Cat Kayu Warna Gloss Bagus untuk Finishing Material Rotan dan Kayu

Tampilan furniture dengan kombinasi kayu dan rotan bagus dengan cat kayu warna gloss dengan hasil natural karena lebih terkesan alami dan hangat.

Furniture dengan kombinasi kayu dan rotan sampai saat ini banyak digunakan di Indonesia, sebab furniture ini lebih terkesan klasik seperti era 70-an. Terlebih bahan-bahannya juga sangat mudah dijumpai di daerah-daerah Indonesia sehingga furniture jenis ini sangat mudah untuk dijumpai. Tidak hanya Indonesia, furniture ini juga diminati oleh buyer mancanegara yang tertarik dengan kesan naturalnya.

Agar tampilan natural pada furniture tersebut, maka gunakan cat kayu warna gloss yang memiliki daya rekat film yang kuat serta transparansinya yang bagus. Mengapa harus menggunakan warna gloss? Dalam pembagiannya ada beberapa tampilan yang bisa anda pilih yaitu tampilan kayu kombinasi rotan doft yang akan memberikan kesan natural dan juga kesan mewah yaitu dengan gloss.

Keduanya memiliki efek yang berbeda tentunya. Di tahun 2017 ini tampilan gloss menjadi primadona karena tampilan ini memeberikan tampilan mengkilap pada furnitur. Tak hanya itu tampilan gloss memang lebih tahan gores dibandingkan tampilan doft atau tampilan lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan gloss maka Anda bisa menggunakan cat kayu dengan brush system atau dengan spray system.

Di Indonesia terdapat dua jenis cat yang bersaing dan juga cat yang digunakan untuk mendapatkan hasil terbaik. Kedua jenis cat ini adlaah cat water based dan juga cat solvent based. Perbedaannya terletak apda bahan pembuatnya dan juga bahan pelarutnya. Baik itu air dan juga solvent memiliki kelebihan dan juag kekurangan masing-masing. Namun untuk jensi cat yang digunakan beberapa tahun ini adalah cat water based.

Produk cat water based mulai menguasai karena menurunya produk solvent. Banyak masyarakat khususnya di luar negeri yang sudah menyadari betapa bahayanya produk cat solvent yang akan membawa banyak pengaruh negatif pada kesehatan tubuh manusia. Berbeda dengan produk water based yang bisa tidak akan menimbulkan bahaya pada kesehatan karena tidak ada kandungan organik atau logam berat.

Baik produk kayu dan rotan membutuhkan perlindungan dari cat water based ini dibandingakan dengan cat solvent based. Tampilan yang diberikan oleh produk water based akan memiliki tampilan transparan yang lebih baik dibandingkan dengan cat solvent. Ini dikarenakan untuk kandungan formalin atau kandungan bahan amonia yang sangat rendah.

Produk cat yang memiliki kandungan formalin tinggi memiliki efek warna menguning setelah beberapa waktu pada cat. Jika Anda ingin memiliki tampilan transparan maka Anda harus menggunakan cat kayu water based.

Cat Kayu Warna Gloss

Aplikasi Cat Kayu Warna Gloss yang Bagus untuk Furniture Kombinasi Rotan dan Kayu

Furniture dengan kombinasi rotan dan kayu merupakan furniture yang lebih mengedepankan penggunaan media alam yang sangat kontrasi jika menggunakan warna natural dengan tampilan gloss. Aplikasi cat kayu warna gloss yang tepat memang menggunakan cat kayu seperti plitur namun saat ini jenis cat ini sudah tidak dianjurkan untuk kesehatan dan lingkungan karena kandungan bahan kimianya yang berbahaya.

Sebagai alternatif, cat kayu yang memiliki hasil akhir natural dengan tampilan gloss adalah cat water based. Salah satu cat water based yang menggunakan kandungan bahan yang aman adalah Biovarnish. Untuk mempermudah finishing furniture tersebut, berikut cara aplikasi Biovarnish:

  1. Jika perlu, ampelas permukaan rotan agar lebih halus dan rata sehingga mudah diaplikasikan cat
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan rotan lalu ampelas dengan kertas ampelas no. 240.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas yang dilapisi kain ke seluruh permukaan rotan. Tunggu hingga kering selama 60 menit kemudian ampelas dengan halus menggunakan kerta ampelas no. 400.
  4. Terakhir aplikasikan Biovarnish Clear lalu diamkan selama semalam untuk hasil akhir maksimal

Cat Kayu yang Sesuai Regulasi EPA

Cat Kayu Warna Gloss

Cat kayu yang aman tentu telah menyesuaikan regulasi baik nasional atau pun internasional, Biovarnish merupakan cat kayu warna gloss yang menggunakan bahan yang telah disesuaikan dengan regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPA dan ECHA.

Keamanan ini meliputi kandungan VOC yang rendah. Kandungan VOC pada jenis cat solvent memang tinggi oleh karena itu Anda pasti akan mendapati bau atau aroma VOC yang tidak sedap ketika cat solvent mengalami penguapan.

Nah pada peraturan yang ditetapkan oleh US EPA, kandungan VOC tidak boleh lebih dari 350 gr / liter hingga 100 gr/ liternya untuk beberapa jenis cat khususnya water based. Produk Biovarnish adalah salah satu produk water based di Indonesia yang memenuhi persyaratan tersebut. Bahkan sesuai dengan peraturan ECHA yang membatasi dan melarang penggunaan logam berat Biovarnish juga memenuhi peraturan tersebut. Produk Biovarnish sama sekali tidak mengandung bahan logam berat yang berbahaya.

Keuntungan dari Produk Biovarnish

Jika melihat dari produk Biovarnish maka apa saja kelebihan yang akan Anda dapatkan selain aman dan ramah lingkungan? Kelebihan produk Biovarnish terangkum dalam uraian berikut ini:

  • Cepat kering

Rangakaian produk Biovarnish adalah produk yang sangat cepat ekring bahkan dapat kering sempurna hanya dnegan suhu udara tanpa dijemur pada panas matahari. Produk biovarnish dirancang agar dapat kering sempurna dnegan cepat untuk menghemat waktu finishing Anda khususnya bagi Anda di bidang industri. Kecepatan kering dengan suhu normal adalah 60 menit dimana produk water based lainnya membutuhkan waktu lebih lama yaitu 20 jam.

  • Aplikasi maksimal hanya dengan kuas dan air

Anda tidak membutuhkan perlatan profesional atau peralatan yang canggih untuk finishing. Cukup dengan kuas nylon dengan harga yang murah saja Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Lebih hemat lagi karena produk pelarutnya adlaah air. Anda tidak perlu membeli thinner denganharga satu kalenga dalah 30 ribu rupiah. Jika Anda ingin menghemat budget maka cat kayu Biovarnish adalah rekomendasinya.

  • Daya sebar luas

Daya sebar yang akan Anda dapatkan adalah 8-10 m2 per kilogramnya. Di sini Anda bisa menghemat produk cat. Apalagi jika Anda akan menggunakan pada produksi recoating saja. Dengan daya sebar yang luas tersbeut cat Biovarnish adalah juaranya.

  • No brush marking

Kebanyakan pengguna aplikasi kuas pasti takut dengan hasil brush mark. Ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan cat kayu Biovarnihs. Hanya dengan proses aplikasi yang membutuhkan air dan kuas ini, tarikan kuas yang akan Anda dapatkan sangat ringan bahkan tidak akan menimbulkan masalah brush marking. Jika Anda membutuhkan produk no brush mark maka Biovarnish adlaah jawabannya.

  • Transparansi Tinggi

bahan pealrut air dan formula yang bagus membuat produk Biovarnish digemari karena hasilnya yang sangat transparan. Anda tidak akan menemukan efek yellowing bahkan setelah beberapa tahun. Cat kayu Biovarnish akan memberikan tampilan tahan lama kurang lebih hingga 3 tahun.

  • Aplikasi outdoor dan indoor

Produk Biovarnish adalah satu produk yang bisa diaplikasikan untuk furnitur indoor maupun outdoor. Jadi jika Anda ingin mendapatkan atau melakukan proses finishing indoor atau outdoor wajib menggunakan Biovarnish. Lapisan film yang diciptakan akan membuat furnitur ahan terhadap perubahan cuaca, jamur dan juga rayap.