Sudahkah Viskositas Pernis Kayu yang Bagus Didapatkan? Ini Caranya

Pernis kayu yang bagus bisa dilihat dari tingkat viskositas yang tepat sehingga pernis dapat diaplikasikan dengan mudah.  

Salah satu kebutuhan pernis yang baik adalah viskositas. Viskositas adalah pengukuran ketahanan fluida (cairan) yang diubah dengan baik dengan tekanan atau tegangan. Anda bisa mengamati pada viskositas air yang termasuk benda cair sehingga air termasuk viskositas yang lebih rendah.

Berbeda halnya dengan madu dengan viskositas yang tinggi sehingga pergerakannya lebih lambat. Pengertian paling mudah adalah ketika viskositas semakin rendah maka cairan tersebut memiliki pergerakan yang besar. Anda bisa mencermati benda yang lebih jelas adalah magma, bentuk dari magma memiliki viskositas yang tinggi.

Nah karena tingkat viskositas yang tinggi maka magma tidak dapat mengalir terlalu jauh sebelum dingin. Semua jenis fluida memiliki ketahanan dari tekanan maka bisa disebut dengan kental, berbeda dengan fluida yang yang tidak memiliki ketahanan tekanan dan tegangan disebut dengan fluida ideal.

Lalu apa hubungannya fluida ideal dengan pernis kayu? Pernis memiliki bentuk cairan, sehingga semakin viskositas yang dimiliki tinggi maka semakin sulit fluida mengalir dan semakin sulit benda bergerak di dalam fluida tersebut. Pernis yang akan diaplikasikan pasti akan diberikan bahan pelarut, lalu bagaimana cara untuk mendapatkan viskositas yang benar-benar tepat? Terdapat alat yang disebut dengan NK 2 cup.

Alat ini sangat efektif untuk membantu Anda dalam mendapatkan viskositas yang tepat pada sebuah produk pernis kayu. Bagi Anda yang berkecimpung di dalam industri kerajinan atau wood working harus memiliki alat ini sehingga tingkat viskositas bukan hanya sekedar kira-kira saja.

Fungsi Viskositas untuk Finishing Furniture

Vikositas-biovarnish

Viskositas berasal dari bahasa latin “viscum alba” yang artinya mistletoe putih. Lalu apa keuntungan Anda akan viskositas yang tepat dalam proses aplikasi pernis? Ada hal yang harus dipahami yaitu  viskositas yang tepat akan memudahkan Anda dalam menguas atau menyemprot.

Jika viskositas rendah maka pernis kayu akan boros dengan daya alirnya yang tinggi maka pernis tidak akan merekat dengan baik dan membuat lapisan film yang tipis. Sedangkan jika vioskositas yang tinggi akan menyulitkan pada saat menguas, tarikan kuas akan lebih berat, dapat menimbulkan brush mark.

Ketika pernis dispray akan sulit keluar dari nozzle sehingga bisa terjadi penyumbatan. Jika Anda menggunakan alat pengukur viskositas yaitu NK 2 cup maka berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Persiapkan pernis kayu, NK 2 cup dan stop watch.
  2. Campurkan pernis kayu dengan bahan pelarutnya sesuai yang tertera pada kemasan pernis.
  3. Masukan NK2 cup ke dalam cairan kemudian angkat dan nyalakan stop watch bersamaan dengan cairan yang keluar dari lubang NK2 cup. Matikan stop watch bersamaan dengan tetes aliran terkhir dari dari pernis.

Cara mengukur ini sangat efektif dalam mendapatkan tingkat viskositas yang tepat. Memang untuk mendapatkan ketepatan viskositas Anda bisa terus berlatih dalam menggunakan alat NK2 cup ini.  Jika mendapatkan viskostas yang tepat tentu saja aplikasi pernis kayu lebih mudah dan memberikan hasil yang baik bebas brush mark, membentuk lapisan film yang bagus dan Anda tidak akan boros.

Pernis Kayu dengan Viskositas Terbaik Ada pada Produk Biovarnish

Jika Anda bertanya lalu pernis kayu manakah yang memiliki tingkat viskositas yang baik dalam hal campuran dan juga dalam hal mengukur? Anda bisa menggunakan pernis kayu yang bagus yaitu merk Biovarnish yang bahan pelarutnya adalah air.

Tingkat viskositas yang baik dengan pernis Biovarnish diukur dengan NK2 selama 9-12 detik. Selain memiliki viskositas yang baik, pernis Biovarnish yang berbahan pelarut air ini adalah akan membentuk lapisan film yang kuat tahan cuaca dan tahan air. Sehingga dan bisa mengaplikaskannnya pada  furniture indoor atau outdoor.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.