Menakjubkan! Cara Mengubah Furniture Bekas menjadi Baru dengan Biovarnish

Memiliki furniture lama di rumah yang sudah tampak usang? Maka kini saatnya bagi Anda untuk melakukan finishing ulang. Furniture bekas yang mungkin saja sudah menumpuk di gudang rumah Anda dan lama tidak terpakai hanya membutuhkan sedikit pemolesan untuk mendapatkan tampilan dan mengembalikan fungsinya. 

Apakah Anda ingin mendapatkan tampilan yang baru tanpa mengeluarkan uang yang banyak>? Maka saatnya bagi Anda untuk melakukan finishing ulang sendiri di rumah. Tidak sulit untuk melakukannya. 

Pastikan saja bahwa furniture lama yang akan Anda finishing ulang masih memiliki struktur yang bagus, permukaan yang rusak masih bisa didempul. Pastikan juga Anda sanggup untuk memperbaiki area yang rusak misalnya seperti konstruksi yang sudah tidak lagi kokoh atau furniture yang bergoyang atau beberapa ratakan kecil. 

Selain Itu Anda juga memiliki bayangan bagaimana hasil dari furniture bekas tersebut setelah diperbaiki dan di finishing ulang. Memiliki beberapa gambaran tidak ada salahnya untuk mempermudah mendapatkan hasil yang Anda inginkan. 

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Refinishing

Sebelum memulai untuk semua proses refinishing, beberapa kesalahan seringkali dilakukan. khususnya bagi Anda yang baru saja atau pertama kali memulai mengerjakan proyek refinishing. Tidak hal yang lebih baik daripada belajar dan memperhatikan bagaimana langkah yang benar. 

Berikut ini pelajari beberapa jenis kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pemula ketika sedang melakukan finishing pada furniture lama. 

  • Tidak menggunakan peralatan keselamatan

Sangat penting untuk mengikuti tindakan pencegahan yaitu keamanan selama bekerja. Selalu ingat untuk melindungi kulit dan mata Anda bahkan ketika menggunakan cat kayu yang mengandung VOC tinggi. Kenakan sarung tangan yang tepat saat menangani bahan kimia yang akan menghilangkan lapisan cat lama. Pastikan tidak ada pemicu timbulnya api karena beberapa bahan finishing sangat mudah terbakar. 

  • Tidak memperhatikan instruksi

Kegagalan yang sering terjadi adalah tidak membaca instruksi dari pabrik untuk jenis cat yang digunakan. Pernis, plitur, wax adalah bahan-bahan yang proses aplikasinya berbeda-beda. Zat tersebut memiliki susunan bahan kimia yang berbeda dan bisa membahayakan kesehatan jika Anda tidak menggunakannya dengan benar. Bahkan hasil yang didapatkan tidak akan sesuai yang diinginkan. 

  • Tidak membersihkan permukaan kayu

Sebelum melakukan refinishing penting untuk membersihkan permukaan kayu secara menyeluruh. Banyak pemula yang menganggap mengamplas saja sudah cukup sehingga menumbuk dengan lapisan cat yang baru. Namun tidak semua cat dapat ditumpuk dengan lapisan cat dengan mudah. Selalu bersihkan permukaan kayu bahkan dari debu atau kotoran. 

  • Tidak menunggu proses kering dengan tepat

Terburu-buru dengan waktu selalu menjadi penyebab refinishing yang gagal bahkan juga terjadi pada finishing furniture yang baru. Padahal sebelum Anda menggunakan lapisan cat yang baru penting untuk menunggu permukaan kayu benar-benar kering. Jika tidak akan terjadi cacat pada lapisan cat yang masih basah untuk di amplas. 

  • Membiarkan stripper terlalu lama

Ketahui bahwa stripper atau bahan kimia yang digunakan untuk menghilangkan lapisan cat lama tidak boleh terlalu lama. Jika Anda mengaplikasikannya terlalu lama maka cat lama justru akan menjadi keras kembali. Perhatikan waktu yang dianjurkan pada kemasan stripper, bersihkan cat sesuai dengan waktu yang telah disediakan. Gunakan scrape untuk langsung menghilangkan lapisan cat lama. 

  • Tidak mengamplas dengan benar

Pengamplasan adalah dasar untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan rata. Sebelum Anda menerapkan lapisan cat baru bahkan di antara lapisan cat dibutuhkan pengamplasan. Gunakan nomor amplas yang tepat dan juga kenali berbagai teknik pengamplasan yang sesuai dengan jenis permukaan kayunya. 

  • Mengaplikasikan cat terlalu tebal

Untuk mendapatkan hasil finishing yang kuat, Anda tidak harus mengaplikasikan cat tebal dalam satu kali penguasan. Cat yang terlalu tebal justru akan sulit kering dan akan menimbulkan bekas dari kotoran dengan mudah. Sebaiknya oleskan produk lapis demi lapis tipis saja. Setiap lapisan akan di amplas setelah kering untuk memudahkan lapisan diatasnya merekat dengan sempurna. 

Inilah kesalahan-kesalahan yang wajib Anda hindari jika tidak ingin menghasilkan finishing furniture bekas yang gagal. 

5 Langkah Menghilangkan Lapisan Cat Kayu yang Lama

Lapisan cat kayu akan terlihat bagus pada sebuah furniture hingga lama kelamaan mengalami kerusakan dengan sendirinya. Kerusakan ini diakibatkan oleh penggunaan, kerusakan eksternal dari jamur, rayap dan perubahan suhu udara atau cuaca. 

Berbagai kerusakan bisa saja muncul sehingga furniture tersebut menjadi furniture yang tidak terpakai dan memiliki label bekas. Namun tidak semua furniture bekas akan selamanya menjadi bekas kecuali Anda akhirnya memperbaiki kembali. 

Anda akan menikmati masa-masa indah kembali dari furniture tersebut. Beberapa orang bahkan menggunakanya sebagai furniture lain yang sangat bermanfaat. Metode terbaik untuk memperbaiki furniture lama adalah dengan menghilangkan lapisan cat kayu yang lama. 

Membersihkan lapisan cat yang lama apapun warnanya baik itu natural atau solid akan mempermudah lapisan cat yang baru untuk melekat dengan sempurna. Proses menghilangkan ini akan membutuhkan bahan lain yaitu paint stripper yang dengan mudah Anda bisa beli di toko. 

Cukup dengan 5 langkah berikut Anda bisa mengaplikasikan paint stripper dengan mudah. Namun jangan lupa untuk tetap membaca arahan pada kemasan bagaimana cara menggunakannya. 

LANGKAH 1

Hapus semua perangkat keras (paku dan sekrup, braket dan gagang pintu) dari kayu yang akan Anda kerjakan. Jika ada bagian yang tidak dapat dilepas yang terbuat dari apa pun selain kayu, tutuplah dengan selotip. 

Sebelum Anda mulai bekerja, kenakan perlengkapan keselamatan yang penting untuk dipakai dan melindungi dari dari paint stripper yang keras seperti sarung tangan, kacamata, dan alat bantu pernapasan. 

LANGKAH 2

Mulailah bekerja pada satu bagian yang kecil pada satu waktu. Tuangkan paint stripper ke atas furniture secara bebas dengan kuas. Biarkan cairan berada di atas permukaan kayu selama 20 menit atau sesuai dengan waktu yang dianjurkan ingat jangan terlalu lama. Perhatikan bila gelembung udara mulai muncul dan cat mengelupas. 

Ada pula jenis cat yang tebal sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dihilangkan. Jadi sebaiknya pastikan untuk langsung menghilangkan lapisan cat yang lama ketika sudah muncul gelembung udara atau melunak. 

LANGKAH 3

Gunakan scraper cat untuk melepas cat sebanyak mungkin dari area tempat Anda menerapkan stripper. Lakukan dengan lembut saat Anda mengikis; jangan mencungkil kayu. 

Setelah Anda menghapus semua yang Anda bisa dengan scraper, Anda dapat memilih untuk mengulangi prosesnya, menerapkan kembali stripper dan melalui langkah-langkah sekali lagi. Setelah Anda puas dengan kondisi area yang Anda hilangkan lapisan catnya, lanjutkan ke bagian berikutnya.

LANGKAH 4

Setelah Anda mengerjakan bagian demi bagian dengan menghilangkan semua cat dari bagian kayu yang rata, saatnya untuk mengatasi area yang terangkat atau tersembunyi (misalnya siku dalam). Sebarkan stripper di atas kayu lagi dan tunggu setidaknya 20 menit, tetapi kali ini gesek dengan sikat kawat yang dapat mengakses bagian yang sulit dijangkau. Berhati-hatilah agar tidak mengikis terlalu keras, yang dapat meninggalkan goresan di kayu.

LANGKAH 5

Bersihkan kayu dengan lap bersih yang telah dibasahi air, lalu amplas seluruh permukaan. Jika Anda memiliki mesin amplas, Anda dapat menggunakannya untuk membuat pengamplasan bagian yang luas dan rata dengan lebih cepat, tetapi Anda harus tetap mengamplas bagian yang rapuh atau berukir dari potongan tersebut. Akhirnya, bersihkan kayu dari debu dan puing-puing, dan hanya itu! Anda sudah selesai.

Proses Finishing Furniture Lama menjadi Baru 

Produk-biovarnish-liquid-stain

Nah kini saatnya untuk memasuki proses refinishing. Sesuai dengan gambaran yang Anda inginkan bisa menggunakan lapisan cat baru baik itu warna natural atau warna kayu solid. Namun jika setelah Anda menghilangkan lapisan cat yang lama ternyata jenis kayu memiliki serat yang indah maka pilih finishing warna natural. 

Cat kayu Biovarnish akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil finishing warna natural yang sangat mewah. Bahkan setelah Anda menghilangkan lapisan cat lama dan menemukan banyak cacat pada kayu segera perbaiki dengan produk Biovarnish. 

Langkah mudahnya terangkum dalam proses di bawah ini. 

  • Perbaikan cacat pada kayu

Biovarnish wood filler berfungsi untuk memperbaiki cacat pada kayu sekaligus meratakan warna. Anda akan menggunakan Biovarnish wood filler ini sebagai cat dasar kayu. Cara aplikasinya mudah cukup isikan wood filler dengan pisau palet hingga terisi penuh. 

Ratakan juga wood filler untuk mengisi pori kayu dengan sempurna. Tunggu lapisan mengering hingga 20 menit kemudian amplas dengan amplas 240. Lanjutkan pengamplasan hingga halus dan warna serat serat kayu terlihat. Terakhir bersihkan debu amplas. 

  • Memberikan warna natural

Kini Anda perlu memberikan warna pada furniture bekas tersebut. Gunakan Biovarnish liquid stain yang memiliki 20 pilihan warna natural. Campurkan Biovarnish liquid  stain dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. 

Kuaskan cat merata searah serat kayu, tunggu kering tanpa dijemur. Setelah kering lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas nomor 400. Anda bisa mengaplikasikan liquid stain berulang hingga mendapatkan warna yang sesuai. Pastikan Anda selalu mengamplas sebelum proses aplikasi ulang. 

  • Memberikan sanding sealer

Lapisan ketiga yang dibutuhkan berasal dari produk Biovarnish sanding sealer. Lapisan ini akan menjaga warna dari liquid stain tetap tajam dan stabil. Sanding sealer juga akan membuat lapisan cat yang diatasnya menjadi lebih kuat. 

Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik Nk2. Kuaskan dengan kuas nilon searah dengan serat kayu, tunggu kering selama 60 menit. Lakukan pengamplasan ambang setelah kering and jangan lupa untuk membersihkan debu amplasnya. 

  • Mengaplikasikan lapisan akhir

Lapisan akhir yang dibutuhkan furniture adalah Biovarnish clear coat. Penting sekali untuk menggunakannya karena akan menjadi lapisan yang paling kuat. Cat akan menangkal sinar UV, jamur dan juga rayap. Ini adalah lapisan cat yang tidak boleh dilupakan. 

Proses aplikasi cukup dengan mencampurkan Biovarnish clear coat dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik Nk2. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan tunggu kering selama semalaman. 

Khusus untuk Biovarnish clear coat, Anda bisa memilih furniture dengan tampilan gloss atau matte. Tampilan gloss akan membuat tampilan furniture lebih mengkilap, sedangkan matte akan membuat furniture tampak lebih alami. 

Artikel "Coating Schedule"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.