Teknik Aplikasi Cat Besi Berpelarut Air agar Tidak Mengelupas

Sudah siap untuk mengecat perabotan di rumah dari besi? Anda bisa menggunakan cat besi berpelarut air yang akan membuat tampilan indah pada perabotan di rumah. Selain itu cat jenis ini tahan terhadap air membuat besi tidak mudah berkarat. 

Orchid adalah cat enamel yang direkomendasikan untuk pengecatan mandiri perabotan di rumah Anda. Kandungan zinc di dalamnya dapat bekerja mencegah timbulnya karat. 

Terlebih tampilan perabotan besi di rumah juga akan lebih apik dari sebelumnya serta tahan lama. Bagaimana teknik yang tepat untuk mengaplikasikannya bisa Anda cek di sini hingga akhir. 

7 Teknik Menggunakan Cat Besi Berpelarut Air agar Tahan Lama

kursi kayu dengan kaki-kaki dari besi

Karat menjadi salah satu musuh terbesar dari besi. Karat membuat cat atau coating perabotan dari besi mudah mengelupas selain goresan akibat penggunaan. Oleh karena itu pemilihan bahan cat sangat vital. 

Anda tidak bisa menggunakan cat secara sembarangan. Hanya cat besi campuran air seperti Orchid yang dapat memberikan perlindungan maksimal. Sisanya Anda hanya memerlukan teknik mengecat yang benar. 

Soal teknik mengecat, berikut ini akan diungkapkan seperti apa langkah tepatnya dengan begitu perabotan memiliki tampilan indah dalam waktu lama. 

Mengecek Kondisi Perabotan dari Besi 

Tahapan pertama selalu dimulai dari pengecekan pada seluruh bagian. Apalagi jika perabotan sudah terlalu lama tidak digunakan. Kenali bagian karat yang muncul dan bahan lain yang digunakan seperti aksesoris pada perabotan. 

Mungkin saja terdapat material tambahan seperti kaca atau aluminium pada perabotan. Jika bisa Anda bisa melepaskan bagian-bagian tersebut. Jika tidak Anda bisa menutupnya agar tidak terkena paparan cat. 

Membersihkan Permukaan Perabotan 

Layaknya kayu, perabotan besi juga harus dibersihkan dengan benar. Bagian besi yang sudah terlanjur terkena karat bisa diamplas terlebih dahulu. Pengamplasan ini berfungsi untuk merontokkan karat yang muncul dan memudahkan cat enamel menempel. 

Pastikan saja tidak ada karat yang tersisa dan permukaan besi sudah bersih bebas dari debu atau kotoran lainnya. Yang terpenting permukaan besi harus tetap kering selama pengecatan berlangsung. 

Jika ada lapisan cat lama yang ingin dihilangkan Anda perlu menghapusnya menggunakan cairan khusus. Butuh beberapa hari untuk menghilangkan coating lama, jadi pastikan Anda menggunakannya dengan benar. 

Memilih Warna Cat Orchid 

Cat besi campuran air Orchid menyediakan dua tipe warna yaitu warna metalik dan juga solid. Anda bisa memilih salah satu atau mengkombinasikan beberapa warna. Kunci untuk memilih warna ini berdasarkan desain perabotan atau interior ruangan. 

Keuntungan jika menggunakan Orchid adalah Anda tidak perlu lagi membeli cat primer. Pasalnya Orchid juga bekerja layaknya cat primer yang bisa menutup warna asli permukaan material. 

Anda bisa mengharapkan warna yang jauh lebih baik dan tajam. Jumlah lapisan coating juga bisa dua hingga tiga lapisan untuk menghasilkan warna terbaik. Cek katalog warna Orchid terlebih dahulu agar tidak salah pilih warna. 

Melarutkan Cat Orchid dengan Tepat 

Selanjutnya Anda bisa melarutkan terlebih dahulu cat Orchid. Prosesnya tidak bisa sembarangan karena Anda harus membuat takaran yang sesuai. Khusus Orchid dengan warna yang pekat Anda bisa menggunakan perbandingan 3 bahan : 1 air. 

Proses pelarutan dilakukan dalam wadah yang bersih dan Anda bisa menggunakan air tawar atau air dengan pH kurang lebih 7. Aduk sampai homogen dan cat bisa lebih mudah untuk diaplikasikan. 

Anda akan merasakan tekstur cat yang tidak terlalu kental sehingga ringan ketika dikuas. Jika Anda tidak ingin menggunakan kuas bisa juga mengaplikasikannya dengan spray gun. 

Teknik Menguas Cat Orchid yang Benar 

Kuas yang halus dan berbulu nilon bisa jadi alternatif tepat ketika Anda tidak memiliki kompresor dan spray gun. Kuas menjadi alat yang murah meriah untuk digunakan kapan saja. Cara menggunakan kuas harus benar agar tidak tertinggal efek bekas sapuan kuas. 

Celupkan kuas ke dalam larutan cat Orchid namun jangan sampai semua bulu kuas terbenam. Anda bisa mencelupkan hanya ¾ bagian kuas saja, kemudian kurangi jumlah cat yang meresap pada pinggiran wadah. 

Baru setelah itu kuas ke besi dan pegang kuas dengan sudut 45 derajat dari permukaan. Seret kuas dengan ringan ke satu arah dengan cukup panjang. Setelah itu Anda bisa mengambil lagi cat dan mengulangi langkah sama sampai seluruh permukaan besi tertutup rapi. 

Teknik Mengecat dengan Spray Gun 

cat multifungsi kayu dan besi orchid enamel paint

Beda alat tentu berbeda pula cara untuk mengaplikasikan cat Orchid. Anda bisa lebih cepat mengaplikasikannya dengan menggunakan spray gun namun jumlah cat yang digunakan juga akan banyak. 

Khusus spray gun Anda bisa mencoba menyemprotkan ke permukaan lainnya seperti triplek. Cek apakah warna dan hasil yang keluar sesuai keinginan. Jika sudah benar Anda bisa mencobanya langsung pada permukaan besi. 

Cukup sekali semprot saja sambil terus mengatur gerakan agar bisa menutupi semua permukaan besi dengan baik. Demi hasil terbaik terus atur jarak pengecatan kurang lebih 15 hingga 20 cm. 

Mengamplas Permukaan yang Kering dan Mengulanginya 

Selanjutnya adalah bagian terpenting yaitu pengamplasan. Besi yang sudah tertutup cat besi campuran air Orchid bisa dilanjutkan dengan pengeringan. Proses pengeringan tidak langsung dijemur, cukup diamkan saja dalam ruangan. 

Usai permukaannya kering Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan. Kertas amplas yang digunakan harus halus yaitu dengan nomor 400. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan debu amplas. 

Permukaan kayu harus benar-benar halus dan bersih supaya mudah untuk mengulangi aplikasi cat Orchid. Kamu bisa mengulangi aplikasinya dengan urutan pengecatan, pengeringan dan pengamplasan sebanyak 3 kali. 

Hasilnya adalah warna besi yang solid atau tertutup merata. Permukaan furnitur besi akan menjadi halus dengan hasil warna yang lebih mengkilap. Cat Orchid memberikan hasil tampilan semi gloss. 

Tips Merawat Tampilan Besi yang Sudah Dilapisi Orchid 

Kunci agar cat besi campuran air Orchid tidak mengelupas juga dari segi perawatannya. Anda bisa mendapatkan permukaan yang lebih awet dengan perawatan yang tepat. Ada beberapa jenis perawatan yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

 1. Rutin Membersihkan dari Debu dan Cairan 

Meskipun sudah memiliki perlindungan dari cat Orchid namun furnitur sebaiknya dibersihkan dari debu maupun cairan. Anda bisa membersihkannya dengan kain lap yang setengah basah atau kain kering. 

2. Memberikan Jarak dengan Furnitur Lainnya 

Selanjutnya penempatan furnitur besi juga jadi bahan pertimbangan. Anda harus meletakkannya tidak menempel dengan furnitur lainnya. Pastika untuk memberikan jarak begitu juga dengan perabotan yang berdekatan dengan dinding. 

3. Mengaplikasikan Wax 

Supaya tampilan perabotan mengkilap secara awet maka Anda bisa menggunakan wax. Tinggal usapkan saja ke permukaan furnitur sehingga tampilannya berubah menjadi mengkilap secara sempurna. Aplikasikan wax setiap beberapa minggu sekali. 

Menggunakan cat Orchid secara berkala dalam beberapa tahun sekali akan membuat perabotan Anda awet. Bisa lebih hemat untuk biaya membeli perabotan baru setiap tahunnya. Dapatkan cat Orchid dari agen terdekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top