Cat Kayu Wood Stain Terbaik untuk Finishing Furniture Warna Charcoal

Finishing furniture dengan warna charcoal bisa anda dapatkan dengan hanya menggunakan wood stain. Warna dari wood stain bisa menghasilkan furniture charcoal yang tak kalah menarik. Anda bisa mencoba mengalikasikan wood stain untuk mendapat furniture dengan warna charcoal.

Warna charcoal adalah warna yang banyak digunakan di tahun 2018 ini. Jika Anda ingin mendapatkan warna ini, maka banyak hal yang harus Anda perhatikan. Diantaranya pemilihan warna charcoal serta jenis furniture yang cocok menggunakan warna charcoal.

Bahkan unsur apa saja di dalam ruangan yang bagus dipadukan dengan furniture yang menggunakan warna charcoal juga perlu diperhatikan. Proses finishing menggunakan warna charcoal cukup beragam bahkan tanpa Anda harus menggunakan produk cat khusus warna charcoal.

Finishing Furniture Warna Charcoal Hanya Dengan Wood Stain

Anda bisa mengaplikasikan warna charcoal hanya dengan wood stain saja yang terkenal untuk memberikan warna natural. Lalu bagaimana wood stain dapat menciptakan tampilan warna charcoal pada furniture? Simak di akhir artikel ini cara dan juga produk yang cocok untuk digunakan.

Pilihan Warna Charcoal Untuk Furniture

Jika Anda ingin menggunakan warna charcoal maka pilih terlebih dahulu warna manakah yang akan Anda pilih. Ada banyak tingkatan warna charcoal. Walaupun secara arti, warna charcoal adalah warna abu-abu kehitaman yang muncul akibat kayu yang telah dibakar.

Jika melihat dari tingktan warna, charcoal memang memiliki perbedaan yang tipis dengan beberapa warna lainnya. Seperti yang bisa anda lihat pada kamus warna berikut ini:

Warna charcoal atau warna arang ini akan memberikan beberapa macam efek jika diaplikasikan di dalam ruangan. Terutama jika anda mengaplikasikannya pada furniture kayu. Material kayu yang memiliki serat alami akan lebih menarik saat difinishing dengan warna charcoal. Salah satu diantaranya adalah seperti warna palet kayu berikut ini.

Finishing Furniture Warna Charcoal Hanya Dengan Wood Stain

Warna charcoal juga bisa menunjukkan hasil yang berbeda jika anda menggunakan teknik rustic maupun disstressing. Selain itu, kepekatan warna saat anda mengaplikasikan cat juga pasti akan menghasilkan warna charcoal yang berbeda pada masing masing jenis kayu.

Finishing Furniture Warna Charcoal Hanya Dengan Wood Stain

Efek kayu yang terbakar akan menunjukkan tekstur kayu yang berbeda pula. Ditambah dengan aplikasi cat warna charcoal, furniture kayu di rumah anda akan tampak lebih menarik. Seperti contoh palet kayu dibawah ini:

Finishing Furniture Warna Charcoal Hanya Dengan Wood Stain

Dari pilihan warna-warna di atas manakah warna yang akan Anda gunakan di dalam ruangan? Bahkan Anda tidak hanya bisa memilih satu warna saja. Anda bisa mengkombinasikan dua atau bahkan tiga warna charcoal yang berbeda. Namun tetap perhatikan bahwa Anda akan mendapatkan tampilan yang harmoni atau warna kontras pada ruangan Anda.

Inspirasi Desain Ruangan Warna Charcoal

Menciptakan ruangan yang menggunakan furniture warna charcoal adalah sesuatu yang mudah. Warna charcoal memang tampak menarik meski terkesan sederhana. Kesan simple yang bisa membuat suasana ruangan di rumah anda tampak lebih elegan.

Finishing Furniture Warna Charcoal Hanya Dengan Wood Stain

Jika anda merupakan seseorang yang suka dan sedang menerapkan gaya minimalis pada rumah anda, warna charcoal sangat cocok diaplikasikan. Furniture kayu bisa anda finishing dengan warna charcoal dengan tetap menampilkan serat kayu. Seperti yang tampak pada gambar meja TV di atas.

Anda juga dapat menerapkan warna charcoal pada berbagai furniture lain di rumah. Seperti pada furniture kayu yang anda gunakan di ruang makan. Warna charcoal bisa anda padu padankan dengan warna putih pada dinding. Maupun dengan kombinasi menarik dari ruangan dengan pencahayaan cukup intens seperti pada foto di bawah ini.

Finishing Furniture Warna Charcoal Hanya Dengan Wood Stain

Menerapkan warna charcoal pada berbagai furniture di rumah bukanlah hal yang sulit untuk anda lakukan. Anda bisa melakukan finishing berbagai furniture kayu di rumah hanya dengan menggunakan wood stain. Meski demikian, tentunya anda perlu memilih jenis wood stain yang akan digunakan untuk proses finishing ini.

Pastikan anda memilih wood stain dengan kualitas terbaik. Bukan hanya baik dari segi hasil dan tampilan, tetapi juga baik dan aman untuk anda aplikasikan. Secara umum, ada dua jenis wood stain yang bisa anda pilih untuk aplikasi ini. Yaitu wood stain water based dan wood stain solvent based.

Seperti yang telah diketahui, perkembangan teknologi telah mempermudah kita semua untuk menggunakan cat yang aman. Jenis cat tersebut adalah cat water based yang saat ini sudha banyak diproduksi oleh beberapa pihak. Sebagai rekomendasi, anda bisa menggunakan wood stain dari Biovarnish.

Produk Biovarnish adalah cat water based yang sudah bersertifikat memenuhi standar keamanan penggunaan bahan kimia dalam formulasinya. Dengan mengikuti standar formulasi dari US EPA dan ECHA anda akan lebih nyaman dan mudah mengaplikasikan cat ini.

Cara Finishing Furniture Warna Charcoal Dengan Biovarnish Wood Stain

Berikut ini cara finishing untuk warna charcoal dengan menggunakan Biovarnish Wood Stain :

1. Lakukan Persiapan

Siapkan kayu yang sudah selesai dibentuk dengan rustic sehingga tercipta tekstur yang mudah untuk memperlihatkan kayu yang yang telah terbakar. Furniture juga harus sudah kering dengan MC kayu 12%. Bersih dari debu, sehingga pastikan di dalam tekstur yang terbentuk tidak ada debu yang masih menempel.

2. Gunakan Wood Stain

Biovarnish wood stain

Pilih Biovarnish Wood Stain warna sonokeling sebagai dasaran. Kemudian campurkan wood stain dengan air perbandingan 1:1. Kuaskan dengan rata searah serat dan pastikan semua tekstur kayu tertutup dengan rata. Tunggu cat hingga mengering sekitar 60 menit dengan diangin-anginkan saja kemudian amplas dengan kertas amplas no. 400. Amplas ambang saja untuk menghaluskan permukaan. Setelah itu Anda bisa membersihkan debu amplas.

3. Aplikasikan Glaze

Sipakan Biovarnish Glaze Black untuk memunculkan serat pada kayu. Campurkan Glaze black dengan air perbandingan 1 bahan : 2 air. Kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering sekitar 5 menit kemudian lap dengan kain kering. Hingga tersisa Glaze black pada serat kayu.

4. Beri Lapisan Top Coat

Gunakan Biovarnish Clear Coat Matte sebagai lapisan akhir. Campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Kuaskan clear coat ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu furniture menjadi kering sekitar semalaman di dalam ruangan yang bersih dan bebas debu.

Sangat mudah memang mengaplikasikan cat kayu Biovarnish wood stain warna sonokeling untuk mendapatkan hasil warna charcoal.

Finishing Furniture Warna Charcoal Hanya Dengan Wood Stain

Mengapa Anda harus menggunakan produk Biovarnish wood stain? Apakah Biovarnish itu? Produk Biovarnish adalah cat kayu water based yang aman dan juga ramah lingkungan. Ketika digunakan untuk di dalam ruangan tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan.

Bahkan ketika Anda akan menggunakan cat Biovarnish hanya menggunakan kuas saja akan tetap menampilkan furniture yang halus tanpa ada bekas sapuan kuas yang sangat mengganggu penampilan. Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish untuk berbagai macam furniture baik material kayu dan juga penempatan furniture baik outdoor maupun indoor.

Jika Anda ingin menggunakan cat kayu water based bahan pelarut air akan menghemat biaya finishing yang biasanya membengkak karena Anda menggunakan bahan pealrut solvent. Sebagai cat water based, Biovarnish sendiri adalah produk yang dapat digunakan pada furniture anak.

Jika Anda ingin mendapatkan produk Biovarnish untuk semua finishing furniture di rumah maka Anda bisa membelinya di agen terdekat atau bisa juga datang langsung ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta.