You are currently viewing Tips Mengaplikasikan Cat Untuk Plafon Triplek Agar Tampilannya Rapi 

Tips Mengaplikasikan Cat Untuk Plafon Triplek Agar Tampilannya Rapi 

Mau menyewa jasa untuk mengecat plafon triplek di rumah? Jangan buru-buru Anda bisa memanfaatkan cat plafon triplek yang bagus sendiri. Biaya jadi lebih hemat dan hasil yang tidak kalah dengan profesional. 

Pengecatan plafon memang tidak semudah mengecat furnitur karena letaknya yang cukup sulit. Ukurannya yang luas dan di atas membuat Anda harus mengandalkan peralatan yang tepat. Jika Anda sudah siap, intip tips suksesnya ini. 

9 Tips Menggunakan Cat Plafon Triplek yang Bagus

Mengecat plafon tidak jauh berbeda ketika mengaplikasikan cat pada dinding. Anda hanya perlu mempersiapkan cat, alat dan juga waktu. Perlu waktu seharian untuk menyelesaikan plafon satu ruangan yang cukup luas. 

Pasalnya Anda harus membangun lapisan demi lapisan coating yang akan membuatnya tampil indah dan tahan lama. Berikut ini tips untuk mengaplikasikan cat plafon triplek yang bagus dengan benar. 

1. Mengampelas sebelum Mengecat 

Meskipun berada di atas kepala Anda harus tetap mengamplas plafon triplek. Meskipun Anda sudah membersihkan debu dengan sapu namun kotoran bahkan kotoran serangga pasti banyak yang menempel dan menumpuk. 

Anda bisa mulai mengamplas dengan kertas amplas alumunium oxide nomor 100. Jangan lupa untuk menggunakan penutup mulut atau masker dan kacamata karena kotoran amplas berbahaya bagi kesehatan. 

Supaya tidak sulit Anda bisa menggunakan bantuan kayu untuk mempermudah pekerjaan. Baru setelah itu lap permukaannya menggunakan busa yang lembab. 

2. Memanfaatkan Sanding Sealer yang Berkualitas 

Anda tidak perlu kesulitan menggunakan wood filler atau dempul pada triplek. Karena lapisan dempul sebelumnya biasanya masih bagus, sehingga setelah di amplas permukaannya akan lebih cepat halus. 

Justru yang penting adalah menggunakan sanding sealer. Bahan ini akan bekerja untuk mengembalikan tampilan triplek menjadi lebih bagus. Selain itu juga akan mempermudah lapisan coating sesudahnya melekat dengan baik. 

Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer yang tidak menimbulkan aroma menyengat sehingga aman ketika mengecat plafon. Selain itu produknya juga sangat mudah untuk diaplikasikan. 

3. Menggunakan Kuas untuk Mengecat Bagian Lis Plafon 

Sebelum menggunakan roller, sebelumnya Anda perlu memanfaatkan kuas. Gunakan kuas dan cat plafon triplek yang bagus untuk melapisi di bagian lis plafon. Langkah ini akan membantu Anda menghasilkan pengecatan rapi.

Meskipun sebelumnya Anda sudah menggunakan isolasi di sepanjang lis antara dinding dan plafon. Bantuan alat kuas ini akan membuatnya jauh lebih rapi, hanya saja Anda butuh mendekat di bagian plafon dengan bantuan tangga atau steger. 

Penguasan ini tidak harus terlalu rapi yang penting tidak mengenai bagian dinding. Nantinya pengecatan yang muncul bekas kuas bisa ditumpuk dengan aplikasi roller. 

4. Menggunakan Roller ke Segala Arah

Baik itu saat mengaplikasikan sanding sealer, stain hingga cat plafon triplek yang bagus  atau pernis Anda harus mengikuti penguasan di atas. Baru setelah itu Anda bisa menggunakan roller. 

Ada trik yang bisa diikuti agar hasil warnanya sama rata. Anda bisa mengecat di area 2X2 meter terlebih dahulu. Baru setelah itu beralih ke area yang lainnya dengan ukuran yang sama. 

Hanya saja pastikan di bagian pinggir masih belum terlalu kering sehingga aman untuk ditumpuk dengan cat baru yang masih basah. Menjaga agar bagian sisi basah akan membuat bekas tumpukannya. Jadi tidak masalah jika Anda ingin mengecat ke segala arah. 

5. Memilih Cat yang Bagus 

Sanding sealer adalah lapisan yang wajib ketika Anda mendambakan plafon triplek warna natura. Namun Anda juga harus memikirkan bahan cat lain seperti stain dan juga pernis atau clear coat. 

Pemilihan cat yang bagus ini bisa disesuaikan dengan jenis bahan pelarut dan waktu kering. Cat dengan bahan pelarut air seperti Biovarnish Sanding Sealer tadi adalah pilihan yang sangat bagus. 

Anda tidak akan terganggu dengan aroma keras dari thinner dalam ruangan. Apalagi sulit untuk mengendalikan aroma ketika Anda mengecat bagian plafon. Untungnya Biovarnish juga mengeluarkan tipe cat wood stain dan juga clear coat. 

Anda bisa menggunakan seri ini untuk mengecek keseluruhan plafon triplek di rumah. Waktu keringnya juga mempermudah Anda untuk meratakan cat dengan lebih cepat. 

6. Eksplorasi Warna 

Anda juga harus pandai dalam memilih warna. Hanya mengandalkan warna triplek sebagai plafon saja tidak cukup. Anda membutuhkan wood stain yang akan mengubah warna triplek menjadi lebih tajam. 

Misalnya saja Anda menggunakan warna walnut atau sonokeling yang cenderung gelap. Namun jika ingin ruang tampak terang Anda bisa memilih warna seperti yellow ox atau warna gardena teak. 

Pada saat memilih warna ini Anda harus menyesuaikannya dengan warna dinding. Supaya memiliki banyak referensi carilah informasi contoh perpaduan warna di internet. 

7. Manfaatkan Tongkat yang Fleksibel 

Mengandalkan kuas saja untuk mengecat keseluruhan plafon bisa membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itulah Anda perlu memanfaatkan tongkat dan juga roller. Khusus tongkat untuk mengecat akan lebih baik jika Anda memilih yang fleksibel. 

Artinya tongkat harus bisa dipanjangkan atau dipendekkan sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda mengakses seluruh area dengan cepat. Belum lagi jika Anda memiliki beberapa aksesoris di bagian plafon yang harus dihindari. 

Saat ini memilih tongkat yang fleksibel ini sangat mudah dan bagian ujungnya bisa dipasang roller dengan lebih kencang. Menghindari jatuhnya roller pada saat digunakan. 

8. Memanfaatkan Roller yang Tebal 

Selain menentukan cat plafon triplek yang bagus Anda juga harus menggunakan jenis roller yang tebal. Tujuannya adalah supaya bisa digunakan kembali dan mudah untuk dicuci. 

Selain itu roller tebal bisa menyerap cat jauh lebih banyak sehingga ketika diaplikasikan cat bisa diratakan lebih lebar. Jangan ragu untuk membeli roller dengan harga yang lebih mahal karena akan membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. 

Selain itu Anda juga masih bisa menyimpannya untuk digunakan suatu hari nanti. Pastikan saja roller sudah dicuci bersih kemudian dikeringkan sehingga tidak akan mengalami kerusakan. 

9. Menutup Bagian Sudut-Sudut Plafon 

Mengandalkan kuas saja tidak cukup ketika Anda ingin hasil rapi antara sudut plafon dan dinding. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda menutup semua sudut ini menggunakan isolasi khusus. 

Biasanya isolasi ini digunakan untuk berbagai pengecatan sehingga bisa Anda manfaatkan. Tempelkan isolasi ini di bagian sudut dinding untuk melindungi cat agar tidak menembusnya. 

Apabila cat plafon nantinya sudah mengering dengan benar maka Anda baru bisa mengambil isolasi ini. Dengan begitu Anda akan langsung melihat hasilnya yang begitu rapi. 

Jadi sudah tahu bukan apa saja tips untuk menggunakan cat plafon triplek yang bagus. Sekarang Anda bisa mulai mempersiapkan bahan dan juga alat untuk mengecat. Pastikan untuk selalu menggunakan Biovarnish series untuk hasil sempurna. 

Produk ini bisa Anda dapatkan melalui website ini atau bisa juga datang langsung ke agen yang terdekat.