Merk Cat Kayu Berpelarut Air sebagai Finishing Furniture yang Aman

Cat kayu memang tidak dapat lepas dari tahap finishing furniture. Sebab lapisan cat sangat penting untuk memberikan tampilan serta perlindungan furniture dari gangguan luar seperti jamur, maupun cuaca.

Cat kayu yang baru berkembang di Indonesia beberapa tahun terakhir ini adalah cat dengan campuran air atau bisa disebut cat water based. Cat ini lebih dikenal aman dan ramah lingkungan karena menggunakan bahan pelarut air.

Merk Cat Kayu Campuran Air Yang Aman Untuk Finishing

merk cat kayu campuran air

Cat kayu yang aman tentu bukan menggunakan cat solvent based, sebab cat ini lebih berbahaya jika dilihat dari segi keamanan bahan. Cat solvent based biasanya mengandung bahan kimia berbahaya serta kandungan VOC-nya yang tinggi, sehingga uap cat terbang ke udara akan berdampak buruk pada kesehatan maupun lingkungan.

Baca Juga : rekomendasi merk cat waterbased yang anti air untuk finishing kayu

Dampak buruk dari cat solvent based pada kesehatan tubuh adalah terganggu sistem syaraf, terganggunya sistem pencernaan, iritasi kulit karena alergi atau bahkan serangan kanker.

Sedangkan dampak buruk pada lingkungan diantaranya pencemaran udara, hingga melebarnya lapisan ozon yang dapat menyebabkan pemanansan global. Sehingga regulasi internasional tidak menyarakan untuk menggunakan cat jenis karena dampak yang ditimbulkan.

Maka sudah saatnya kita beralih ke cat yang aman yaitu cat kayu dengan campuran air atau cat water based. Cat ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan bahkan rendah VOC. Merk cat kayu campuran air yang bagus digunakan adalah Biovarnish.

cat ini memang diformulasi sebagai pengganti plitur atau pernis. Aplikasi cat ini lebih mudah karena hanya membutuhkan campuran air dan mudah larut, untuk mempermudah tahap finishing berikut teknik finishing yang perlu Anda perhatikan:

  1. Bersihkan permukaan media menggunakan ampelas
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur air (2:1) menggunakan kuas. Kemudian tunggu hingga kering lalu ampelas
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear agar tampilan akhir lebih optimal.

Cat Waterbased Terbaik di Indonesia

Merk cat water based yang bagus di Indonesia adalah Biovarnish. cat ini menggunakan bahan yang sudah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US-EPA dan ECHA.

merk cat kayu campuran air biovarnish

Cocok untuk segala jenis finishing kayu, MDF, plywood, bambu, rotan atau pun serat alam lainnya. sebab, cat ini memiliki daya rekat yang kuat, transparansi warna yang tajam, tarikan kuas yang ringan serta cepat kering.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top