Cat Kayu Yang Aman Untuk Sangkar Burung

Menggunakan cat yang aman untuk finishing sangkar burung sangat penting dilakukan. Penggunaan cat sangkar burung yang berbau menyengat tidak aman bagi kesehatan burung. Anda perlu mempertimbangkan aspek keamanan dan kesehatan saat memilih cat untuk finishing sangkar burung.

Koleksi Sangkar Burung Anda Mulai Rusak? Cermati Sangkar Untuk Refinshing Tepat

Anda punya hobi memelihara burung? Pernah memperhatikan cat untuk sangkar burung yang Anda gunakan? Dewasa ini, berbagai produk cat memang tidak bisa diandalkan karena kandungannya yang tidak baik bagi burung peliharaan. Padahal cat sangat sering diaplikasikan pada sangkar untuk menambah keindahan. Pemilihan cat sangkar tidak dilakukan secara sembarangan.

Beberapa penelitian menunjukkan bagaimana cat memberikan dampak negatif pada burung kesayangan. Salah satu penelitian mengungkap jika ada kandungan timbal pada burung. Diduga timbal tersebut berasal dari sangkar yang dilapisi cat. Oleh karena itu, anda harus cermat memilih cat untuk sangkar.

Pentingnya Menggunakan Cat yang Aman untuk Sangkar Burung

Baik Anda menggunakan sangkar kayu, bambu dan besi, kandungan cat pada sangkar burunglah yang berbahaya. Apalagi jika Anda sering menjemur kandang, membersihkan kandang dengan air maka kerusakan tidak hanya terjadi pada sangkar burung dan juga terhadap kesehatan burung didalam sangkar.

Koleksi Sangkar Burung Anda Mulai Rusak? Cermati Sangkar Untuk Refinshing Tepat

Apakah yang terjadi? Apa saja kerusakan yang akan dialami oleh kandang serta burung di dalam sangkar? mari kita mulai melihat dari kerusakan yang terjadi pada sangkar burung. Kandang burung yang terbuat dari bambu atau kayu memiliki pori. Di sinilah tugas dari cat kayu untuk memberikan perlindungan.

Ketika cat diaplikasikan pada sangkar burung yang terbuat dari bahan serat alam tersebut maka  pori akan tertutup dan kerusakan akan tertahan oleh lapisan film yang terbentuk. Maka jika Anda ingin mencuci dan menjemur kandang tidak perlu khawatir karena cat akan memberikan perlindungan dengan baik.

Jamur sangat mudah tumbuh pada material kayu atau bambu. Ketika jamur sudah muncul maka rayap juga akan berdatangan. Inilah yang dihindari mengapa akhirnya Anda harus memberikan lapisan cat pada kandang burung di rumah. Jika Anda tidak menggunakan cat kayu yang bagus untuk sangkar burung maka jamur dan rayap tidak akan terhindarkan.

Cat yang buruk tidak akan memberikan perlindungan pada sangkar burung dalam waktu yang lama. Misalnya sangkar burung sering Anda sikat karena banyaknya kotoran burung yang melekat. Maka lapisan cat akan cepat mengelupas. Beda halnya jika Anda menggunakan bahan cat anti gores yang akan memberikan lapisan cat tahan lama.

Temukan Warna Natural Sangkar Burung Tahan Lama Dalam Biovarnish - Kandang Burung

Kandang burung yang terbuat dari bahan besi juga sama, besi sangat mudah berkarat dan tidak tahan terhadap air. Air yang sering digunakan untuk membersihkan kandang akan mengelupas cat dan menimbulkan karat. Apabila Anda tidak menggunakan cat kayu besi yang terbaik masalah karat akan muncul tidak hanya merusak kandang namun juga akan mempengaruhi kesehatan burung di dalamnya.

Efek Kesehatan Pada Buruk Karena Kandang

Kebersihan kandang harus selalu dijaga jika tidak burung di dalamnya kapan saja bisa saja sakit. Namun kandang yang terlalu sering dibersihkan akan membuat kandang cepat rusak. Lalu apa saja efeknya pada burung di dalamnya? Jika Anda tidak menggunakan bahan cat yang aman maka burung akan sakit. Jika Anda tidak menggunakan cat yang dapat melindungi kandang dengan baik maka burung juga akan sakit.

Apa saja yang akan diderita oleh burung karena Anda tidak menggunakan cat kayu atau cat besi yang bagus? Berikut ini beberapa masalahnya:

— Akibat Karat —

Karat yang terdapat pada paku sangat berbahaya bagi manusia. Sama halnya dengan karat yang terdapat pada kandang burung. Burung yang menggunakan kandang besi biasanya adalah jenis burung pengerat. Mereka suka sekali mematuk sangkar yang terbuat dari besi. Apabila besi dari sangkar tersebut berkarat maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan burung.

Karat akan masuk ke dalam tubuh burung dan menimbulkan penyakit. Burung akan menelan karat dan merusak paruhnya. Menimbulkan infeksi dalam tubuh dan bisa menyebabkan kematian. Tidak ingin mendapati burung sakit karena karat? Maka gunakanlah cat besi yang sudah mengandung anti karat dan gores.

— Akibat Jamur dan Rayap —

Kandang kayu atau bambu berjamur dan berayap? Hati-hati masalah ini juga akan menimbulkan kematian pada burung. Jamur menandakan bahwa tempat tinggal burung lembab. Kelembaban terjadi karena kayu atau bambu telah menyerap air. Lembab akan menimbulkan burung menjadi sakit flu.

Cat Kayu Anti Rayap

Rayap juga akan menimbulkan semut. Semut yang bersarang pada kandang burung akan menyakiti burung. Semut adalah serangga karnivora yang bisa memakan burung perlahan, karena burung berada dalam sangkar mereka tidak bisa melarikan diri dari kejaran semut.

Inilah mengapa Anda harus menggunakan cat khusus untuk kayu dan serta alam yang memiliki kandungan bahan anti rayap dan anti jamur. Penggunaan cat juga harus memberikan perlindungan yang kuat sehingga walaupun Anda mencuci dan menjemur sangkar tidak akan rusak dengan mudah.

— Cat Bebas Toxic —

Cat adalah bahan kimia yang digunakan untuk mempercantik dan melindungi suatu benda. Apabila Anda ingin menggunakan cat pada sangkar burung maka ketahuilah bahwa cat akan menimbulkan toxic. Darimanakah cat akan menimbulkan racun pada burung?

Bioduco, Finishing Wash Dengan Cat Duco Untuk Kayu

Cat yang selesai diaplikasikan akan mengering dan bahan pelarut yang digunakan akan menguap. Bagian cat yang menguap inilah yang harus diwaspadai. Uap cat akan menghilang dalam jangka waktu lama bahkan bisa berbulan-bulan. Apabila burung menghirup uap cat ini maka mereka akan menghirup toxic.

Burung yang menghirup terlalu banyak toxic beresiko untuk sakit. Jika Anda memiliki burung dengan harga jutaan rupiah maka pastikan bahan cat yang digunakan untuk sangkar burung ini aman.

Cat Untuk Sangkar Burung Yang Aman

Karena tidak boleh asal pilih cat untuk finishing sangkar burung, Anda perlu berhati-hati menentukan jenis cat yang akan digunakan. Pilihlah jenis cat dari golongan water based atau berpelarut air.

Water based paint lebih unggul karena kandungan VOC (Volatile Organic Compounds) lebih rendah. Zat ini masuk dalam jenis senyawa organik yang mudah menguap dan bersifat racun.

Coba Anda cek keterangan label pada kaleng cat yang Anda gunakan termasuk dalam jenis apa. Hindari cat solvent karena berpelarut thinner yang tinggi VOC. Meskipun masih jarang ditemukan di pasar cat Indonesia, namun jenis cat berpelarut air sudah populer di negara maju seperti Amerika. Jenis cat ini sudah didukung dengan teknologi canggih sehingga variannya banyak dan harga terjangkau.

Cat untuk sangkar burung memang sebaiknya menggunakan cat water based. Tapi Anda juga perlu hati-hati, karena tidak semua cat berlabel pelarut air aman digunakan. Ada beberapa produsen masih menggunakan formalin sebagai salah satu bahan penyusunnya. Maka pilih cat yang memiliki keterangan rendah atau zero VOC, no lead, no mercury, dan keterangan lain yang penting.

Jika Anda masih ragu dengan label yang tertempel pada kaleng cat, tanyakan saja pada pihak produsen mengenai klaim keamanan tersebut. Klaim terpercaya biasanya dikeluarkan oleh lembaga dengan kredibilitas tinggi.

Inilah Cara Menggunakan Plitur Kayu Yang Benar

Sebagai contoh, perusahaan Bio Industries yang mengembangkan cat water based ramah lingkungan yang menggunakan standar dari European Chemicals Agency (ECHA) REACH Regulation dan US – Environmental Protection Agency (EPA). Itulah beberapa cara jitu memilih cat untuk sangkar burung. Jika cat sangkar sudah tepat, burung peliharaan Anda akan lebih aman.

Cara Mengecat Sangkar Burung Natural

Anda bisa melakukan finsihing natural pada sangkar burung dengan menggunakan produk cat water based Biovarnish. Terdapat beberapa varian produk yang perlu Anda gunakan. Berikut ini langkah aplikasi finishing natural pada sangkar burung dengan cat Biovarnish:

1. Lakukan Persiapan

Bersihkan seluruh permukaan sangkar burung dengan kain. Bila perlu, amplas agar seluruh permukaannya halus dan merata. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa pengamplasan.

2. Aplikasikan Stain

Setelah diamplas, Anda bisa mulai mengaplikasikan stain. Gunakan Biovarnish Liquid Stain dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Anda bisa menggunakan sendok untuk penakaran. Campurkan secara merata dan aplikasikan dengan kuas atau alat semprot.

Produk Liquid Stain

Tunggu kering sekitar 60 menit setelah diaplikasikan, lalu amplas ambang dengan kertas amplas akumunium oxyde nomor 400. Anda bisa mengulangi pewarnaan bila warna sangkar burung belum sesuai dengan keinginan Anda.

3. Gunakan Sanding Sealer

Selanjutnya, Anda perlu mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Encerkan terlebih dahulu seperti saat Anda mengencerkan Liquid Stain. Lalu aplikasikan ke seluruh permukaan sangkar burung hingga merata.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Tunggu kering setelah 60 menit diangin anginkan. Anda perlu mengamplasnya secara ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxyde grit 400.

4. Aplikasikan Clear Coat

Pada tahapan akhir, Anda perlu mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat. Anda bisa memilih tingkat glossy yang diinginkan untuk tampilan akhir sangkar burung.

Clear Coat

Campurkan Clear Coat dengan air bersih menggunakan perbandingan yang sama yaitu 2 bahan : 1 air. Cara aplikasinya sama ketika Anda mengaplikasikan Sanding Sealer maupun Liquid Stain.

Namun, Anda perlu menunggu lapisan akhir ini mengering selama 24 jam. Hal ini dilakukan agar seluruh lapisan bahan finishing yang telah diaplikasikan dapat mengering dengan sempurna. Kemudian, sangkar burung bisa langsung Anda gunakan pada keesokan harinya.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Isu Kesehatan Dan Lingkungan"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.