenal Macam-Macam Fungsi Dempul Kayu Terbaik - cacat kecil kayu

Dempul akan menutup permukaan cacat dengan satu kali aplikasi. Artinya Anda tidak lagi dilihat cacat dan aplikasinya bisa ditambahkan dengan pelarut atau tidak sesuai kebutuhan. Proses aplikasi wood putty untuk memperbaiki cacat kecil adalah sebagai berikut ini. 

  1. Amplas permukaan kayu terlebih dahulu dengan kertas amplas 220. Pastikan goresan bersih dari kotoran yang menyumbat. 
  2. Isikan kerusakan pada goresan tersebut dengan wood putty. Untuk aplikasinya Anda bisa menggunakan tangan dengan langsung atau scrape. 
  3. Dempul harus mengisi cacat hingga bagian paling dasar sehingga membentuk perlekatan yang kuat. 
  4. Tunggu hingga wood putty mengering dan mengeras. Kemudian amplas dengan kertas amplas nomor 240. 

Dempul Kayu untuk Memperbaiki Cacat Bekas Rayap

Selain cacat yang kecil pada permukaan kayu, ada juga cacat yang berukuran besar. Cacat ini biasanya disebabkan oleh rayap atau mikroorganisme lain yang merusak. Biasanya Anda akan menemukan kerusakan ini pada kusen kayu atau pintu bagian bawah. Rusaknya kayu tidak bisa diperbaiki dengan wood filler, jadi Anda harus memanfaatkan dempul kayu. 

Mengenal Macam-Macam Fungsi Dempul Kayu Terbaik - kayu rusak kena rayap

Selain penggunaan dempul, Anda harus menambahkan serbuk kayu. Anda bisa menggunakan serbuk kayu apapun yang terpenting halus dan bersih. Sebelum menggunakan serbuk, sebaiknya disaring terlebih dahulu. 

Proses penggunaannya tidak jauh berbeda seperti saat memperbaiki cacat kayu akibat goresan. Berikut ini langkah-langkah aplikasinya. 

  1. Hilangkan semua rayap dan serbuk kayu yang tersisa. Amplas bagian tersebut dan hilangkan semua kotoran yang masih menempel. 
  2. Campurkan dempul kayu dengan serbuk kayu yang telah disaring. Aduk hingga menjadi pasta yang sama mudahnya untuk diaplikasikan. 
  3. Isikan pasta dempul dengan pisau scrape ke dalam lubang kayu. Isikan hingga bentuknya merata. Pastikan tidak ada bagian lubang yang terlewatkan. 
  4. Tunggu dempul mengering selama 20 menit kemudian amplas dengan kertas amplas nomor 240. Amplas hingga permukaannya menjadi halus dan siap untuk dicat. 

Dempul Kayu untuk Mengisi Lubang Dowel

Ketika Anda berencana untuk memperbaiki lubang kayu dengan dowel, maka dempul juga diperlukan. Lubang kayu mungkin sudah diisi dengan dowel yang telah dibuat, namun tetap saja terdapat celah yang harus diperbaiki. 

dowel kayu

Apabila celah tersebut tidak diisi dengan dempul maka hasil finishing tidak akan rapi. Proses aplikasinya tidak membutuhkan serbuk kayu karena ukuran lubang termasuk kecil. Jadi prosesnya sama seperti memperbaiki cacat lubang yang berukuran kecil. Cukup menggunakan scrape dan juga amplas. 

Memilih Jenis Wood Putty untuk Digunakan

Apakah Anda sudah mendapatkan dempul kayu terbaik untuk digunakan? Anda mungkin masih bingung karena begitu banyak merk dempul yang beredar di pasaran. Oleh karena itu lebih bijak jika Anda mencoba beberapa wood putty sebagai sampel apabila hendak melakukan finishing dalam jumlah banyak. 

Pada saat memilih jenis wood putty terbaik, Anda bisa memilihnya dengan beberapa tips berikut ini. 

  • Bahan pembuatnya

Perhatikan apa saja bahan pembuat yang digunakan dalam satu kemasan dempul. Pastikan bahan utama yang digunakan adalah air. Disebabkan air adalah bahan yang aman ketika digunakan oleh manusia. Dempul tidak mengeluarkan polusi ke udara yang akibatnya fatal dalam lingkungan. Hindari menggunakan dempul kayu yang terbuat dari bahan solvent. 

  • Ringan di amplas

Satu lagi kemudahan yang harus didapatkan dari dempul adalah proses aplikasinya. Dempul yang baik sangat ringan di amplas, namun wood putty tidak akan mengelupas atau peeling. Artinya ketika kering dempul sudah mengeras dan tidak mengelupas. Sehingga Anda tidak perlu mengaplikasikan dempul berulang kali. 

  • Tidak terlalu amblas setelah kering

Dempul kayu yang ambles artinya tidak memiliki daya tutup yang baik pada cacat kayu. Ketika cacat dalam, dempul sebaiknya berukuran sedikit. Artinya dempul sudah menyatu dengan kayu dan Anda tidak perlu menambahkan bagian yang ambles terlalu banyak. Anda bisa mencermatinya setelah dempul diaplikasikan dan mengering. 

Produk Dempul Kayu Terbaik di Indonesia

Apakah jenis dempul kayu yang terbaik di Indonesia? Anda bisa menggunakan Bioduco wood putty. Tersedia dalam warna putih, Anda akan mendapatkan semua keunggulan dari dempul yang dibutuhkan oleh kayu. Bioduco wood putty tidak ambles dan sangat mudah di amplas. 

Wood Putty

Ditambah lagi dengan proses pengeringan yang cepat. Tanpa harus dijemur dibawah sinar matahari, dempul akan mengering secara sempurna. Anda bisa mengamplasnya dengan ringan tanpa menimbulkan efek peeling. Satu hal lagi yang penting, dempul ini terbuat dari bahan dasar air. 

Butuh informasi lainnya terkait dempul kayu?

Anda dapat mengetahui infoemasi lainnya seputar dempul kayu di kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/
Facebook : https://web.facebook.com/biovarnish/
Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLlPdr6osQD3eUWbLQDJJzQ

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.