Pernis Kayu yang Bagus Untuk Perabotan Mahoni yang Tampak Mengkilap

Perabotan dari kayu mahoni bernilai mahal dan rata-rata memiliki desain klasik. Hanya pernis kayu yang bagus dapat memberikan tampilannya jauh lebih mahal dan terawat. Anda yang memiliki perabotan ini harus berhati-hati dalam memilih produk pernis. 

Termasuk cara untuk finishing, harus diperhatikan pemilihan produk hingga teknik aplikasinya. Serat kayu mahoni akan terlihat selama proses finishingnya dilakukan dengan benar. 

Bagaimana cara Anda untuk bisa menampilkan perabotan dari kayu mahoni lebih bernilai tinggi? Simak langkah mudahnya ini. 

5 Langkah Mudah Menggunakan Pernis Kayu yang Bagus pada Kayu Mahoni 

Finishing yang paling cocok untuk kayu mahoni adalah natural transparan. Dengan begitu warna kayu asli dan juga seratnya akan tampak indah. Tidak masalah jika Anda ingin menambahkan stain warna mahoni karena akan membantu warnanya menjadi lebih tajam. 

Namun perlu diingat jika Anda ingin mendapatkan tampilan klasik atau desain perabotan sudah klasik maka perlu cat gloss. Berikut ini cara finishing kayu mahoni klasik untuk tampil mengkilap nan mewah. 

1. Mempersiapkan Perabotan Kayu Mahoni

Tahapan pertama selalu dimulai dengan persiapan, yang dimaksud adalah dengan mengamplas permukaan. Jika perabotan lama maka Anda perlu menghilangkan juga lapisan coating lama. 

Apabila banyak kotoran maka perlu dibersihkan menggunakan air sabun. Anda bisa memulai dengan membersihkannya bersama air sabun kemudian dibilas. Tunggu mengering dan baru hilangkan lapisan coating lama dengan bahan khusus. 

Perabotan yang belum pernah dicat bisa langsung di amplas saja. Mulailah dengan amplas alumunium oxide nomor 80 atau 150 grit. Bisa juga disesuaikan dengan tingkat kasar permukaan kayu. 

Semakin kasar maka perlu grit yang lebih rendah, jangan lupa untuk beralih ke grit yang semakin besar angkanya menyesuaikan tingkat kehalusan. Paling akhir yang dibutuhkan adalah grit 220. 

2. Mengisi Pori Kayu Mahoni 

Perabotan dari kayu mahoni asli Indonesia biasanya memiliki pori yang jauh lebih besar. Namun jika Anda menggunakan kayu mahoni dari luar negeri seperti Afrika biasanya memiliki pori lebih kecil. 

Hal ini sangat berpengaruh pada ketahanan dari perabotan. Biasanya perabotan dari kayu asli mahoni Indonesia akan lebih boros wood filler. Anda perlu mengisi porinya menggunakan Biovarnish Wood Filler terlebih dahulu. 

Sesuaikan warna wood filler yaitu warna mahoni dan tinggal ratakan saja ke seluruh permukaannya. Jika kayu mahoni berpori kecil maka manfaatkan air untuk melarutkannya agar lebih mudah diaplikasikan. 

Pastikan seluruh pori kayu tertutup ditandai dengan permukaan kayu yang menjadi lebih rata. Terakhir tunggu kering untuk tahu apakah permukaannya sudah tertutup dengan benar. 

3. Mengamplas Permukaan 

Perabotan sudah dilapisi dengan wood filler tetapi itu saja tidak cukup untuk membuatnya tampil mengkilap. Anda harus melewati proses pengamplasan yang membuat permukaan menjadi lebih halus. 

Anda yang menggunakan Biovarnish Wood Filler bisa mengamplas permukaan terlebih dahulu menggunakan amplas nomor 240. Gunakan jenis amplas yang sama dengan sebelumnya. Teknik mengamplas adalah dengan balok kayu atau plan sander. 

Pastikan permukaannya halus dan bebas dari bekas pengamplasan. Debu bekas pengamplasan bisa dibersihkan menggunakan kain lap atau mesin vakum. Tidak boleh ada debu amplas yang tersisa karena akan mengganggu peresapan cat di atasnya. 

4. Mengaplikasikan Stain 

Langsung menggunakan pernis kayu yang bagus saja tidak cukup untuk membuat tampilannya mengkilap. Dibutuhkan lapisan stain yang akan mempertajam warna dari perabotan. 

Anda harus menggunakan Biovarnish Wood Stain untuk membuat tampilannya menjadi lebih tajam. Buat dua sampai tiga lapisan coating yang akan membuat permukaannya menjadi lebih indah. 

Cara menggunakannya mudah, tinggal campurkan wood stain dengan air, aduk dan kuaskan ke permukaan sesuai dengan arah serat. Baru setelah itu biarkan hingga kering dan amplas ambang. 

5. Mengaplikasikan Pernis 

Baru pada tahapan terakhir Anda bisa menggunakan pernis kayu yang bagus. Lapisan inilah yang akan membuat tampilan dari perabotan menjadi mengkilap. Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat gloss yang membuat perabotan lebih indah. 

Tingkat gloss yang didapatkan adalah 80% dan lebih tahan lama. Cara aplikasinya sama seperti stain hanya saja proses kering membutuhkan waktu sekitar semalaman atau 24 jam. 

cara mengecat kayu agar mengkilap

Tips agar Sukses Finishing Perabotan Kayu Mahoni Mengkilap 

Anda mungkin saja sudah mencoba cara di atas dan mengikuti petunjuk pemakaian pada kaleng cat, namun hasilnya tidak sesuai yang direncanakan. Ada banyak alasan mengapa hasilnya buruk. 

Mulai dari teknik pengamplasan yang kurang benar atau arah menguas yang salah. Apapun kesalahannya semua harus dihindari apalagi jika Anda baru pertama kali melakukannya. 

Beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan tampilan yang lebih mengkilap pada perabotan kayu mahoni. 

1. Mengetes Stain dan Clear Coat 

Penting untuk mengetes bagaimana hasil cat yang digunakan karena beda merk maka beda pula hasilnya. Anda bisa menggunakan triplek dengan warna mahoni sebagai media untuk mengetes warna atau hasil pernis kayu yang bagus tersebut. 

Cek apakah warna stain yang didapatkan dalam satu lapisan, dua lapisan hingga tiga lapisan. Begitu juga dengan clear coat bagaimana tingkat gloss yang dihasilkan setelah Anda mengaplikasikannya. 

Tidak ada salahnya mencatat proses Anda mengaplikasikan dan memotret hasilnya sehingga Anda tahu mana yang paling bagus untuk dilakukan. Dengan begitu Anda juga tidak akan lupa dengan hasil yang terbaik. 

2. Mengamplas Mengikuti Arah Serat 

Seringkali disepelekan atau lupa mengecek, Anda seharusnya mengamplas mengikuti arah serat kayu mahoni. Bukan hanya teknik menguas saja yang harus mengikuti alur serat tetapi juga pengamplasan. 

Jika mengamplas memutar maka dapat meninggalkan bekas yang bisa menimbulkan efek putaran dan muncul setelah Anda menggunakan stain. Jadi pastikan untuk mengecek arah serat kayu sebelum memulai pengamplasan. 

3. Melakukan Inspeksi pada Kayu 

Penting juga untuk melakukan inspeksi pada kayu mahoni sebelum Anda mengamplas. Tujuannya untuk mengetahui bagian mana saja yang sekiranya perlu pengamplasan ekstra. Misalnya saja area dengan spot warna berbeda, begitu juga dengan permukaan yang kasar. 

Jika ada bekas pengamplasan kasar sebelumnya maka Anda juga harus mengamplas ekstra di bagian tersebut. Cara inspeksi yang benar adalah memberikan sinar langsung di atas permukaan kayu. 

Anda bisa mengeceknya dari angle sejajar dengan permukaan kayu untuk tahu dengan lebih jelas. Berikan isolasi sebagai penanda bagian mana saja yang harus diperbaiki. 

Hasil yang lebih bagus lagi jika Anda menambahkan sanding sealer sebelum pernis. Tampilan kilapnya bisa lebih tinggi dan tahan lama. Warna dari stain pun juga akan bertahan lama karena dilindungi secara baik. 

Anda yang ingin menggunakan pernis kayu yang bagus Biovarnish bisa segera membelinya dari agen terdekat. Produk ini unggul karena menggunakan bahan pelarut air yang sama sekali tidak berbahaya. 

Biovarnish sangat aman digunakan di rumah atau di pabrik. Perabotan kayu mahoni juga dijamin akan mendapatkan tampilan warna yang lebih sempurna. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top