Inilah 5 Alasan Kayu Mahoni Disukai untuk Furniture dan Cat yang Cocok

Kayu mahoni selama ini banyak disukai sebagai salah satu material furniture. Apakah yang membuat kayu mahoni banyak disukai? Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja alasan kayu mahoni banyak disukai sebagai bahan baku furniture.

Menciptakan Dan Merawat Furniture Kayu Mahoni

Pernahkah Anda memilih furniture dengan kayu warna merah? Furniture yang terbuat dari kayu dengan warna merah kebanyakan memanfaatkan kayu mahoni sebagai bahan bakunya. Kayu berwarna merah adalah kayu khas Asia sama seperti kayu eksotis yang berwarna gelap dari kayu sonokeling atau kayu trambesi.

Kayu mahoni menjadi salah satu jenis kayu yang disukai terutama sebagai material furniture. Mengapa demikian? Mari simak pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Baca Juga : cat plitur terbaik untuk kursi mahoni

Alasan Kayu Mahoni Banyak Disukai

Apa yang membuat kayu dengan warna merah dari mahoni banyak disukai? Alasan utama mengapa kayu mahoni banyak disukai adalah karena kayu mahoni adalah jenis kayu yang mudah ditemukan.

Kayu mahoni memiliki masa tebang selama 15 hingga 20 tahun. Dalam rentan waktu tersebut diameter kayu mahoni bisa mencapai 1.5 meter dan cukup besar untuk dijadikan material furniture.

Menciptakan Dan Merawat Furniture Kayu Mahoni

Masa panen yang cepat membuat banyak hutan ditanami oleh pohon mahoni. Sebagai pengganti kayu warna putih seperti pinus, kayu mahoni memiliki serat lurus dan halus.

Warna merah yang diberikan jika semakin tua maka menandakan bahwa kayu memiliki kualitas yang semakin baik. Warna kayu kemerahan yang masih muda adalah kayu yang tidak memiliki kekuatan yang terlalu baik. Ketika Anda akan memilih furniture dari kayu mahoni, ada beberapa ciri yang perlu diperhatikan.

Apakah kayu mahoni yang dibeli berkualitas atau tidak. Jika Anda memilih furniture kayu mahoni yang tidak berkualitas baik maka Anda belum tentu mendapatkan furniture yang bisa tahan lama digunakan.

Ciri Mahoni yang Cocok untuk Furniture

Berikut ini beberapa ciri kayu mahoni yang harus dipilih sebagai material furniture:

√ Lebar Kayu

Ciri pertama adalah lebar dari kayu mahoni. Jangan sampai Anda memilih lebar kayu mahoni yang terlalu kecil namun pilihlah kayu yang memiliki lebar minimal 35 cm atau bisa lebih. Jika Anda memilih dengan lebar terlalu kecil maka kayu tidak akan kuat digunakan untuk menopang furniture.

√ Lebar Bagian Kayu Gubal dan Teras

Kedua adalah bagaimana dengan lebarnya kayu gubal. Tahukah Anda apa saja bagian dari kayu yang harus diperhatikan? Yakni kayu gubal dan kayu teras.

Kayu teras adalah bagian kayu yang dalam dan juga paling kuat. Sedangkan kayu gubal adalah bagian paling luar dan memiliki warna lebih muda. Sebaiknya pilih kayu mahoni dengan ukuran kayu gubal yang cukup lebar.

√ Serat Kayu

Ciri ketiga yang perlu diperhatikan adalah serat kayu. Serat kayu mahoni yang normal adalah lurus dan padat. Jika Anda melihat serat lurus yang jarang maka ketahanan kayu terhadap rayap kurang baik. Semakin padat serat yang dihasilkan, maka akan semakin kuat kayu mahoni yang dipilih.

√ Tingkat kekeringan

Yang keempat adalah tingkat kekeringan yang dihasilkan. Bagaimana dengan tingkat kelembaban yang dimiliki. Kayu yang telah selesai dipotong kemudian akan dikeringkan dengan kiln dry. Kayu yang telah kering dengan baik masih memiliki tingkat kelembaban yang standar yakni 12%. Jika kondisinya terlalu kering maka akan membuat kayu mudah retak. Kayu yang terlalu basah maka akan membuat jamur mudah muncul.

Kelebihan Kayu Mahoni untuk Furniture

Jika Anda sudah bisa memilih kayu mahoni yang baik, apa saja keunggulan yang didapatkan dari kayu yang berwarna merah ini? Selain warnanya yang menawan, Anda juga akan mendapatkan ketahanan yang lebih baik daripada saat anda menggunakan kayu pinus atau kayu lunak lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan yang akan didapatkan dengan material kayu mahoni:

1. Warna yang eksotis

Ini Ternyata Alasan Kayu Mahoni Banyak Disukai

Tidak ada yang bisa menandingi keindahan dari warna kemerahan dari kayu mahoni. Bahkan redwood dari Amerika juga tidak mampu. Warna dari kayu mahoni yang kemerahan akan semakin gelap ketika kayu berumur lebih tua. Sedangkan jika kayu lebih muda maka warnanya akan lebih muda. Nah untuk kayu gubalnya Anda bisa lebih mudah membedakan karena warna kayu gubal dari kayu mahoni ini lebih muda bahkan adapula yang berwarna putih.

2. Dapat digunakan menjadi furniture bahkan kusen jendela

Tidak hanya kayu jati saja yang bisa digunakan sebagai bahan furniture. Inilah yang membuat banyak orang memilih kayu mahoni karena penggunaannya yang bervariasi.

Kayu mahoni bisa digunakan sebagai furniture atau bahkan kusen jendela dan juga kusen pintu. Sebagai furniture kayu mahoni akan cantik digunakan di dalam ruang tamu, ruang kamar bahkan ruang keluarga.

3. Harga yang cenderung murah

Apabila dibandingkan dengan kayu jati harga yang diberikan akan jauh lebih murah. Harga yang diberikan bisa lebih murah tiga kali lipat. Anda akan menghemat budget dan bisa menggunakannya untuk kebutuhan lainnya. Tidak hanya harganya yang murah, kayu mahoni juga bisa ditemukan di mana saja. Hampir di seluruh pulau Jawa Anda bisa mendapatkannya.

4. Mudah dipotong

Kayu mahoni termasuk kayu dengan tingkat kekerasan kelas II dan III. Jadi Anda tidak akan mendapatkan kesulitan dalam proses pemotongan. Baik menggunakan gergaji atau menggunakan saw table kayu mahoni adalah jenis kayu yang mudah untuk dipotong dan tidak akan membuat kerusakan pada pisau potong. Perawatan alat tidak akan membutuhkan banyak biaya jika Anda memilih kayu mahoni.

5. Mudah difinishing

Kayu mahoni adalah jenis kayu yang mudah menyerap lapisan cat. Cat kayu untuk mahoni memiliki banyak tingkatan warna mulai dari warna merah tua hingga merah muda.

Cat Plitur Kayu Terbaik Untuk Kursi Kayu Mahoni

Agar serat kayu lebih mudah terlihat maka Anda perlu memberikan lapisan Liquid Stain yakni pewarna kayu yang akan tetap memperlihatkan serat kayu.

Pemilihan Cat untuk Mahoni

Salah satu kelebihan dari kayu mahoni adalah Anda bisa memperlihatkan warna dan juga memperlihatkan serat kayunya. Maka pemilihan bahan finishing yaitu cat di sini sangat penting. Ada banyak jenis cat yang ditawarkan untuk finishing kayu mahoni. Hanya saja memilih bahan cat yang benar benar berkualitas adalah salah satu hal yang harus diperhatikan.

Ini Ternyata Alasan Kayu Mahoni Banyak Disukai

Ketika Anda tidak bisa memilih bahan cat kayu yang berkualitas maka warna dan serat kayu mahoni tidak akan terlihat. Cat yang direkomendasikan untuk digunakan tidak lain adalah cat kayu water based Biovarnish.

Pada cat kayu water based Biovarnish Anda bisa memilih Liquid Stain dengan warna kayu mahogany. Sebagai cat dasar kayu Anda juga bisa menggunakan Wood Filler warna mahoni agar warna Liquid Stain yang kemudian diaplikasikan memiliki hasil warna yang lebih tajam.

Produk Liquid Stain

Terkahir Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat matte untuk hasil natural. Anda juga bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat gloss untuk hasil warna lebih mengkilap.

Semua proses aplikasi lebih mudah digunakan karena proses aplikasi menggunakan kuas. Ada dua jenis kuas yang bisa dipilih yakni kuas nylon dan juga kuas busa. Keduanya akan memberikan hasil sapuan kuas yang halus dan merata.

Perlindungan dari cat kayu water based Biovarnish adalah perlindungan yang kuat dari panas dan juga hujan. Karena furniture dari kayu mahoni hanya bisa digunakan di dalam ruangan maka perlindungan yang diberikan untuk mencegah kelembaban. Kekuatan keras dari lapisan film akan mencegah timbulnya jamur dan juga rayap.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.