4 Langkah Proses Pengerjaan Mendempul Kayu Berlubang

    822

    Lantai kayu yang rusak, bingkai jendela yang membusuk, perabotan yang usang adalah masalah umum yang dapat diperbaiki namun memakan waktu yang lama dan juga sangat mahal. Sebenarnya permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mudah dan cepat sendiri. Anda bisa memperbaikinya, lalu untuk apa Anda pergi ke tukang untuk memperbaikinya? Caranya sangat mudah yaitu dengan dempul. Proses pengerjaan mendempul kayu berlubang baik itu karena keropos dimakan usia atau serangga bisa dilakukan dengan mudah sekaligus untuk memperbaiki tampilan yang telah usang.  Bahkan proses 4 Langkah Proses Pengerjaan Mendempul Kayu Berlubangpengerjaannya bisa menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan dan menjadi hobi baru Anda. Dengan produk sederhana dempul, akan memperbaiki semua bagian cacat pada peralatan rumah tangga yang menggunakan kayu.

    Lalu jenis dempul apakah yang bisa digunakan? Bahan dempul yang digunakan untuk mengisi  kayu dibedakan menjadi dua yaitu untuk hasil warna natural dan warna solid. Fungsinya sama yaitu mengisi lubang kayu, namun penggunaan dempul ini bisa ditumpuk oleh stain atau coloring yang akan memberikan warna pada kayu. Produk dempul kayu yang menghasilkan warna natural disebut dengan wood filler. Salah satu produk wood filler yang berkualitas adalah dempul dengan bahan dasar air.

    Bekerja menggunakan wood filler mungkin pada awalnya akan terasa berantakan bagi pemula. Namun jika Anda sudah mengetahui caranya maka pekerjaan mendempul kayu adalah cara yang paling mudah. Perlu untuk dicatat, penggunaan wood filler ditujukan pada permasalahan kayu dengan lubang yang dangkal. Jika terdapat kerusakan lubang yang cukup dalam maka Anda bisa menggunakan bahan lain seperti kombinasi antara serbuk kayu dan lem putih atau menggunakan serbuk kayu dengan dempul. Adapula teknik menutup lubang yang dalam dengan menggunakan dowel atau potongan kayu yang nantinya akan ditutup dengan wood filler.

    Pada artikel kali ini akan dijabarkan mengenai bagaimana cara penggunaan wood filler sebagai penutup lubang yang dangkal. Berikut ini empat langkah mudah yang bisa dilakukan.

    CS Biovarnish

    Langkah Pertama, mulailah dengan mempersiapkan permukaan yang akan Anda perbaiki menggunakan wood filler. Persiapan permukaan ini bisa dimulai dengan menghilangkan lapisan coating yang lama. Menghilangkan lapisan coating ini bisa dimulai dengan menggunakan bahan paint remover atau menggunakan amplas kasar. Pastikan semua 4 Langkah Proses Pengerjaan Mendempul Kayu Berlubanglapisan coating benar-benar hilang dan juga permukaannya berubah menjadi halus. Jika terdapat permukaan kayu yang bergelombang atau masih ada area rusak yang belum rata maka lakukan pengamplasan. Jika bagian rusak tersebut susah diamplas maka gunakan sponge yang dilapisi dengan amplas. Lalu setelah Anda selesai diamplas dan permukaan kayu berubah menjadi halus hilangkan sisa debu amplas menggunakan kain lap atau bisa menggunakan alat vakum.

    Langkah Kedua, sekarang mulailah untuk mengaplikasikan wood filler ke seluruh permukaan kayu. Aplikasikan wood filler menggunakan pisau pallet. Awali aplikasi pada 4 Langkah Proses Pengerjaan Mendempul Kayu Berlubangbagian pinggir area  yang rusak. Ketika mengaplikasikan tekan filler, tidak perlu khawatir jika banyak filler yang keluar area rusak. Nantinya filler yang masuk ke dalam lubang akan mengecil ketika mengering. Apabila lubang-lubang sudah terisi filler semua maka bersihkan area filler yang telah tertumpah keluar menggunakan pisau pallet.

    Langkah Ketiga, berikan waktu wood filler untuk mengering sebanyak mungkin. Namun perlakukan khusus akan didapatkan dari produk filler water based yaitu Anda tidak perlu 4 Langkah Proses Pengerjaan Mendempul Kayu Berlubangmenjemur langsung di bawah panas matahari. Biasanya untuk proses pengeringan ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit saja. Jika sudah benar-benar kering maka segera amplas permukaan hingga menjadi benar-benar halus dan serat kayu terlihat. Gunakan kertas amplas alumunium oxide yang bernomor 240. Anda bisa mengecek apakah permukaan yang berlubang sudah rata menggunakan tangan Anda. Letakan tangan di atas bagian yang tadinya berlubang dan permukaan yang tidak rusak. Maka akan terasa perbedaan permukaan hanya sedikit. Namun jika masih terasa perbedaan yang jauh atau masih cekung maka ulangi proses aplikasi sekali lagi.

    Langkah Keempat, langkah terakhir adalah memastikan hasil pengamplasan sangat mulus sehingga tampilan akan menjadi sangat baru seolah-olah tidak ada perbaikan yang 4 Langkah Proses Pengerjaan Mendempul Kayu Berlubangterjadi. Untuk menyamarkan adanya proses pendempulan pada kayu maka cara paling mudah adalah memberikan warna solid. Namun untuk hasil natural maka Anda perlu memberikan stain yang memberikan hasil warna natural transparan.

    Pada langkah keempat akan dibahas secara khusus karena proses pemberian warna natural ini susah susah gampang. Maka sebaiknya lakukan pengetesan sebelumnya pada media yang lainnya. Coba oleskan wood filler pada triplek atau media kayu yang lainnya kemudian uji beberapa warna natural   pada media tersebut. Usahakan warna substrat kayu sama dengan warna furniture yang akan dilapisi cat. Anda akan melihat hasil yang berbeda lalu dapat memilih warna manakah yang sesuai dan akan digunakan. Jika Anda ingin warna yang lebih gelap maka Anda bisa mengulangi beberapa kali pengecatan.

    Proses pengecatan bahan coloring ini cukup menggunakan kuas saja dan membutuhkan proses pengeringan sekitar 60 menit saja. Setelah itu lakukan pengamplasan untuk proses terakhir yaitu clear coat. Maka tampilan cacat yang tadinya terdapat pada kayu akan terututup dan terlihat seperti baru.

    Tips Memilih Wood Filler Berkualitas

    Anda mungkin telah mendapatkan cara aplikasi pendempulan pada kayu berlubang, namun untuk jenis produk wood filler juga harus dipilih yang berkualitas. Mengapa? Wood Filler yang berkualitas akan membuat perbaikan lebih bertahan lebih lama. Tak hanya itu saja kualitas akan menentukan apakah penggunaannya akan boros atau tidak. Nah apa saja ciri wood filler berkualitas dan bagaimana cara Anda bisa mendapatkan produk yang berkualitas maka Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

    • Timbulnya aroma pada wood filler

    Anda bisa mengecek apakah wood filler aman adalah dengan mencium aroma yang keluar. Bahan dasar wood filler bermacam-macam tidak hanya water based saja. Namun ada pula yang menggunakan bahan solvent. Untuk jenis wood filler yang cenderung tidak menimbulkan aroma biasanya adalah wood filler water based. Bahan dasar air memungkinkan filler untuk tidak menimbulkan efek aroma menyengat. Menandakan bahwa tidak ada logam berat yang digunakan.

    • Proses aplikasi

    Ketika Anda mengaplikasikan wood filler maka penggunaan pisau pallet dapat mengetes apakah filler memiliki tarikan yang bagus atau elastis dan mampu mengisi pori kayu dengan baik. Lakukan penarikan wood filler pada permukaan substrat kayu. Apabila setelah diaplikaskan wood filler memiliki tarikan yang panjang dan tidak mengelupas atau keras maka kualitasnya bsia dibilang bagus. Syarat utama wood filler adalah elastis namun dapat mengisi pori kayu dengan baik.

    • Pengamplasan

    Ketika Anda mengamplas akan muncul perbedaan antara wood filler berkualitas dan tidak. Saat mengamplas wood filler berkualitas akan sangat ringan selain itu juga akan tidak menimbulkan serbuk amplas yang terlalu banyak. Bahkan tidak ada efek peeling yang muncul. Sebaliknya wood filler dengan kualitas yang buruk akan menimbulkan efek peeling dan debu amplas yang banyak sehingga akan menimbulkan keborosan.

    • Tidak kering-kering

    Hal ini seringkali terjadi pada beberapa kasus dimana wood filler tidak kunjung kering. Munculnya masalah ini tentu akan mengganggu proses produksi yang berujung molor dalam waktu yang sangat lama. Ketika proses pengeringan dempul yang bagus akan tetap kering sempurna walaupun tidak dijemur pada panas matahari (wood filler water based). Jika Anda menemukan kasus ini maka segera ganti wood filler Anda.

    4 Langkah Proses Pengerjaan Mendempul Kayu BerlubangMelihat dari bagaimana wood filler yang berkualitas maka Anda bisa mulai untuk mencari produk yang lebih berkualitas dengan tips di atas. Tentu saja Anda perlu mencoba produk wood filler untuk benar-benar membuktikan manakah produk berkualitias dan mana yang tidak.

    Salah satu produk  wood filler yang ditawarkan adalah Biovarnish. Produk Biovarnish Wood Filler adalah dempul kayu water based yang sangat mudah untuk diaplikasikan. Selain itu juga memiliki kecepatan kering tinggi. Biovarnish wood filler terbagi menjadi tiga warna yaitu warna kayu jati, mahoni, ramin dan juga sungkai. Anda bisa memilih warna yang paliing sesuai dan cocok pada kayu yang digunakan. Setelah Anda memilih produk wood filler maka Anda bisa mulai untuk memulai proses finishing dengan mduah.