Hindari 5 Hal Ini Jika Menginginkan Finishing Furniture Yang Sempurna

Dalam apakah Anda sering menemui kegagalan dalam finishing furniture? Bisa jadi Anda melakukan kelima hal berikut yang seharusnya dihindari.

Bereksperimen, semua hal bisa terjadi terlebih lagi bagi Anda yang suka berkesperimen dalam finishing furniture. Melakukan eksperimen memang bukan hal yang sulit karena hasil bukanlah prioritas. Tetapi mendapatkan hasil yang menarik juga bukannya tidak mungkin. Melakukan eksperimen dengan kayu sendiri adalah hal yang tidak sulit mengingat kayu adalah produk yang mudah ditemukan, mudah didapatkan dan memiliki harga yang bervariasi. Ketika Anda sudah sering melakukan pengolahan kayu dimana kayu bukanlah pekerjaan Anda maka Anda secara tidak langsung adalah penghobi. Bagi seorang penghobi kayu, mengerjakan furniture sendiri dan juga melakukan finishing hingga dapat digunakan adalah sebuah kepuasan tersendiri.Misalnya saja Anda akan membuat kitchen set sendiri di rumah, Anda bisa mulai dari memilih bahan, menentukan desain dan juga mulai mengerjakan dan terakhir tahapan finishing. Tahapan demi tahapan Anda lakukan dengan mudah dan juga Anda akan menikmati hasilnya. Hal yang terpenting untuk menciptakan kitchen set menjadi produk yang paling menarik adalah dengan finishing yang tepat. Tetapi melakukan finishing untuk pertama kalinya bagi seorang pemula pasti memiliki harapan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Tetapi pada realitasnya akan ada banyak sekali hal yang harus dihindari untuk mendapatkan hasil finishing furniture yang sempurna.

Finsihing Furniture Natural

Ada beberapa hal yang harus Anda hindari dalam mekakan finishing furniture agar mendapatkan hasil yang menarik. Berikut ini hal-hal yang harus Anda hindari sebelum melakukan finishing.

subsidi ongkir
  1. Lupa membersihkan media kayu

Tahapan awal dalam finishing sangatlah penting, biasanya tahapan awal ini paling sering dilupakan. Padahal memastikan bahwa tekstur dari kayu sudah rata dan halus sangatlah penting. Anda juga harus memperhatikan tingkat kekeringan kayu dimana rata-rata memiliki MC 12%.  Ketika kayu tidak kering maka  setelah finishing minyak kayu akan naik terlebih lagi jenis kayu jati dan juga kayu mahoni. Apabila kayu tidak kering dengan benar maka setelah finishing minyak kayu bisa naik dan membuat kayu berubah warna.

  1. Lupa dengan proses pengamplasan

Proses ini sering terlupakan sehingga hasilnya finishing  tidak bisa halus dan juga rata. Proses pengamplasan tentu sangat penting dan Anda harus melakukannya secara benar. Proses pengampalsan ini berfungsi untuk membuka pori-pori kayu sehingga cat bisa benar-benar merekat pada permukaan kayu. Selain itu walaupun sudah di cat terkadang permukaan kayu masih tidak rata, nah proses pengampaslan inilah yang akan membuat permukaan kayu menjadi lebih rata.

  1. Lupa menutup knop atau bagian yang tidak akan di cat

Tidak semua bagian furniture tentu akan diberikan warna cat yang sama. Terutama pada bagian knop misalnya Anda akan melakukan finishing pada bagian pintu. Akan sulit apabila Anda ikut mengecat pada bagian tersebut maka untuk menghilangkannya akan sulit. Bahkan jika bisa dihilangkan pun penampilannya bisa menjadi tidak rapi.

  1. Pemilihan warna yang salah

Anda mungkin mengidam-idamkan warna yang sudah Anda imajinasikan atau memilih gambar atau contoh yang disukai. Tetapi untuk mendapatkan warna yang sama Anda harus mencari produk yang sama dengan contoh. Jika Anda memilih merk yang berbeda bisa jadi warna yang akan Anda dapatkan tidak sama.

  1. Penggunaan produk cat yang murah

Jika Anda seorang pemula maka jangan takut untuk membeli produk yang memiliki harga mahal. Tentu saja jika Anda membeli produk dengan harga murah hasilnya tidak akan memuaskan. Bisa jadi cat tidak memberikan perlindungan dengan baik, atau bisa jadi warna yang diberikan tidak bisa bertahan lama. Jika Anda membeli produk dengan harga yang mahal maka tentu hasilnya paling tidak akan lebih baik. Anda tidak perlu khawatir untuk membayar tukang karena Anda yang akan mengerjakannya sendiri bukan? Sehingga lebih baik budget digunakna untuk membeli produk cat yang mahal karena sudah pasti berkualitas.

 Apa Yang Harus Anda Lakukan Untuk Menghindari Kegagalan Dalam Finishing Furniture?

Dalam menghidari kegagalan dalam finishing furnture maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Tentu walaupun Anda pertama kali melakukan finishing pasti ingin mendapatkan hasil yang sempurna bukan berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Mempersiapkan peralatan yang bisa Anda gunakan dengan mudah

Ingat, Anda adalah seorang pemula sehingga Anda tidak peru berharap tinggi untuk menggunakan alat profesional seperti spray gun atau alat lainnya. Gunakan saja kuas karena kuas adalah alat yang sangat mudah untuk diaplikaskan bahkan bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat. Hasilnya juga bisa saja profesional karena mudah digunakan. Bahkan bagi Anda seorang amatir dan sama sekali belum pernah melakukan finishing bisa menggunakan alat kuas ini.

  1. Mempersiapkan desain atau contoh

Dalam membuat furniture Anda membutuhkan contoh bentuk bahkan harus detail hingga pada ukuran. Misalanya saja Anda ingin menciptakan kursi, pasti Anda membutuhkan ukuran yang tepat agar kursi bisa berdiri kokoh dan juga nyaman untuk digunakan. Sama dengan finishing, Anda bisa memilih contoh finishing furniture yang seperti apa yang diinginkan sehingga Anda bisa dengan mudah mempraktekannya.

  1. Memilih produk finishing furniture berkualitas

Anda harus memilih produk berkualitas. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa jangan ragu untuk membeli produk dengan harga mahal. Apakah ciri produk berkualitas tersebut? Produk berkualitas adalah produk dengan ketajaman warna tinggi dan juga memiliki kualitas perlindungan terbaik. Berapapun harganya bukan masalah kerena Anda mengejar kepuasan kualitas bukan hanya kuantitas.

Tiga cara mudah tersebut dapat dengan mudah Anda praktekan sebelum melakukan finishing furniture. Untuk menambahkana finishing yang sempurna Anda  jangan sampai lupa untuk menunggu cat benar-benar kering. Cat yang benar-beanr kering akan sangat mudah untuk diberikan lapisan cat berikutnya. Sedangkan jika Anda melapisi cat yang masih basah maka cat tidak akan menempel dengan baik. Bahkan bisa saja lapisan cat akan menjadi rusak. Lakukan aplikasi dengan santai jangan terburu-buru.

Apakah Produk Cat Berkualitas Yang Disarankan?

Jika melihat banyaknya produk finishing furniture yang ada di Indonesia pasti akan membuat Anda bingung karena produk manakah yang memiliki kualitas terbaik dan juga memang cocok digunakan untuk pemula? Produk Biovarnish hadir di tengah Anda dengan kualitas terbaik. Cara aplikasinya yang mudah yaitu hanya dengan kaus dan air tidak akan menimbulkan brush mark bahkan bagi seorang pemula. Pilihan warna natural yang sangat lengkap memudahkan Anda dalam memilih karena banyaknya jenis kayu yang ada tentu dapat disesuaikan dengan pilihan warna cat. Terdapat tiga produk yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan finishing close pore yaitu Biovarnish Wood Filler sebagai dempul, Biovarnish Wood Stain sebagai coloring dan juga Biovarnish Clear Coat sebagai top coat.

Bagi Anda yang ingin segara mendapatkan produk Biovarnish bisa langsung mendatangi langsung ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi ke nomor 0231-320759 atau email di [email protected]. Bagi Anda yang tidak berada di wilayah Cirebon bisa menghubungi dan memesan via online di nomor 082219357640 atau BBM di DA2FFD73.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.