Memilih Sanding Sealer Water Based Untuk Furniture Eksterior

Menggunakan sanding sealer water based untuk finishing eksterior bisa anda pilih, pastikan anda menggunakan sanding sealer water based yang berkualitas. Finishing furniture eksterior dengan sanding sealer water based dapat anda kombinasikan dengan obat anti jamur agar hasilnya lebih maksimal.

Warna Finishing Jati Dengan Biovarnish Pada Furniture Outdoor

Kayu atau furniture outdoor yang tidak dilapisi dengan cat seperti wood stain dan sanding sealer akan rawan kerusakan di kemudian hari. Jadi sangat pengting untuk mengaplikasikan kedua produk cat kayu ini dalam proses finishing kayu untuk furniture. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih wood stain dan sanding sealer untuk area outdour ini?

Salah satu pertimbangan yang perlu diperhatikan adalah wood stain dan sanding sealer yang dipilih harus memiliki kandungan anti jamur. Di mana bahan kimia yang terdapat di dalamnya akan menghentikan pertumbuhan alga dan lumut. Kandungan kimia tahan air juga diperlukan karena akan melindungi kayu dari pelapukan dan penyakit lain. Sanding sealer dan wood stain lainnya juga membutuhkan kandungan pengawetan lainnya.

Tips Memilih Sanding Sealer Berkualitas

Apabila Anda ingin membuat furniture eksterior lebih tahan lagi digunakan maka obat anti jamur dan obat anti rayap diperlukan. Dalam hal ini pengobatan dilakukan pada saat sebelum finishing atau pengecatan dan pada saat pengecatan.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Menggunakan obat-obatan ini akan membuat furniture memiliki double protection terhadap perubahan cuaca, rayap dan juga jamur. Untuk lebih mudah memilih wood stain dan sanding sealer, berikut ini kandungan yang diperlukan:

√ Tahan air

Agar manfaat sanding sealer dan wood stain maksimal maka memerlukan kandungan bahan tahan air. Lapisan yang terbentuk pada bagian luar kayu akan menghalangi air masuk ke dalam pori kayu. Air akan menimbulkan kehancuran yang membuat pelapukan dan jamur. Namun bahan anti air dari sanding sealer dan wood stain akan membantu melawan kerusakan tersebut. Beberapa sanding sealer dan wood stain mengandung 1% bahan anti air yang dicampur dengan bahan lainnya dan beberapa merk lain mengandung sebanyak 3%.

√ Penyerapan ke dalam pori kayu

Sanding sealer bening harus bisa melakukan penyerapan ke dalam pori kayu, yang artinya akan mengeras dan menimbulkan lapisan yang sangat kuat. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mendapatkan perlindungan terbaik. Sedangkan pada wood stain terdapat kandungan pigmen yang biasanya akan sangat sulit masuk ke dalam pori kayu. Biasanya wood stain yang tidak menyerap dengan baik ke dalam pori kayu akan menimbulkan kerusakan seperti blistering, dan membuat pori kayu terlihat di bawah lapisan cat. Pilihlah wood stain yang memiliki kualifikasi sama dengan sanding sealer.

Kedua syarat di atas harus dipenuhi oleh produk sanding sealer dan juga wood stain. Selain kedua faktor tersebut biasanya yang dipilih adalah warna yang dihasilkan. Finishing menggunakan sanding sealer bening dan wood stain akan menghasilkan warna natural yang transparan. Semakin transparan dan semakin asli warnanya mirip kayu maka produk tersebut akan semakin baik.

Kapan Aplikasi Cat Setelah Furniture Eksterior Selesai Treatment?

Seperti yang telah dijelaskan untuk mendapatkan perlindungan furniture eksterior yang maksimal maka melakukan treatment menggunakan obat anti jamur dan obat anti rayap sangat diperlukan. Lalu kapan bisa memulai aplikasi sanding sealer dan wood stain? Tentu saja setelah selesai aplikasi obat anti rayap.

Memilih Wood Stain dan Sanding Sealer Bening Eksterior

Obat anti rayap dan anti jamur biasanya dijual terpisah karena penggunaannya yang berbeda. Obat anti rayap seperti BioCide Insecticide digunakan sebelum proses pengecatan. Sedangkan obat anti jamur seperti BioCide SFP digunakan pada saat aplikasi cat. Mulailah dengan aplikasi BioCide Insecticide terlebih dahulu dan selesaikan dengan baik.

Proses aplikasi BioCide Insecticide dimulai dengan mencampur obat dengan air. Penggunaan obat sangat sedikit dan air yang banyak, jangan lupa untuk menggunakan pelindung masker serta sarung tangan. Selesai dicampur kuaskan ke seluruh area permukaan kayu furnitur eksterior. Lakukan penjemuran hingga benar-benar berubah kering.

Jadikan Kayu Mahoni Tahan Air Untuk Kitchen Set

Obat BioCide Insecticide akan masuk dan melakukan penetrasi hingga ke dalam substrat kayu melindungi kayu dari dalam melawan rayap. Ketika furniture kering maka barulah siap untuk dialpsi dengan sanding sealer bening dan juga wood stain. Ingat jangan lupa menggunakan obat anti jamur BioCide SFP pada saat aplikasi bahan cat terkahir.

Menggunakan Produk Sanding Sealer Water Based dan Wood Stain Biovarnish Untuk Furniture Outdoor

Melihat syarat dari kandungan sanding sealer dan wood stain yang ada maka produk Biovarnish Sanding Sealer water based masuk ke dalam katagori pilihan. Kandungan bahan anti jamur dan anti rayap sangat tinggi mencapai 3% selain itu memiliki kemampuan penetrasi ke dalam pori kayu yang tinggi. Terbukti dengan daya sebar yang luas dan cepat kering dengan sempurna.

Biovarnish bahkan tidak hanya memberikan kelebihan tersebut namun, sebagai jenis cat water based produk ini aman dan rendah kandungan zat organik yang berbahaya bagi tubuh manusia. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan menggunakan kedua produk ini untuk pengecatan. Tidak ada bau apek yang menyengat dan mengganggu saluran pernapasan bahkan mata selama proses aplikasi.

Memilih Wood Stain dan Sanding Sealer Bening Eksterior

Selain BioColours Sanding Sealer water based dan wood stain pada lapisan akhir dibutuhkan top coat yang akan menutup seluruh permukaan furniture eksterior dengan maksimal. BioColours top coat bahkan tersedia dalam dua pilihan tampilan yakni gloss dan juga matte.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk aplikasi ketiga bahan cat ini? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

√ Lakukan Pengamplasan

Amplas permukaan furniture eksterior dengan amplas kasar kemudian hilangkan semua kotoran dan bekas debu amplas dengan kain kering. Jika perlu gunakan kain mikrofiber yang telah dibasahi. Pastikan permukaan furniture telah halus saat diraba.

√ Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Campurkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Siapkan kompresor dan spray gun kemudian tuangkan larutan ke dalam spray gun. Semprotkan secara merata ke seluruh permukaan furniture. Agar penetrasi berhasil gunakan teknik cross spray. Diamkan furniture hingga kering, tidak perlu dijemur di panas matahari.

5 Trik Mudah Cara Mengecat Motif Urat Kayu Sungkai Lebih Menarik

Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Lakukan hingga permukaan menjadi halus kembali dan hilangkan debu dengan kain kering. Campurkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air. Buatlah larutan yang sama dengan sanding sealer kemudian aplikasikan dengan alat semprot. Cara aplikasi juga sama saat aplikasi sanding sealer. Tunggu kering dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Apabila warna kurang gelap atau kurang rata aplikasikan wood stain kembali. Tunggu kering dan amplas lagi.

Gunakan Biovarnish Clear Coat

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Clear Coat

Lapisan terakhir adalah Biovarnish Clear Coat yang dicampur dengan air dan sedikit Biocide Surface Film Preservative. Aduk rata di sebuah gelas plastik kemudian mulai semprotkan ke permukaan furniture eksterior. Jangan lupa untuk menggunakan masker karena tambahan larutan Biocide Surface Film Preservative cukup keras. Lapisan akhir ini perlu ditunggu selama 24 jam agar benar-benar mengering.

Apabila lapisan cat pada furniture eksterior sudah mengering benar maka gunakanlah furniture dengan baik. Letakkan di luar ruangan seperti teras dan juga taman. Jika perlu tambahkan kaki-kaki furniture dengan karet agar tidak bersentuhan langsung dengan tanah yang memicu jamur dan rayap dengan cepat. Lapisan cat yang sudah kering akan membentuk lapisan film yang kuat bahkan penggunaan tambahan obat anti jamur akan mencegah pertumbuhan jamur permukaan pada furniture outdoor.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.