You are currently viewing Cara Menggunakan Wood Filler Biovarnish Menyesuaikan Alatnya

Cara Menggunakan Wood Filler Biovarnish Menyesuaikan Alatnya

Apakah Anda kesulitan menggunakan dempul kayu? cara menggunakan wood filler Biovarnish ini bisa menjadi solusi tepat Anda.

Jiks Anda mengenal bahan finishing, maka peranan dempul kayu disini sangatlah penting. Ada dua peranan penting dempul yang pertama adalah untuk menutup pori –pori kayu yang kedua adalah untuk memberikan penampilan. Pori-pori kayu yang berfungsi untuk menyerap air sebagai bahan makanan pohon tidak digunakan ketika sudah berubah menjadi furniture.

Ketika pori- pada furniture tidak ditutup maka furniture akan rentan rusak baik karena kelembapan, jamur dan juga rayap. Pori-pori tersebut jalan satu-satunya adalah ditutup dengan dempul kayu. Sedangkan dempul yang menutup pori-pori kayu akan memiliki penampilan yang menarik seperti halus dan juga rata. Penampilan yang rata ini akan menunjang penampilan dari furniture dan gaya yang akan Anda pilih untuk menghias ruangan.

Ada dua jenis warna yang akan dihasilkan oleh dempul yaitu warna natural transparan dan juga warna solid. Kedua dempul ini berbeda dempul untuk hasil warna natural disebut dengan wood filler sedangkan dempul untuk hasil finishing warna solid disebut dengan wood putty.

Walaupun memiliki fungsi yang sama tetapi hasil warnanya sama sekali berbeda. Wood filler berfungsi untuk memperlihatkan warna asli kayu dan juga serat kayu yang unik maka pilihan warna beragam pun sesuai dengan jenis kayu seperti warna jati atau mahoni. Sedangkan untuk wood putty sendiri warnanya akan menutup warna kayu asli dan menghasilkan warna yang berbeda maka pilihan dari wood putty sendiri adalah warna abu-abu atau putih.

Salah satu produk yang direkomendasikna adalah Biovarnish, produk Biovarnish sendiri adalah produk dempul water based yang aman dan juga ramah lingkungan. Cara menggunakan wood filler Biovarnish pun tidak sulit. Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk aplikasi dan bisa Anda temukan dalam artikel ini.

Cara Menggunakan Wood Filler Biovarnish dengan Pisau Pallet

Jika Anda memilih produk dempul kayu Biovarnish maka Anda berada di tempat yang tepat. Produk Biovarnish Wood Filler ini dapat diaplikasikan dengan pisau scrape. Anda bisa mendapatkan alat tersebut di toko besi terdekat dan memilih pisau pallet yang terbuat dari bahan plastik.

Permukaan kayu ini cukup lunak sehingga jika Anda memilih pisau pallet yang terbuat dari besi bisa rentan tergores. Untuk cara menggunakan wood filler Biovarnish dengan pisau pellet bisa Anda simak dalam penjabaran berikut ini:

  1. Persiapkan media kayu. Siapkan media kayu yang sudah kering dengan MC level 12% kemudian bebas dari kotoran seperti debu amplas. Bersihkan kotoran dengan kain lap bersih dan kering.
  2. Siapkan Biovarnish wood filler sesuai dengan warna kayu. Aplikasikan dengan pisau pallet searah serat kayu. Pastikan semua permukaan tertutup oleh dempul. Terlebih pada bagian cacat kayu. Anda bisa mengisi bagian cacat kayu penuh dengan Biovarnish wood filler.
  3. Tunggu permukaan kayu kering tanpa dijemur pada panas matahari. Dempul akan kering sekitar 20-30 menit saja.
  4. Jika sudah kering benar maka amplas permukaan kayu dengan kertas amplas no. 240. Amplas permukaan hingga serat kayu benar-benar terlihat dan filler masuk ke dalam pori kayu. Jika pada bagian cacat kayu belum terisi dengan benar maka Anda bisa mengulangi aplikasi dempul hingga mendapatkan permukaan yang diinginkan.

Cara Menggunakan Wood Filler Biovarnish dengan Kain Katun

Dalam aplikasi kedua ini Anda tidak lagi menggunakan pisau pallet melainkan dengan kain. Cara menggunakan wood filler Biovarnish ini sendiri tidak bisa menggunakan sembarangan kain. Kain yang digunakan adalah jenis kain katun dengan warna putih.

Pemilihan warna putih agar warna kain tidak luntur dengan dempul yang akan merusak hasil akhir finishing warna natural transparan. Lalu mengapa yang digunakan kain katun bukan kain lainnya? Kain katu memiliki serat yang tebal dan menyerap air sehingga ketika diaplikasikan akan sangat mudah dibandingkan kain jenis lainnya.

Untuk aplikasi dengan kain ini Anda cukup menyediakan kertas amplas no 240, gelas plastik dan juga air bersih. Untuk selengkapnya ikuti langkah berikut ini:

  1. Memastikan kayu yang akan difinishing sudah kering dengan MC normal 12% kemudian tidak ada debu amplas atau kotoran lain yang tersisa.
  2. Campurkan Biovarnish wood filler dengan air bersih ke dalam gelas plastik dengan perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk hingga rata. Ini fungsinya adalah untuk mengencerkan dempul agar mudah untuk diaplikasikan. Siapkan juga kain katun putih dan usapkan ke seluruh permukaan kayu. Caranya adalah dengan searah serat kayu Anda juga bisa mengusapkan memutar searah jarum jam agar dempul benar-benar masuk ke dalam pori kayu.
  3. Tunggu kayu hingga kering tanpa dijemur ada panas matahari karena akan cepat kering dalam waktu 20-30 menit saja.
  4. Setelah benar-benar kering maka lakukan pengamplasan dengan kertas amplas no. 240. Anda bisa mengamplas hingga permukaan kayu benar-benar halus, serat kayu terlihat dan cacat kayu tertutup dengan baik. Apabila cacat kayu masih banyak maka Anda bisa mengulangi cara aplikasi kembali.

Kedua cara menggunakan wood filler Biovarnish di atas adalah cara yang paling mudah dan juga bisa Anda terapkan tanpa bantuan tukang. Diciptakan produk Biovarnish Wood Filler ini adalah dengan formula yang mudah diaplikasikan, tidak memiliki bau menyengat dan juga sangat mudah untuk diaduk.

Mungkin jika Anda belum percaya, Anda bisa membandingkannya dengan produk yang lainnya. Warna kayu yang diberikan sangat mirip dengan warna kayu aslinya sehingga untuk hasil yang transparan bukanlah hal yang sulit. Selain dari hasil warna, dempul ini juga terbuat dari bahan kimia yang tidak membahayakan tubuh manusia di masa sekarang maupun masa mendatang. Tidak ada kandungan kimia seperti timbal, formalin dan juga merkuri.

Dimana Membeli Biovarnish Wood filler di Indonesia?

Pada tahapan aplikasi, dempul Biovarnish wood filer ini sangat mudah diamplas karena formulanya yang tidak keras. Dempul juga tidak boros ketika digunakan karena tidak menimbulkan efek peeling. Menandakan bahwa sekali aplikasi pun dempul akan mengisi pori kayu dengan baik. Berbeda dengan produk dempul kayu lainnya yang rentan peeling.

Ini menandakan Biovarnish wood filler lebih baik dibandingkan dengan merk dempul kayu lainnya. Produk dempul kayu water based tidak kalah kualitasnya dengan produk dempul solvent. Produk dempul Biovarnish wood filler salah satu poduk yang sangat mudah untuk Anda dapatkan khususnya di wilayah kota Jepara.

Anda bisa mendapatkananya di alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Sebelumnya Anda juga bisa menghubungi nomor WA di 08122-525-9280 atau telepon di 0291-598992. Cara menggunakan wood filler Biovarnish yang mudah ini semoga bisa membantu Anda dalam mendapatkan hasil yang sempurna dan proses yang dapat dilakukan sendiri.