Mudahnya Aplikasi Biovarnish Cat Kayu Kuas

0
313

Kemudahan aplikasi bahan finishing selalu diutamakan oleh penggunaan khususnya kaum awam. Penggunaan kuas memiliki banyak keuntungan mulai dari harganya yang mudah, dapat dibeli di toko bangunan terdekat dan tersedia berbagai macam jenis kuas untuk materialnya. Penggunaan kuas akan maksimal jika didukung pula dengan produk finishing yang digunakan. Semakin banyaknya produk finishing yang dijual di toko besi maka Anda juga akan semakin memilihnya. Jalan satu-satunya adalah dengan mengetahui kelebihan apa sajakah yang Anda butuhkan.

Keunggulan utama yang harus Anda pertimbangkan adalah tidak timbulnya brush mark. Penampilan furniture atau material yang telah difinishing dengan kuas selalu memiliki permasalahan dengan hasil membekas dari sapuan kuas. Ini dapat timbul dikarenakan formula bahan finishing. Biasanya ini dapat timbul pada cat solvent.

CS Biovarnish

Jenis cat solvent akan cepat sekali mengeras ketika diaplikasikan karena kandungan minyak di dalamnya. Beda halnya jika Anda menggunakan cat water based. Produk water based tidak mengandung minyak yang banyak sehingga Anda tidak perlu khawatir cat mengeras pada saat proses aplikasi.

Kemudahan aplikasi dengan kuas juga akan mempengaruhi ringannya sapuan kuas pada permukaan material. Seperti halnya yang dimiliki oleh cat kayu Biovarnish. Cat yang dapat menggantikan pernis kayu atau plitur kayu seperti sheelac memiliki tarikan kuas yang sangat ringan. Kemudahan aplikasi Biovarnish didukung dengan formula yang telah diciptakan. Jika Anda menggunakan jenis kuas apapun hasilnya akan tetap halus dan rata.

Memilih Jenis Kuas Yang Bagus

Sebelum melakukan finishing Anda harus mengenal apa saja jenis kuas yang biasanya digunakan untuk finishing. Jangan sampai Anda salah memilih kuas dan tidak sesuai dengan bidang yang akan dicat. Berikut ini jenis-jenis kuas yang biasanya beredar di pasaran:

  1. Kuas Nylon/ Polyester

Kuas NylonProduk kuas ini dibuat dari bahan nylon. Penggunaan kuas ini harus sesuai dengan bahan finishingnya yaitu cat kayu water based. Jika Anda menggunakan cat ini pada produk finishing solvent atau minyak maka bahan nylon akan mudah lengket dan juga ketika selesai aplikasi akan mengeras. Anda tidak bisa menggunakan produk kaus nylon untuk cat kayu solvent.

  1. Kuas bulu babi

Kuas bulu babiProduk kuas bulu babi ini sudah digunakan oleh masyarakat sejak zaman dahulu sebelum kuas nylon diproduksi.Kuas bulu babi ini kebalikan dari kuas nylon karena cocok diaplikasikan untuk cat kayu solvent. Tetapi tidak memungkiri juga cat ini dapat diplikasikan untuk cat water based.

  1. Kuas sponge

Jenis kuas sponge ini tergolong baru. Kuas in diciptakan untuk menghindari munculnya brush mark seperti yang akan didapatkan jika menggunakan kuas bulu babi maupun kuas nylon. Kuas ini sangat mudah digunakan baik untuk cat kayu solvent maupun cat kayu water based.

Selain dari segi bahan pembuat kuas Anda juga harus menentukan ukuran kuas untuk pengecatan. Ukuran kuas disesuaikan dengan bentuk bidang yang diaplikasikan. Jika Anda akan mengaplikasikan pada bidang besar maka dibutuhkan kuas dengan ukuran besar seperti 5 inci. Sedangkan jika Anda akan melakukan finishing pada bagian sudut atau siku gunakan kuas berukuran kecil sekitar 2 inci lebih kecil lagi. Untuk cara penguasan lakukan serah serat kayu agar tidak timbul brush mark. Jika pemilihan kuas sudah Anda kuasai maka selanjutnya Anda tinggal masuk ke dalam langkah mengecat.

Cara Aplikasi Biovarnish Cat Kayu Kuas

Kemudahan cara aplikasi produk Biovarnish dengan kuas bisa Anda buktikan sendiri. Dengan mengikuti langkah berikut Anda akan berhasil dalam melakukan finishing dengan cat kayu Biovarnish:

  1. Mempersiapkan material kayu yang siap difinishing yaitu kering dengan MC kayu 12% dan bersih dari debu atau kotoran bahkan debu sisa amplas.
  2. Pertama aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu khususnya pada bagian yang memiliki cacat tekstur paling banyak. Tunggu kering sekitar 20 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 240. Amplas hingga permukaan menjadi halus dan serat kayu terlihat.
  3. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Anda bisa menggunakan sendok untuk mencampurkan dan aduk hingga rata. Kuaskan searah serat kayu pada seluruh permukaan kayu. Tunggu kering sekitar 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari lagi diamplas dengan kertas amplas no. 400. Jika sudah kering, halus dan warna dirasa belum sesuai Anda bisa mengulangi proses aplikasi Biovarnish Wood Stain.
  4. Tahapan terkahir adalah produk Biovarnish Clear Coat. Campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : air dan aduk hingga rtaa. Aplikasikan dengan kuas searah serat kayu. Lalu tunggu kering sekitar 20 menit. Anda bisa mengulangi aplikasi kembali untuk hasil terbaik. Untuk hasil kering sempurna dimakan material kayu satu malam.

Hasil Aplikasi Produk Biovarnish Lengkap

Langah lengkap dari aplikasi pernis kayu Biovarnish di atas akan memudahkan pekerjaan mengecat Anda di rumah. Sedangkan bagaimana dengan hasil yang akan didapatkan jika Anda menggunakan Biovarnish? Produk ini memiliki berbagai jenis warna untuk pilhan warna Wood Stain mencapai 20 varian. Sehingga dengan banyaknya pilihan warna tersebut Anda bisa menggunakan berbagai jenis kayu dan dicat dengan cat kayu Biovarnish ini.

Selain warna, hasil akhir yang akan diberikan adalah tingkat gloss. Produk Biovarnish Clear Coat menyiapakan dua jenis tampilan yaitu doff untuk tampilan natural dan gloss untuk tampilan mewah. Kedua tampilan bisa Anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hasil pengecatan dengan produk Biovarnish tidak hanya meliputi penampilan saja tetapi juga dalam hal perlindungan. Dari segi perlindungan, cat kayu Biovarnish ini akan memberikan perlindungan sangat baik terhadap cuaca, panas matahari, hujan, jamur dan juga rayap. Dalam formulanya telah dilengkapi dengan bahan anti jamur dan bahan anti rayap.

Produk Biovarnish Bisa Anda Temukan Disini

Dimanakah Anda bisa menemukan produk Biovarnish? Produk yang merupakan buatan lokal Indonesia ini bisa Anda dapatkan di wilayah Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatra. Anda bisa datang langsung ke agen-agen kami di kota Anda untuk mendapatkan produk Biovarnish, tidak hanya produk finishing warna natural saja Anda juga akan mendapatkan produk cat water based warna solid yang aplikasinya juga mudah yaitu menggunakan kuas dan air.

Terdapat 20 pilihan warna untuk produk Biovarnish Wood Stain untuk melengkapi kebutuhan finishing natural kayu Anda. Untuk produk Biovarnish Wood Filler terdapat tiga pilihan warna disesuaikan dengan warna kayu yaitu warna jati, ramin dan mahoni. Selain produk Biovarnish mudah digunakan dengan kuas, Anda juga akan mendapatkan keringanan budget finishing. Pasalnya produk Biovarnish hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarut dan bukan thinner.

 

LEAVE A REPLY