Wujudkan Finishing Transparan Kayu Sungkai yang Aman dengan Biovarnish

Kayu sungkai memiliki serat kayu yang menarik sehingga cocok difinishing transparan, anda dapat menggunakan Biovarnish untuk finishing transparan kayu sungkai.

5 Trik Mudah Cara Mengecat Motif Urat Kayu Sungkai Lebih Menarik

Sebagai salah satu jenis kayu yang bisa digunakan untuk media pembuatan furniture, kayu sungkai dapat difinishing dengan berbagai gaya. Anda juga bisa melakukan finishing dengan gaya natural pada kayu sungkai. Dibutuhkan bahan finishing yang tepat untuk mendapatkan hasil finishing terbaik pada furniture kayu sungkai.

Sebelum memilih bahan finishing yang akan digunakan, anda juga perlu mengenal karakteristik kayu sungkai terlebih dahulu. Agar hasil finishing yang akan anda lakukan dapat menghasilkan tampilan terbaik. Mari kenali karakteristik kayu sungkai terlebih dahulu pada ulasan dibawah ini!

Karakteristik Kayu Sungkai

Kayu sungkai adalah salah satu jenis kayu yang mudah ditemukan di Indonesia. Harganya juga cukup murah di pasaran, sehingga jenis kayu ini masih banyak digunakan untuk bahan pembuatan furniture di Indonesia.  Masa panen kayu sungkai tergolong singkat, sehingga stoknya di alam cukup banyak.

Anda bisa dengan mudah membeli kayu ini di toko kayu dekat rumah. Banyak juga mebel kayu sungkai yang bisa Anda beli dari pengrajin baik yang sudah di finishing maupun belum. Termasuk golongan kayu lunak, kayu sungkai biasa digunakan sebagai veneer dan rangka atap. Kayu sungkai tidak cepat menumpulkan mata pisau dan mudah untuk dibentuk berbagai macam model. Sehingga proses pengerjaan sebuah mebel dari kayu sungkai tidak membutuhkan waktu lama.

Permukaan kayu sungkai cukup kasar sehingga perlu pengamplasan untuk persiapan finishingnya. Jika diraba kayu sungkai akan terasa kesat, bukan karena masih basah namun memang sifat alaminya. Warna kayu ini sungkai sama seperti kayu lunak pada umumnya yaitu cenderung kekuningan terang. Ketika baru ditebang kayu cenderung berwarna putih. Namun setelah dikeringkan kayu akan berubah warna menjadi lebih kuning.

Perbedaan warna kayu teras dan gubalnya tidak terlalu kentara, artinya kualitas keduanya tidak terlalu berbeda. Kayu sungkai memiliki alur serat yang lurus dan terkadang bergelombang. Seratnya tidak jauh berbeda dengan jenis kayu mahal seperti kayu jati. Hal ini membuat kayu sungkai dapat difinishing mirip seperti warna kayu jati. Perbedaan mendasarnya hanya terdapat pada warna dasar kayu dan warna ini dapat diganti dengan bantuan cat wood stain.

Finishing Natural Transparan untuk Kayu Sungkai

Setelah mengetahui karakteristik alami dari kayu sungkai, anda sudah bisa menentukan gaya finishing yang akan anda aplikasikan. Jika merujuk ke serat alami dan kemampuannya untuk difinishing mirip dengan kayu jati, anda bisa memilih finishing dengan gaya natural. Serat kayu sungkai akan terlihat lebih menonjol saat difinishing dengan gaya ini.

Memilih gaya natural berarti membutuhkan transparansi cat yang bagus. Dengan cat yang memiliki tingkat transparansi tinggi, anda akan mendapatkan hasil finishing natural terbaik. Serat kayu sungkai akan lebih terlihat dengan menggunakan cat kayu transparan. Furniture kayu sungkai dengan serat kayu yang menonjol tentu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Ini Dia Jenis Cat Untuk Lemari Kayu Sungkai Dan Cara Aplikasinya

Hasil finishing natural transparan pada furniture kayu sungkai akan meningkatkan kesan hangat pada ruangan dimana furniture tersebut diletakkan. Dengan hasil yang memukau ini, furniture kayu sungkai milik anda diharapkan dapat lebih awet untuk digunakan. Pemilihan bahan finishing yang tepat harus anda perhatikan untuk membuat furniture sungkai yang berkualitas.

Anda dapat memilih berbagai macam jenis cat untuk finishing kayu sungkai. Meski demikian, apakah cat yang akan anda gunakan merupakan cat terbaik untuk finishing furniture kayu sungkai? Simak ulasan mengenai bahan finishing untuk kayu sungkai berikut ini.

Bahan Finishing untuk Kayu Sungkai

Pemilihan bahan finishing yang berkualitas untuk melakukan finishing kayu sungkai adalah hal wajib dilakukan. Anda harus memastikan menggunakan jenis cat yang terbaik, bukan hanya cat yang mempunyai tingkat transparansi yang bagus. Keamanan bahan finishing yang anda gunakan juga akan berpengaruh pada kualitas furniture kayu sungkai yang akan anda peroleh.

Penggunaan cat yang aman dan ramah lingkungan sangat penting untuk hasil finishing berkualitas pada furniture kayu sungkai. Anda juga akan lebih nyaman melakukan finishing karena cat yang tidak berbau menyengat. Bau menyengat pada cat diakibatkan oleh kandungan formaldehyde di dalamnya. Apalagi ditambah penggunaan thinner sebagai bahan pengencer yang akan membuat bau tersebut semakin menyengat.

5 Trik Mudah Cara Mengecat Motif Urat Kayu Sungkai Lebih Menarik

Anda bisa menggunakan cat water based dari biovarnish untuk mendapatkan finishing transparan terbaik pada kayu sungkai. Cara aplikasi yang mudah dan lebih hemat akan membuat proses finishing anda lebih efisien. Anda hanya perlu menggunakan air bersih sebagai bahan pengencer cat biovarnish. Telah diformulasikan sesuai dengan standar keamanan bahan kimia internasional membuat cat ini sangat aman untuk digunakan.

Biovarnish memiliki hasil transparan yang bagus dan tidak memberikan efek menguning seperti penggunaan cat transparan dari solvent based. Serat alami kayu sungkai akan lebih terlihat dengan finishing menggunakan biovarnish. Tersedia dengan pilihan varian yang lengkap, anda bisa melakukan finishing furniture kayu sungkai dengan hasil terbaik.

Finishing Kayu Sungkai dengan Biovarnish

Kini saatnya untuk Anda mengetahui bagaimana teknik aplikasi yang sebaiknya digunakan. Anda dapat melakukan finishing kayu sungkai dengan varian produk biovarnish. Berikut ini langkah finishing yang bisa anda lakukan:

1. Persiapan 

Lakukan pengamplasan pada seluruh permukaan kayu sungkai sebelum memulai finishing. Anda dapat menggunakan kertas amplas nomor 240 dan 320 untuk mendapatkan permukaan kayu sungkai yang halus dan merata. Jika seluruh permukaannya sudah halus dan merata, bersihkan debu sisa pengamplasan. Lanjutkan dengan tahap finishing selanjutnya.

2. Aplikasi Wood Filler

Selanjutnya, aplikasikan Biovarnish wood filler. Anda dapat memilih warna sungkai agar lebih menonjolkan warna kayu sungkai. Jika Anda menemukan banyak cacat lubang pada kayu maka isi dengan wood filler. Gunakan pisau palet dan jari Anda untuk menekan filler hingga pada dasar lubang.

Warna Dempul Kayu

Ratakan sisa wood filler ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan ini kering selama 20 menit. Lanjutkan pengamplasan dengan kertas amplas 240. Amplas hingga warna dan serat kayu sungkai terlihat, bersihkan debu amplas.

3. Gunakan Biovarnish Wood Stain

Anda bisa melakukan proses pewarnaan pada kayu sungkai dengan menggunakan biovarnish wood stain. Anda bisa memilih warna wood stain sesuai dengan keinginan anda, sebagai rekomendasi anda bisa menggunakan warna yellow ox. Larutkan wood stain dengan air bersih terlebih dahulu sebelum diaplikasikan. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu diaduk hingga homogen.

Teknik Aplikasi Pewarna Kayu Water Based Biovarnish Wood Stain Pada Dinding 4

Aplikasikan wood stain secara tipis terlebih dahulu hingga merata ke seluruh permukaan kayu sungkai.  Tunggu wood stain mengering setelah diaplikasikan sekitar 60 menit lalu amplas ambang dengan amplas nomor 400. Anda bisa mengulang proses pewarnaan ini jika merasa perlu menajamkan warnanya.

4. Aplikasi top coat

Tahap terakhir yang dapat anda lakukan adalah mengaplikasikan biovarnish clear coat. Lapisan top coat dari biovarnish dapat anda pilih tingkat glossynya sesuai dengan keinginan anda. Cara aplikasinya sama dengan wood stain. Anda juga dapat menggunakan kuas maupun spray untuk aplikasi clear coat.

Pernis Kayu Jati Belanda

Lapisan clear coat akan mengering sempurna setelah 24 jam dari waktu aplikasinya. Anda tidak perlu mengeringkannya dibawah sinar matahari, cukup diangin-anginkan dengan suhu ruangan.

Finishing kayu sungkai dapat anda lakukan dengan mudah menggunakan Biovarnish. Yuk kuasin aja pakai air untuk finishing furniture kayu sungkai transparan yang berkualitas.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Bioindustries"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU