You are currently viewing DIY : Teknik Finishing Kayu Beech dengan Bahan Poles dan Pernis

DIY : Teknik Finishing Kayu Beech dengan Bahan Poles dan Pernis

Untuk melakukan finishing kayu beech, Anda memerlukan teknik finishing yang benar. Berikut ini teknik finishing kayu beech bagi semua woodworker yang perlu anda ketahui!

Kayu beech berasal dari Eropa, termasuk jenis kayu keras dengan ukuran pori lebih kecil. Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang halus tanpa cacat pada jenis kayu ini. Proses persiapannya pun berlangsung cepat, kertas amplas akan memotong bulu kayu dengan sangat cepat.

Hanya saja, kayu beech sedikit tricky dalam proses finishing menggunakan stain untuk mendapatkan hasil yang menarik. Kecuali Anda telah mengetahui beberapa teknik finishing yang dikhususkan untuk kayu beech.

Pada artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana proses finishing pada kayu beech yang bisa dilakukan dengan mudah.

Finishing Transparan pada Kayu Beech

Kenali Produk Polyurethane Terbaik Untuk Hasil Halus Dan Transparan 2

Untuk mendapatkan hasil finishing transparan pada kayu beech, ada beberapa cara yang bisa Anda dilakukan. Berikut ini bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil finishing tersebut.

  • Bahan poles kayu

Memoles adalah pilihan finishing pertama untuk tampilan furniture dari kayu beech. Bahan poles kayu sendiri ada beberapa banyak pilihan. Mulai dari wax dan juga beeswax. Wax adalah pasta lilin yang dioleskan dengan kain kemudian ditunggu kering.

Wax akan mengering dan meresap ke dalam pori kayu. Perlindungan akan terjadi dalam pori kayu mencegah kelembaban dan juga rayap. Sedangkan untuk beeswax terbuat dari sarang lebah dan lebih aman.

Beeswax juga diaplikasikan dengan kain dan diusapkan. Bedanya beeswax lebih aman dibandingkan dengan wax bahkan tung oil. Bahan poles kayu akan meresap ke dalam pori kayu sehingga memberikan perlindungan dari dalam dan harus dilakukan berulang.

  • Pernis

Pilihan lain yang bisa Anda gunakan adalah pernis. Bahan ini sudah sering digunakan sejak zaman dahulu. Pernis akan membentuk lapisan bening dan kuat mengikuti perubahan bentuk kayu. Ada dua jenis bahan pernis yaitu solvent dan water based.

<a href="https://www.catkayu.com/wp-contLS