Pernis Kayu yang Bagus Untuk Finishing Perabotan di Rumah 

Mendapati tampilan perabotan lama yang sudah tampak kusam bahkan memulai reyot berubah menjadi baru tentu sangat memuaskan. Anda bisa menggunakan pernis kayu yang bagus untuk mendapatkan tampilan baru tersebut. 

Baik itu perabotan seperti meja rias lama, lemari pakaian sampai lemari untuk koleksi kaca atau pernak pernik yang menjadi hobi Anda. Tentunya Anda harus tahu langkah demi langkah untuk menciptakannya kembali baru. 

Cara Menggunakan Pernis Kayu yang Bagus untuk Perabotan Kayu 

Bukan hanya profesional atau jasa perbaikan perabotan saja yang bisa mengubah tampilan perabotan lama. Anda sendiri di rumah juga bisa karena tahapan ini sebenarnya bukanlah yang sangat sulit. 

Anda cukup mempersiapkan waktu, alat dan juga bahan berupa cat yang tepat seperti pernis. Simak langkah demi langkah untuk mengubah tampilan perabotan lama di rumah. 

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Dipersiapkan 

  • Plastik yang lebar 
  • Kain untuk mengelap 
  • Palm sander 
  • Kertas amplas nomor 120, 220, 240 dan 400
  • Sarung tangan
  • Pernis dan coating lainnya 
  • Kuas 

Cat Pernis yang Bagus untuk Digunakan 

lapisan cat kayu anti air biovarnish

Soal jenis coating yang digunakan termasuk pernis Anda harus memilihnya dengan hati-hati. Salah memilih akan membuat tampilannya tidak sempurna bahkan membuat Anda kesulitan untuk mengaplikasikannya. 

Pemilihan pernis kayu yang bagus bisa disesuaikan dengan hasil finishing atau kebutuhan. Contohnya jika Anda ingin mendapatkan perabotan tampak estetik dan terlihat usang maka butuh ditambahkan glaze dan perpaduan warna stain yang cocok. 

Begitu juga jika ternyata Anda ingin mendapatkan tampilan vintage maka sebaiknya menggunakan chalk paint daripada pernis. Namun Anda yang ingin mendapatkan tampilan natural transparan bisa mengandalkan wood stain dan juga pernis. 

Produk yang direkomendasikan yaitu:

1. Biovarnish Wood Filler 

Meskipun tidak membentuk lapisan coating, wood filler dibutuhkan untuk menciptakan permukaan jauh lebih halus. Apalagi jika perabotan Anda di rumah memiliki banyak cacat di permukaannya. 

Maka sebaiknya pilih Biovarnish Wood Filler yang akan bekerja menutup cacat tersebut. Termasuk cacat lubang yang dalam, wood filler ini dapat dicampurkan dengan serbuk kayu. 

2. Biovarnish Wood Stain 

Masuk ke produk stain yang akan memberikan warna natural pada kayu. Biovarnish Wood Stain tersedia dalam 20 macam warna dari natural kayu yang terang hingga gelap. Anda bahkan bisa mereplika warna kayu eksotis seperti sonokeling. 

Hasil warnanya jauh lebih tajam dan bisa Anda aplikasikan sampai beberapa lapisan. Mudah untuk diaplikasikan dan tidak menimbulkan bekas sapuan kuas yang mengganggu selama teknik penguasannya benar. 

3. Biovarnish Clear Coat 

Merupakan pernis kayu yang bagus dengan dua jenis tampilan yaitu gloss dan matte. Anda bisa memilihnya sesuai dengan hasil finishing yang diinginkan. Biovarnish Clear Coat akan memberikan warna transparan pada perabotan. 

Jika Anda mendambakan serat kayu asli terlihat maka cat inilah yang dibutuhkan. Selain itu pernis water based ini juga akan memberikan perlindungan dari air, perubahan cuaca hingga panas secara maksimal. 

Tahapan Mengecat Perabotan Kayu Lama 

Sudah siap untuk mengecat atau memperbarui tampilan dari perabotan Anda? Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda ikuti berikut ini. 

1. Melepaskan Aksesoris dan Perangkat Keras 

Apakah perabotan Anda memiliki knob atau aksesoris lain berbahan besi? Akan lebih baik jika Anda melepaskannya agar tidak mengganggu proses pengecatan. Melepaskannya juga akan menjaga agar perlengkapan tersebut tidak rusak terkena cat. 

Termasuk juga jika perabotan memiliki laci maka akan lebih baik untuk melepaskannya satu per satu. Kecuali engsel pada pintu perabotan, Anda cukup menutupnya dengan isolasi kertas saja. 

2. Mengalasi Lantai dengan Lembaran Plastik 

Plastik lebar yang tadi telah Anda persiapkan bisa digunakan untuk mengalasi lantai dan beberapa bagian dinding jika ruangan terlalu kecil. Namun jika luas maka plastik cukup diletakkan di atas lantai saja. 

Jika perlu Anda bisa menambahkan kain yang lembab di atas plastik. Fungsinya agar cat meresap ke dalam kain dan tidak mengotori kaki Anda. Langkah ini biasanya dilakukan para DIY yang memiliki keterbatasan tempat untuk mengecat. 

3. Mengamplas Permukaan Perabotan Kayu

Jauh sebelum mengaplikasikan pernis kayu yang bagus Anda harus mempersiapkan perabotan dengan mengamplasnya. Amplas menggunakan plan sander dan kertas amplas dari angka 120. 

Jika permukaan perabotan terlalu kasar maka bisa dimulai dari angka 80 saja. Perlahan ganti kertas amplas ke angka yang lebih besar dan maksimal berhenti di angka 220. Jangan lupa dalam tahapan ini gunakan sarung tangan dan masker. 

Apabila Anda memiliki sarung tangan yang dapat meredam getaran maka hasilnya akan lebih baik. Anda tidak akan kesulitan mengamplas permukaan kayu yang keras. Pastikan selesai mengamplas Anda bisa melihat serat kayu yang asli. 

4. Memberikan Warna pada Perabotan Kayu 

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan warna pada kayu menggunakan Biovarnish Wood Stain. Jika permukaan perabotan kayu sudah berubah menjadi halus maka aplikasi stain bisa dilakukan. 

Pada kemasan kaleng Biovarnish Anda bisa membaca tahapannya langsung. Pertama tinggal larutkan stain dengan air dan aduk sampai homogen. Baru setelah itu Anda bisa menguaskannya ke permukaan perabotan kayu. 

Lebih baik untuk menguas searah dengan serat kayu agar hasilnya rapi. Tinggal tunggu kering, gunakan amplas nomor 400 dan ulangi ketika warna belum tajam. 

5. Memberikan Lapisan Sanding Sealer 

Supaya warna dari stain ini bisa bertahan lebih lama Anda bisa mengandalkan Biovarnish Sanding Sealer. Produk ini juga akan memperkuat ketahanan dari pernis di atasnya. 

Aplikasi sanding sealer ini cukup sekali saja karena sudah mampu membentuk coating yang bagus. Caranya juga sama seperti aplikasi stain tadi, pertama larutkan dengan air dan aduk. Perbandingan bahan dan air sudah terdapat di kemasan kaleng. 

Kuas cat harus dilakukan searah dengan serat kayu. Sisanya Anda bisa menunggu kering sebelum akhirnya mengaplikasikan pernis.

6. Memberikan Lapisan Pernis 

Coating terakhir adalah dengan aplikasi pernis kayu yang bagus Biovarnish Clear Coat. Anda bisa menggunakannya satu atau dua kali lapisan tergantung dengan kebutuhan. Proses aplikasinya juga sama dengan coating yang sebelumnya. 

Pertama larutkan terlebih dahulu menggunakan air. Setelah itu Anda bisa lanjutkan dengan menguaskan ke seluruh permukaan perabotan dengan merata. Ikuti juga arah serat kayu dan tunggu kering semalaman. 

7. Merakit Perabotan Kembali 

Tahapan terakhir bisa Anda lakukan jika coating sudah benar-benar kering. Baru setelah itu rakit kembali perabotan dari aksesoris yang tadi telah disimpan hingga laci-laci. 

Rakit hingga mendapatkan tampilan perabotan yang benar dan Anda tinggal menggunakan atau meletakkan di tempat semula. 

Penggunaan pernis kayu yang bagus memiliki peran yang besar untuk menjaga tampilan perabotan awet. Jangan mencampur lapisan coating dengan produk yang bukan water based. 

Oleh karena itu akan lebih aman jika Anda menggunakan Biovarnish secara keseluruhan untuk pengecatannya. Dapatkan Biovarnish di agen terdekat atau melalui website ini. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top